Home » Terbaru » Teknologi » Baterai HP Kembung Karena Apa? Ini Cara Mengatasinya!

Baterai HP Kembung Karena Apa? Ini Cara Mengatasinya!

wisnu February 21, 2024

Baterai HP kembung merupakan masalah yang umum terjadi. Walau masalah ini tidak terlalu berbahaya, ini adalah masalah yang harus segera diatasi agar menghindari berbagai kerusakan pada perangkat dan juga memperpanjang umur baterai.

Memang smartphone sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia sehari-hari di dunia modern. Akan sangat merepotkan apabila alat yang digunakan sebagai andalan justru mengalami masalah seperti topik yang dibicarakan ini.

Sadari Tanda-tanda Ini! Penyebab Utama Baterai HP Kembung, Kenali Ciri-ciri Umumnya

Sadari-Tanda-tanda-Ini-Penyebab-Utama-Baterai-HP-Kembung-Kenali-Ciri-ciri-Umumnya

Biasanya, ada penyebab baterai HP kembung yang terjadi yaitu ketika terlalu banyak panas yang dihasilkan oleh baterai, terlalu banyak pengisian daya, atau pengisian daya yang tidak stabil.

Kondisi ini dapat menyebabkan baterai mengalami perubahan bentuk, termasuk penggelembungan dan bahkan baterai hp kembung bisa meledak. Tentu masalah seperti ini tidak boleh disepelekan karena bisa membahayakan pemiliknya.

Apabila diraba secara fisik, gejala pertama dari baterai yang kembung yaitu baterai menjadi lebih tebal dari biasanya dan mengalami penggelembungan pada bagian tengah seperti orang hamil.

Yang dikhawatirkan jika dibiarkan terus-menerus, dampak baterai HP kembung bisa memicu kerusakan yang lebih serius pada perangkat. Hal ini dapat terjadi lalau baterai mencapai suhu yang sangat tinggi, yang bisa merusak komponen dalam smartphone.

Solusi terbaik untuk mengatasi masalah baterai kembung pada smartphone adalah dengan segera mengganti baterai yang rusak. Baterai kembung biasanya tidak dapat diperbaiki atau diisi ulang, sehingga penggantian menjadi satu-satunya cara untuk menyelesaikan masalah ini.

Tetapi, sebelum mengganti baterai, pastikan untuk melakukan backup ke semua data penting dari perangkat ponsel. Cara ini sangat penting karena penggantian baterai dapat mengakibatkan kehilangan data di smartphone.

Tidak hanya itu, pastikan juga untuk menggunakan baterai yang asli (bukan KW) atau berkualitas baik untuk menghindari masalah serupa di masa depan. Dengan batera yang asli tentu akan memperpanjang masa pemakaian meski harganya terbilang mahal.

Tidak Mau Cepat Rusak? Seperti Ini Cara Mencegah Baterai HP Kembung Secara Ampuh, Paling Banyak Dilakukan!

Tidak-Mau-Cepat-Rusak-Seperti-Ini-Cara-Mencegah-Baterai-HP-Kembung-Secara-Ampuh-Paling -Banyak-Dilakukan

Untuk mencegah terjadinya baterai kembung, ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mengurangi resiko tersebut. Sebaiknya memang harus dihindari karena tidak ada cara mengempiskan baterai HP tanam yang kembung maupun tidak.

Baterai yang kembung tentu sudah tidak dapat dipakai apalagi jika sudah mengalami kebocoran yang signifikan. Meskipun begitu tentu baterai hp kembung jangan langsung dibuang sembarangan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jangan Mengisi Daya Smartphone Secara Berlebihan

Langkah pertama untuk mencegah baterai HP kembung adalah dengan hindari mengisi daya smartphone secara berlebihan. Jika baterai sudah terisi penuh, segera cabut pengisi daya dari colokan listrik.

Jangan biarkan smartphone tetap terhubung ke pengisi daya dalam waktu yang lama. Cara ini dikhususkan bagi smartphone lama karena smartphone baru sudah ada fitur copot daya otomatis.

Hindari Suhu Sangat Tinggi atau Terlalu Rendah

Untuk menghindari baterai HP kembung selanjutnya adalah dengan cara tidak membiarkan suhu yang sangat tinggi atau terlalu rendah. Hindari menyimpan smartphone di tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin.

Hal tersebut dapat menyebabkan baterai bekerja semakin keras, yang pada akhirnya dapat menyebabkan baterai menggelembung. Dengan memperhatikan hal ini akan membuat masa pemakaian baterai menjadi lebih lama.

Baca Juga: Aplikasi Penghasil Paypal Tercepat Langsung WD, Terbukti!

Jangan Gunakan Smartphone Saat Mengisi Ulang

Meskipun himbauan ini sudah banyak diketahui oleh banyak orang, tapi masih banyak yang lalai dan mengabaikan larangan tersebut. Bukan tanpa sebab karena smartphone akan mengalami peningkatan suhu saat digunakan.

Yang paling penting adalah hindari ego dan ketidaksabaran untuk menggunakan smartphone saat masa pengisian. Apalagi jika baterai belum benar-benar penuh, tentu ini sangat disayangkan.

Jangan Seringkali Mengisi Baterai Secara Terus-terusan

Sudah sewajarnya apabila baterai sudah mau habis harus langsung diisi ulang agar bisa kembali dipergunakan. Namun bagaimana jika mengisi baterai ponsel secara terus-terusan? maksudnya adalah tidak mengisi baterai jika dirasa masih cukup dalam beberapa jam.

Waktu yang sesuai mengisi baterai adalah diantara 30% – 45% dan disarankan untuk tidak mengisi baterai saat berada di atas 60%. Bahkan yang lebih tidak diperbolehkan adalah mengisi pada indikator di bawah 15%.

Sudah Menunjukkan Tanda-tandanya! Apakah Baterai Kembung Bisa Kempes Sendiri? Begini Penjelasannya!

Sudah-Menunjukkan-Tanda-tandanya-Apakah-Baterai-Kembung-Bisa-Kempes-Sendiri-Begini-Penjelasannya

Sebagai seseorang yang memperhatikan tanda-tanda awal dari baterai kembung. Jika baterai terasa lebih tebal dari biasanya atau mengalami penggelembungan pada bagian tengah, segera matikan smartphone dan cabut baterai dan Jangan gunakan smartphone tersebut.

Lalu, apakah baterai tersebut bisa kembali seperti semula? jawabannya tidak, yang memungkinkan adalah bagaimana cara meminimalisir agar baterai tersebut tidak menjadi lebih parah.

Jika pada akhirnya sudah terlanjur mengalami masalah tersebut dengan kondisi yang cukup parah, baterai HP kembung jangan langsung ditusuk jarum karena akan lebih berbahaya. Sebaiknya disimpan di ruang yang sejuk atau bisa kubur di dalam tanah.

Secara keseluruhan, baterai kembung pada smartphone merupakan masalah yang serius yang perlu diatasi secepat mungkin. Karena dari masalah kecil ini akan merusak perangkat, baterai yang kembung juga dapat membahayakan keselamatan pengguna.

Maka dari itu, jika Anda mengalami masalah baterai kembung pada smartphone, segera lakukan penggantian baterai dengan yang baru. Pada akhirnya, pemilihan baterai yang berkualitas dan asli juga sangat penting dalam menjaga kesehatan baterai pada smartphone.

Baca Juga: Cara Transfer Kuota XL ke Nomor Lain & Sesama Tanpa Biaya

Artikel Terkait