Home » Terbaru » Pendidikan » Contoh Makalah PDF yang Baik dan Benar Struktur Lengkap

Contoh Makalah PDF yang Baik dan Benar Struktur Lengkap

putri_laras May 21, 2024

Pusing dengan tugas makalah yang tiada habisnya? Jangan khawatir ya, admin diskop.id akan memberikan beberapa contoh makalah pdf yang benar dan juga rapi pastinya. Jadi bagi yang sedang menempuh pendidikan mulai dari sekolah bahkan sampai dengan perguruan tinggi bisa simak baik-baik penjelasan kali ini ya.

Makalah sendiri adalah sebuah karya tulis ilmiah yang membicarakan sebuah topik tertentu untuk menjelaskan sebuah gagasan dan juga fakta terkait. Biasanya tugas makalah ini seringkali diberikan kepada para mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan ya. Bahkan sepertinya hampir setiap matakuliah ada tugas makalah. Hal ini tentu membuat pusing ya.

Namun skill dalam membuat makalah penting sekali lho. Karena bisa melatih kita dalam menyusun sebuah kalimat terkait dengan topik yang sedang dibahas. Nah jika memang baru belajar untuk membuat makalah, admin pnya tips dan juga trik serta beberapa penjelasan terkait dengan struktur apa saja yang ada dalam sebuah makalah ya. Kami juga sudah menyediakan file contoh makalah pdf yang bisa di download secara gratis lho. Berikut ini penjelasannya.

Pengertian Makalah Dan Tips Dalam Membuatnya

pengertian-makalah-dan-tips-dalam-membuatnya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), makalah adalah karya tulis yang digunakan sebagai sebuah laporan dari hasil pelaksanaan tugas atau penelitian sekolah maupun perguruan tinggi. Selain itu, makalah juga disebut dengan tulisan resmi yang berisi suatu pokok bahasan yang dibuat untuk khalayak umum dengan susunan tertentu untuk diterbitkan.

Ya, tentunya dalam menulis sebuah makalah diperlukan susunan yang sistematis sesuai dengan standar ya. Penulisan makalah juga didasarkan dengan pemikiran yang logis dan juga objektif sesuai dengan analisis tertentu. Dalam menulis makalah tentunya dibutuhkan bahasa yang formal dalam menulis ya. Untuk itu pelajaran bahasa Indonesia sangatlah penting untuk menunjang proses pembuatan makalah.

Nah dalam membuat makalah tentunya ada beberapa persiapan yang harus dilakukan supaya dalam membuatnya jadi lebih mudah. Berikut ini adalah beberapa tips yang harus dilakukan saat membuat makalah.

  1. Untuk yang pertama disarankan untuk menentukan tema dan judul untuk makalah terlebih dahulu ya.
  2. Selanjutnya silahkan kumpulkan berbagai referensi yang sesuai dengan tema dan juga judul yang telah ditentukan sebelumnya.
  3. Mulailah menulis dengan susunan yang sistematis.
  4. Kemudian silahkan tambahkan kutipan seperti jurnal atau juga buku yang menjadi referensi.
  5. Terakhir silahkan konsultasi dengan yang memberi tugas seperti guru atau juga dosen, apakah sudah sesuai atau masih perlu revisi.

Contoh Makalah Yang Benar Download File PDF

contoh-makalah-yang-benar-download-file-pdf

Setelah mengetahui tentang apa itu makalah, tentunya admin juga sudah menyiapkan juga ya contoh makalah yang benar yang bisa digunakan sebagai referensi untuk melihat struktur yang baik dan benar juga rapi. Karena bagi pelajar dan juga mahasiswa yang baru saja mulai menulis tentunya dibutuhkan contoh makalah lengkap ya, mulai dari struktur sampai dengan cara penulisannya. Berikut ini file Contoh Makalah pdf yang bisa di download.

Susunan Format Makalah Yang Harus Ada

susunan-format-makalah-yang-harus-ada

Supaya lebih paham akan teori dalam membuat makalah, tentunya dibutuhkan juga pengetahuan tentang susunan apa saja yang ada dalam sebuah makalah ya. Karena memang ada bagian-bagian penting yang harus ada dalam sebuah makalah. Bahkan setiap makalah juga pastinya memiliki struktur atau format yang sama ya. Jadi bagi para pelajar dan juga mahasiswa yang memang sedang belajar membuat makalah, bisa pahami terlebih dahulu apa saja susunan dalam membuat makalah.

Cover Makalah

Bagian pertama yang harus ada dalam makalah ada cover. Yang mana dalam cover ini penulis bisa menuliskan judul makalah yang akan dibahas kemudian juga nama penulis lengkap dengan NIM atau kelas. Untuk beberapa makalah ada juga yang menuliskan nama institusi ya, seperti jurusan, fakultas dan juga universitas tempat menempuh pendidikan.

Dengan adanya cover ini maka akan memudahkan para pembaca untuk mengetahui garis besar dari pembahasan makalah tersebut. Karena di dalamnya terdapat judul yang akan dibahas. Nah Cover ini diletakan di halaman paling pertama ya atau bisa juga disebut sebagai sampul.

Kata Pengantar

Berikutnya yaitu kata pengantar yang ditulis setelah cover. Dalam kata pengantar ini penulis biasanya menyampaikan bagian besar dari pembahasan yang akan ditulis dalam sebuah makalah. Bisa disebut juga dengan ringkasan dari apa yang ingin dibahas ya. Seperti penjabaran singkat dan yang lainnya.

Selain itu juga biasanya penulis mengucapkan rasa terimakasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam proses pembuatan makalah ya. Kemudian dibagian kanan bawah kata pengantar juga biasanya dibubuhkan tempat dan tanggal penulisan makalah serta tanda tangan penulis.

Daftar Isi

Selanjutnya bagian daftar isi yang harus ada dalam sebuah makalah ya. Yang mana pada bagian ini para penulis akan menjelaskan bagian-bagian yang ada dalam sebuah makalah. Seperti bab 1, 2 dan 3 serta daftar pustaka dan sub bab penting dalam makalah. Nah nantinya dalam bagian-bagian tersebut akan tertera sebuah halaman yang akan memudahkan para pembaca dalam menemukan dimana letak seorang penulis mencantumkan pembahasan yang dimaksud.

Bab I : Pendahuluan

Selanjutnya ada bab 1 yaitu pendahuluan. Dalam pendahuluan ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu latar belakang, rumusan masalah, dan juga tujuan dari pembuatan makalah tersebut. Latar belakang adalah penjelasan tentang mengapa makalah tersebut dibuat, sedangkan rumusan masalah adalah apa saja yang ingin dibahas dalam sebuah makalah dan juga tujuan apa yang ingin dicapai saat makalah tersebut ditulis.

Bab II : Isi

Kemudian masuk ke Bab II yaitu bagian isi yang pastinya berisi seluruh pembahasan yang sesuai dengan judul dari makalah tersebut. Mulai dari metode penelitian, hasil dari penelitian dan juga yang lainnya. Bagian ini merupakan bagian yang paling penting ya. Karena nantinya para pembaca akan melihat hasil dari pembuatan makalah tersebut.

Bab III : Penutup

Setelah isi, maka yang selanjutnya adalah bab 3 yaitu penutup. Dalam bagian ini penulis akan memberikan kesimpulan dan juga saran serta kritik dari sebuah makalah yang dibuat ya. Pada bagian ini juga biasanya penulis akan meminta maaf atas kekurangan yang ada dalam makalah dan meminta saran kepada para penulis ya.

Daftar Pustaka

Terakhir adalah daftar pustaka yang berisi berbagai referensi yang digunakan dalam proses pembuatan makalah ya. Daftar pustaka ini bisa dari internet, buku atau juga jurnal ya. Dalam pembuatan daftar pustaka harus berdasarkan abjad dan juga tata cara penulisan yang sesuai ya.

Jenis- Jenis Makalah

jenis-jenis-makalah

Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis makalah yang harus diketahui dan dipelajari supaya lebih paham pada saat proses penulisan makalah. Nah di bawah ini admin diskop.id sudah menyiapkan beberapa jenis makalah berikut ini.

  1. Makalah deduktif, yaitu makalah yang berdasarkan dengan kajian teoritis dari suatu masalah.
  2. Makalah Induktif, yaitu makalah yang dituliskan berdasarkan dengan data empiris lapangan dan bersifat objektif.
  3. Makalah campuran, yaitu makalah antara kajian teoritis dan juga data empiris yang meliputi makalah ilmiah, kerja, posisi, analisis, kajian, dan juga tanggapan.

Nah itulah pembahasan terkait contoh makalah kelompok dengan susunan yang benar. Silahkan ikuti beberapa tips dalam pembuatan makalah yang ada ya.

Contoh Karya Ilmiah Lainnya :

Artikel Terkait