Home » Terbaru » Tutorial » Cara Membuat Poster Ramadhan 2023, Mudah & Menarik!

Cara Membuat Poster Ramadhan 2023, Mudah & Menarik!

wisnu February 29, 2024

diskop.id – Bulan Ramadhan sudah di depan mata, banyak umat muslim yang menyambut dan merayakan bulan suci ini dengan bersuka cita. Ada berbagai cara umat Islam yang memeriahkannya, salah satunya dengan cara membuat poster Ramadhan 2023.

Dimana dengan membuat poster Ramadhan ini sendiri menjadi sarana untuk mengajak orang lain untuk menjalankan ibadah di bulan suci ini. Nah bagi pengunjung yang ingin tahu bagaimana Cara Membuat Poster Ramadhan, berikut ini diskop.id akan membagikan penjelasan lengkapnya di bawah ini :

Mudah, Begini Cara Membuat Poster Ramadhan 2023

Mudah-Begini-Cara-Membuat-Poster-Ramadhan-2023

Ramadan menjadi bulan suci bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selama bulan ini, umat Muslim melaksanakan puasa dan beribadah dengan lebih intens. Selain itu, banyak juga yang membuat poster Ramadan untuk memeriahkan suasana bulan suci ini. Poster Ramadan biasanya digunakan untuk mengumumkan jadwal buka puasa, menyebarkan pesan kebaikan, atau mengundang orang untuk beribadah bersama.

Cara membuat poster marhaban ya ramadhan tidaklah sulit, terutama jika sudah menguasai teknik dasarnya. Selain itu pengguna pun bisa mengekspresikan kreativitas, dengan begitu hasil poster yang di buatpun akan terlihat lebih menarik dan lebih terlihat profesional.

Nah dalam pembahasan ini, diskop akan menjelaskan secara lengkap tentang bagaimana cara membuat poster menyambut bulan suci ramadhan yang menarik dan berkualitas. Jadi, jika ingin tahu cara membuat poster menyambut bulan ramadhan, simak artikel ini sampai selesai!

Langkah Membuat Poster Bulan Suci Ramadhan

Sebelum memulai membuat poster Ramadhan, harus melakukan perencanaan terlebih dahulu. Perencanaan akan membantu memahami tujuan dari membuat poster, serta merencanakan proses produksinya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan antara lain:

  1. Tentukan Tujuan Poster
    Tentukan tujuan membuat poster Ramadhan. Apakah untuk mengumumkan jadwal buka puasa, menyebarkan pesan kebaikan, atau mengundang orang untuk beribadah bersama.
  2. Pilih Gaya Desain
    Setiap poster memiliki gaya desain yang berbeda-beda. Pengguna bisa memilih desain minimalis, klasik, atau modern sesuai dengan selera dan tujuan.
  3. Tentukan Ukuran Poster
    Ukuran poster sangat penting untuk ditentukan sejak awal. Ukuran poster yang tepat akan memastikan poster dapat dilihat dengan jelas dan menarik perhatian orang yang melihatnya.
  4. Persiapkan Bahan dan Sumber Daya
    Sebelum memulai , pastikan sudah mempersiapkan bahan dan sumber daya yang diperlukan.

Setelah mengetahui beberapa langkah persiapan sebelum membuat poster ramadhan. Kini saatnya diskop.id membagikan cara membuat poster ramadhan yang mudah dengan aplikasi dan situs pembuat poster. Penasaran bagaimana caranya? Berikut ini ulasannya.

Lihat Juga : Doa Menyambut Ramadhan Arab Latin Sesuai Sunnah & Shahih

1. Cara Membuat Poster Ramadhan di Aplikasi Canva

1.Cara-Membuat-Poster-Ramadhan-di-Aplikasi-Canva

Canva adalah salah satu aplikasi desain yang paling populer saat ini. Dengan Canva, pengguna dapat membuat poster Ramadhan yang menarik dengan mudah. Selain itu penggunanya pun dapat memilih dari berbagai template dan desain, serta menambahkan teks dan gambar.

Berikut cara membuat poster marhaban ya ramadhan dengan mudah di aplikasi canva :

  1. Buka situs Canva pada browser , atau unduh aplikasi Canva di smartphone .
  2. Pada halaman utama Canva, pilih opsi “Poster” pada menu “Create a design“. Kemudian, ketikkan “Ramadhan” pada kolom pencarian untuk menemukan template poster Ramadan yang tersedia.
  3. Setelah menemukan template yang sesuai, ubah desain poster sesuai keinginan . Pengguna dapat mengganti gambar, teks, font, warna, dan sebagainya.
  4. Setelah desain poster selesai, pengguna dapat menyimpannya dalam format JPG atau PNG untuk digunakan di media sosial atau website. Jika ingin mencetak poster, pilih opsi “Print” pada menu “Download” untuk mengunduh file poster dalam format PDF dengan resolusi yang tinggi.
  5. Selesai dan selamat berkreasi membuat poster ramadhan di Canva

Lihat Juga : Download Lightroom Mod APK 2023, Edit Jadi Foto Aestetik di HP!

2. Cara Membuat Poster Marhaban Ya Ramadhan di Adobe Spark

2.Cara-Membuat-Poster-Marhaban-Ya-Ramadhan-di-Adobe-Spark

Adobe Spark adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat poster Ramadan secara digital. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat poster Ramadan di Adobe Spark:

  1. Unduh dan buka aplikasi Adobe Spark pada smartphone.
  2. Pada halaman utama Adobe Spark, pilih opsi “Post” untuk membuat poster. Kemudian, ketikkan “Ramadhan” pada kolom pencarian untuk menemukan template poster Ramadan yang tersedia.
  3. Setelah menemukan template yang sesuai, ubah desain poster sesuai keinginan. Pengguna dapat mengganti gambar, teks, font, warna, dan sebagainya.
  4. Setelah desain poster selesai, pengguna dapat menyimpannya dalam format JPG atau PNG untuk digunakan di media sosial atau website. Jika ingin mencetak poster, pilih opsi “Print” pada menu “Share” untuk mengunduh file poster dalam format PDF dengan resolusi yang tinggi.
  5. Setelah desain poster selesai, dapat menyimpannya dalam format JPG atau PNG untuk digunakan di media sosial atau website. Jika ingin mencetak poster, pilih opsi “Print” pada menu “Share” untuk mengunduh file poster dalam format PDF dengan resolusi yang tinggi.

3. Cara Membuat Poster Ramadhan dengan Photoshop

3.Cara-Membuat-poster-Ramadhan-denga-Photoshop

Bagi sebagian orang, membuat poster Ramadhan di Photoshop mungkin terlihat sulit. Namun sebenarnya, dengan beberapa langkah yang tepat, Anda dapat membuat poster Ramadhan yang menarik dan kreatif. Berikut adalah langkah-langkah membuat poster Ramadhan di Photoshop:

  1. Persiapkan Ide dan Konsep Desain
  2. Buatlah Dokumen Baru di Potoshop
  3. Pilih Background dan Warna
  4. Tambahkan Teks yang menarik
  5. Tambahkan Gambar atau Ilustrasi Ramadhan
  6. Tambahkan Efek dan Filter
  7. Review dan Edit Poster
  8. Selesai

4. Cara Membuat Poster Ramadhan di Twibbonize 2023

4.Cara-Membuat-Poster-Ramadhan-di-Twibbonize-2023

Twibbonize menjadi salah satu situs populer yang menyediakan beragam pilihan bingkai terbaru, yang banyak di gunakan para netizen saat ini. Menyambut bulan suci ramadhan, Twibbonize juga menyediakan beragam bingkai yang bisa di jadikan poster menarik. Berikut cara bikin poster ramadhan di Twibbonize dengan mudah :

  1. Buka aplikasi browser di smartphone.
  2. Kemudian buka situs https://www.twibbonize.com/.
  3. Ketikan “Ramadhan” pada kolom pencarian dan klik Cari.
  4. Pilih poster yang ingin di gunakan, .
  5. Pilih bingkai yang di inginkan pada kolom Bingkai.
  6. Setelah memilih klik Pilih Foto 
  7. Pilih foto pada gallery yang ingin di gunakan.
  8. Tekan icon Teks untuk menambahkan teks dan Filter untuk menambahkan efek foto.
  9. Setelah sudah sesuai kik Selanjutnya.
  10. Tunggu hingga selesai dan klik Unduh.

Lihat Juga : Twibbon Ramadhan 2023/1444H Keren Terbaru Gratis

5. Membuat Poster Ramadhan di PosterMyWall

5.Membuat-Poster-Ramadhan-di-PosterMyWall

PosterMyWall adalah situs yang menyediakan template poster Ramadan yang dapat disesuaikan. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat poster Ramadan di PosterMyWall:

  1. Buka situs PosterMyWall pada browser di https://www.postermywall.com/
  2. Pada halaman utama PosterMyWall, pilih opsi “Ramadhan” pada menu “Holidays” untuk menemukan template poster Ramadan yang tersedia.
  3. Setelah menemukan template yang sesuai, ubah desain poster sesuai keinginan . Pengguna dapat mengganti gambar, teks, font, warna, dan sebagainya.
  4. Simpan dan Download Poster
  5. Selesai

Tips Membuat Poster Ramadhan Agar Terlihat Menarik

Jadi sebelum mengakhiri pembahasan mengenai cara membuat poster ramadhan 2023 dengan mudah, diskop akan membagikan sedikit tips agar hasil poster ramadhan yang di buat terlihat lebih menarik dan mengesankan. Berikut ini beberapa tips yang bisa di perhatikan :

  • Pilih gambar atau ilustrasi yang bermakna dan memiliki pesan yang kuat.
  • Gunakan kombinasi warna yang sesuai dan serasi, agar poster terlihat lebih estetik.
  • Jangan menggunakan banyak font atau tipografi yang berbeda, gunakan maksimal dua atau tiga tipografi.
  • Gunakan teks yang jelas dan sederhana
  • Gunakan Bahasa yang sopan dan mudah di mengerti

Nah itulah tips untuk menjadikan hasil poster yang di buat terlihat lebih menarik dan menjadi perhatian banyak orang.

Sekian ulasan yang dapat diskop bagikan kali ini, semoga informasinya berguna dan menambah wawasan bagi kita semua.

Artikel Terkait