Home » Terbaru » Wisata » Pantai Segara Ayu Sanur Bali: Lokasi, Daya Tarik, & HTM

Pantai Segara Ayu Sanur Bali: Lokasi, Daya Tarik, & HTM

izan_alhasani February 21, 2024

Bali sangat terkenal dengan wisata pantainya yang eksotis. Keindahan pantai di Bali seolah menjadi magnet yang mampu menyedot perhatian wisatawan, baik lokal maupun asing. Salah satu yang direkomendasikan adalah Pantai Segara Ayu yang berada di kawasan Sanur.

Sanur sendiri sudah tersohor sebagai destinasi wisata unggulan di Bali yang selama ini banyak dikunjungi wisatawan. Namun tentunya ada banyak pantai tersembunyi lainnya yang tidak kalah menarik untuk dijelajahi. Untuk info selengkapnya, langsung saja simak ulasan berikut.

Daya Tarik Wisata Pantai Segara Ayu Sanur

Daya Tarik Wisata Pantai Segara Ayu Sanur

Sama seperti pantai lainnya yang masih satu garis pantai dengan Pantai Sanur, pantai ini juga memiliki daya tarik yang memikat. Tidak heran jika pantai nan cantik ini selalu ramai pengunjung. Ternyata inilah beberapa daya tarik yang ditawarkan:

1. Pemandangan Pantai yang Eksotis

Eksotisme pantai ini tidak kalah dengan pantai lainnya di Bali yang sudah populer. Lokasinya yang hanya berjarak sekitar 190 meter dari Pantai Sindhu membuat pengunjung bisa sepuasnya menikmati keindahan dua pantai yang berdekatan ini.

Dengan hamparan pasir putih serta karakter ombak yang tidak terlalu besar, pengunjung bisa bersantai di tepi pantai dan menikmati keindahan pantai. Perpaduan antara langit biru, laut, pasir putih dan pepohonan di sekitar pantai membuat pantai ini terlihat semakin mempesona.

2. Pesona Sunrise yang Memukau

Keindahan momen sunrise di Pantai Saeara Ayu tidak kalah memukau dari Pantai Sanur dan pantai lainnya di Bali. Tidak heran jika di pagi hari, ada banyak wisatawan yang datang ke pantai ini untuk menikmati dan mengabadikan momen sunrise yang begitu indah.

3. Aman untuk Berenang

Daya tarik lain yang membuat wisatawan tertarik datang ke pantai nan cantik ini adalah karena karakter ombaknya yang cukup tenang. Dengan karakter ombak yang tidak terlalu besar tersebut banyak wisatawan yang berenang di pantai.

4. Tempat Penyelenggaraan Sanur Village Festival

Pantai ini sebelumnya dikenal sebagai pantai nelayan, namun dengan berkembangnya pariwisata di kawasan pantai, banyak yang kemudian alih profesi. Sebagian menjadi pedagang dan tidak sedikit yang menjadi karyawan.

Yang menarik, pantai ini juga sering dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan Sanur Village Festival dengan beragam event wisata di dalamnya. Tujuannya tentu saja untuk mempopulerkan tempat wisata ini agar semakin dikenal dan dikunjungi banyak wisatawan.

Aktivitas Seru yang Wajib Dilakukan di Pantai Segara Ayu

Aktivitas Seru yang Wajib Dilakukan di Pantai Segara Ayu

Liburan ke Segara Ayu yang menyajikan pesona pantai nan menawan tidak akan lengkap tanpa melakukan berbagai aktivitas seru. Diantaranya adalah seperti berikut:

1. Jogging Santai Biar Tambah Sehat

Liburan bukan berarti bermalas-malasan, wisatawan bisa memanfaatkan waktu liburan di pantai dengan melakukan jogging santai. Di kawasan pantai sendiri sudah tersedia fasilitas jogging track yang memanjang sampai ke deretan 10 pantai lainnya di kawasan Sanur.

Dengan olahraga ini wisatawan bisa sekaligus menjaga stamina tubuh selama liburan. Dan yang tidak kalah menarik, bisa menyaksikan deretan pantai indah di sepanjang kawasan Sanur yang tentunya memanjakan mata.

2. Bermain Pasir dan Berenang

Liburan dengan si kecil bisa dilakukan di tempat wisata ini karena karakter ombaknya tidak terlalu besar dan cenderung tenang. Ombaknya yang tenang tentunya aman untuk aktivitas berenang meskipun dilakukan bersama si kecil.

Wisatawan pun bisa memanfaatkan waktu liburannya di pantai dengan bermain pasir dan berenang bersama si kecil. Agar lebih menyenangkan, tidak ada salahnya menyewa ban renang berbentuk bebek yang lucu untuk di kecil.

3. Gowes Asik

Menikmati keindahan Pantai Segara Ayu akan semakin asik dengan gowes atau bersepeda bareng keluarga. Tidak perlu bawa sepeda dari rumah, tempat ini sudah menyediakan penyewaan sepeda bagi pengunjung yang ingin gowes di kawasan pantai.

Harga sewa sepeda di tempat wisata ini rata-rata sebesar Rp15.000 dengan durasi 1 jam. Sementara untuk sewa seharian tarifnya mulai Rp40.000. Untuk aktivitas gowes tersebut pengunjung bisa menyusuri jalur sepeda yang sudah tersedia.

4. Bermain Canoe

Agar momen liburan semakin seru dan berkesan, bermain canoe di pantai juga bisa menjadi pilihan menarik untuk dilakukan. Di pantai ini pengunjung bisa menyewa canoe seharga Rp20.000 dengan durasi 1 jam.

Namun sebelum memulai aktivitas tersebut biasanya akan diarahkan dan diajarkan teknik mendayung canoe dengan benar. Baru setelahnya pengunjung bisa langsung mencobanya di perairan pantai.

5. Berjemur ala Bule

Aktivitas berjemur lazim dilakukan oleh wisatawan asing atau bule yang ingin mendapatkan kulit coklat. Kulit coklat sendiri bagi bule dianggap lebih cantik dan sehat sehingga banyak yang kemudian berjemur di bawah sinar matahari demi bisa memiliki kulit coklat tersebut.

Meskipun identik dengan aktivitasnya bule saat ke pantai, bukan berarti wisatawan lokal tidak boleh berjemur. Aktivitas ini tentu sangat cocok dilakukan ketika sinar matahari sudah meredup atau ketika masih pagi sebelum jam 9 sehingga tidak terlalu terik.

Sambil bersantai di kursi panjang yang disediakan, wisatawan bisa menikmati keindahan Pantai Segara Ayu secara maksimal. Namun sebelum berjemur sebaiknya sudah memakai sunblock agar kondisi kulit tidak terbakar dan tetap terlindung.

6. Kulineran Memanjakan Lidah

Aktivitas liburan yang sangat seru tidak akan lengkap tanpa mencicipi aneka menu kuliner yang dijajakan di sekitar pantai. Sambil menyantap hidangan, pengunjung bisa sambil menikmati keindahan pantai dari kejauhan.

Tentunya ada banyak pilihan menu khas Bali yang bisa dinikmati selama liburan di pantai. Tidak perlu bingung mencari karena di sepanjang pantai ada banyak warung makan yang menawarkan menu makanan dan minuman yang menggugah selera.

Tapi kalau ingin mendapatkan menu enak dengan harga terjangkau, salah satu rekomendasinya adalah Nasi Bali Made Weti. Warung makan ini terletak di dekat area parkir dan sudah sangat terkenal dengan makanannya yang enak dan harga terjangkau.

Lokasi Pantai Segara Ayu Bali

Pantai Segara Ayu dimana? Seperti yang dijelaskan sebelumnya, lokasi pantai nan menawan ini tidak jauh dari Pantai Sindhu. Tepatnya di Jalan Segara Ayu, Sanur Kaja, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali. Jika dari arah Bandara Internasional Ngurah Rai jaraknya hanya sekitar 17 km.

Dengan waktu perjalanan sekitar 30 menit saja dari bandara, pengunjung bisa tiba di lokasi pantai dan siap untuk menikmati berbagai keseruan yang tersaji di dalamnya.

Fasilitas, HTM dan Jam Buka

Sebagai salah satu pantai yang banyak dikunjungi wisatawan, pantai di Jl. Pantai Segara Ayu ini sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas. Mulai dari area parkir kendaraan, toilet dan ruang bilas, penyewaan sepeda, penyewaan canoe, jogging track, warung makan, cafe dan lain sebagainya.

Sebagai informasi, harga tiket masuk ke pantai ini gratis. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat. Untuk jam bukanya sendiri mulai pukul 06.00 WITA – 18.00 WITA.

Tidak melulu ke Pantai Sanur, Anda bisa menjadikan Pantai Segara Ayu sebagai salah satu tujuan wisata saat liburan ke Bali. Hanya dengan berjalan kaki selama 5 menit, keindahan Pantai Sindhu juga bisa sekalikan dinikmati karena masih dalam 1 kawasan.

Baca Juga:

Artikel Terkait