Home » Terbaru » Teknologi » 4 Contoh Surat Keterangan Belum Menikah (Berbagai Kebutuhan)

4 Contoh Surat Keterangan Belum Menikah (Berbagai Kebutuhan)

izan_alhasani September 29, 2023

Seperti apa contoh surat keterangan belum menikah? Surat keterangan ini biasanya akan dibuat oleh seseorang yang akan menikah atau karena diminta oleh tempat kerjanya. Sebelum mencoba membuatnya sendiri, pahami dulu seluk beluk mengenai surat keterangan ini.

Surat keterangan yang satu ini mempunyai berbagai fungsi. Fungsi utamanya adalah untuk menunjukkan bahwa orang yang membuatnya masih lajang serta tidak terikat dalam suatu perkawinan. Setelah didapatkan, surat ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Pengertian Surat Keterangan Belum Menikah

Pengertian Surat Keterangan Belum Menikah

Surat keterangan belum menikah merupakan suatu surat yang fungsinya adalah untuk menerangkan bahwa penulis masih mempunyai status lajang dan belum pernah melangsungkan pernikahan apapun. Biasanya, surat ini dibuat untuk memenuhi persyaratan saat akan melamar kerja.

Fungsi lain surat keterangan ini adalah untuk mengurus suatu pernikahan, mengajukan program beasiswa, maupun untuk berbagai program atau kepentingan lainnya. Dulu, surat ini hanya bisa dibuat di Dukcapil saja. Tapi sekarang, surat ini bisa dibuat di kelurahan dan kecamatan setempat.

Yang perlu dilakukan untuk membuat surat ini hanyalah mendatangi kelurahan atau kecamatan setempat. Tidak ada biaya apapun yang perlu dibayarkan saat membuat surat keterangan belum menikah dengan bantuan aparat desa setempat.

Beberapa Contoh Surat Keterangan Belum Menikah

Beberapa Contoh Surat Keterangan Belum Menikah

Saat akan membuat surat keterangan belum menikah, pembuatnya harus mempersiapkan beberapa hal, seperti surat pengantar yang bisa didapatkan dari RW atau RT setempat, fotocopy KTP dan Kartu Keluarga, serta fotocopy KTP dua saksi yang dipilih oleh pemohon.

Agar bisa lebih memahami seperti apa kira-kira isi dari surat keterangan ini, pelajari beberapa contohnya dibawah ini.

1. Untuk melamar kerja

Fungsi pertama dari surat keterangan belum menikah adalah untuk melamar pekerjaan. Hal ini karena memang ada beberapa perusahaan yang meminta calon karyawan untuk melampirkan surat keterangan belum menikah ini pada saat mengirimkan surat lamaran pekerjaan.

SURAT KETERANGAN BELUM MENIKAH

Nomor   : 012/29/TP/BY/2023

Yang membubuhkan tanda tangan di surat ini, Kepala Desa Melati Wetan, Sleman, DIY, menyatakan bahwa,

Nama                            : Hamidah Yuliati

Tempat, Tgl Lahir        : Yogyakarta, 1 April 2000

Pekerjaan                      : Mahasiswa

Agama                          : Islam

Alamat                          : Desa Melati Wetan No. 20, Sleman, DIY

Pemilik nama diatas memang benar merupakan salah satu warga dari Desa Melati Wetan, Sleman, DIY. Sejauh pengamatan yang telah kami laksanakan, yang bersangkutan dinyatakan bahwa BELUM PERNAH MENIKAH.

Surat keterangan belum menikah ini akan diberikan kepada yang bersangkutan sehingga bisa digunakan untuk melengkapi administrasi saat melamar pekerjaan.

Demikian surat keterangan belum menikah ini dibuat dengan sejujurnya dan sebenarnya sehingga bisa digunakan sesuai dengan keperluan.

Sleman, 1 April 2023

Kepala Desa Melati Wetan

Syarif Arifudin

Jika akan digunakan untuk melamar pekerjaan, maka pemohon surat keterangan ini bisa melampirkan surat keterangan bersama dengan berkas lain yang diminta oleh perusahaan. Misalnya saja fotokopi ijazah yang terbaru dan sudah dilegalisir, fotokopi KTP, dan dokumen yang lainnya.

2. Dari Gereja

Sontoh surat keterangan belum menikah yang berikutnya adalah surat yang dibuat oleh pihak gereja agar bisa digunakan untuk mengurus pernikahan di catatan sipil. Biasanya, pihak gereja akan membuat surat keterangan yang kemudian digunakan untuk mengurus pernikahan di gereja sebelum capil.

Lingkungan Santo Yosef

Paroki Santa Maria

Sleman, 1 April 2023

Nomor   : 003/PMTW/SPP/XXIII/2023

Perihal  : Surat Pengantar Perkawinan

Kepada Yth,

Sekretariat Gereja Maria Immaculata

Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Surat Pengantar

Yang membubuhkan tanda tangan di bawah ini adalah ketua lingkungan Santo Yosef, Paroki Santa Maria, menyatakan dengan sebenarnya bahwa:

Nama                            : Veronica Angella

Tempat, Tgl Lahir        : Sleman, 1 April 2000

Alamat                          : Jl. Gurameh Raya No. 313, Sleman, DIY

Merupakan umat yang benar terdaftar sebagai salah satu warga di lingkungan Santo Yosef di Paroki Santa Maria. Dan sejauh yang kami ketahui, yang bersangkutan memang benar belum pernah menikah.

Surat keterangan ini dibuat untuk melengkapi persyaratan perkawinan yang diwajibkan oleh Gereja Maria Immaculata, Sleman sehingga bisa melangsungkan pernikahan dengan:

Nama                            : Stefanus Angelo

Rencana Perkawinan  : Minggu, 23 April 2023

Demikian surat pengantar perkawinan ini saya buat, semoga bisa digunakan sesuai dengan fungsinya. Atas perhatian sekretariat, saya sampaikan rasa terima kasih.

Sleman, 1 April 2023

Ketua Lingkungan Santo Yosef

Agustinus Suprihatin

Setiap gereja mempunyai format yang berbeda tapi intinya kurang lebih sama saja. Surat keterangan ini bisa digunakan untuk melangsungkan pernikahan di gereja yang sama atau gereja lainnya.

3. Surat Keterangan Belum Pernah Menikah

Contoh surat pernyataan yang berikutnya adalah yang dibuat sendiri oleh yang bersangkutan dan diteguhkan oleh wali atau orangtuanya. Surat pernyataan tersebut bisa dibawa ke pejabat untuk kemudian dibuatkan surat keterangan menikah yang lebih formal atau resmi.

SURAT PERNYATAAN BELUM MENIKAH

Yang menandatangani surat keterangan di bawah ini,

Nama                            : Mikael Aria Setiawan

Tempat, Tgl Lahir         : Sleman, 1 April 2000

Jenis Kelamin                : Laki-laki

Agama                          : Katolik

Pekerjaan                      : Karyawan Swasta

Alamat                          : Jl. Arwana Raya No. 178, Sleman, DIY

No. KTP                        : 9876543219876543

Menyatakan dengan sejujur-jujurnya dan sebenar-benarnya bahwa hingga saat ini saya belum pernah menikah dengan wanita manapun, baik secara hukum negara, agama, maupun secara adat. Saya juga menyatakan bahwa saya masih benar-benar bujang.

Demikian saya buat surat pernyataan belum pernah menikah ini dengan sejujurnya dan sebenarnya. Apabila di masa mendatang ditemukan fakta bahwa pernyataan yang tertulis di dalam surat ini tidak benar, saya siap untuk dituntut sesuai dengan undang-undang serta hukum yang berlaku.

Sleman, 1 April 2000

Mengetahui                                                                                           Pembuat Pernyataan

Orangtua/Wali

Johanes Alfa Setiawan                                                                           Mikael Aria Setiawan

4. Surat Keterangan Belum Menikah dari RT

Biasanya, ketua RT mempunyai surat keterangan yang bisa langsung dicetak dan diisi oleh setiap warga yang akan membuat surat keterangan. Format surat keterangan belum menikah dari RT kurang lebih sama dengan yang ada di bawah ini.

SURAT KETERANGAN BELUM MENIKAH

Yang membubuhkan tanda tangan dibawah ini, Ketua RT 16 Kelurahan Segara, Kecamatan Samudra, Kabupaten Sleman, menyatakan bahwa:

Nama                            : Ardiansyah Boas

Jenis Kelamin                : Laki-laki

Tempat, Tgl Lahir         : 1 April 2000

Agara                            : Islam

Pekerjaan                      : Karyawan Swasta

Status Perkawinan       : Belum Menikah

Nomor KTP                   : 9876543219876543

Alamat                          : Jl. Laut Selatan 1 No. 18, Sleman, Yogyakarta

Nama tersebut merupakan salah seorang warga yang tinggal di alamat yang tercantum dan hingga surat keterangan belum menikah ini dikeluarkan, yang bersangkutan masih belum menikah.

Surat keterangan belum menikah ini dibuat dan diberikan sehingga yang bersangkutan bisa menggunakannya sesuai dengan keperluan.

Sleman, 1 April 2023

Ketua RT

Yudha Arifin

Ada berbagai contoh surat keterangan belum menikah yang bisa dipelajari sebelum membuat surat keterangan sendiri. Siapkan dokumen pendukung yang menunjukkan bahwa seseorang memang belum menikah, misalnya saja KTP atau Kartu Keluarga.

Baca Juga:

Artikel Terkait