Home » Terbaru » Wisata » 6 Wisata di Garut yang Hits, Cocok untuk Anak & HTM nya

6 Wisata di Garut yang Hits, Cocok untuk Anak & HTM nya

izan_alhasani February 25, 2024

Seperti daerah lainnya, tempat wisata di Garut juga sangat beragam dan memiliki daya tarik yang memikat. Bahkan ada banyak destinasi wisata baru dengan pesona dan keindahan yang menakjubkan. Tidak heran jika Garut banyak dijadikan sebagai tujuan wisata favorit para pelancong.

Garut sendiri identik dengan Situ Bagendit yang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di wilayah tersebut. Dengan keindahannya yang memukau, danau ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Namun selain Situ Bagendit, ada beragam potensi wisata lainnya yang tidak boleh dilewatkan.

Daftar Tempat Wisata di Garut yang Lagi Hits

Daftar Tempat Wisata di Garut yang Lagi Hits

Seperti yang telah disinggung di awal, Garut memiliki potensi wisata yang lengkap sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Kabupaten di Jawa Barat ini menawarkan beragam pesona wisata yang tidak akan membuat Anda bosan. Dari wisata alam, sejarah dan budaya hingga wisata kekinian.

Bagi yang sedang merencanakan liburan ke Garut, dan masih bingung dengan tujuan wisata yang akan dikunjungi, berikut ini daftar tempat wisata terbaik yang bisa dikunjungi selama di Garut:

1. Kamojang Ecopark

Salah satu tempat wisata alam di Garut yang sedang populer adalah Kamojang Ecopark. Objek wisata yang berada di dataran tinggi ini menyajikan pesona alam yang indah dengan hawa sejuk di sekitarnya. Lokasinya sendiri sekitar 22 km dari pusat Kota Garut.

Tempat wisata murah di Garut ini menawarkan keseruan liburan dengan nuansa alam yang begitu kental. Selain menikmati pemandangan sambil melepas penat, pengunjung bisa berburu spot foto kekinian yang tersedia di lokasi wisata ini.

Diantaranya adalah gardu pandang yang estetik, dekorasi berupa sarang burung yang unik, hingga rumah kayu yang tidak kalah menarik. Bagi pengunjung yang ingin bermalam, tersedia area camping yang mampu menampung hingga 100 tenda.

Jika masih belum puas, jangan lewatkan wahana ayunan di ketinggian yang akan menguji nyali dan memacu adrenalin dalam waktu singkat. Ada pula sepeda udara dengan sensasi seru yang tidak kalah menantang. Mau main ATV, ekstrim swing atau flying fox juga bisa.

LokasiJalan Samarang Garut, Cisarua, Samarang, Garut, Jawa Barat.
HTMRp15.000
Jam Buka08.00 WIB – 16.00 WIB

2. Karacak Valley

Tempat wisata di Garut untuk keluarga ini mulai dibuka sejak 2016, dan hingga saat ini pesona dan keindahannya belum memudar, bahkan semakin menarik perhatian. Destinasi wisata alam ini semakin diminati wisatawan sehingga banyak menikmati momen liburan di tempat ini.

Lokasinya yang tidak jauh dari pusat Kota Garut juga menjadi salah satu alasan mengapa tempat wisata ini selalu ramai pengunjung. Selain itu, Karacak Valley juga memiliki beragam daya tarik yang akan membuat pengunjung semakin betah di tempat ini.

Selain hutan pinus yang asri dan terlihat eksotik, di kawasan wisata ini juga terdapat air terjun alami dengan kesegaran airnya yang menggoda. Apalagi suasana yang tersaji di tempat ini juga tenang dan sejuk sehingga memberikan kenyamanan tersendiri bagi wisatawan.

Bagi yang punya hobi bersepeda, di tempat ini sudah tersedia jalur trek downhill yang akan membuat momen bersepeda semakin menantang. Sementara bagi pengunjung yang ingin tinggal lebih lama bisa berkemah di area camping ground yang tersedia.

LokasiKampung Pakuwon, Sukanegla, Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat.
HTMRp5.000 (anak-anak), Rp10.000 (dewasa), Rp15.000 (camping)
Jam Buka07.00 WIB – 17.00 WIB

3. Kolong Langit Coffee Camp

Tempat wisata di daerah Garut yang sedang hits selanjutnya adalah Kolong Langit Coffee Camp. Tempat wisata alam ini dikelilingi oleh hutan pinus yang membuat suasana semakin sejuk dan asri. Tentunya sangat cocok untuk refreshing dan melepas semua kepenatan.

Walau sebenarnya masih terbilang baru, namun tempat wisata di Garut ini sukses menarik perhatian wisatawan. Selain jarak yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Garut (hanya 11 km), akses menuju lokasi wisata ini juga cukup mudah karena bisa dilalui sepeda motor dan mobil.

Meskipun tempat ini dikelilingi hutan pinus, namun fasilitas yang tersedia lumayan lengkap sehingga pengunjung akan semakin nyaman. Diantaranya adalah area parkir, warung makan dan minuman, spot selfie, camping ground, cabin house, glam camp, toilet dan playground.

LokasiKp. Cikadu/Cirorek, Desa Cilawu, Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat.
HTMRp15.000
Jam Buka08.00 WIB – 24.00 WIB (weekday), 24 jam (weekend)

4. Lamping Cirorek

Satu lagi tempat wisata di Garut Jawa Barat yang menjadikan hutan pinus sebagai daya tarik utama, namanya adalah Lamping Cirorek. Di kawasan wisata ini pengunjung akan dimanjakan dengan suasana alamnya yang asri dan menyejukkan.

Tempat wisata di Cilawu Garut ini berada di lereng Gunung Karacak sehingga menghadirkan hawa sejuk pegunungan yang segar. Di tempat ini, pengunjung bisa bersepeda atau mengendarai jeep dengan jalur trek yang memacu adrenalin.

Liburan di Lamping Cirorek ini tidak akan lengkap tanpa berburu spot foto dan mencicipi sajian kulinernya yang menggugah selera. Mulai dari kopi khas Garut yang bikin melek, nasi liwet, sate, gurame, dan berbagai menu khas lainnya yang nikmat.

LokasiDesa Cilawu, Kecamatan Cilawu, Garut, Jawa Barat.
HTMRp10.000
Jam Buka09.00 WIB – 21.00 WIB

5. Pantai Sayang Heulang

Salah satu tempat wisata di Garut yang cukup difavoritkan wisatawan adalah Pantai Sayang Heulang. Dengan harga tiket yang sangat terjangkau, pengunjung akan dimanjakan dengan suasana pantai yang khas dan panorama yang indah.

Pantai nan eksotis ini memiliki garis pantai sepanjang 3,5 km sehingga pengunjung bisa leluasa berjalan-jalan di pinggir pantai sambil menikmati suasana. Letaknya yang menghadap ke Samudra Hindia membuat momen sunset di pantai ini terlihat begitu indah.

Pantai ini juga dilengkapi dengan jembatan dan spot foto kekinian yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Selain berfoto, pengunjung juga bisa melipir sejenak ke pinggir pantai untuk menikmati sajian kuliner yang menggugah selera.

LokasiCijambe, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat.
HTMRp10.000
Jam Buka24 jam

6. Puncak Guha

Jika di Jogja ada puncak Kosakora dengan view lautan yang memanjakan mata, maka di Garut ada Puncak Guha dengan view yang tidak kalah mempesona. Dari atas ketinggian Anda bisa menyaksikan keindahan laut sepuasnya 360 derajat.

Tempat wisata di Garut ini semakin populer dan banyak dikunjungi wisatawan saat liburan karena daya tarik dan keindahannya yang luar biasa. Apalagi momen sunrise maupun sunset di lokasi wisata ini bisa dinikmati dengan jelas, membuat siapapun tertarik untuk datang.

Objek wisata di Bungbulang Garut ini juga menyediakan fasilitas yang cukup memadai sehingga pengunjung akan semakin betah dan nyaman. Mulai dari area parkir, toilet, area camping, gazebo, spot foto hingga warung makan.

LokasiKampung Sinarjaya, Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat.
HTMRp7.500
Jam Buka24 jam
Puncak Guha

Tentunya dengan rekomendasi tempat wisata di Garut yang telah diulas sebelumnya, akan memudahkan Anda dalam menentukan tujuan wisata bersama keluarga atau orang tersayang. Agar rencana liburan semakin matang, sebaiknya persiapkan segala sesuatunya mulai dari sekarang.

Baca Juga:

Artikel Terkait