Home » Terbaru » Wisata » Dimana Letak Candi Borobudur? Ini Daya Tarik, HTM, Jam Buka

Dimana Letak Candi Borobudur? Ini Daya Tarik, HTM, Jam Buka

izan_alhasani May 19, 2024

Dimana letak Candi Borobudur? Banyak yang mengira kalau Candi Borobudur terletak di Jogja, padahal yang sebenarnya adalah di Magelang, Jawa Tengah. Sedangkan Candi Prambanan terletak di Jogja, tepatnya di Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY.

Sebagai candi Buddha terbesar di dunia, Candi Borobudur banyak dipilih sebagai tujuan wisata bersama keluarga. Untuk tahu lebih jauh tentang lokasi Candi Borobudur, daya tarik, HTM, dan fasilitasnya, langsung saja simak informasinya di bawah ini.

Dimanakah Letak Candi Borobudur

Seperti yang telah disebutkan di awal, Candi Borobudur berada di Magelang dan bukan di Jogja seperti yang selama ini diperkirakan oleh banyak orang. Candi Borobudur sendiri terletak di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Jika diakses dari Kota Jogja maka jaraknya sekitar 40 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Sementara jika dari Kota Magelang maka jaraknya hanya sekitar 17 km. Untuk mencapai lokasi candi maka perlu melewati Jalan Magelang kemudian mengikuti rute Jalan Kusen Mayor.

Setelah sampai sampai di pertigaan bisa mengambil arah ke barat melewati Jalan Sedirman. Baru kemudian jalan terus lurus ke depan sampai menjumpai lokasi kompleks Candi Borobudur.

Daya Tarik Candi Borobudur

Dimanakah Letak Candi Borobudur

Dengan letak geografis Candi Borobudur yang dikelilingi oleh Gunung Merapi dan Merbabu di sisi sebelah timur, perbukitan Menoreh di sisi selatan. Serta Gunung Sumbing dan Sindoro di sebelah utara, tentunya pemandangan di sekitar candi menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Selain itu, kemegahan bangunan candi yang masih kokoh berdiri hingga saat ini membuat banyak orang semakin kagum dan tertarik untuk mengunjunginya. Bukan hanya terbatas pada wisatawan domestik saja tetapi juga wisatawan asing. Berikut ini adalah daya tarik dari Candi Borobudur:

1. Bangunan Candi dan Pemandangan Alam di Sekitarnya

Candi Buddha terbesar di dunia ini merupakan tempat ibadah bagi umat Buddha, meski begitu tidak ada larangan bagi wisatawan untuk berkunjung dan menyaksikan kemegahan Candi Borobudur secara langsung.

Susunan batu yang ditata sedemikian rupa dan saling mengunci satu dengan yang lain membuat siapapun akan takjub dengan konsep arsitekturnya yang cerdas. Apalagi dengan usia bangunan yang sudah ribuan tahun namun tetap kokoh dan terawat sampai saat ini.

Selain bangunan candi yang megah, pemandangan alam di sekitar candi juga sangat sejuk dan indah. Dari bangunan candi ini pengunjung bisa menikmati keindahan alam dengan view pegunungan yang ada di sekitarnya.

2. Relief Candi yang Menakjubkan

Megahnya bangunan candi yang membuat wisatawan kagum, terlihat semakin menarik dengan relief candi yang menakjubkan. Relief yang ada di dinding Candi Borobudur ini jumlahnya ada 160 dan menggambarkan kehidupan manusia dari lahir sampai ke alam yang tertinggi.

Setiap relief dan stupa yang ada di candi ini memberikan pelajaran kehidupan yang didalamnya berlaku hukum sebab akibat. Semua elemen alam semesta digambarkan dalam konsep yang lengkap sesuai kepercayaan agama Buddha.

3. Momen Sunrise dengan Siluet Candi Borobudur

Daya tarik lainnya yang membuat wisatawan rela datang pagi buta ke kawasan candi adalah momen sunrise yang begitu indah. Untuk menyaksikan sunrise di Borobudur, wisatawan bisa memanfaatkan paket tour sunrise Borobudur dengan biaya sekitar Rp370.000.

Selain menikmati momen sunrise di kawasan Candi Borobudur, wisatawan juga bisa menikmati sunrise dari Punthuk Setumbu dengan view siluet Candi Borobudur dari kejauhan. Karena matahari yang terbit akan muncul dan bersandingan dengan candi.

Letak Candi Borobudur yang dikelilingi perbukitan memungkinkan wisatawan untuk menyaksikan keindahan Borobudur saat sunrise dari atas ketinggian. Tentunya pengalaman ini akan membuat liburan semakin berkesan.

4. Atraksi Gajah dan Bersepeda

Selain menikmati kemegahan Candi Brobudur dan menyaksikan sunrise di Borobudur, daya tarik lain yang ditawarkan tempat wisata ini adalah atraksi gajah. Dalam hal ini pihak pengelola menyediakan paket wisata memberi makan gajah di Taman Wisata Candi Borobudur.

Selain memberi makan gajah, wisatawan juga bisa berfoto bersama gajah dengan background Candi Borobudur. Tentunya aktivitas memberi makan gajah di Borobudur akan menjadi pengalaman yang berkesan bagi wisatawan.

Selain menyaksikan atraksi gajah dan memberi makan gajah, pengunjung juga bisa bersepeda di kawasan Candi Borobudur. Dalam aktivitas tersebut tersedia 5 rute atau desa yang bisa disinggahi oleh wisatawan.

Masing-masing rute memiliki daya tarik tersendiri sehingga aktivitas bersepeda yang dilakukan bukan hanya menyehatkan tetapi juga memberikan pengalaman yang berbeda. Seperti menyaksikan pembuatan gerabah secara tradisional, menikmati jajanan tradisional dan lainnya.

HTM dan Jam Buka Candi Borobudur

Daya Tarik Candi Borobudur

Perlu diketahui bahwa harga tiket masuk yang berlaku di Candi Borobudur dibedakan menjadi dua jenis, yaitu HTM untuk wisatawan domestik dan HTM untuk wisatawan asing. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah daftar HTM Candi Borobudur tahun 2023:

Jenis Tiket MasukUsia PengunjungHarga
HTM Wisatawan Domestik3 tahun – 10 tahun 10 tahun ke atas Rombongan pelajar dan mahasiswaRp25.000 Rp50.000 Rp20.000
HTM Wisatawan AsingAnak-anak DewasaRp210.000 Rp350.000 (US$25)
Biaya ParkirSepeda Motor Mobil BusRp5.000 Rp20.000 Rp30.000

*Harga bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola

Sebagai informasi, jam buka Candi Borobudur dimulai pada pukul 06.00 WIB – 17.00 WIB. Namun bagi wisatawan yang ingin mengambil paket sunrise di Borobudur bisa masuk mulai pukul 16.30 WIB melalui Manohara.

Fasilitas di Kawasan Wisata Candi Borobudur

Letak Candi Borobudur di Magelang yang tidak begitu jauh dari pusat kota membuat tempat wisata ini mudah diakses dengan berbagai alat transportasi yang tersedia. Selain itu, fasilitas yang tersedia di kawasan tempat wisata juga cukup lengkap. Diantaranya adalah seperti berikut:

· Mushola

Fasilitas pertama yang tentunya sangat dibutuhkan oleh wisatawan muslim adalah mushola. Di kawasan wisata ini ada beberapa mushola yang bisa digunakan wisatawan untuk menjalankan ibadah sholat ketika berwisata ke Candi Borobudur.

· Tempat Makan

Selain mushola, wisatawan juga tidak perlu khawatir jika merasa lapar atau haus, karena di kawasan Candi Borobudur juga tersedia banyak tempat makan yang bersih dengan pemandangan Candi Borobudur sehingga momen makan semakin berkesan.

· Toilet

Fasilitas lainnya yang tidak kalah penting tentu saja toilet. Tidak perlu khawatir, karena di kawasan wisata Candi Borobudur ada banyak toilet yang tersebar di beberapa lokasi sehingga akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengunjung yang ingin ke toilet.

· Toko Oleh-oleh dan Souvenir

Mengunjungi Borobudur tidak akan lengkap tanpa membeli oleh-oleh dan souvenir sebagai buah tangan bagi keluarga atau kerabat di rumah. Di kawasan wisata ini wisatawan bisa membeli aneka jenis oleh-oleh khas Borobudur, mulai dari makanan hingga cendera mata.

Jadi jangan salah lagi, letak Candi Borobudur di daerah Magelang, Jawa Tengah ya dan bukan di Jogja. Dengan berbagai macam daya tarik yang dimiliki Candi Borobudur, tentunya tempat wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi. Untuk liburan yang berkesan, jangan lewatkan momen sunrise di tempat ini!

Baca Juga:

Artikel Terkait