Home » Terbaru » Wisata » Review Plataran Menteng: Harga Menu, Daya Tarik & Fasilitas

Review Plataran Menteng: Harga Menu, Daya Tarik & Fasilitas

izan_alhasani May 19, 2024

Resto adalah salah satu destinasi yang menyenangkan untuk dikunjungi. Bagaimana tidak? Karena Anda akan dipuaskan dengan menu makanan yang sangat menggugah selera. Selain itu, Plataran Menteng adalah tempat yang sangat nyaman untuk berkumpul.

Berbagai aktivitas menarik bisa dilakukan bersama dengan kerabat, keluarga, maupun teman-teman. Dijadikan sebagai rekomendasi tempat berkumpul berbagai aktivitas seperti buka bersama, reuni, makan-makan keluarga, dan lainnya pasti sangat bisa.

Fakta Menarik Plataran Menteng

Kenali terlebih dahulu untuk fakta menarik seputar restoran ini. Plataran di Menteng ini sebenarnya adalah restoran plataran yang mana merupakan rumah tiga lantai yang sudah ada sejak zaman Belanda. Oleh sebab itu, bangunan ini sangat menarik dan unik.

Untuk setiap lantai yang dimilikinya terdapat berbagai macam desain arsitektur dan interiornya memiliki perbedaan. Akan tetapi, untuk temanya sendiri masih seputar Hindia Belanda.

Tempat ini pernah ditinggali oleh dokter obgyn yang berasal dari Tionghoa. Dokter ini terkenal sebagai orang yang membantu proses kelahiran orang hamil. Sejarah ini pastinya sudah diketahui oleh orang sekitar yang dekat dengan Plataran ini.

Plataran di Menteng ini bukan hanya sebagai restoran untuk menikmati makanan saja. Akan tetapi, banyak orang yang menggunakannya sebagai ruang privat dengan berbagai macam kapasitas. Ada juga ruangan yang bisa menampung tamu sampai dengan 300 orang dalam satu ruangan.

Tidak heran jika banyak aktivitas yang dilakukan di tempat ini seperti pesta mewah, pernikahan, dan acara perusahaan (gathering).

Daya Tarik Restoran Plataran Menteng

Daya Tarik Restoran Plataran Menteng

Sebelum membahas mengenai menu yang ada di tempat ini, ada baiknya untuk mengetahui apa saja aktivitas yang bisa dilakukan? Untuk lebih jelasnya bisa melihat pada informasi di bawah ini:

1. Berada di Restoran Klasik

Aktivitas pertama yang akan dirasakan begitu sampai di tempat ini adalah merasakan vibes restoran klasik dan homey. Hal tersebut dikarenakan plataran ini memiliki desain interior dengan tema klasik dan terlihat sangat nyaman sekali untuk orang Indonesia.

Ambience tempo doeloe masih terasa begitu kental namun tetap diberikan kesan sentuhan modern untuk mengikuti perkembangan zaman. Banyak pengunjung yang mengadakan acara-acara penting di sini karena tempatnya terlihat sangat mewah.

2. Kuliner Makanan Nusantara

Jika sudah berkunjung ke tempat ini maka akan sangat disayangkan jika tidak berkuliner. Memang restoran ini salah satu destinasi wajib saat berkunjung ke Menteng karena memiliki menu yang sangat lezat dan cocok di lidah orang Indonesia.

Jangan sampai melewatkan aktivitas seru ini karena tidak lengkap rasanya jika tidak menyantap hidangan yang disuguhkan di sini.

3. Pertemuan Penting

Tempat ini sangat cocok digunakan untuk pertemuan penting karena layaknya hotel bintang lima. Tempatnya sendiri cukup luas dan bisa menampung banyak orang sehingga siapa saja yang masuk ke tempat ini akan merasa bebas.

Banyak perusahaan yang melakukan pertemuan penting di sini seperti peluncuran produk, meeting, dan lainnya. Tidak jarang orang menggunakan tempat plataran sebagai tempat menggelar pernikahan, menarik bukan?

4. Nongkrong

Resto kekinian ini juga bisa digunakan sebagai tempat nongkrong untuk anak-anak muda sampai dengan berkumpul dengan keluarga. Desain interiornya sangat baik sehingga bisa dijadikan sebagai background foto. Abadikan momen Anda saat berada di Plataran Menteng ini.

Jangan lupa untuk mengupload foto tersebut di sosial media sehingga bisa mendapatkan tempat yang cukup indah. Desain interiornya sangat menyenangkan untuk dilihat bahkan bisa digunakan untuk melepas stress setelah seharian beraktivitas.

Menu Makanan di Plataran Menteng

Menu Makanan di Plataran Menteng

Restoran ini menyediakan kuliner khas Nusantara dengan mengusung tema restoran fine dining. Memang tidak banyak tema restoran tersebut yang menyediakan menu ini sehingga berbeda dengan Plataran di Menteng yang sangat unik ini.

Saat ini, restoran ini sudah memiliki beberapa cabang yang terdapat di Indonesia. Untuk menu yang ditawarkan juga sama antara satu cabang dengan cabang lainnya. Menu yang ditawarkan pastinya khas Nusantara dengan olahan bumbu yang sangat kental dan lezat di lidah.

Untuk menu yang direkomendasikan untuk dicicipi di tempat ini, adalah:

  • Dosa yaitu minuman campuran kedondong dan sari salak dengan gelas belimbing yang khas Indonesia dan sangat menyegarkan.
  • Salad Prabu yaitu makanan yang akan serat karena mengandung isian jambu kristal, wortel, bengkoang, mangga muda, tomat ceri, dan jeruk bali.
  • Dendeng Batokok yaitu makanan yang berasal dari Sumatera Barat dengan daging yang renyah dan tipis khas Plataran di Menteng.

Selain menu makanan di atas juga masih banyak menu-menu lainnya yang bisa dicicipi di tempat ini. Contohnya saja seperti ayam joglo, gurame mangga, onte-onte pisang, dan masih banyak menu lainnya. Pastinya untuk semua menu yang ditawarkan cocok untuk orang Indonesia.

Harga Menu Makanan

Setelah mengetahui menu apa saja yang sekiranya direkomendasikan maka harga adalah salah satu hal penting yang harus diketahui. Memang bisa dikatakan bahwa harganya cukup tinggi namun pastinya cocok dengan kualitas yang diberikan.

Harga-harga setiap menunya pasti berbeda dan tidak sama antara satu dan lainnya. Untuk makanan berat maka harga yang dibanderol mulai dari Rp. 89.000,- sampai dengan Rp. 195.000,- per porsinya. Sedangkan, untuk makanan tradisional mulai dari Rp. 48.000,- sampai dengan Rp. 299.000,-.

Lokasi Plataran Menteng

Bisa dibilang bahwa untuk lokasi dari plataran ini sangat strategis karena berada di tengah kota Jakarta. Tepatnya terletak pada alamat Pusat Jakarta, Jalan HOS Cokroaminoto Nomor 42, Menteng, Jakarta Pusat yang ada di tengah-tengah kota.

Jika Anda berada di Bundaran Hotel Indonesia (HI) maka jaraknya cukup dekat yaitu 750 meter saja. Bahkan saat berjalan kaki bisa ditempuh dengan waktu 10 menit saja. Lokasinya dekat dengan hotel mewah sehingga tempatnya sangat strategis dan mudah didapatkan.

Saat ingin ke tempat ini maka bisa mengunjunginya mulai dari pukul 11.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB. Akan tetapi, saat ingin take away menu di restoran ini akan tutup pada pukul 19.00 WIB. Agar bisa mendapatkan kursi yang pas maka bisa melakukan reservasi terlebih dahulu.

Hal tersebut dikarenakan resto ini sangat ramai pengunjung setiap harinya. Meskipun luas namun tetap saja untuk kenyaman bisa reservasi pada hari sebelumnya, namun langsung datang ke tempat tanpa reservasi juga bisa mendapatkan kursi jika kosong.

Fasilitas

Cobalah cek beberapa fasilitas yang diberikan Plataran ini untuk para pengunjungnya sehingga terasa lebih nyaman. Fasilitas yang akan didapatkan para pengunjung seperti:

  • Toilet bersih dengan tempat duduk sebagai tempat menunggu.
  • Pelayanan luxury sehingga pelanggan akan terasa lebih nyaman.
  • Adanya event rest-room seperti kamar tidur bagi pengunjung.
  • Tempat ibadah seperti mushola.

Fasilitas tersebut sangat mendukung kenyamanan Anda sebagai pengunjung, Bahkan saat berbuka puasa ramai-ramai dengan keluarga dan teman-teman juga sangat direkomendasi.

Bagaimana dengan review Plataran Menteng di atas? Pastinya sudah bisa mendapatkan gambaran yang jelas untuk apa saja yang ada di dalam sini. Untuk lebih jelasnya maka bisa melihat pada review Google yang berasal dari pengunjung lainnya.

Baca Juga:

Artikel Terkait