Home » Terbaru » Tutorial » Langkah Mudah Cara Kirim Saldo OVO Ke DANA dan Sebaliknya

Langkah Mudah Cara Kirim Saldo OVO Ke DANA dan Sebaliknya

dika_nugroho May 19, 2024

Cara kirim ovo ke dana – Dompet digital adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan uang dan melakukan transaksi finansial tanpa perlu membawa uang tunai secara fisik.

Dalam era digital seperti sekarang, penggunaan dompet digital semakin populer karena lebih praktis dan efisien. Salah satu aplikasi dompet digital yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah aplikasi OVO dan Dana.

Dalam artikel ini, diskop.id akan membahas cara mengirim uang dari aplikasi OVO ke aplikasi Dana. Namun sebelumnya, mari kita simak terlebih dahulu apa itu dompet digital dan manfaat penggunaannya.

Manfaat Menggunakan Dompet Digital

Manfaat Menggunakan Dompet Digital

Dengan adanya dompet digital kini kamu gak perlu khawatir lagi akan kehilangan uang, bahkan dalam penggunaannya ketika ingin mengirim uang, kamu tidak lagi membuang waktu pergi ke bank.

Selain itu dompet digital juga bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti belanja online, membayar tagihan listrik, membeli pulsa dan kebutuhan lainnya.

Dalam hal ini OVO dan Dana adalah salah satu dompet digital yang memiliki manfaat dan keuntungan untuk para penggunanya. Aplikasi OVO memiliki program cashback dan promo yang menarik, sedangakan aplikasi Dana memberikan fitur yang bisa memudahkan pengguna dalam bertransaksi.

Oleh karena itulah, penting untuk kita mengetahui cara menggunakan dan cara kirim saldo ovo ke dana supaya bisa memaksimalkan keuntungan yang diperoleh dari kedua aplikasi tersebut.

Nah dalam artikel ini kami akan memberikan informasi secara lengkap tentang cara kirim uang dari OVO ke Dana, termasuk Perbedaan antara keduanya, serta keuntungan penggunaanya.

Perbedaan Aplikasi OVO Dan Dana

OVO dan Dana merupakan aplikasi dompet digital yang berfungsi sebagai media penyimpanan atau transaksi uang secara online Dari setiap aplikasi tentunya memiliki fitur yang akan memberikan kemudahan ketika sedang digunakan.

Meskipun keduanya memiliki fungsi yang sama, ternyata ada beberapa perbedaan antara aplikasi OVO dan Dana yang perlu kamu ketahui. Berikut ini perbedaan antara aplikasi OVO dan aplikasi Dana.

  1. Dari segi keamanan kedua aplikasi ini memiliki sistem yang cukup baik, namun OVO lebih unggul karena memiliki fitur One-Time Password (OTP) dan fingerprint untuk memastikan pemilik sah para penggunanya. Selain itu, OVO juga menggunakan teknologi enkripsi untuk melindungi data pengguna.
  2. Untuk sistem penyedia layanan dan jaringan, OVO memiliki jaringan yang lebih luas dibandingkan dengan aplikasi Dana. OVO memiliki lebih banyak kerjasama dengan para mitra, sehingga pengguna OVO bisa melakukan transaksi di lebih banyak tempat.
  3. Cara Top Up Saldo dari kedua aplikasi ini memiliki cara yang berbeda. Pada aplikasi OVO, pengguna bisa melakukan top up langsung melalui transfer bank, kartu kredit atau debit, atau melalui merchant yang sudah bekerja sama dengan OVO. Sedangkan cara topup pada aplikasi Dana cuma bisa dilakukan dengan cara transfer bank atau melalui minimarket dan toko-toko yang sudah bekerja sama.
  4. Sistem transaksi antara kedua aplikasi ini memiliki kebijakan yang berbeda. OVO menetapkan biaya transaksi berdasarkan jenis transaksi yang dilakukan, sedangkan Dana tidak mengenakan biaya transaksi sama sekali.
  5. Jika dilihat dari segi bonus dan promo, OVO sering menawarkannya dalam bentuk cashback atau potongan harga, sedangkan Dana lebih fokus pada program referral dan cashback dari transaksi belanja di merchant tertentu.
  6. Sedangkan dari segi fitur, OVO memiliki fitur Points yang dapat ditukarkan dengan berbagai produk atau layanan, dan Invest yang memungkinkan para penggunanya bisa berinvestasi dengan mudah. Sedangkan pada aplikasi Dana, memiliki fitur pinjaman uang dan asuransi kesehatan.

Setelah kita melihat perbedaan antara keduanya, pastinya kamu sudah bisa menentukan ingin menggunakan aplikasi yang mana. Jika sudah menetapkan pilihan, sebaiknya kamu juga mengetahui bagaimana cara kirim saldo OVO ke Dana atau sebaliknya cara kirim saldo Dana ke OVO.

Cara Kirim Uang Dari OVO ke Dana

Cara Kirim Uang Dari OVO ke Dana

Jika kamu ingin kirim saldo OVO ke Dana, caranya sangat mudah kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang akan kami berikan berikut ini.

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum kirim uang adalaha memastikan saldo yang ada di aplikasi OVO cukup yaitu minimal yang harus dimiliki sebesar Rp 10.000.
  2. Kemudian buka aplikasi OVO dan pilih menu “Transfer”.
  3. Lanjutkan dengan memilih opsi “Ke Rekening Bank”.
  4. Pada menu ini kamui harus menentukan bank yang akan menerima transferan, dalam hal ini pilih “Bank Lainnya”.
  5. Kemudian masukkan nomor rekening Dana yang akan ditransfer.
  6. Selanjutnya pada kolom yang tersedia masukkan jumlah nominal uang yang akan ditransfer.
  7. Konfirmasi kembali data yang telah kamu masukkan, jika sudah benar, tekan tombol “Lanjutkan”.
  8. Lakukan verifikasi dengan memasukkan PIN OVO kamu.
  9. Jika proses transfer sudah berhasil, kamu akan menerima notifikasi di aplikasi OVO dan notifikasi melalui email terdaftar.

Note: Untuk menghindari kesalahan saat kirim saldo OVO ke Dana, sebaiknya pastikan terlebih dahulu data yang di masukkan sudah benar dan memeriksa kembali sebelum menekan tombol “Lanjutkan”.

Cara Kirim Uang Dari Dana ke OVO

Cara Kirim Uang Dari Dana ke OVO

Selain itu, kamu juga bisa krim uang dari aplikasi Dana ke OVO, caranya tidak jauh berbeda dengan aplikasi OVO, yang perlu kamu lakukan adalah mengikuti langkah berikut ini.

  1. Pertama buka aplikasi Dana dan pilih menu “Kirim Uang”.
  2. Kemudian masukkan nomor OVO penerima uang.
  3. Lanjutkan dengan memilih nominal yang ingin dikirim.
  4. Jika sudah, pilih tombol “Lanjut” (pastikan nomor tujuan yang kamu masukkan sudah benar).
  5. Terakhir pilih tombol “Kirim” dan tunggu sampai proses pengiriman selesai.

Perlu diingat bahwa setiap pengiriman uang yang dilakukan dari aplikasi ini akan dikenakan biaya transfer tergantung dari jumlah nominal yang dikirimkan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu sudah memperhitungkan biaya transfer sebelum melakukan pengiriman uang.

Cara kirim uang menggunakan dompet digital sebenarnya sangat mudah dilakukan, apalagi jika kamu mengikuti langkah-langkah yang sudah kami jelaskan diatas. Namun pastikan juga untuk memahami tips aman menggunakan aplikasi dompet digital seperti berikut ini.

Tips Aman Kirim Uang Menggunakan Dompet Digital

Pilihan untuk menggunakan aplikasi dompet digital yang sesuai sangat penting untuk melengkapi kebutuhan transaksi. Karena aplikasi OVO dan Dana memiliki kelebihan dan kekurangannya, sebaiknya pilih aplikasi yang paling cocok dengan kebutuhan masing-masing.

Cara yang paling umum untuk memilih aplikasi dompet digital yang sesuai adalah mempertimbangkan kemudahan penggunaan, fitur yang ada, biaya transaksi, dan keamanan dari aplikasi yang digunakan.

Jangan lupa untuk selalu mengikuti perkembangan dan promo yang ditawarkan oleh aplikasi untuk mendapatkan keuntungan lebih. Dengan memahami cara kirim uang dari OVO ke Dana dan memilih aplikasi yang sesuai, kamu bisa melakukan transaksi keuangan dengan mudah dan aman.

Baca Juga:

Artikel Terkait