Home » Terbaru » Agama » Doa Puasa Hari ke 7 Ramadhan: Arab Latin, Arti & Keutamaannya

Doa Puasa Hari ke 7 Ramadhan: Arab Latin, Arti & Keutamaannya

dewi_putri February 24, 2024

Diskop.id – Beberapa amalan ibadah yang bisa dikerjakan di bulan suci Ramadhan. Salah satunya adalah doa puasa hari ke 7 Ramadhan. Terdapat keutamaan dari doa puasa hari ketujuh yang harus diketahui umat muslim.

Simak bacaan doa puasa hari ke 7 Ramadhan, arab latin dan artinya beserta keutamaan membacanya. Terdapat banyak kebaikan dan kemuliaan yang bisa diperoleh saat memasuki puasa hari ke 7. Di hari tersebut, umat muslim dianjurkan untuk mengamalkan doa.

Tidak terasa puasa Ramadhan 2023 atau 1444 Hijriah akan memasuki hari ketujuh. Pada 10 hari pertama puasa Ramadhan, umat muslim dianjurkan untuk melakukan amalan ibadah sebanyak-banyaknya. Sebab, Allah SWT akan memberikan ganjaran pahala yang berlipat-lipat ganda.

Selain diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh, umat muslim juga sangat dianjurkan melakukan ibadah-ibadah sunnah lainnya. Tak heran, di bulan Ramadhan ini banyak umat muslim yang berlomba-lomba mengerjakan amalan ibadah yang dicintai oleh Allah SWT.

Mulai dari bersedekah, berdzikir dan beristigfar, membaca Al-Quran, bershalawat, hingga berdoa. Memasuki hari ke 7 Ramadhan, ada doa khusus yang bisa diamalkan. Dalam doa puasa hari ke 7 ini mempunyai keutamaan untuk umat muslim yang melakukannya.

Berikut adalah arab latin dan arti bacaan doa puasa hari ke 7 dan keutamaannya.

Bacaan Doa Puasa Hari ke 7: Arab Latin dan Artinya

Doa puasa hari ke 7

Arab latin:

Allâhumma a’innî fîhi ‘alâ shiyâmihi wa qiyâmihi, wajadzdzibnî fîhi min hafawâtihi wa âtsâmhi, warzuqnî fîhi dzikraka bidawâmihi, wa bitawfîqika yâ Hâdil mudhillîn.

Artinya:

“Ya Allah, bantulah aku di bulan ini dalam melaksanakan puasa dan ibadah, jauhkanlah aku pada bulan ini dari kesalahan dan doa-dosa (yang tidak pantas dilaksanakan) di dalamnya, dan anugerahkanlah kepadaku di bulan ini (kesempatan untuk) mengingat-Mu untuk selamanya. Dengan taufik-Mu, wahai penunjuk jalan orang-orang yang sesat.”.

Doa Puasa Hari ke 6

Arab Latin:

Allâhumma lâ takhdzulnî fîhi lita’arrudhi ma’shiyatika wa lâ tadhribnî bisiyâthi naqimatika wa zahzihnî fîhi min mûjibâti sakhatika bimannika wa ayâdîka yâ muntahâ raghbatirrâghibîn.

Artinya:

Ya Allah, janganlah Engkau hinakan aku di bulan ini karena perbuatan maksiatku terhadap-Mu, dan janganlah Engkau cambuk aku dengan cambuk balasan-Mu. Jauhkanlah aku dari hal-hal yang dapat menyebabkan kemurkaan-Mu, dengan kelembutan dan ketinggian rahmat-Mu, wahai pegangan terakhir orang-orang yang berkeinginan!

Doa puasa hari ke 5

Arab Latin:

Allâhummaj’alnî fîhi minal mustaghfirîn waj’alnî fîhi min ‘ibâdikas shâlihîn al qânitîn waj’alnî fîhi min awliyâ-ikalmuqarrabîn bira’fatika yâ arhamarrâhimîn.

Artinya:

Ya Allah, mohon jadikanlah di bulan ini aku termasuk di antara orang-orang yang memohon ampunan (ber-istigfar), dan jadikanlah aku sebagai hamba-Mu yang saleh dan setia serta mohon jadikanlah aku di antara Auliya’-Mu yang dekat di sisi-Mu, dengan kelembutan-Mu, wahai zat Yang Mahapengasih di antara semua pengasih.

Keutamaan Doa Puasa Hari ke 7 di Bulan Ramadhan

Di hari ketujuh bulan Ramadhan ini, Allah SWT akan memberikan hamba-Nya surga Na’im, pahalanya seperti pahala seribu syuhada.

Dalam hadist yang diriwayatkan Ahmah menuturkan:

“Telah datang Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu, saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan.”

Dari keterangan hadist tersebut diketahui bahwa satu malam di bulan Ramadhan mempunyai nilai yang melebih dari seribu bulan. Yang artinya adalah Ramadhan adalah peluang untuk setiap muslim untuk memperbanyak melakukan amalan ibadah.

Selain berpuasa, amalan ibadah lain yang bisa dilakukan umat muslim adalah berdoa. Di bulan Ramadhan ini pula, Al-Quran pertama kali diturunkan. Allah SWT berfirman dalam surah Al-Qadr ayat 1 sampai 5, yang berbunyi:

“Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar”.

Di bulan Ramadhan ini, Allah SWT akan membuka pintu-pintu surga dan menutup pintu-pintu neraka. Bahkan, jin dan setan-setan pun dibelenggu oleh Allah SWT. Umat muslim di seluruh dunia diharapkan untuk bisa memanfaatkan bulan Ramadhan semaksimal mungkin, untuk melakukan ibadah.

Perbanyak meminta ampunan atas dosa yang kita lakukan, sebab di bulan mulia ini Allah SWT akan mengampuni segala dosa yang diperbuat oleh hamba-Nya.

Itulah, bacaan doa puasa hari ke 7 Ramadhan arab latin dan artinya beserta dengan keutamaannya. Semoga membantu dan jangan lupa untuk diamalkan, ya!

Baca Juga:

Artikel Terkait