Home » Terbaru » Berita » Total 9 Korban dari Ledakan Kilang Minyak Pertamina Dumai

Total 9 Korban dari Ledakan Kilang Minyak Pertamina Dumai

dewi_putri April 2, 2023

Diskop.id – Terjadi ledakan di kilang minyak Pertamina Dumai pada Sabtu, 1 April 2023 pukul 22.30 WIB. Dari ledakan kilang minyak Dumai tersebut terdapat 9 (sembilan) korban terluka dan beberapa kerusakan kecil pada rumah warga.

PT KPI atau Kilang Pertamina Internasional Refinary Unit (RU) Dumai masih menginvestigasi apa penyebab ledakan di kilang minyak Pertamina Dumai. Agustiawan selaku Area Manager Communication, Relations, dan CSR RU Dumai memberikan keterangan tertulis, Minggu (2/4/2023).

Agustiawan mengatakan selain melakukan investigasi, pihaknya tengah fokus dalam pemulihan kilang dan warga yang terkena dampak dari ledakan. Kini, pihak PT KPI RU Dumai tengah membentuk tim pemulihan yang melibatkan penegak hukum, pemerintah daerah, dan perwakilan masyarakat.

Hal tersebut dilakukan agar proses pemulihan semakin cepat dilakukan. Akibat dari kejadian ledakan kilang minyak Dumai, beberapa rumah ibadah dan rumah warga, terkhusus yang jaraknya dekat dengan kilang mengalami kerusakan ringan.

Proses pemulihan harus segera dilakukan, lanjut Agustiawan, agar kilang minyak kembali beroperassi dan berjalan optimal. Sehingga, warga terdampak pun bisa kembali beraktivitas.

ilustrasi kebakaran
Ilustrasi kebakaran.

PT KPI RU Dumai menyampaikan permintaan maaf atas insiden ledakan kilang minyak yang terjadi Sabtu malam. Agustiawan mengatakan bahwa PT KPI RU Dumai akan bertanggung jawab penuh atas kerugian yang dialami masyarakat.

Pihaknya pun tengah melakukan pendataan terkait kerugian yang dialami masyarkat atas insiden tersebut. Selain itu, tim medis telah disiagakan untuk melakukan pengecekan untuk masyarakat sekitar yang terdampak.

Agustiawan pun memastikan bahwa stok BBM Nasional, terkhusus untuk wilayah Sumatera Bagian Utara dalam kondisi aman.

“Semoga proses pemulihan bisa berjalan dengan baik, sehingga kondisi operasional kilang beberapa hari ke depan bisa berjalan optimal,” ujar Agustiawan.

Pada insiden ledakan tersebut juga terdapat 9 (sembilan) korban yang merupakan pekerja yang ada di ruang operator. Para korban terkena pecahan kaca imbas ledakan tersebut. Saat ini, Agustiawan mengatakan seluruh korban sudah dilarikan ke Rumah Sakit Pertamina Dumai, untuk mendapatkan perawatan.

Sebelumnya, ledakan kilang minyak Pertamina Dumai ini mengagetkan masyarakat sekitar sebab ledakannya sangat kuat. Warga sekitar mengaku merasakan getaran yang kuat saat ledakan kilang minyak Dumai terjadi.

Warga pun berhamburan keluar rumah untuk mencari sumber ledakan. Beberapa video menunjukkan getaran pada rumah warga dan plafon masjid yang runtuh pun ramai beredar di media sosial. Ledakan kilang minyak Pertamina Dumai ini menjadi trending di mesin pencarian.

Baca Juga:

Artikel Terkait