Home » Terbaru » Pendidikan » Tepuk Puasa Anak TK Islami Lengkap dengan Lirik, Yuk Pelajari!

Tepuk Puasa Anak TK Islami Lengkap dengan Lirik, Yuk Pelajari!

indah July 16, 2024

Anak TK belum diwajibkan untuk berpuasa namun untuk melatih sejak dini tidak ada salahnya. Disekolah sudah diajarkan berbagai hal yang menyangkut puasa seperti misalnya mengenal terlebih dahulu dengan Tepuk Puasa Anak TK. Diskop.id telah merangkum sedikit banyaknya beberapa contoh tepuk puasa anak TK yang ramai diajarkan disekolah dalam menyambut bulan suci Ramadan biasanya sebagai pengenalan jika puasa itu salah satu rukun islam bagi kaum muslim.

Untuk rangkumannya sendiri telah disusun secara rapi dibawah ini untuk dipelajari sebagai bahan ajar bagi guru maupun orang tua kepada anak-anaknya untuk mengenalkan agama sejak dini. Sehingga mendapat pahala yang melimpah kedepannya, langsung saja berikut uraiannya.

Mengenal Puasa Dengan Tepuk Puasa Anak TK Belajar Sambil Bermain di Bulan Suci Ramadan Penuh Berkah Mengharap Pahala Dari Yang Maha Kuasa

Mengenal-Puasa-Dengan-Tepuk-Puasa-Anak-TK-Belajar-Sambil-Bermain-di-Bulan-Suci-Ramadan-Penuh-Berkah-Mengharap-Pahala-Dari-Yang-Maha-Kuasa

Tentunya tepuk puasa ini bukan hanya satu saja yang dapat digunakan untuk mengajar dan diperkenalkan kepada anak-anak jadi boleh dipilih saja sesuai dengan keinginan yang memang sebanyaknya juga bagus. Jika anak-anak terlihat senang dan bersemangat tentu tidak ada salahnya mengajarkan berbagai tepuk yang mengarah pada kebaikan untuk memperkenalkan salah satu rukun islam yang hanya bisa dilakukan satu tahun sekali yaitu berpuasa.

Dimana bulan ini teramat suci untuk selalu melakukan hal baik yang dapat menambah pahala yang tiada duanya semua perbuatan baik akan dilipat gandakan sebagai bentuk reward dari Allah SWT yang penuh dengan kebaikan dan kasih sayang. Tepuk puasa anak TK ini bisa dikategorikan sebagai salah satu metode untuk mengenalkan ajaran serta sejarah islam didunia yang memang sejak dini wajib untuk dipekenalkan meskipun belum untuk wajib melaksanakan.

Ada orang tua yang telah mengajarkan anaknya untuk ikut serta sahur meskipun belum akan menjalankan puasa penuh. Ada yang puasa setengah hari dan bahkan ada tipe anak yang memang antusias dan mengikuti puasa full sedari kecil karena ini adalah bagian yang penting.

Itu bebas bagaimana orang tua ingin mengajarkan dan mengenalkan kewajiban sebagai seorang muslim kepada anaknya dan tidak ada yang salah selama anaknya bisa menerima dan bekemauan tinggi untuk melakukan ibadah lebih cepat maka lebih bagus.

Dan untuk di sekolah seorang guru tentunya akan ikut andil memberikan perkenalan untuk melakukan berbagai kegiatan yang memang sangat penting terhadap anak kecil dengan sambil bermain tentunya sehingga lebih mudah dimengerti.

Ada banyak sekali pilihan yang memang sulit untuk tidak diajarkan seperti tepuk puasa ini sangat beragam pilihannya untuk diajarkan bisa menggunakan beberapa metode dan karena ada banyak pilihan boleh saja mengenalkan lebih dari satu tepukan.

Disini telah dirangkum pada bagian kedua bagaimana cara mengenalkan puasa dengan tepukan seru yang menyenangkan dan dengan metode ini akan lebih mudah bagi anak-anak mengingat dan menyerap apa yang tersampaikan lewat tepukan.

Beberapa Kumpulan Tepuk Puasa TK Mengajarkan Sejarah Islam Dunia Sampai Pentingnya Berpuasa

Beberapa-Kumpulan-Tepuk-Puasa-TK-Mengajarkan-Sejarah-Islam-Dunia-Sampai-Pentingnya-Berpuasa

Isi dari tepuk puasa ini tidak jauh berbeda keseluruhannya adalah untuk mengajarkan sebagaimana sebagai umat muslim untuk mengenal siapa tuhan, nabi, kitab dan apa puasa itu sendiri yang memang akan lebih ringan disampaikan dengan metode ini.

Berikut dibawah ini merupakan hal yang berkaitan dengan tepuk puasa untuk di pelajari dan disampaikan kepada anak-anak yang masih duduk di bangku TK mengisi pembelajaran dibulan suci Ramadan ini antara lain.

Tepuk Islam

Tata cara melakukannya adalah dengan ustadz memberikan aba – aba lalu : Tuhanmu (Allah), Nabimu (Muhammad), Agamamu (Islam), Kitabmu (Al-Quran), Kiblatmu (Ka’bah), Temanmu (Muslim), Musuhmu (Sayiton).

Tepuk ini biasa diajarkan di kelas mengaji anak-anak namun dibulan suci ini kelas TK pun mengajarkan sebagaimana permintaan atau jam pembelajaran lebih banyak untuk mengenal agama Islam lebih banyak lagi.

Karena pembelajaran ini hanya datang satu bulan dalam satu tahun maka tidak heran ketika melihat anak – anak sangat antusias menyambutnya ditambah lagi ada beberapa sekolah yang menyarankan untuk menggunakan baju muslim dengan anak perempuan menggunakan jilbab dan laki-laki memakai peci.

Tepuk Malaikat

Selanjutnya yang bisa juga diajarkan kepada anak-anak adalah tepuk malaikat untuk mengenal 10 malaikat Allah SWT dalam ajaran agama Islam. Untuk memulainya dengarkan aba-aba dari ustad seperti berikut.

Jilbril mengirimkan wahyu, Mikail Membagikan Rezeki, Isrofil Meniup terompet hari akhir, Izrail menycabut nyawa makhluk, Munkar menanyakan di alam kubur begitu pula nangkir. Raqib mencatat amal baik, Atid mencatat amal buruk, Malik menjaga pintu Neraka dan Ridwan menjaga pintu surga.

Ditambah dengan sahutan ustad itulah nama malaikat berikut dengan tugasnya. Anak Islam wajib tahu dan mempercayai malaikat. Percaya kepada malaikat termasuk rukun iman. Begitulah sedikit sajak tepuk malaikat yang biasa diajarkan.

Tepuk Al – Quran

Ada lagi tepuk yang biasa diajarkan dengan makna yang sangat bagus untuk diperkenalkan kepada anak-anak sedari dini seperti melakukan berbagai hapalan dan lain sebagainya. Berikut ini adalah bunyi bagaimana melakukan tepuk al-quran yang biasa diajarkan oleh ustadz dan ustadzah.

Kitabmu (Al-Quran), Jumlah Juznya (30) Suratnya (114) surah pertama adalah Al-Fatihah yang berarti pembukaan. Surah kedua (Al-Baqarah) artinya sapi betina, ketiga (Ali Imron) artinya keluarga Ali Imron, keampat (Annisa) artinya perempuan.

Kelima ( Al Maidah) artinya hidangan, keenam ada (Al An’am) dengan arti hewan ternak, ketujuh ada An Naas berarti manusia. Jadi dalam kesempatan ini ada banyak sekali media untuk belajar mengenal pembelajaran islam lewat tepukan ringan namun mengandung banyak pembelajaran.

Tepuk Sifat Rasul

Berikutnya hal baik lagi yang bisa diajarkan lewat tepukan adalah mengenalkan sifat Rasul yang bisa menjadi tauladan dengan arahan ustadz dan ustadzah sebagai berikut ini. Sifat wajib Rasul Ada 4 yang wajib diketahui.

Yang pertama ada siddiq dengan artinya benar, kedua ada amanah dengan artian dapat dipercaya, yang ketiga ada fathonah dengan artian cerdas, keempat ada tabligh yang berarti menyampaikan. Itulah sifat wajib Rasul Allah SWT.

Ada sifat mustahil bagi Rasul Allah SWT yang wajib juga diketahui yang pertama ada kizbu berarti berdusta, yang kedua ada khianat yang artinya tidak dapat dipercaya, yang ketiga ada jahil artinya bodoh dan terakhir atau keempat ada kitman yang berarti menyembunyikan.

Tepuk Sholat

Yang terakhir contoh tepuk puasa yang bisa diajarkan adalah tepuk puasa dengan arahan ustadz dan ustadzah untuk memulai tepukan sebagai berikut liriknya Lima waktu dilakukan hati riang jiwa lapang. Shubuh dua raka`at Dzuhur empat raka`at, Ashar empat raka’at, Magrib tiga raka’at dan terakhir isya empat raka’at.

Tidak pernah kutinggalkan selalu dilakukan. Itu perintah Allah SWT yang wajib dikerjakan, Ibu dan Anna makmum, Ayah sebagai imam. Jadi demikianlah lirik yang biasa digunakan untuk melakukan tepuk sholat kepada anak-anak.

Sebagai guru tentu bisa dengan pandai mengajarkan atau mengkreasikan tepukan sebagaimana yang kira-kira sangat disukai oleh anak-anak untuk lebih mudah dimengerti dan tidak mudah hilang dari ingatannya.

Baca Juga :

Artikel Terkait