Home » Terbaru » Agama » Sholawat Nabi Muhammad SAW Arab Latin Terbaik dan Terindah

Sholawat Nabi Muhammad SAW Arab Latin Terbaik dan Terindah

arsyad July 16, 2024

Sholawat Nabi – Meskipun katanya ummat muslim zaman sekarng banyak yang tergiur dengan hiburan dunia semata seperti ikut konser musik dan lain sebagainya. Namun nyatanya tidak kalah banyaknya anak-anak mudah zaman saat ini yang suka dengan sholawatan.

Hal ini terbukti ketika ada perkumpulan sholawat akbar, tempat tersebut dipenuhi dengan muda-mudi islam sehingga suasana tersebut makin semarak untuk bersholawat. Apalagi pergaulan diakhir zaman ini semakin memprihatinkan.

Jika anak-anak muda tidak dipupuk dengan ilmu agama termasuk sholawatan maka akan mudah terjerumus dalam lembah yang hitam. Maka dari itu dalam artikel ini penulis akan merangkum beberapa sholawat pilihan yang bisa dibaca atau diamalkan setiap harinya.

Pengertian Dan Macam-Macam Sholawat Nabi

Pengertian Dan Macam-Macam Sholawat Nabi

Sholawat Nabi ialah doa dan ucapan pujian serta penghormatan yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW oleh umat Muslim. Sholawat Nabi mempunyai makna dan tujuan yang penting bagi umat Muslim, yakni untuk memuji dan memuliakan Nabi Muhammad SAW, memohon rahmat dan keselamatan dari Allah SWT, serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Solawat Nabi juga dianggap sebagai salah satu ibadah yang dapat mendatangkan pahala bagi yang membacanya. Solawat Nabi dapat dibaca dalam berbagai kesempatan, baik secara individu maupun secara bersamaan dan bisa dijadikan salah satu amalan baik dalam kehidupan sehari-hari.

Bacaan solawat nabi banyak macamnya, namun tujuan utamanya adalah memberikan pujian dan hurmat kepada junjungan Nabi Muhammad SAW. Bahkan Allah SWT sendiri bersholawat dan memerintahkan semua hambanya untuk bersholawat juga.

Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surat Al-Ahzab : 56

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Innallaaha wamalaa ikatahu yushollu ‘alannabi, yaa ayyuhal ladziina aamanuu shollu ‘alaihi wasallimuu tasliima

Artinya :

Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya berselawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, berselawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.

Dari ayat tersebut sudah jelas bahwa ummat muslim telah diperintahkan untuk bersholawat kepada Nabi.

Sholawat Nabi Yang Benar Dan Sesuai Sunnah

Karena saking banyaknya bacaan solawat untuk Nabi SAW maka banyak juga pilihan solawat yang bisa diambil dan diamalkan. Akan tetapi perlu hati-hati dalam mencari bacaan sholawat yang sesuai sunnah nabi SAW.

Dalam artikel ini akan dituliskan secara ringkas bacaan sholawat sesuai sunnah yang bsia diamalkan. Namun sebelumnya penulis akan mencatat terlebih dahulu bacaan sholawat yang benar dan sesuai sunnah.

Adapun bacaan sholawatnya bisa dilihat dibawah ini :

Allahummah Sholli A’la Sayyidina Muhammad, Wa ‘Ala Aa’li Sayyidina Muhammad

Artinya :

Ya Allah berikanlah kemuliaan kepada sayyidina Muhammad SAW dan juga kepada para keluarganya sayyidina Muhammad SAW.

Sholawat tersebut diatas termasuk sholawat yang diajarkan oleh Rosulullah SAW dan dijadikan salah satu rukun sholat tepatnya dibaca pada saat tahiyat akhir.

Sholawat Nabi Muhammad SAW Terbaik Dan Terindah

Sholawat nabi Muhammad SAW Terbaik Dan Terindah

Pada dasarnya tidak ada sholawat nabi yang tidak baik dan tidak indah, semuanya baik dan indah terlebih jika dibaca menggunakan nada-nada syair yang merdu.

Terkadang tak terasa meleleh mata meneteskan air mata kesejukan terinring dengan syahdunya bacaan sholawat yang didengarkan. Akan tetapi didalam artikel ini penulis akan menuliskan salah satu saja diantara solawat nabi yang terbaik dan merdu.

Adapun bacaan sholawat nabi Muhammad yang terbaik dan terindah adalah sebagai berikut :

Allahumma Sholli ‘Alaa Sayyidinaa Muhammadin Tibbil Quluubi Wadawaaihaa, Wa’aafiyatil Abdaani Waa Shifaa ihaa, Wa nuuril Abshoori Wa Dhiyaa Ihaa, Wa ‘Alaa Aalihii Wa Shohbihii Wa Sallim.

Artinya :

Ya Allah Limpahkanlah kemuliaan kepada Sayyidina Muhammad SAW, untuk pengobat hati dan penyembuhannya, penyehat badan dan kesembuhannya. Sebagai cahaya penglihatan mata beserta sinarnya. Dan semoga rahmat tercurahkan kepada keluarga Nabi dan para sahabatnya.

Sholawat tersebut diatas bisa dibaca dan diamalkan sebagai penyembuh dalam penyakit dan kesulitan dalam hidup.

Sholawat Nabi Komplit

Selanjutnya adalah pilihan sholawat nabi yang komplit meskipun sebenarnya banyak pilihannya akan tetapi akan dituliskan satu saja dalam artikel ini.

Salah satu sholawat nabi yang komplit adalah sholawat ibrohim yang dibaca pada saat tahiyat akhir dalam rukun sholat.

Adapun bacaan sholawat Nabi Komplit bisa dilihat dibawah ini :

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وعلى آلِ إبْراهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما بَاركْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آل إبراهيم في العالَمِينَ إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Artinya :

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.”

Sholawat Nabi Pendek

Untuk mempermudah dalam pengamalan sholawat Nabi maka boleh juga membaca sholawat nabi yang pendek dan mudah dihafal.

Biasanya sholawat nabi yang pendek ini dijadikan sebagai salah satu amalan setelah selesai sholat fardhu dan juga menjadi amalan harian rutin. Lebih tepatnya dibaca salam sholat pada saat tahiyyat awal.

Adapun bacaan sholawat Nabi pendek dapat dilihat dibawah ini :

َللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allahumma Sholli ‘Alaa Sayyidinaa Muhammad, Waala Aali Sayyidinaa Muhammad

Artinya :

Ya Allah limpahkanlah rahmat serta barokah kepada junjungan kami sayyidina Muhammad dan kepada keluarga sayyidina Muhammah

Keutamaan Membaca Sholawat Nabi Muhammad

Keutamaan Membaca Sholawat Nabi Muhammad

Diatas sudah dituliskan sebagian bacaan sholawat yang mudah dihafal dan diamalkan, akan tetapi tidak ada salahnya pahami juga tentang keutamaan membaca sholawat. Jika Allah SWT telah memerintahkan hambanya untuk bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW tentu sudah dipastikan memiliki keutamaan yang sangat besar.

Adapun beberapa keutamaan membaca sholawat adalah sebegai berikut :

Allah akan memberikan pahala :

Bacaan sholawat termasuk salah satu ibadah yang jika rutin dibaca dengan ikhlas maka akan mendapatkan pahala disisi Allah SWT. Hal ini sejalan dengan hadis Rosulullah SAW.

Artinya :

Barangsiapa yang bersholawat kepadaku sekali, maka Allah akan bersholawat kepadanya sepuluh kali”.

Mendapatkan Syafaat Nabi :

Selain mendapatkan pahala seseorang yang rutin membaca sholawat Nabi dengan ikhlas maka insya Allah akan mendapatkan syafaat / pertolongan dari baginda Nabi Muhammad SAW.

Menghapus Dosa :

Bacaan sholawat juga jika rutin dibaca dengan tulus dan ikhlas hanya karena Allah dan Rosulnya maka insya Allah akan diamapuni dosanya. Sebagaimana termaktub dalam sebuah hadis Rosulullah SAW bersabda.

Artinya :

“Setiap kali seseorang mengucapkan sholawat untukku, maka Allah akan mengirimkan sepuluh sholawat kepadanya, menghapus sepuluh kesalahan, dan meninggikan sepuluh derajat kepadanya

Dapat Memberikan Ketenangan Hati :

Bagi seorang muslim yang hatinya gundah gulana, gelap gulita merana sakit dan lain sebagainya. Maka jangan khawatir dengan ixin Allah bisa diobati wasilah membaca sholawat nabi. Hal ini selaras dengan penyampaian nabi SAW dalam hadisnya.

Artinya :

“Sesungguhnya hati yang kering adalah hati yang tidak mengucapkan sholawat untukku (kata Nabi)”

Kurang lebih itulah manfaat bagi seseorang yang rutin membaca sholawat Nabi tentunya dengan ikhlas hanya karena Allah SWT tanpa pamer dan lain sebagainya.

Penutup

Demikianlah ringkasan artikel tentang sholawat nabi yang ditulis dalam web diskop.id semoga bermanfaat terlebih bagi ummat muslim yang sedang mencari refrensi sholawat nabi. Wallahu A’lam….

Baca Juga :

Artikel Terkait