Home » Terbaru » Pendidikan » Contoh Surat Talak Resmi (Pernyataan) untuk Pengadilan

Contoh Surat Talak Resmi (Pernyataan) untuk Pengadilan

izan_alhasani July 18, 2024

Perceraian merupakan masalah yang seringkali mendominasi perkara di Pengadilan Agama yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, contoh surat talak cerai menjadi salah satu hal yang kerap dicari oleh mereka yang membutuhkan.

Saat kasus ditangani oleh pengadilan, maka ada tahapan-tahapan untuk mencapai ketuk palu perceraian. Awalnya melalui meditasi, lalu menghadirkan saksi persidangan. Jika alasan cerai sudah diterima, pengadilan baru akan mengabulkan gugatan.

Nah, gugatan sendiri bisa berasal dari pihak istri maupun suami. Dan jika berasal dari suami, maka berarti itu adalah permohonan talak. Berarti dalam peradilan, suami bisa mengajukan permohonan talak kepada istri dengan menggunakan surat permohonan talak.

Pengertian Surat Talak Adalah..

Pengertian Surat Talak Adalah..

Ceria talak merupakan tuntutan hak ke pihak pengadilan yang diajukan oleh suami untuk menceraikan istrinya, bisa saja dalam bentuk lisan maupun tulisan. Dalam hal ini, suami yang mengajukan cerai menjadi pemohon dan istri menjadi termohon.

Hanya seorang suami yang telah melangsungkan pernikahan sah secara agama dan negara yang bisa mengajukan talak pada istri. Dan jika suami ingin mengakhiri perkawinan melalui pengadilan, permohonan bisa diajukan ke kediaman istri atau tempat suami istri tersebut bertempat tinggal.

Namun sebelum mengajukan cerai, alangkah baiknya dipikirkan dulu secara matang keputusan tersebut. Pertimbangkan dengan baik, karena perceraian sendiri akan menyangkut dan berakibat di berbagai hal.

Contoh Surat Talak Kebutuhan Cerai di Pengadilan Agama

Bagi Anda yang sedang mencari contoh surat talak dari suami, maka sedang berada di tempat yang tepat. Berikut ini ada beberapa contoh yang bisa digunakan, silahkan Anda ubah dan sesuaikan dengan data diri dan alasan masing-masing.

1. Contoh surat pernyataan talak resmi

Yang pertama, ada contoh surat talak yang bisa Anda layangkan ke pengadilan. Bagi yang sedang mencari contoh dari surat pernyataan talak secara resmi, langsung saja berikut ini surat yang bisa dicontoh dan dijadikan sebagai referensi.

SURAT PERNYATAAN TALAK

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                           : Valentino Rosidi

Tempat/Tanggal Lahir   : Bangka, 29 Februari 1992

Alamat                         : Jalan Riang Gembira No. 13, Bangka

Agama                         : Islam

Pekerjaan                    : Pengusaha Batu Bara

Selanjutnya disebut pihak I

Dengan kesadaran serta tanpa tekanan atau paksaan dari pihak mana saja, maka saya pihak pertama (suami) dengan ini memberikan atau menyatakan talak 1, 2, 3 kepada:

Nama                           : Dita Leni

Tempat/Tanggal Lahir   : Belitung, 1 Maret 1993

Alamat                         : Jalan Damai Sentosa No. 2, Belitung

Agama                         : Islam

Pekerjaan                    : Wiraswasta

Selanjutnya disebut pihak II

Terhitung dari hari Rabu pada tanggal 22 Maret 2023, Saudari Dita Leni sudah bukan menjadi istri dan juga bukan menjadi tanggung jawab saya lagi menurut syariat dalam Agama Islam. Setiap persoalan yang erat kaitannya dengan mantan istri saya, sudah ada hubungannya dengan saya lagi.

Apabila saudari Dita Leni mendapat jodoh di kemudian hari dengan orang lain, saya mempersilakan untuk menikah lagi, Saya juga tidak akan menggugat atau menuntut kepada siapa pun, begitu juga dengan sebaliknya.

Demikian pernyataan talak ini dibuat tanpa adanya tuntutan atau paksaan dari pihak mana pun. Pernyataan ini akan saya lanjutkan dengan sepengetahuan dari KUA setempat.

Bangka, 22 Maret 2023

Pihak I                                                                                  Pihak II

(Valentino Rosidi)                                                                (Dita Leni)

Saksi Pihak I

Ahmad Dhani

Saksi Pihak II

Ipang Lazuardi

2. Contoh pernyataan talak untuk pengadilan

Kemudian untuk contoh surat talak berikutnya, adalah surat yang bisa Anda gunakan dan dilayangkan ke pengadilan. Sebenarnya contoh yang satu ini hampir sama seperti yang sebelumnya, hanya lebih menjelaskan secara lebih rinci penyebab dari talak yang diajukan.

Hal: Permohonan Cerai Talak

Kepada Yth.

Ketua Pengadilan Agama Makassar

Jl. Terbaik Untuk Kita No. 66, Makassar

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama               : Vitas Omar bin Satria Perkasa

Umur                :  44 tahun

Pekerjaan        : Penyanyi

Pendidikan       : S3 Ilmu Komunikasi

Alamat             : Jl. Lurus Terus No. 03, Makassar

Selanjutnya disebut pihak I

Dengan keterangan dan dalil atau alasan permohonan sebagai berikut:

  1. Bahwa pada tanggal 20 Maret 2011 pemohon telah melakukan pernikahan dengan termohon, yang dicatat oleh Pegawai Pencatat Nikah Kantor Urusan Agama Kecamatan Mariso, Kota Makassar, sebagaimana yang tertuang dalam Kutipan Akta Nikah Nomor: 89098766, tanggal 22 Maret 2011;
  2. Bahwa sebelum menikah pemohon (Vitas Omar berstatus jejaka dan termohon (Sita Barat) berstatus perawan;
  3. Bahwa selama pernikahan tersebut, pemohon (VitasOmar) dan termohon (Sita Barat) telah berhubungan suami istri namun belum memiliki anak;
  4. Bahwa semula rumah tangga pemohon serta termohon berjalan dengan harmonis, tetapi sejak bulan September 2022 rumah tangga pemohon dengan termohon mulai tidak harmonis dan sering terjadi pertengkaran dan perselisihan yang disebabkan perselingkuhan;
  5. Bahwa puncak pertengkaran dan perselisihan tersebut terjadi pada 20 Januari 2023 yang akibatnya pemohon dan termohon berpisah ranjang.
  6. Bahwa atas perbuatan atau sikap dari termohon, pemohon merasa benar-benar menderita lahir dan batin. Oleh karena itu, pemohon tidak rela dan berkesimpulan jika termohon adalah sosok istri yang tidak bisa dipercaya;
  7. Bahwa pemohon sanggup menanggung seluruh biaya yang dibutuhkan dalam proses penyelesaian perkara ini.

Berdasarkan dalil atau alasan di atas, pemohon merasa sudah tidak tahan lagi untuk melanjutkan kehidupan rumah tangga dengan termohon. Pihak memohon mohon agar Ketua Pengadilan Agama Makassar memeriksa serta mengadili perkara ini, kemudian memberi putusan berupa:

PRIMER:

  1. Mengabulkan permohonan dari pemohon;
  2. Menetapkan dan memberi izin kepada pemohon untuk mengucapkan talak terhadap termohon dihadapan sidang Pengadilan Agama Makassar;
  3. Membebankan biaya atas perkara pada pemohon;

SUBSIDER:

  1. Memohon putusan yang seadil-adilnya;

Demikian permohonan talak ini diajukan, pemohon menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya.

Hormat saya,

Vitas Omar

3. Contoh surat pernyataan cerai

Contoh surat pernyataan cerai

Berbeda dari contoh surat talak, surat cerai dibutuhkan jika kedua belah pihak sudah sama-sama menyetujui perpisahan antara mereka. Nah, jika Anda membutuhkan referensi semacam itu, berikut contoh surat cerai yang bisa digunakan:

Bandung, 14 Februari 2023

SURAT PERNYATAAN CERAI

Yang bertanda tangan pada surat ini, dengan sesungguhnya menerangkan bahwa:

Nama                           : Deddy Cahyadi

Tempat/Tanggal Lahir   : Bandung, 2 Februari 1990

Alamat                         : Jl. Indulu Aja No. 34, Bandung Selatan

Agama                         : Islam

Pekerjaan                    : Dosen

Selanjutnya disebut pihak I

Nama                           : Evy Kumalasari

Tempat/Tanggal Lahir   : Bandung, 3 Februari 1991

Alamat                         : Jl. Kenangan Kita No. 22, Bandung Selatan

Agama                         : Islam

Pekerjaan                    : Pegawai Swasta

Selanjutnya disebut pihak ke-II

Bahwa dengan surat ini kedua belah pihak, baik itu pihak I maupun pihak II sudah sepakat untuk bercerai atau mengakhiri hubungan suami istri dan tidak lagi mempunyai hubungan dalam bentuk apapun juga, sesuai dengan ketentuan undang-undang yang berlaku.

Demikian surat perceraian ini dibuat atas kerelaan hati dari kedua belah pihak, serta tanpa adanya paksaan dari pihak lain untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Yang Membuat Pernyataan Cerai

Pihak I                                      Pihak II

Deddy Cahyadi                         Evy Kumalasari

Saksi Pihak I                             Saksi Pihak II

1. Danel Mananta                     2. Dika Abdelia

Mungkin hanya itu contoh surat talak dan contoh surat perceraian yang bisa dibagikan pada kesempatan kali ini. Bagaimanapun juga, perceraian bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Pikirkan dengan matang agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari.

Baca Juga:

Artikel Terkait