Home » Terbaru » Pendidikan » Soal OSN Matematika SMA 2023 dan Pembahasannya

Soal OSN Matematika SMA 2023 dan Pembahasannya

indah June 13, 2024

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi akan melaksanakan OSN yang dimana OSN ini bertujuan untuk peserta didik mulai dari SMP/MTs hingga SMA/MA agar siswa lebih menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kompetisi yang akan dilaksanakan ini mulai dari nasional hingga internasional loh, OSN ini juga sebagai bentuk usaha agar seluruh peserta didik di penjuru Republik Indonesia ini lebih merata dan lebih terlihat mana yang berkarakter dan juga bertalenta.

Sehingga mutu pendidikan di Indonesia ini lebih meningkat dan bisa mengikuti ajang bergengsi hingga ke internasional. Pada kesempatan kali ini diskop.id akan membahas lebih detail lagi terkait OSN tahun 2023, jadi simak terus hingga akhir yah!

Apa Saja Bidang Lomba OSN Jenjang SMA? Dan Kapan Pelaksanaan OSN 2023? Temukan Jawabannya Dibawah Ini!

Apa-Saja-Bidang-Lomba-OSN-Jenjang-SMA?-Dan-Kapan-Pelaksanaan-OSN-2023?-Temukan-Jawabannya-Dibawah-Ini!

Olimpiade tingkat kota/kabupaten, provinsi dan nasional ini ada beberapa bidang lomba, seperti Biologi, Fisika, Matematika, Astronomi, Geografi, Kebumian, dan Infomatika. Banyak sekali bidang lomba yang berminat bisa langsung mempersiapkan diri kalian yah!

Untuk yang belum mengetahui kapan pelaksanaan OSN berlangsung, dibawah ini akan dibagikan rangkaian pelaksanaan OSN, yuk langsung simak dibawah ini yah :

  • Seleksi Tingkat Sekolah : 23 Februari 2023 – 25 Februari 2023, dilaksanakan di sekolah masing-masing, penanggung jawab pelaksana adalah kepada sekolah.
  • Seleksi tingkat Kota/Kabupaten : 23 Mei 2023 – 25 Mei 2023, dilaksanakan di sekolah masing-masing, penanggung jawab pelaksana adalah pusat prestasi nasional dan dinas pendidikan provinsi.
  • Seleksi Tingkat Provinsi : 23 Agustus 2023 – 26 Agustus 2023, dilaksanakan di sekolah masing-masing, penanggung jawab pelaksana adalah pusat prestasi nasional dan dinas pendidikan provinsi.
  • Seleksi Tingkat Nasional : 3 Oktober 2023 – 8 Oktober 2023, dilaksanakan di sekolah masing-masing, penanggung jawab pelaksana adalah pusat prestasi nasional dan dinas provinsi.

Berikut Ini Contoh Soal OSN Matematika Tingkat SMA/MA! Yang Ingin Tahu Langsung Saja Simak Yahh!

Berikut-Ini-Contoh-Soal-OSN-Matematika-Tingkat-SMA/MA!-Yang-Ingin-Tahu-Langsung-Saja-Simak-Yahh!

Untuk mempersiapkan diri menghadapi OSN tentu saja akan sangat terbantu bila ada contoh soal tahun-tahun sebelumnya sebagai gambaran atau bocoran sedikit, sebab soal yang akan di dapatkan pastinya tidak akan jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Maka dari itu disini akan membagikan link file contoh soal OSN Matematika mulai dari tahun 2020 hingga 2022, jika tertarik maka bisa langsung gunakan link yang akan dibagikan dibawah ini yah! Semoga ini bermanfaat dan bisa menjadi media belajar untuk calon peserta OSN! Semangatttt!!!

Bisa langsung klik link diatas untuk mendapatkan file soal Olimpiade Sains Nasional, soal yang ada tentu saja bisa menjadi media belajar agar bisa mempunyai gambaran akan bertemu soal tipe seperti apa saat pelaksanaan olimpiade tersebut.

Cara Mempersiapkan Diri Menjelang OSN! Ingin Tahu Caranya? Yuk Langsung Saja Lihat Pembahasan Berikut Ini!!

Cara-Mempersiapkan-Diri-Menjelang-OSN!-Ingin-Tahu-Caranya?-Yuk-Langsung-Saja-Lihat-Pembahasan-Berikut-Ini!!

Sangat penting untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi OSN secara matang, dengan mengubah cara belajar lebih efektif dan juga dengan cara yang paling bisa diterima dengan baik otak masing-masing. Berikut ini hal yang perlu dipersiapkan saat akan menjelang OSN, simak langsung berikut ini yah!

1. Pilih Bidang Kompetisi

Hal pertama pilih bidang apa yang sesuai dengan kemampuan, Olimpiade Sains Nasional ini terdiri dari beberapa bidang, seperti Matematika, Biologi, Fisika, Geografi, Kimia, Ekonomi, IT, dan Kebumian.

Jangan sampai memilih bidang yang tidak sesuai dengan kemampuan agar terlihat keren, seperti memilih matematika agar terlihat pintar karena matematika indentik dengan hitung-hitungan, padahal lebih menguasai biologi.

Yang menariknya dari olimpiade yang satu ini, peserta tidak harus memilih bidang sesuai dengan jurusan disekolahnya, walaupun di sekolahnya jurusan IPS maka akan tetap bisa memilih pelajaran anak IPA seperi Fisika, Biologi, Kimia, dan Biologi.

2. Kumpulkan Semua Soal

Untuk bisa lancar mengerjakan soal maka perlu latihan dan juga gambaran bagaimana soal yang akan dihadapi pada saat pelaksanaan olimpiade, jadi bisa dicari terlebih dahulu contoh-contoh soal OSN agar sudah mempunyai gambaran dan lebih menguasai materi. Contoh soalk bisa dicari dibuku ataupun internet agar tidak ribet.

3. Didampingi Guru Pembimbing

Dampingan guru ini sangat berperan penting sebab guru pembimbing pasti merupakan orang yang sangat menguasai materi dan juga akan sangat membantu jika banyak hal atau materi yang belum bisa dipahami dengan baik.

Berkonsultasi dengan guru pembimbing akan sangat membantu jadi jangan malu-malu bertanya kepada guru pembimbing jika masi ada materi yang belum bisa dipahami dengan baik, sesering mungkin berkonsultasi dengan guru pembimbing agar semua materi bisa dikuasai dengan baik.

4. Atur Waktu dengan Baik

Olimpiade yang satu ini nasional sehingga para pesaing bisa dari berbagai daerah loh, jadi jangan beranggapan remeh terhadap olimpiade ini, tentu saja orang yang mengikuti olimpiade ini merupakan orang-orang yang sangat cerdas dan pintar.

Persiapan diri sangat dibutuhkan jika mengikuti olimpiade yang satu ini, karena bisa jadi disekolah juara pertama saat mengikuti olimpiade ini bersaing dengan banyak orang menjadi juara akhir, sebab pesaing sangat banyak dan dari berbagai daerah.

Jadi harus belajar dengan giat dan mengatur waktu dengan baik, bisa dengan mengurangi semua kegiatan yang tidak terlalu penting, contohnya seperti bermain dan nongkrong bersama teman-teman hingga lupa waktu, bermain game seharian bahkan sampai begadang, melakuakn kegiatan ekskul yang tentu saja sangat melelahkan dan banyak kegaitan yang kurang penting dan juga sangtra menguras energi.

5. Memahami Seluruh Inti Materi

Cara yang paling efektif untuk memahami sesuatu materi yaitu dengan memahami dan juga mengingat inti dari materi, jangan dihafal sebab jika dihafal otak akan lelah da energi akan terkuras.

Nah apabila yang sudah terbiasa belajar dengan motode seperti itu maka sebaiknya ubah itu dari sekarang, karena metode tersebut kurang efektif dan akan membuang waktu dengan sia-sia, yuk ubah cara belajarnya!

6. Perbanyak Latihan

Cara paling ampuh untuk memahami materi yaitu dengan cara praktik langsung, jadi sering-seringlah berlatih mengerjakan soal-soal. Semakin sering maka akan semakin mendalami materi bahkan bisa langsung mengetahui dan hafal rumus-rumus.

Dengan sering berlatih maka akan sangat membantu loh, jadi otak bisa otomatis menganalisa soal-soal dan tentu akan cepat menemukan jalan untuk menyelesaikan soal tersebut dengan cara yang paling efektif.

7. Jaga Fisik

Belajar dengan giat dan terus berlatih sangat penting, namun yang tidak kalah penting adalah menjaga fisik dan juga kesehatan, sebab jika sakit maka tidak dapat melakukan banyak aktifitas dan itu tentu saja akan sangat menggangu persiapan OSN, jadi harus lebih menjaga fisik dan juga kesehatan yah!

8. Review dan Revisi

Review dan juga revisi ini merupakan hal yang penting untuk dilakukan menjelang olimpiade sains nasional, jika cara belajar dirasa kurang efektif maka sebaiknya di revisi dan mencari jalan keluarnya. jadi jangan lupa review dan revisi hal yang kurang baik saat persiapan OSN ini yah!

9. Tetap Termotivasi

Optimis dan juga percaya diri merupakan hal yang paling penting agar terbentuk mental yang bak dan pastinya juga akan membuat tampil lebih berani loh, jika sudah optimis maka sudah pasti akan terus bersemangat dan terus termotivasi untuk berusaha lebih serius namun juga tetap santai.

10. Jangan Panik

Jika saat mengerjakan soal yang kurang dipahami atau sulit hal yang pertama harus tetap tenang, sebab jika panik maka konsentrasi akan terpecah dan semua yang ada malah menjadi berantakan.

Solusinya tinggalkan dahulu soal yang dirasa cukup sulit, lalu lanjut mengerjakan soal yang mudahuntuk dikerjakan, jika soal yang mudah sudah terselesaikan maka lanjut mengerjakan soal yang sulit dengan tenang dan mengingat semua materi yang teklah dipelajari sebelumnya.

Itulah hal-hal penting untuk persiapan mengikuti Olimpiade Sains Nasional agar bisa berhasil, semoga yang sedang berjuang untuk mengikuti olimpiade ini terus dilancarkan yah! Semangatttt!!!

Baca Juga :

Artikel Terkait