Home » Terbaru » Teknologi » ChatGPT 4 Telah Hadir, Ini Kelebihan GPT-4 Dibanding ChatGPT

ChatGPT 4 Telah Hadir, Ini Kelebihan GPT-4 Dibanding ChatGPT

wisnu February 22, 2024

Belum lama ini, ChatGPT 4 telah berhasil dirilis oleh OpenAI pada tanggal (14/3/2023) dengan memperkenalkan sistem Artificial Intelligence (AI) dengan model language terbaru yang akan sangat membantu banyak pengguna Internet.

Pihak OpenAI pun mengklaim bahwa GPT-4 memiliki tingkat kepintaran yang lebih baik dibandingkan dengan ChatGPT yang sering digunakan saat ini. Tentu banyak yang penasaran untuk mencobanya.

Dalam artikel ini, nantinya akan dibahas secara lengkap tentang ChatGPT 4 mulai dari cara kerja, keunggulan atau manfaat dan lain sebagainya. Oleh karena itu, bagi yang ingin mencobanya, silahkan ketahui lebih dulu fitur terbaru kali ini.

Seperti Apa dan Bagaimana Cara Kerja ChatGPT 4 yang Diklaim Lebih Pintar Dari ChatGPT Biasa

Seperti-Apa-dan-Bagaimana-Cara-Kerja-ChatGPT-4-yang-Diklaim-Lebih-Pintar-Dari-ChatGPT-Biasa

ChatGPT 4 adalah model bahasa alami generatif yang dirilis pada tahun 2021 oleh OpenAI. Model ini menggunakan pendekatan Deep Learning yang memungkinkan ChatGPT 4 untuk belajar dari data bahasa alami manusia dan menghasilkan teks yang lebih mirip dengan cara manusia berbicara.

Cara kerja dari program terbaru ini sangatlah sederhana, model ini menggunakan pendekatan Deep Learning untuk memproses bahasa alami manusia. Deep Learning sendiri adalah teknologi Artificial Intelligence yang dapat belajar dari data yang diberikan.

Dengan begitu semakin banyak data yang diberikan maka semakin baik pula performa model tersebut. Cara kerja seperti inilah yang dibutuhkan oleh manusia yang membantu pekerjaan lebih mudah.

AI ini memproses data dengan mengenali pola dan struktur dari teks yang diberikan, kemudian melakukan analisis dan pembelajaran dari pola tersebut. Proses pembelajaran ini dilakukan dalam beberapa tahap sehingga model tersebut dapat memahami bahasa manusia dengan lebih baik.

Performa Lebih Baik! Inilah Fitur yang Dijanjikan Pada ChatGPT 4 yang Belum Lama Dirilis, Dapat Deteksi Gambar?

Performa-Lebih-Baik-Inilah-Fitur-yang-Dijanjikan-Pada-ChatGPT-4-yang-Belum-Lama-Dirilis-Dapat-Deteksi-Gambar

ChatGPT 4 merupakan update lanjutan dari GPT-3,5 yang memberikan beberapa kehebatan yang begitu signifikan. Hal tersebut harus dapat terlihat pada beberapa kelebihan yang ada di bawah ini.

1. Percakapan menjadi lebih panjang

Demi memuaskan penggunanya, pihak ChatAI memberikan kemampuan tambahan yang cukup signifikan dimana fitur terbaru ini bisa membuat percakapan yang lebih panjang. Ini yang tidak dapat dilakukan oleh ChatGPT-3.5 yang memiliki keterbatasan.

Bahkan hebatnya, GPT-4 bisa menampung percakapan hingga 25.000 kata atau delapan kali lebih banyak dari versi sebelumnya. Ini akan lebih meningkat jika ada pembaruan versi yang akan mendatang.

2. Dapat Mendeteksi Gambar

Ini dia yang membuat ChatGPT-4 begitu dikagumi dimana sudah tidak hanya sebagai bahasa model saja, tapi sudah berubah menjadi multi-modal. Hal ini karena GPT-5 dapat mendeteksi dan menerangkan sebuah data gambar.

Ini adalah fitur yang paling ditunggu-tunggu hingga saat ini dan semua orang dapat memasukkan perintah dengan format teks maupun gambar. Nantinya GPT-4 akan memberikan keterangan atau tanggapan berupa teks dari perintah yang dimuat dari teks dan gambar.

Pemahaman bahasa yang lebih baik

Satu hal yang membuat banyak orang tercengang dengan fitur terbaru ini adalah kemampuannya dalam pemahaman bahasa. Pihak OpenAI sudah melakukan berbagai rangkaian uji coba mulai dari versi lama maupun baru.

Hasilnya, pemahaman yang dilakukan oleh GPT-4 mendapatkan hasil yang lebih baik dan unggul pada language model dengan 24 bahasa dari 26 bahasa yang telah diujikan. Bahkan ini termasuk GPT 3.5 yang merupakan lanjutan versi sebelumnya.

4. Menambahkan respon yang aman

Risiko yang diapatkan pada GPT-4 tentu seperti halnya ChatGPT yaitu kemungkinan memberikan banyak respon yang tidak aman pada suatu perintah seperti saran yang mengandung arti berbahaya, informasi yang tidak akurat hingga kode yang bermasalah.

Akan tetapi, OpenAI mengatakan sudah melibatkan berbagai ahli untuk memberikan saran dalam memperbaiki GPT-4 yang menolak berbagai perintah berbahaya. Dengan begitu, resiko yang awalnya ditakutkan, kini menjadi sajian respon yang lebih aman.

Dalam porses latihan tersebut, bahkan OpenAI telah mengklaim bahwa memberikan penurunan yang begitu signifikan terhadap perintah berbahaya hingga 82 persen dari versi sebelumnya, yakni GPT-3.5.

5. Respon jauh lebih ekspresif

Tidak ada yang menyangka bahwa ChatGPT-4 telah memaksimalkan fitur demi kenyamanan penggunanya. Hal tersebut dapat dilihat dari gaya respon yang beih baik dimana percakapan bisa diatur berdasarkan keinginan sendiri.

dengan begini, respon GPT-4 akan menjadi lebih ekspresif dan sama seperti apa yang dilakukan manusia pada umumnya. Apalagi dengan fitur langganan ChatGPT Plus yang memberikan pengalaman lesbih baik dari versi gratis.

Baca Juga: Aplikasi Penghasil Paypal Tercepat Langsung WD, Terbukti!

Kekurangan yang Menjadi Keterbatasan ChatGPT 4 yang Harus Diketahui, Jawaban Selalu Benar?

Kekurangan-yang-Menjadi-Keterbatasan-ChatGPT-4-yang-Harus-Diketahui-Jawaban-Selalu-Benar

Sebelumnya, informasi diatas telah memberikan gambaran bagaimana ChatGPT-4 memberikan keuntungan kepada penggunanya. Ini sudah lebih dari cukup dan bahkan memberikan kemudahan yang lebih banyak.

Meski dengan berbagai macam perbaikan dan peningkatan dari segi bahasa, nyatanya GPT-4 masih memiliki kekurangan. Adapun beberapa keterbatasan yang dimiliki oleh update terbaru satu ini dapat dilihat sebagai berikut.

1. Membutuhkan Sumber Daya yang Besar

Keterbatasan pertama yang dimiliki oleh language model satu ini adalah ChatGPT 4 memerlukan sumber daya yang besar untuk melakukan pelatihan dan penggunaan model. Hal ini memerlukan biaya yang tinggi untuk penggunaan dalam skala besar.

2. Tidak Mampu Mempelajari Konteks yang Lebih Luas

ChatGPT 4 hanya dapat mempelajari konteks dari teks yang diberikan, sehingga tidak mampu mempelajari konteks yang lebih luas seperti pengetahuan umum atau konteks yang tidak terkait dengan teks yang diberikan.

Meski masih memiliki kekurangan dalam hal ini, tetapi terbilang cukup meyakinkan dengan beberapa peningkatan yang lebih baik dari sebelumnya. Setidaknya, pencarian yang diinginkan tidak seperti jawaban sebelumnya.

3. Tidak Dapat Menghasilkan Jawaban yang Selalu Benar

ChatGPT 4 hanya dapat menghasilkan jawaban yang didasarkan pada informasi yang diberikan dalam teks yang diproses. Model ini tidak dapat menjamin bahwa jawaban yang dihasilkan selalu benar.

Sama seperti penjelasan sebelumnya dimana ChatGPT harus terus upgrade dan mengurangi beberapa kesalahan seperti memberikan jawaban atau tanggapan atas apa yang dipertanyakan. Selama belum sempurna, sebaiknya periksa lebih lanjut apakah jawaban tersebut benar atau salah.

Coba Fitur Baru! Begini Cara Menggunakan Fitur AI ChatGPT-4, Bisa Akses Secara Gratis?

Coba-Fitur-Baru-Begini-Cara-Menggunakan-Fitur-AI-ChatGPT-4-Bisa-Akses-Secara-Gratis

Sebagai pengguna yang merespon terhadap fitur baru tentu akan langsung mencoba membandingkannya dengan versi sebelumnya. Akan tetapi, yang harus diperhatikan adalah untuk mendapatkan fitur ini harus membayar $20 terlebih dahulu.

Berikut ini adalah cara akses ChatGPT 4 secara mudah di bawah ini.

  • Langkah pertama, akses website chat openAI seperti biasanya
  • Jika sudah login dan masuk ke dalam tampilan utama, pilih Navigasi
  • Kemudian pilih Upgrade to Plus
  • Silahkan pilih ChatGPTPlus dengan klik Upgrade plan
  • Nantinya akan diarahkan ke detail pembayaran dan masukan data-data seperti alamat penagihan. Jika sudah, klik Berlangganan
  • Setelah pembayaran selesai, kini pelanggan bisa menikmati fitur GPT-4
  • Selesai.

Namun, apabila tidak ingin membayarnya, mungkgin bisa menggunakan fitur lain yang telah didukung oleh ChatGPT 4. Salah satu diantaranya adalah fitur AI yang ada di Microsoft Bing yang telah berjalan di GPT-4.

Hal yang perlu diketahui adalah bahwa model GPT-4 jika dibandingkan dengan situs ChatGPT yaitu basis pengetahan. Hanya saja, Bing AI masih terbatas pada 15 respon pada satu percakapan saja.

Baca Juga: HP Baterai Besar Murah di Bawah 2 Juta Tahan Lama Terbaru

Artikel Terkait