Home » Terbaru » Agama » Apakah Menangis Membatalkan Puasa Menurut Islam? Simak!

Apakah Menangis Membatalkan Puasa Menurut Islam? Simak!

kevin_rizki February 27, 2024

Berpuasa adalah salah satu kewajiban yang umat mslim wajib jalankan, terutama di bulan suci Ramadhan. Jika tidak berada dalam bulan Ramadhan pun biasanya ada saja umat muslim yang menjalankan iadah puasa. Namun, pertanyaannya adalah apakah menangis membatalkan puasa?

Saat berpuasa, seseorang tentunya wajib sekali untuk mengetahui hal-hal apa saja yang bisa membatalkan puasa. Karena, dengan mengetahuinya tentu saja kita jadi bisa menghindari hal tersebut. Untuk hal menangis sendiri banyak sekali orang yang mengatakan bahwa itu adalah perbuatan yang membuat puasa batal.

pakah benar demikian? Jika kamu muslim yang sedang menjalankan puasa, kamu wajib sekali untuk mengetahui jawabannya. Dan Diskop.id akan lansgung memberi tahu jawabannya di bawah jika kamu memang benar-benar merasa penasaran.

Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa Menurut Islam

Hal-Hal-Yang-Membatalkan-Puasa-Menurut-Islam

Sebelum kita menjawab pertanyaan apakah menangis membatalkan puasa, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu hal-hal apa saja yang sekiranya membatalkna puasa. Diskop.id yakin kamu semua sudah mengetahui beberapa hal yang membatalkan puasa ini. Namun, kami juga yakin ada beberapa hal yang kamu mungkin belum ketahui.

Bagi yang memang belum mengetahui semua hal yang membatalkan puasa, bisa lansgung simak saja daftar lengkapnya di bagian bawah ya.

1. Berhubungan Intim Dan Keluar Mani

Hal pertama yang bisa membatalkan puasa adalah berhubungan intim ya. Jika seorang umat muslim yang sedang berpuasa berhubungan intim, secara otomatis puasanya akan batal. Begitu juga jika seorang umat muslim yang keluar mani secara disengaja saat berpuasa. Puasanya akan batal.

2. Haid

Bagi yang sudah menunggu jawaban apakah menangis membatalkan puasa, tunggu sebentar ya. Kita lanjut ke poin selanjutnya yang juga bisa membatalkan puasa. Dan poin yang dimaksud tidak lain dan tidak bukan adalah haid. Bagi seorang perempuan, jika sedang puasa dan haid, itu artinya puasanya batal.

3. Memasukkan Obat Lewat Dubur & Qubul

Bagi yang sedang sakit dan harus memasukkan obat melalui dubur, itu artinya puasa kamu tidak bisa dilanjutkan ya. Karena, begitu kamu memasukkan obat jalur dubur, secara otomatis puasa kamu akan batal. Jadi tidak hanya minum obat dengan mulut saja ya yang membatalkan puasa. Begitu juga jika kamu harus memasukkan obat melalui lubang urin ya. Itu tetap membatalkan puasa.

4. Muntah Secara Sengaja

Tidak seperti menangis yang masih membuat orang bertanya-tanya apakah membatalkan puasa, kalau muntah sudah pasti membatalkan puasa ya. Namun, jika muntah yang dilakukan tidak sengaja, puasanya tidak batal. Lain jika muntahnya dilakuakn secara sengaja. Sudah pasti hal tersebut membatalkan puasa.

5. Hal Lain Yang Membatalkan Puasa

Ada hal lainnya juga yang membatalkan puasa selain yang sudah disebutkan di bagian atas. Silahkan langusng simak saja seluruh daftarnya di bawah ini ya.

  • Nifas
  • Pingsan sepanjang hari
  • Gila
  • Murtad

Itu dia beberapa hal yang bisa membuat puasa batal. Maka dari itu, jika kamu memang sedang berpuasa, jauhkan saja diri kamu dari hal-hal tersebut ya. Karena, puasa adalah hal yang wajib bagi setiap umat muslim, terutama yang ada di bulan Ramadhan. Jika kamu batal puasa, apalagi disengaja, secara otomatis kmau melakukan perbuatan dosa.

Apakah Menangis Membatalkan Puasa Ramadhan Menurut Islam?

Apakah-Menangis-Membatalkan-Puasa-Ramadhan-Menurut-Islam

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah tidak. Menangis buknalah suatu perbuatna yang membatalkan puasa. Kitab Rawdah at-Thalibin menegaskan bahwa mata tidak memiliki saluran yang mengarahkan benda menuju kerongkongan. Maka dari itu, puasa tidak akan membatalkan puasa.

Lain halnya jika air mata pada saat kamu menangis tadi tertelan ya. Sudah pasti hal tersebut bisa membatalkan puasa. Satu hal lagi, bukan berarti menangis adalah hal yang diperbolehkan juga pada saat berpuasa. Jika menangis dalam berpuasa mengganggu ibadah, itu artinya hal tersebut bisa mengurangi pahala kamu dalam berpuasa.

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu tidak menangis saat sedang berpuasa di bulan Ramadhan ya. Sampai sini sudah terjawab kan pertanyaan Apakah Menangis Membatalkan Puasa Ramadhan menurut islam?

Baca Artikel Puasa Lainnya :

Artikel Terkait