Home » Terbaru » Agama » Amalan dan Keutamaan 10 Hari Pertama Ramadhan

Amalan dan Keutamaan 10 Hari Pertama Ramadhan

dewi_putri July 17, 2024

Diskop.id – Apa saja keutamaan 10 hari pertama Ramadhan? Apa saja amalan yang bisa dilakukan di 10 hari pertama puasa Ramadhan? Terdapat keistimewaan yang diberikan oleh Allah SWT di hari pertama hingga 10 Ramadhan.

Ada beberapa keutamaan 10 hari pertama puasa Ramadhan yang mesti diketahui oleh umat muslim. Lantaran keistimewaannya, umat muslim sangat dianjurkan untuk melakukan amalan ibadah sebanyak-banykanya.

Meski tubuh terasa lemas karena lelah dan haus, umat muslim tetap menganjurkan untuk melakuka kegiatan ibadah di bulan yang penuh berkah ini. Allah SWT akan memberikan balasan pahala dan berkah berkali-kali lipat untuk hamba-Nya.

Umat muslim tak boleh menyia-nyiakan kesempatan emas ini, sebab bulan istimewa ini tak dapat datang di bulan-bulan berikutnya. Maka dari itu, kenali apa saja keutamaan 10 hari pertama puasa Ramadhan. Simak ulasannya di bawah ini.

Keutamaan 10 Hari Pertama Puasa Ramadhan

Dilansir dari ceramah UAS atau Ustadz Abdul Somad, berikut adalah keutamaan 10 hari pertama puasa:

1. Keutamaan Hari Pertama Puasa

ilustrasi puasa ramadhan

Di hari pertama puasa Ramadhan, Allah SWT akan mengampuni segala dosa yang tak terlihat dan terlihat, membangun 50 ribu kota di surga, dan menaikkan beribu derajat untuk orang yang berpuasa.

2. Keutamaan Hari Kedua Puasa

Allah SWT akan mencatat ibadah orang-orang yang berpuasa seperti ibadah 1 tahun dan pahala seperti pahala seorang nabi, dan mencatat puasanya seperti puasa selamaa 1 tahun.

3. Keutamaan Hari Ketiga Puasa

Allah SWT akan memberikan taman permata yang sangat indah di surga Firdaus untuk orang yang berpuasa. Di mana di atasnya terdapat 12 ribu rumah dari cahaya, dan ada 12 ribu tempat tidur di bawahnya.

Di setiap tempat tidurnya ada bidadari. Selain itu, setiap harinya ada seribu malaikat berkunjung dengan masing-masing membawa hadiah untuk orang yang menjalani puasa hari ketiga.

4. Keutamaan Hari Keempat Puasa

Allah SWT menjanjikan orang yang berpuasa di hari keempat dengan surga Khuld. Surga Khuld ini berisikan 70 ribu istana dan termasuk 70 ribu rumah. Setiap rumah mempunyai 50 ribu tempat tidur dan bidadari di setiap tempat tidurnya.

Setiap bidadari mempunyai seribu perhiasan yang lebih baik dari isi dunia.

5. Keutamaan Hari Kelima Puasa

Allah SWT akan memberikan surga Al-Ma’wa untuk orang yang berpuasa di hari kelima. Dalam surg aitu terdapat ribuan kota, yang tiap kotanya mempunya seribu rumah. Setiap rumah mempunya seribu meja makan, termasuk 70 ribu jenis makanan dan tempat makan yang tak sama satu sama lain.

6. Keutamaan Hari Keenam Puasa

Allah SWT akan memberikan surga Darussalam dengan 100 ribu kota di dalamnya untuk orang yang berpuasa di hari keenam. Di mana setiap kotanya terdapat desa. Setiap desanya mempunyai 100 ribu rumah dan tempat tidur yang memiliki panjang 1000 hasta.

Terdapat bidadari sebagai pasangan yang berhias mengenakan 30 ribu permata merah dan putih di atas tempat tidur. Setiap bidadari membawa 100 pelayan.

7. Keutamaan Hari Ketujuh Puasa

Allah SWT akan memberikan pahala yang setara dengan seribu husada. Allah SWT juga akan menempatkan 40 ribu orang benar di surga Na’im.

8. Keutamaan Hari Kedelapan Puasa

ilustrasi mengaji

Allah SWT akan memberikan pahala amal seperti pahala 60 ribu ahli zuhud dan ahli ibadah, untuk orang yang berpuasa di hari kedelapan.

9. Keutamaan Hari Kesembilan Puasa

Allah SWT akan memberikan ganjaran kepada hamba-Nya seperti yang Dia berikan kepada seribu orang yang I’tikaf, seribu ulama, dan seribu orang yang menjalin serta menyambung tali persaudaraan.

10. Keutamaan Hari Kesepuluh Puasa

Allah SWT akan memenuhi 70 ribu hajat dan memohonkan ampunan untuk hamba-Nya yang berpuasa di hari kesepuluh, untuk bulan, matahari, Binatang melata, bintang-bintang, Binatang buas, burung, setiap yang basah dan yang kering, setiap bongkahan tanah liat dan bebatuan, Binatang laut, dan dedaunan di pepohonan.

Amalan yang Bisa Dilakukan di 10 Hari Pertama Puasa Ramadhan

Terdapat beberapa amalan yang dapat dilakukan di 10 hari pertama puasa Ramadhan, di antaranya adalah:

  • Tadarus atau membaca Al-Quran
  • Bersedekah
  • Memberi makan untuk orang berbuka
  • Memperdalam ilmu agama
  • Menahan syahwat dan nafsu
  • Shalat berjamaah
  • I’tikaf
  • Melakukan ibadah sunnah

Itulah penjelasan mengenai amalan dan keutamaan 10 hari pertama pausa Ramadhan yang memiliki keistimewan. Semoga membantu, ya.

Baca Juga:

Artikel Terkait