Home » Terbaru » Pendidikan » 3 Contoh Surat Resign Kerja (Pengunduran Diri) Berbagai Profesi

3 Contoh Surat Resign Kerja (Pengunduran Diri) Berbagai Profesi

izan_alhasani June 14, 2024

Surat resign kerja atau surat pengunduran diri merupakan suatu surat yang sifatnya resmi. Jenis surat yang satu ini harus dibuat secara formal dengan menggunakan bahasa yang resmi dan penuh respek. Penting untuk mempelajari contoh surat resign kerja agar bisa membuatnya sendiri.

Biasanya ada syarat yang harus dipenuhi oleh karyawan yang akan mengajukan pengunduran diri. Misalnya saja ada perusahaan yang mengharuskan karyawannya untuk mengajukan surat pengunduran diri minimal 30 hari sebelum meninggalkan perusahaan.

Pengertian Surat Berhenti Kerja

Pengertian Surat Berhenti Kerja

Surat pengunduran diri karyawan merupakan sebuah surat resmi yang ditulis serta diajukan oleh karyawan kepada perusahaan tempatnya bekerja. Tujuannya adalah untuk menginformasikan bahwa karyawan tersebut memutuskan untuk tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut.

Karyawan yang akan keluar dari perusahaan tersebut wajib menyampaikan alasan mengundurkan diri di dalam surat resign. Hal ini sangat penting agar tidak terjadi kesalahpahaman atau menimbulkan suatu masalah baik di pihak karyawan maupun di pihak perusahaan.

Karyawan harus mempunyai sikap profesional selama bekerja serta ketika akan meninggalkan perusahaan. Tujuan dari dibuatnya surat pengunduran diri adalah agar karyawan bisa meninggalkan perusahaan dengan lebih tenang dan bekerja di perusahaan yang baru tanpa ada kendala apapun.

Berbagai Contoh Surat Resign Kerja

Berbagai Contoh Surat Resign Kerja

Perusahaan meminta karyawan untuk mengajukan surat pengunduran diri sebelum benar-benar meninggalkan perusahaan agar perusahaan punya cukup waktu untuk menemukan pengganti bagi karyawan yang mengundurkan diri. Agar bisa membuat surat resign, pelajari contohnya di bawah ini.

1. Contoh surat pengunduran diri yang baik

Surat pengunduran diri harus menggunakan bahasa Indonesia baku yang sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Setiap karyawan yang akan mengundurkan diri dari perusahaan wajib berusaha keras untuk membuat surat resign kerja yang baik, seperti yang ada di bawah ini.

Sleman, 30 Maret 2023

Kepada,

HRD Manager

PT Kembang Soka

Jl. Soka Raja, Sleman

Dengan hormat, saya yang membubuhkan tanda tangan di bawah ini,

Nama                            : Risda Darisa

Tempat, Tanggal Lahir : 30 Maret 1993

Alamat                          : Jl. Kepodang Selatan, Sleman

Jabatan                         : Sales Manager

Melalui surat ini, saya menyampaikan pengunduran diri terhitung pada tanggal 30 Maret 2023 dengan alasan akan menjalankan usaha pribadi sesuai dengan impian yang saya miliki selama ini.

Segala sesuatu yang berkaitan dengan tanggung jawab dan tugas saya di perusahaan sebagai sales manager akan saya laksanakan hingga masa pengunduran saya tiba.

Saya sampaikan rasa terima kasih yang besar kepada para pimpinan serta seluruh karyawan yang selalu membantu dan membimbing saya selama ini dalam menjalankan pekerjaan.

Saya juga ingin menyampaikan permohonan maaf karena tidak bisa menjadi bagian PT Kembang Soka dan mohon maaf atas seluruh kesalahan yang saya lakukan selama bekerja di perusahaan ini.

Surat pengunduran ini saya buat dalam kondisi sepenuhnya sadar dan tidak ada paksaan dari siapapun. Atas dukungan dan perhatian perusahaan selama saya bekerja disini, saya ingin mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

Risda Darisa

2. Contoh surat resign kerja guru

Guru yang akan berhenti mengajar di sebuah sekolah juga perlu mengajukan pengunduran diri. Dengan adanya surat pengunduran diri ini, pihak sekolah bisa mempersiapkan guru lain yang akan mengambil alih posisi guru yang resign sehingga para siswa tetap bisa mendapatkan pelajaran tanpa hambatan.

Sleman, 30 Maret 2023

Kepada Yth.

Kepala SMK Negeri 6 Yogyakarta

Jl. Kenari 6, Yogyakarta

Perihal  : Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini, saya yang membubuhkan tanda tangan di bawah ini,

Nama                            : Sri Rejeki, S.Pd.

Tempat, Tanggal Lahir : Sleman, 30 Maret 1980

Jabatan                         : Guru Tata Boga

NIP                               : 9354827638492748

Alamat                          : Jl. Cempaka Cempiki, Sleman

Secara resmi terhitung sejak hari Senin, 3 April 2023, menyatakan untuk mengundurkan diri sebagai Guru Tata Boga di SMK Negeri 6 Yogyakarta.

Saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang diberikan oleh SMK Negeri 6 Yogyakarta, sehingga saya dapat bekerja dan mengajar para siswa.

Tidak lupa saya juga memohon maaf kepada seluruh guru, komite, dan juga staff SMK Negeri 6 Yogyakarta jika terjadi berbagai hal yang kurang berkenan atau tidak baik selama saya menjadi tenaga pendidik di SMK Negeri 6 Yogyakarta.

Saya selalu berharap bahwa SMK Negeri 6 Yogyakarta bisa menjadi sekolah yang penuh prestasi, baik di bidang non akademik, terutama di bidang akademik. Semoga SMK Negeri 6 Yogyakarta bisa terus melahirkan penerus bangsa yang berkualitas

Hormat saya,

Sri Rejeki, S.Pd.

NIP. 9354827638492748

3. Contoh surat berhenti kerja sederhana

Surat kerja juga bisa dibuat dengan lebih sederhana, tanpa menuliskan terlalu banyak informasi di dalamnya. Yang penting surat tersebut bisa memberikan informasi yang jelas dan dibutuhkan oleh pihak perusahaan. Contoh surat resign kerja yang sederhana bisa dipelajari di bawah ini.

Sleman, 30 Maret 2023

Kepada,

Yth. HRD PT Raditya Dika

Di Yogyakarta

Perihal  : Pengunduran Diri

Dengan hormat, bersama dengan surat ini, saya yang membubuhkan tanda tangan di bawah ini,

Nama    : Dodit Mulyanto

NIK       : 82559274658302

Jabatan : Programmer / Software Developer

Menyatakan bahwa saya mengajukan pengunduran diri dari posisi saya sebagai karyawan di PT Raditya Dika terhitung sejak tanggal 30 Maret 2011.

Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena kondisi ayah saya yang sedang sakit di Lampung mengharuskan saya untuk kembali ke Lampung sampai waktu yang tidak bisa ditentukan.

Sehubungan dengan tanggung jawab pekerjaan yang belum sempat terselesaikan sepenuhnya, saya lampirkan dalam bentuk CD bersama dengan surat pengunduran diri ini.

Saya sampaikan rasa terimakasih atas kesempatan berharga yang sudah diberikan oleh perusahaan kepada saya. Saya juga menyampaikan permohonan maaf kepada jajaran manajemen serta karyawan PT Raditya Dika jika terdapat hal-hal tidak baik yang saya lakukan selama bekerja disini.

Saya berdoa agar PT Raditya Dika bisa menjadi perusahaan yang sukses dan terus maju. Demikian surat pengunduran diri ini saya serahkan untuk bisa dimaklumi. Terima kasih.

Hormat Saya,

Dodit Mulyanto

Pentingnya Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri mempunyai berbagai fungsi, misalnya adalah untuk mengakhiri proses kerja di suatu perusahaan. Fungsi lainnya adalah sebagai suatu sarana resmi untuk mengundurkan diri dari tempat kerja selama ini dan memperlihatkan etika kerja yang bagus dan kesopanan.

Karyawan tidak bisa langsung meninggalkan perusahaan dan pekerjaan yang masih menjadi tanggung jawabnya. Jika karyawan keluar tanpa surat pengunduran diri, pihak perusahaan bisa dirugikan dan nama baik atau reputasi karyawan bisa rusak.

Tiga contoh surat resign kerja yang baik memungkinkan karyawan untuk membuat surat pengunduran diri yang benar sehingga perusahaan bisa mempersiapkan pengganti yang layak. Pastikan untuk menggunakan bahasa baku dan kalimat yang mudah dipahami serta benar-benar jelas.

Baca Juga:

Artikel Terkait