Home » Terbaru » Teknologi » 5 Manfaat Mobil Listrik dan Kelebihan Bagi Lingkungan Indonesia

5 Manfaat Mobil Listrik dan Kelebihan Bagi Lingkungan Indonesia

indah April 12, 2024

Di zaman serba canggih sekarang ini, ternyata sudah ada mobil yang bahan bakarnya bukan bensin. Apa itu? Ya. Listrik. Manfaat mobil listrik dapat dirasakan seluruh masyarakat, termasuk yang tidak atau belum beralih ke mobil listrik ini. Bukan hanya sekadar lifestyle, mobil listrik membawa perubahan yang lumayan signifikan di sekitar. Untuk yang belum tau apa itu mobil listrik, Diskop.id akan membahasnya kali ini.

Tak terhitung berapa jumlah model mobil listrik yang diluncurkan para pabrikan otomotif dunia dalam beberapa tahun terakhir ini. Kerennya, Indonesia tidak ingin tertinggal jauh atau biasa disebut tidak ingin ketinggalam zaman dengan melakukan percepatan program kendaraan listrik yang didorong oleh pemerintah.

Sepertinya, industri otomotif di Indonesia sudah mulai menyadari akan banyak manfaat yang bisa didapat dari penggunaan kendaraan bebas emisi secara masif. Upaya ini pun sudah terlihat dari banyaknya mobil listrik yang sudah beredar di Indonesia.

Mobil Yang Tidak Membutukan Minyak! Apa Itu? Cari Jawabannya Dibawah Ini!

Mobil-Yang-Tidak-Membutukan-Minyak!-Apa-Itu?-Simak-Penjelasannya-Dibawah-Ini!

Mobil listrik adalah mobil yang menggunakan energi listrik yang berasal dari baterai atau tempat penyimpan energi lainnya. Mobil listrik sudah populer pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, namun, pada saat itu meredup karena teknologi mesin pembakaran yang lebih disukai.

Baru pada tahun 2000 an para produsen mulai serius dalam memajukan dan mengenmbangkan mobil listrik. Di Indonesia, pada tanggal 1 April 2012 pemerintah meluncurkan Rp100 miliar untuk riset mobil listrik. Keren bukan?

Ada beberapa jenis teknologi elektrifikasi kendaraan, seperti Hybrid Electric Vehicle (HEV), Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Battery Electric Vehicle (BEV).

Mobil listrik ini dinilai mampu dan bisa mengurangi polusi udara. Selain itu juga, kesan canggih dan tampilan body yang lebih futuristik dibandingkan jenis konvensional, membuat banyak orang mulai beralih menggunakan mobil listrik. Mobil listrik adalah salah satu alat transportasi yang paling umum dan dipandang sebagai mobil masa depan.

Pemerintah Indonesia sudah sangat mendorong penggunaan mobil listrik ini. Belum lama ini pernah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo pada acara tahunan industri jasa keuangan tahun 2020, bahwa mobil listrik saja yang suatu saat nanti diperbolehkan berlalu-lalang di ibu kota baru. Wah! Sudah tertarik dengan mobil listrik?

Jenis-jenis Mobil Listrik! Keren! Elegant! Mewah! Dijamin Naksir!

Jenis-jenis-Mobil-Listrik!-Keren!-Elegant!-Mewah!-Dijamin-Naksir!

Kreativitas dan inovasi mobil dengan tenaga listrik ini sebenarnya bukan hal yang baru, karena mobil listrik telah mulai dirintis sejak tahun 1880-an. Istilah mobil listrik itu sendiri lebih condong pada Battery Electric Vehicle (BEV).

Selain itu, masih ada jenis-jenis mobil elektrifikasi lainnya, seperti Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug In Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV). Jenis-jenis mobil listrik sebagai berikut.

1. Battery Electric Vehicle (BEV)

Battery Electric Vehicle benar-benar tidak menggunakan bahan bakar sama sekali dengan moda penggerak sepenuhnya bergantung pada daya baterai lithium-ion. Sumber dayanya didapat dari sistem pengisian ulang energi listrik.

Kelebihan utama dari BEV ini adalah sudah dipastikan mobil BEV ini ramah lingkungan. Mobil BEV juga lebih hemat energi dibanding mobil konvensional yang menggunakan bahan bakar minyak.

Contoh merek mobil listrik jenis BEV:

  • Tesla X
  • BMW i3
  • Nissan LEAF
  • Tesla Model 3
  • Dan lain-lain

2. Hybrid Electric Vehicle (HEV)

Dibantu oleh dual sistem, Hybrid Electric Vehicle adalah kolaborasi antara motor listrik dan bahan bakar. Mobil listrik jenis HEV ini tidak memerlukan isi ulang listrik atau stasiun pengisi ulang, karena memanfaatkan energi dari bahan bakar.

Energi mobil ini tetap efisien dan hemat karena HEV membagi kegunaan pada dua sumber energi yaitu motor listrik dan bahan bakar. Sebagian besar pekerjaan mobilitas dikendalikan oleh energi bahan bakar dan daya dari baterai untuk menjalankan fungsi sekunder.

Contoh merek mobil listrik jenis HEV:

  • Toyota Corolla Cross Hybrid
  • C-HR Hybrid
  • Honda Civic Hybrid
  • Toyota Camry Hybrid

3. Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV)

Plug-in Hybrid Electric Vehicle ini bekerja dengan perpaduan energi dari baterai motor listrik dan bahan bakar. Meski mirip dengan HEV, perbedaannya yaitu baterai mobil PHEV bisa diisi daya dengan di-charge seperti BEV.

Perpaduan sistem energi pada mobil listrik jenis ini menawarkan manfaat lain. Misalnya, sumber energi mobil PHEV ini bisa berfungsi layaknya genset yang bisa mengaliri listrik ke rumah. Ini bisa sangat bermanfaat terutama saat kondisi darurat.

Contoh merek mobil listrik jenis PHEV:

  • Porsche Cayenne S E-Hybrid
  • Ford C-Max Energi
  • Mini Cooper SE Countryman
  • Marcedes S550e
  • BMW i8
  • Hyundai Sonata

4. Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV)

Dengan menggunakan hidrogen sebagai sumber energi untuk menghasilkan listrik dari sistem bahan bakar, Fuel Cell Electric Vehicle ini dikenal sebagai Zero Emission.

Mobil ini bekerja dengan cara perkembangan yang paling baru. Hasilnya, belum terlalu banyak pabrik otomotif yang merintis sumber energi satu ini.

Contoh merek mobil listrik jenis FCEV:

  • Honda Clarity Fuel Cell
  • Hyundai Tucson FCEV
  • Toyota Mirai

Lantas? Apa Manfaat Dari Mobil Listrik? Simak Penjelasannya Dibawah Ini!

Lantas?-Apa-Manfaat-Dari-Mobil-Listrik?-Simak-Penjelasannya-Dibawah-Ini!

Manfaat menjadi hal yang sangat perlu dan penting diperhatikan dalam mempertimbangkan membeli suatu barang. Termasuk untuk membeli mobil listrik. Yuk ketahui dulu manfaat dan kelebihannya dibawah ini.

1. Perawatan Sangat Mudah Dan Sangat Hemat

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa mobil listrik tidak menggunakan mesin seperti mobil konvensional atau mobil pada umumnya, maka perawatan yang diperlukan pun akan lebih sedikit. Hal ini dikarenakan mobil listrik tidak memiliki sistem pembuangan.

Biaya yang akan dikeluarkan untuk pengisian daya mobil listrik pun lebih murah dibandingkan dengan pengisian bahan bakar di mobil konvensional. Tak hanya itu, mobil listrik juga tidak perlu mengganti oli, radiator, atau yang lainnya.

2. Suara Mesin Tidak Berisik

Tentunya hal ini bisa menjadi sangat penting. Karena ada suara mobil yang sangat berisik yang buat orang terganggu. Mobil listrik memiliki suara mesin yang lebih halus, senyap, dan bebas berisik. Cocok untuk sensitif dengan suara-suara yang mengganggu.

Dengan keunggulan ini dapat bisa menyetir dengan lebih nyaman dan berkonsentrasi di berbagai kondisi lalu-lintas atau jalan. Selain itu, dengan suara mesin yang lebih halus, kabin mobil juga jadi lebih tenang. Jadi, makin nyaman bagi pengendara dan penumpang.

3. Ramah Lingkungan

Ramah lingkungan merupakan faktor yang paling utama dari keunggulan mobil listrik ini. Pasalah nya, mobil listrik ini tidak menghasilkan emisi yang dapat mempengaruhi polusi udara di sekitarnya. Mobil listrik ini memiliki mekanisme laju yang diproses menggunakan daya listrik.

Karena, teknologi penggerak tersebut, mobil listrik ini tidak akan menghasilkan residu emisi Co2 dan Co. Yang bisa dibilang, mobil listrik menjadi solusi pilihan kendaraan untuk daerah perkotaan yang sudah terpapar polusi udara tinggi khususnya ibukota.

4. Biaya Pajak Jauh Lebih Murah

Tidak lama ini, pemerintah telah menetapkan stimulus demi meningkatkan penggunaan mobil listrik. Stimulus yang dimaksud, contohnya di ibukota Indonesia Jakarta, pemerintah udah memberlakukan gratis Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan PKB. Ini membuat pemilik mobil listrik hanya perlu membayar 10% saja.

Hal ini tentunya menjadi tawaran yang menarik terutama buat yang sudah lama menginginkan untuk membeli mobil listrik. Dengan stimulus tersebut, pemilik mobil listrik hanya perlu membayar pajak kurang dari 1 juta rupiah per tahun.

5. Hanya Sekali Cas Saja Bisa Untuk Ratusan Kilometer

Saat BBM lagi langka pemilik mobil listrik tidak perlu khawatir karena, mobil listrik ini cukup dengan mengecas. Hal ini dikarenakan kendaraan listrik telah ditanamkan daya penampungan arus listrik yang besar.

Cukup dengan melakukan pengisian satu kali untuk menggunakannya dalam jarak jauh. Untuk mengisi daya ke dalam kendaraan listrik, bisa dengan mengecasnya di rumah atau tempat-tempat pengisian baterai yang telah disediakan.

Namun, meski banyak keunggulan yang ada pada mobil listrik, ternyata ada kekurangan mobil listrik terutama harganya yang relatif masih mahal untuk masyarakat Indonesia.

Selain itu, Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) juga masih terbatas dan kurang tersebar. Tapi jangan khawatir, Tentunya kondisi ini pasti akan teratasi jika pengguna mobil listrik udah semakin banyak di Tanah Air. 

Baca Juga:

Artikel Terkait