Home » Terbaru » Wisata » 5 Wisata Malam Jogja 24 Jam, Cocok untuk Anak & Bikin Kangen!

5 Wisata Malam Jogja 24 Jam, Cocok untuk Anak & Bikin Kangen!

izan_alhasani February 21, 2024

Terkenal dengan Malioboro dan Pantai Parangtritis-nya, Jogja selalu menarik perhatian setiap wisatawan yang datang. Tidak terkecuali dengan wisata malam Jogja yang mampu menciptakan nuansa syahdu nan romantis.

Mungkin masih banyak diantara Anda yang belum tahu ada wisata apa saja di Jogja saat malam hari. Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, pada ulasan ini akan dijelaskan secara lengkap tempat wisata malam yang bagus di Jogja dan wajib dikunjungi selama berada di Jogja. Yuk, langsung disimak!

Rekomendasi Wisata Malam Jogja Terbaik 2023

Rekomendasi Wisata Malam Jogja Terbaik 2023

Seperti yang diketahui, Jogja sangat terkenal dengan ragam potensi wisatanya yang lengkap. Sebut saja Keraton Kasultanan Jogja, Tamansari, Benteng Vredeburg serta deretan wisata sejarah dan budaya lainnya yang menyimpan banyak cerita.

Tidak ketinggalan pula beragam destinasi wisata alam yang membuat Jogja semakin menarik untuk dikunjungi saat liburan. Mulai dari wisata Gunung Merapi denga Kaliurangnya yang sejuk, Kalibiru, hutan pinus Mangunan, Pantai Parangtritis hingga deretan pantai eksotis di Gunung Kidul.

Selain deretan tempat wisata terkenal yang bisa dikunjungi saat siang hari, Kota Gudeg ini menawarkan tempat wisata malam Jogja dengan pesona yang tidak kalah menarik. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 5 rekomendasinya:

1. Malioboro

Salah satu tempat yang layak dijadikan tujuan wisata di malam hari adalah Malioboro. Ikon wisata di Jogja ini bukan hanya menarik untuk acara jalan-jalan di siang dan sore hari saja. Karena di malam hari suasana Jogja di Malioboro akan semakin terasa.

Malioboro sendiri dikenal sebagai salah satu tempat wisata romantis di Jogja malam hari. Di kawasan ini tersedia beberapa tempat duduk yang bisa dimanfaatkan untuk menikmati suasana Malioboro sambil berbincang santai.

Dengan ditemani nyanyian para seniman jalanan, lampu-lampu yang ikonik serta lalu lalang pengunjung, suasana malam di Malioboro mampu memberikan kesan yang mendalam. Suasana khas Malioboro yang bersahaja selalu membuat siapapun rindu untuk kembali.

2. Alun-Alun Kidul

Jika Anda sedang mencari wisata malam jogja ramah anak, maka Alun-Alun Kidul bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Alun-alun kidul sendiri merupakan salah satu tempat favorit masyarakat Jogja yang ingin menikmati suasana malam sambil kulineran.

Salah satu ciri khas dari Alun-Alun Kidul adalah keberadaan dua pohon beringin  Pohon beringin yang ada di alun-alun ini melambangkan ketentraman dan kesuburan. Yang menarik, banyak pengunjung yang selalu penasaran dengan permainan masangin di tempat ini.

Masangin merupakan permainan yang dilakukan dengan berjalan diantara dua pohon beringin (ringin kurung) dengan mata yang ditutup kain. Meskipun terlihat mudah, namun nyatanya banyak pengunjung yang tidak bisa berjalan lurus hingga melewati tengah dua pohon beringin.

Tentunya permainan tersebut akan membuat suasana liburan semakin seru. Selain itu, di kawasan ini tersedia penyewaan odong-odong yang dihiasi dengan lampu warna warni. Anda bisa memanfaatkan kendaraan unik tersebut untuk berkeliling alun-alun.

Puas berkeliling, jangan lewatkan untuk menikmati aneka jajanan yang dijual di kawasan ini. Mulai dari jajanan kekinian, roti bakar, jagung bakar, nasi kucing hingga wedang ronde yang akan menghangatkan badan.

3. Taman Pelangi

Taman Pelangi yang berada di kawasan Monumen Jogja Kembali ini merupakan salah satu tempat wisata malam jogja untuk anak yang menarik untuk dikunjungi. Tempat ini menyajikan aneka macam bentuk lampion dengan warna warni yang sangat cantik.

Berbeda dari tempat wisata lainnya yang ada di Jogja, Taman Pelangi justru buka mulai sore hari hingga malam. Di Taman Pelangi ini pengunjung akan dimanjakan dengan suasana malam yang penuh warna sehingga terlihat sangat meriah.

Wisata Jogja sore dan malam hari ini cocok untuk semua usia sehingga bisa dijadikan tujuan wisata bersama keluarga. Untuk menambah keseruan, tersedia pula beberapa wahana permainan yang bisa dicoba pengunjung.

Mulai dari perahu dayung, speedboat, tandem, trampoline, bombom car, becak mini, ATV, bianglala mini, battery car dan lain sebagainya. Jadi, setelah puas berfoto di Taman Pelangi, pengunjung bisa mencoba wahana permainan yang tersedia.

Sebagai informasi, destinasi wisata malam di Jogja ini buka mulai pukul 16.30 WIB sampai 22.00 WIB (weekday) dan 23.00 WIB (weekend). Harga tiketnya pun cukup terjangkau, yaitu sebesar Rp15.00 – Rp20.000.

4. Bukit Bintang

Jika Anda mencari wisata malam jogja 24 jam, maka Bukit Bintang di Jalan Jogja – Wonosari ini bisa menjadi pilihan tepat. Tempat wisata ini banyak dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati keindahan Kota Jogja dari atas ketinggian.

Suasana yang indah bukan hanya terlihat saat pagi hingga sore hari saja, karena di malam hari keindahan yang tersaji di tempat ini benar-benar luar biasa. Kerlap kerlip lampu kota terlihat seperti bintang.

Tidak heran jika kemudian bukit yang aslinya bernama Hargodumilah ini lebih dikenal dengan nama Bukit Bintang. Yang menarik, untuk masuk ke kawasan Bukit Bintang ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Pengunjung hanya dikenakan tarif parkir kendaraan saja.

Tempat wisata malam murah meriah di Jogja ini bukan hanya menyajikan suasana yang indah dan romantis saja tetapi juga spot foto yang super keren. Karena dari atas Bukit Bintang lanskap Kota Jogja terlihat sangat jelas, termasuk Gunung Merapi dan terlihat kokoh berdiri.

Sambil menikmati suasana malam yang syahdu dan romantis, pengunjung bisa mencicipi hidangan berupa roti bakar dan jagung bakar serta secangkir kopi atau teh hangat. Bagi yang enggan pulang, bisa menginap di hotel atau penginapan sekitar Bukit Bintang.

5. Heha Sky View

Jika masih belum puas dengan keromantisan yang ditawarkan Bukit Bintang, Anda bisa mengunjungi Heha Sky View untuk menikmati wisata malam Jogja secara maksimal. Cafe dan Resto di wilayah Patuk, Gunung Kidul ini menawarkan suasana malam yang menakjubkan.

Dengan tiket masuk sebesar Rp20.000, pengunjung akan diajak untuk menikmati suasana malam dengan cara yang lebih menyenangkan. Karena di tempat ini sudah tersedia beberapa spot foto keren yang akan membuat hasil bidikan kamera semakin aesthetic.

Tempat ini menyajikan suasana yang sangat unik dengan berbagai ornamen indah dan penuh warna di dalamnya. Wisata kuliner malam di Jogja ini buka sejak pagi hingga pukul 21.00 WIB. Jadi pengunjung bisa menikmati suasana malam sekaligus kulineran di tempat ini.

Di Heha Sky View ada beberapa area yang bisa dipilih pengunjung untuk menikmati kuliner. Pada lantai bawah tersedia foodcourt dengan beragam jajanan yang enak. Kemudian ada area buffet untuk kegiatan kumpul bareng, serta area makan dengan view langsung pemandangan.

Sementara di area outdoor sudah tersedia deretan beanbag yang bisa digunakan untuk bersantai menikmati suasana malam yang romantis.

Heha Sky View

Bagi yang masih bingung, malam hari mau berwisata kemana selama berada di Jogja. Jangan lewatkan 5 destinasi wisata malam Jogja yang telah disebutkan di atas. Jika ingin wisata murah meriah namun tetap memberikan kesan mendalam, jalan-jalan ke Malioboro atau Alun-alun Kidul adalah solusinya.

Baca Juga:

Artikel Terkait