Home » Terbaru » Agama » Doa Sholat Tahajud Arab, Latin dan Artinya Lengkap, Mustajab!

Doa Sholat Tahajud Arab, Latin dan Artinya Lengkap, Mustajab!

wisnu June 17, 2024

Setelah melakukan Sholat Tahajud, maka sebagai umat muslim juga memang perlu membaca Doa Sholat Tahajud nya juga lho. Tentu saja berdoa kepada Allah ini salah satu cara yang bisa di lakukan agar keinginan juga akan bisa segera terkabulkan. Oleh sebab itu lah, makanya wajib untuk mengetahui doanya.

Seperti yang sudah banyak di ketahui bahwa sholat tahajud ini merupakan salah satu ibadah yang paling di sukai oleh Allah SWT. Karena banyak sekali keutamaan yang bisa di dapatkan bagi yang mengerjakan sholat tahajud ini lho. Memang masih banyak yang berat ketika melakukan sholat tahajud ini.

Namun kalau memang memiliki hajat atau keinginan, maka di sarankan untuk melakukan Sholat Tahajud serta melalukan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Tahajud agar keinginan juga akan cepat untuk di kabulkannya. Jadi memang harus mengetahui apa saja doa nya ya.

Bagi yang belum mengetahui apa saja doa nya yang harus di lakukan maka jangan khawatir lagi ya. Kini para pembaca bisa simak terus artikel diskop.id di bawah ini agar bisa mengetahui apa saja Doa Sholat Tahajud dan Dzikir Nu yang perlu di lakukan agar keinginannya bisa cepat terkabulkan.

Inilah Bacaan Doa Sholat Tahajud yang Mustajab

Inilah-Bacaan-Doa-Sholat-Tahajud-yang-Mustajab

Allah SWT begitu menganjurkan kepada para umatnya untuk bisa melaksanakan Sholat Tahajud. Tentu saja sholat yang ini memiliki keutamaan yang penting sekali sebagai amalan tambahan yang bisa di lakukan oleh para umat islam.

Karena sholat malam seperti ini memang begitu jarang yang mengerjakannya, akan tetapi meskipun jarang orang yang melakukannya, namun keutamaannya begitu penting sekali lho. Jadi memang banyak orang yang melewatkan moment Sholat yang penting seperti ini.

Memang sholat malam ini memang merupakan salah satu sholat yang paling utama setelah sholat fardhu. Jadi siapa saja yang mengerjakannya, maka Allah SWT telah berjanji akan mengabulkan semua doa – doa yang di minta oleh umatnya tersebut di sepertiga malam.

Jadi jangan berat lagi untuk bangun untuk sholat malam ini ya, karena memiliki banyak sekali lho keutamaan penting yang bisa di dapatkan oleh para umatnya yang langsung bangun, sholat tahajud dan melakukan Doa Sholat Tahajud Sunnah.

Bahkan dalam surat Al-Isra ayat 79 Allah SWT telah memerintahkan kepada umatnya untuk bisa melaksanakan Sholat Tahajud yang dinilai sebagai ibadah tambahan untuk bisa mendapatkan keinginan.

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا

Arab Latin : Wa minal-laili fa taḥajjad bihī nāfilatal laka ‘asā ay yab’aṡaka rabbuka maqāmam maḥmụdā.

Artinya: “Pada sebagian malam lakukanlah sholat tahajud sebagai (suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.

Nah itu lah salah satu Bacaan Doa Sholat Tahajud yang di perintahkan oleh Allah SWT dan tentu saja menjadi salah satu Sunnah yang memiliki banyak keutamaan apabila di kerjakan.

Jadi setelah melakukan Sholat Tahajud jangan langsung bangun dulu ya dari tempat sholatnya. Karena para umatnya bisa langsung berdoa saja untuk bisa mendapatkan keinginannya. Sebenarnya banyak sekali doa – doa yang bisa di amalkan pada sepertiga malam ini sebagaimana Rasulullah SAW bersabda :

يَتَنَزَّلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ ، مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ ، وَمَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

Artinya: “Rabb kita tabaroka wa ta’ala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata: ‘Siapa yang berdoa pada-Ku, aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta pada-Ku, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun pada-Ku, pasti akan Kuampuni’.” (HR Bukhari).

Doa Setelah Sholat Tahajud Agar Cepat Terkabul Sesuai yang Diajarkan Nabi SAW

Doa-Setelah-Sholat-Tahajud-Agar-Cepat-Terkabul-Sesuai-yang-Diajarkan-Nabi-SAW

Melakukan Doa Sesudah Sholat Tahajud ini memang begitu penting sekali ya. Dimana para umatnya bebas untuk berdoa apapun kepada sang penciptanya agar doa – doanya juga bisa cepat terkabul. Pastinya banyak keinginan dan ingin doa nya cepat terkabul bukan?

Oleh sebab itu lah maka para umat islam si anjurkan untuk bisa melakukan Sholat Tahajud ini sebagai amalan dan jangan lupa mengamalkan Doa Sesudah Tahajud yang Mustajab agar nantinya keinginan nya bisa segera terwujud.

Jadi memang pada malam itu Allah SWT berkata bahwa siapa pun orang yang berdoa, maka akan di kabulkan segala doanya. Namun tentu saja para umatnya ini harus melakukan ibadah dan amalan doanya secara rutin ya agar bisa langsung dikabulkan doanya oleh Allah SWT.

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ قَالَ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الدُّعَاءِ أَسْمَعُ قَالَ جَوْفَ اللَّيْلِ الْآخِرِ وَدُبُرَ الصَّلَوَاتِ الْمَكْتُوبَاتِ

Dari Abu Umamah ia berkata : Rosulullah SAW ditanya , Wahay Rosulullah, Doa apakah yang paling didengar? Beliau Berkata, Doa ditengah malam terakhir, serta setelah sholat-sholat wajib. (HR. Tirmidzi).

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ

اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Teks Latin :

Allahumma rabbana lakal hamdu anta qayyimussamaa waati wal ardi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihina. Wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihina. Wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqun, wa qaula haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru hoqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallahu ‘alaihi wasallama haqqun wassaa’atu haqqun.

Allahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa’alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akhkartu, wa maa asrartu, wa maa a’lantu, wa maa anta a’lamu bihiminni. Antal muqaddimu, wa antal mu’akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya : “Ya Allah, bagi Mu segala puji, Engkau penegak langit, bumi, dan apa yang ada padanya. Bagi-Mu lah segala puji, kepunyaan Engkaulah kerajaan langit, bumi, dan apa yang ada padanya. Bagi-Mulah segala puji, Engkaulah Pemberi cahaya langit dan bumi dan apa saja yang ada di dalamnya. Bagi-Mulah segala puji, Engkaulah Penguasa langit dan bumi. Bagi-Mulah segala puji, Engkaulah Yang Maha Benar, janji-Mu itu benar, bertemu dengan-Mu adalah benar, firman-Mu adalah benar, surga itu benar, neraka itu benar, para nabi itu benar, Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam itu benar, kiamat itu benar.

Ya Allah, hanya kepada-Mulah saya berserah diri, kepada-Mulah saya beriman, kepada-Mu saya bertawakal. Kepada-Mu saya kembali, kepada-Mu saya mengadu, dan kepada-Mu saya berhukum. Maka, ampunilah dosaku yang telah lampau dan yang kemudian, yang saya sembunyikan dan yang terang-terangan, dan yang lebih Engkau ketahui daripada saya. Engkaulah yang mendahulukan dan Engkaulah yang mengemudiankan, tidak ada tuhan melainkan Engkau”.

Kumpulan bacaan doa lainnya :

Penting! Inilah Keutamaan Sholat Tahajud

Penting!-Inilah-Keutamaan-Sholat-Tahajud

Seperti yang telah di ketahui banyak orang bahwa Sholat Tahajud ini memiliki banyak sekali keutamaannya. Tentu saja keutamaan ini hanya bisa di dapatkan ketika sholat di sepertiga malam saja ya. Jadi jangan meragukan lagi keutamaan Sholat Tahajud ini ya.

Salah satu keutamaan dari Sholat Tahajud ini yaitu mudahnya dikabulkan segala doa hambanya. Jadi jangan main – main ketika melalukan Sholat Tahajud ini ya. Karena untuk melakukan Sholat Tahajud ini memang membutuhkan banyak energi

Karena Sholat Tahajud ini di lakukan di sepertiga malam dimana banyaknya orang yang tidur akan tetapi hanya orang – orang beriman lah yang kuat dalam melaksanakan Sholat Tahajud di saat sedang ngantuk – ngantuknya.

Tenang saja, siapa pun orang yang mengerjakan Sholat Tahajud ini maka Allah akan membalasnya dengan cara mengabulkan setiap doa hambanya. Jadi rutinkan saja menjalankan Sholat Tahajud ini agar segala doa bisa terkabul.

Berikut Beragam Keutamaan Sholat Tahajud :

1. Diangkat Derajatnya Oleh Allah SWT

Bagi seorang hambanya yang rajin dan bisa menekuni Sholat Tahajud ini, maka Allah SWT juga akan bisa mengangkat derajat hambanya tersebut. Jadi memang keutamaan Sholat Tahajud ini tentu saja tidak main – main ya.

Sehingga nantinya seorang yang rajin melaksanakan ibadah Sholat Tahajud ini, maka akan terus mengalir kebahagiaan dalam hidupnya ini dan akan di dekatkan dengan sang penciptanya

Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Q.S Al-Isra’ Ayat 79 :

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا

Artinya : Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.

2. Segala Doanya Mudah Dikabulkan

Siapa pun yang mengangkat tangannya dan berdoa kepada Allah SWT di sepertiga malam ini, maka segala doa hambanya tersebut akan dikabulkan oleh Allah SWT ketika ia rajin dalam mengamalkan doa – doanya tersebut.

Sebagaimana Rasulullah SAW telah bersabda :

يَتَنَزَّلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ ، مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ ، وَمَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

Artinya: “Rabb kita tabaroka wa ta’ala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata: ‘Siapa yang berdoa pada-Ku, aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta pada-Ku, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun pada-Ku, pasti akan Kuampuni’.” (HR Bukhari).

3. Dibimbing Langsung Oleh Allah SWT Untuk Setiap Langkahnya

Untuk yang rajin dalam melakukan Sholat Tahajud, maka hambanya tersebut akan langsung di bimbing oleh Allah SWT untuk setiap langkahnya. Sehingga bagi hambanya yang mendapatkan masalah tersebut akan mudah untuk menyelesaikannya.

Berikut Tips – Tips Untuk Mulai Terbiasa Melakukan Sholat Tahajud

Berikut-Tips-Tips-Untuk-Mulai-Terbiasa-Melakukan-Sholat-Tahajud

Untuk melakukan Sholat Tahajud ini tentu saja tidak terbilang mudah ya. Apalagi bagi orang yang belum terbiasa untuk bangun di sepertiga malam, tentu saja ini akan begitu sulit sekali.

Jadi memang untuk bisa melakukan Sholat Tahajud ini ada beberapa tips yang bisa di lakukan agar para umat islam bisa terbiasa untuk bisa melakukan sholatnya.

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui apa saja tips yang perlu di lakukan ketika ingin terbiasa Sholat Tahajud bukan? Nah, jika ingin terbiasa mending ikuti saja deh berbagai tipsnya seperti di bawah ini.

  • Wudhu sebelum Tidur
  • Tidur Tepat Waktu
  • Minum Air Putih sebelum Tidur
  • Makan sebelum Jam 8 Malam
  • Tidur Siang Sebentar

Itulah beberapa Doa Sholat Tahajud serta bagaimana tips untuk bisa terbiasa sholat tahajud agar hamba – hamba Allah bisa menekuni sholat tahajud yang memiliki banyak keutamaan ini.

Artikel Terkait