Home » Terbaru » Wisata » Trip ke Banda Neira, Ini 7 Objek Wisata yang Harus Dikunjungi!

Trip ke Banda Neira, Ini 7 Objek Wisata yang Harus Dikunjungi!

izan_alhasani May 26, 2024

Diskop.id – Banda Neira selalu menarik untuk dieksplor, mengingat ada banyak destinasi wisata unggulan yang ada di dalamnya. Bagi yang sedang merencanakan trip ke Banda Neira, tentunya membutuhkan informasi yang lengkap terkait objek wisata apa saja yang menarik untuk dikunjungi.

Seperti yang diketahui Banda Neira menawarkan potensi wisata yang sangat lengkap. Mulai dari wisata baharinya yang eksotis, hingga wisata sejarahnya yang sarat akan nilai-nilai historis. Bagi yang penasaran di Banda Neira ada apa saja, berikut ini ulasan lengkapnya.

Rekomendasi Tempat Wisata di Banda Neira

Berada di Kepulauan Banda, Maluku, Banda Neira terbagi menjadi 12 desa dengan pusat administratif yang berada di Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah. Tentunya ada banyak tempat menarik di Banda Neira yang tidak boleh dilewatkan, diantaranya adalah 7 objek wisata unggulan di bawah ini:

Rekomendasi Tempat Wisata di Banda Neira

1. Lava Flow

Rekomendasi pertama yang wajib dikunjungi saat trip ke Banda Neira adalah Lava Flow. Destinasi wisata ini menyajikan keindahan alam bawah laut yang begitu menawan dengan biota laut dan terumbu karangnya yang masih sangat alami.

Tempat ini bisa dijadikan pilihan menarik untuk aktivitas snorkeling dan diving. Apalagi tempat ini bukan hanya cantik tetapi juga unik. Karena spot diving ini rupanya terbentuk dari aliran lava Gunung Banda yang meletus. Lokasi ini juga menjadi habitat dari lionfish yang eksotis.

2. Pulau Hatta

Rekomendasi yang kedua adalah Pulau Hatta yang awalnya dikenal dengan nama Pulau Rozengain. Lokasinya sendiri berada di ujung timur Kepulauan Banda. Perubahan nama menjadi Pulau Hatta dikarenakan pulau ini pernah menjadi tempat pengasingan Bung Hatta.

Selain memiliki nilai historis, pulau ini juga menyajikan keindahan alam yang begitu memikat dengan hamparan pasir putihnya yang bersih dan ombak yang begitu tenang. Wisatawan yang melakukan diving di tempat ini akan menyaksikan keindahan biota laut dan terumbu karang.

3. Gunung Api Banda

Gunung Api Banda termasuk salah satu gunung berapi yang masih aktif dengan ketinggian mencapai 1.955 kaki atau setara dengan 656 mdpl. Bagi wisatawan yang suka dengan aktivitas mendaki gunung, berpetualang ke Gunung Api Banda bisa menjadi pilihan yang menarik.

Gunung api yang aslinya bernama Ganapus ini lebih dikenal dengan sebutan Gunung Api Banda. Untuk mencapai puncak gunung, wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 2 sampai 3 jam dengan medan yang cukup berat karena jalurnya yang terus menanjak.

Trip ke Banda Neira tentu akan semakin berkesan bagi wisatawan yang melakukan pendakian ke Gunung Api Banda. Karena dari atas ketinggian akan terlihat dengan jelas pemandangan dan keindahan laut serta beberapa pulau kecil yang ada di sekitarnya.

4. Rumah Budaya Banda Neira

Perjalanan wisata ke Banda Neira tidak akan lengkap tanpa mengunjungi Rumah Budaya Banda Neira yang menyimpan berbagai macam peninggalan Belanda. Lokasi objek wisata bersejarah ini terletak di Desa Nusantara, Kecamatan Banda.

Seperti museum pada umumnya, di tempat ini wisatawan bisa menyaksikan berbagai koleksi benda bersejarah. Seperti meriam hingga beberapa lukisan yang mengisahkan situasi pembantaian tawanan VOC yang terjadi pada tahun 1621.

5. Rumah Pengasingan Bung Hatta

Masih dengan nilai historis yang kental, trip Banda Neira akan semakin lengkap dengan berkunjung ke Rumah Pengasingan Bung Hatta yang lokasinya tidak begitu jauh dari Benteng Nassau dan Belgica. Rumah ini menjadi saksi pengasingan Bung Hatta dan tokoh lainnya.

Selama 6 tahun Bung Hatta diasingkan di rumah pengasingan tersebut bersama Sutan Syahrir sebagai tahanan politik karena dianggap membangkang pemerintah kolonial Belanda. Dengan nilai sejarah di dalamnya, rumah pengasingan tersebut ditetapkan sebagai cagar budaya.

6. Benteng Belgica

Destinasi wisata Banda Neira Maluku selanjutnya adalah Benteng Belgica yang dibangun oleh VOC. Lokasinya berada di atas bukit, tepatnya di bagian barat daya Pulau Neira yang memiliki ketinggian sekitar 30 mdpl. Benteng yang dibangun pada tahun 1611 dan masih kokoh berdiri.

Meskipun awalnya benteng ini merupakan peninggalan Portugis, namun sejak kedatangan penjajah Belanda benteng tersebut difungsikan sebagai tempat untuk memantau keluar masuknya kapal di Pulau Banda.

Salah satu keunikan dari Benteng Belgica adalah keberadaan menara yang ada di setiap sisinya. Wisatawan yang ingin mengeksplor keindahan pulau bisa naik ke menara tersebut dan menikmati gugusan pulau kecil dan laut biru dari atas ketinggian.

7. Istana Mini Neira

Trip Banda Neira Maluku belum lengkap tanpa mengunjungi Istana Mini Neira yang pada masa penjajahan Belanda difungsikan sebagai tempat tinggal bagi Gubernur VOC. Istana ini tentunya menjadi satu-satunya bangunan yang megah pada masa kolonial Belanda.

Istana peninggalan Belanda ini terlihat semakin menarik karena pada bagian depannya menyajikan pemandangan laut biru yang indah lengkap dengan Pulau Banda Besar yang terlihat begitu eksotis.

Tips agar Trip ke Banda Neira Menyenangkan

Tips agar Trip ke Banda Neira Menyenangkan

Dengan beragam destinasi wisata unggulan di dalamnya, Banda Neira memang sangat layak untuk dijadikan tujuan wisata bersama keluarga. Namun dengan kendala jarak dan akses yang tidak mudah, tentunya diperlukan beberapa tips agar perjalanan ke Banda Neira menyenangkan. Berikut ini tipsnya:

1. Cek Jadwal Transportasi

Untuk mencapai Banda Neira, wisatawan akan tiba dulu di Kota Ambon yang merupakan Ibu Kota Provinsi Maluku. Selanjutnya perjalanan bisa dilanjutkan ke Banda Neira dengan menggunakan kapal feri, kapal Pelni atau menumpang pesawat perintis.

Pilihan transportasi tersebut cukup terbatas dan tidak setiap hari tersedia sehingga harus dipastikan jadwal transportasi ke Banda Neira tersedia sebelum berangkat. Sebagai informasi, biaya trip ke Banda Neira tersebut mulai Rp150.000 – Rp750.000 per orang.

2. Musim dan Cuaca sangat Penting

Agar perjalanan ke Banda Neira semakin nyaman dan menyenangkan, pastikan untuk memperhatikan musim dan cuaca. Waktu terbaik untuk mengunjungi Banda Neira adalah akhir bulan September sampai awal bulan Desember, atau di bulan Oktober sampai November.

Karena pada periode waktu tersebut karakter ombaknya cenderung tenang sehingga memungkinkan untuk menjelajahi beberapa pulau di Banda Neira. Selain dari bulan yang disarankan, biasanya ombak cenderung tinggi dan sulit untuk diakses.

3. Durasi Liburan Ideal

Karena jarak dan akses yang tidak mudah, maka sangat disarankan untuk merencanakan liburan sejak awal. Lantas berapa hari idealnya waktu yang dibutuhkan untuk liburan ke Banda Neira? Idealnya durasi liburan yang paling tepat adalah antara 3 sampai 5 hari.

4. Bawa Uang Cash

Tips terakhir yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan ke Banda Neira adalah membawa uang cash atau uang tunai. Hal ini sangat penting karena tidak semua lokasi menyediakan layanan non tunai sehingga harus sudah dipersiapkan sejak keberangkatan.

Dengan persiapan dan itinerary yang baik, maka trip ke Banda Neira akan semakin lancar dan menyenangkan. Sehingga berbagai destinasi wisata yang menarik bisa dikunjungi satu per satu tanpa ada kendala sedikit pun. Agar semakin nyaman, pastikan transportasi tersedia dan cuaca mendukung.

Artikel Terkait