Home » Terbaru » Berita » Pembalap Legendaris Irwan Ardiansyah Meninggal Dunia

Pembalap Legendaris Irwan Ardiansyah Meninggal Dunia

dewi_putri March 29, 2023

Diskop.id – Kabar duka datang dari dunia olahraga otomotif, pembalap legendaris Irwan Ardiansyah meninggal dunia pada Selasa, 28 Maret 2023. Kabar duka itu dibagikan langsung oleh keluarga Irwan Ardiansyah melalui Instagram pribadi sang pembalap yakni @irwanardiansyah_official.

Dalam unggahan tersebut, pihak keluarga Irwan Ardiansyah menyampaikan permintaan maaf atas segala perbuatan dan kesalahan yang dilakukan mendiang semasa hidupnya. Selain itu, pihak keluarga memohon doa kepada semua pihak untuk kebaikkan mendiang.

“Mohon untuk dibukakan pintu maaf seluas-luasnya, semoga Allah mengampuni dosanya (Irwan Ardiansyah), melipatgandakan amal ibadah beliau, dan menempatkan beliau di tempat yang terbaik,” tulis pihak keluarga di akun Instagram Irwan Ardiansyah, Selasa (28/3/2023).

Mendiang Irwan Ardiansyah rencananya akan dimakamkan di Jalan Parangtritis KM 4,5 atau di Ardians MX Shop. Prosesi penguburan jasad Irwan Ardiansyah dilakukan di hari yang sama tepatnya pukul 16.00 WIB.

Sebelum kabar berita meninggal dunia, pembalap legendaris motor Indonesia ini diketahui telah berjuang selama 3 (tiga) bulan melawan penyakitnya di rumah sakit. Irwan diketahui mengidap penyakit kanker. Irwan Ardiansyah meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak.

Akun Instagram Irwan Ardiansyah banjir ucapan belasungkawa dan doa untuk sang pembalap legendaris. Kepergian Irwan Ardiansyah meninggalkan duka mendalam bagi dunia otomotif, terutama di Yogyakarta.

Salah seorang penggiat otomotif Jogja bernama Faried Jayen Soepardjan membenarkan kepergian Irwan menghadap Sang Pencipta. Faried Jayen menyebut dunia otomotif Jojga kehilang sosok penggerak otomotif Irwan Ardiansyah.

Dikatakan Faried Jayen, Irwan aktif di Ikatan Motor Indonesia atau IMI. Sebelum Irwan Ardiansyah sakit, Faried Jayen menyebut kerap berkomunikasi melalui telepon dengan mendiang. Pembahasan yang dibicarakan mengenai IMI yang ada di Jogja.

Profil Irwan Ardiansyah Si Pembalap Motor Legendaris Indonesia

sosok Irwan Ardiansyah

Irwan Ardiansyah merupakan pria kelahiran Yogyakarta, 26 September 1977. Pria yang akrab dipanggil Dian ini pertama kali memulai kariernya di dunia road race dan grasstrack pada 1992 silam. Di tahun 1993, Irwan Ardiansyah beralih ke balap motorcross.

Dan di tahun 1995 hingga 1997, Irwan sempat mengikuti sekolah khusus balap di Jim Holley MX School California. Di tahun 2000, Irwan kembali sekolah balap di Donnie Hansen MX School Arizona.

Irwan Ardiansyah mempunyai sederet prestasi yang membuat dirinya disebut sebagai legenda pembalap Indonesia. Tak hanya berprestasi di nomor road race, Irwan juga pernah menjuarai balapan motorcross. Adiknya bernama Hendriansyah juga dikenal sebagai pembalap andal.

Dian sapaan akrabnya, pemegang tujuh kali gelar juara nasional untuk motorcross. Dan kariernya sangat gemilang di ajang road race. Dominasi Irwan di road race membuatnya mendapatkan julukan Dewa Road Race Indonesia.

Karier adu cepat Irwan diawali dengan menggeluti road race. Berawal dari situlah, Irwan merintis karier di dunia balap hingga ia meraih beberapa gelar bergengsi. Pada saat itu, nama kondang Irwan dikenal dengan Dian Crystal.

Julukan tersebut melekat lantaran di dunia road race, Irwan Ardiansyang kerap menggunakan Suzuki Crystal. Motor tersebut adalah salah seri pabrikan Jepang, yang kerap digunakan Irwan saat beraksi di lapangan. Motor Crystal itu yang menjadikan dirinya sebagai raja road race 2 pada saat itu.

Irwan Ardiansyah menjadi raja road race pada tahun 1990-an. Nama Irwan sangat terkenal terutama di Yogyakarta. Saksi kebesaran nama Irwan Ardiansyah adalah lintasan road race di halaman parkir Stadion Mandala Krida Yogya.

Setelah puas di road race, Irwan berpindah Haluan ke motorcross. Di nomor itu, ia kembali menunjukkan kecemerlangannya, walaupun spesifikasi motor dan lintasan yang digunakan berbeda. Irwan berhasil menyabet beberapa kejuaraan.

Setelah pensiun dari dunia balap, Irwan Ardiansyah memilih untuk membina para pembalap muda. Ia membuka sekolah motorcross dan merintis bisnis motor juga perlengkapan balap.

Baca Juga:

Artikel Terkait