Home » Terbaru » Resep » Resep Bakwan Sayur Kol Dan Worter Renyah Untuk Jualan

Resep Bakwan Sayur Kol Dan Worter Renyah Untuk Jualan

kevin_rizki June 15, 2024

Resep Bakwan – Bakwan adalah makanan yang sudah tidak asing lagi ya sepertinya untuk semua orang Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Pasalnya, makanan satu ini memang bisa dibuat secara mudah tanpa perlu ribet sama sekali. Belum lagi, makan ini pun dapat kita dijadikan bahan ngemil atau pun lauk untuk digabungkan dengan nasi.

Intinya, dengan apapun makanan ini dipertemukan, sepertinya akan enak-enak saja ya. Maka dari itu, tidak heran jika orang-orang menyukainya. Sangat jarang sekali ada orang yang tidak menyukainya. Kamu juga menyukainya kan? Dan kami yakin kamu juga bisa membuat makanan yang memang bisa dibuat dengan mudah ini.

Namun, ada resep yang juga kamu harus tau tentang makanan satu ini. Dna jika kamu memasaknya sesuai dengan resep, diskop.id yakin rasa bakwan yang kamu buat nantinya akan jadi lebih enak lagi dari yang sebelumnya. Oleh karena itu, silahkan lansgung baca saja resep bakwannya secara keseluruhan dibagian bawah ya.

Kumpulan Bahan Resep Bakwan Sayur Crispy Sederhana

Kumpulan-Bahan-Resep-Bakwan-Sayur-Crispy-Sederhana

Sebelum mulai membuat bakwan dengan resep yang kami sebut sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu. Salah satunya adalah bahan. Jika ingin membuat bakwan yang enak namun sederhana, berikut bahan-bahan yang kamu bisa gunakan:

  • 150 gram tepung terigu
  • 70 gram tepung beras (opsional)
  • 150 gram wortel yang diiris halus
  • 150 gram tauge (opsional)
  • 150 gram kol yang diiris halus
  • 220 ml air
  • 1 batang daun bawang yang diiris halus
  • 1/2 batang daun seledri yang diiris halus
  • 8 siung bawang putih yang sudah digiling halus
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh royco bubuk kaldu ayam (bisa lebih sesuai selera)
  • 1 sendok teh garam (bisa lebih sesuai dengan selera)
  • 1 butir telur (opsional)

Ingtam untuk sayur dan bahan-bahan lainnya memang harus diiris dengan sangat tipis ya. Jika tidak, nanti akan menggerenjel dan akan membuat bakwan jadi kurang enak saat akan digigit. Maka dari itu, hal ini sangat penting sekali untuk diperhatikan.

Cara Membuat Resep Bakwan Sayur Kol Dan Wortel Renyah & Tidak Lembek

Cara-Membuat-Resep-Bakwan-Sayur-Kol-Dan-Wortel-Renyah-Tidak-Lembek

Jika kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang ada di bagian atas, kini kamu bisa langsung mulai tahap pembuatannya saja ya. Untuk tahap pembuatan ini benar-benar harus kamu perhatikan juga ya. Jangan sampai ada yang miss jika ingin benar-benar membuat bakwan dengan resep yang diberikan.

  1. Pertama, silahkan langsung campurkan saja semua bahan tanpa terkecuali. Aduk rata hingga semuanya benar-benar tercampur dengan rata.
  2. Pastikan tidak ada adonan yang menggerenjel ya. Maka dari itu, aduklah semuanya secara teliti.
  3. Jika semuanya sudah teraduk dengan sempurna, silahkan langsung siapkan saja minyak panas di atas api sedang.
  4. Kalau api sudah mulai panas, langsung masukkan saja adonan yang tadi sudah diaduk ke dalam penggorengan.
  5. Kamu ingin bakwan yang renyah kan? Oleh sebab itu, pastikan adonan yang dimasukkan ke dalam penggorengan sudah tipis ya.
  6. Untuk ukuran bakwannya sendiri kamu sesuaikan saja dengan selera besar atau kecilnya.
  7. Tunggu sebentar hingga warna bakwan berubah menjadi coklat keemasan. Jika sudah, silahkan langsung angkat dengan saringan dan tunggu saja hingga minyaknya turun.
  8. Terakhir, silahkan langsung tiriskan saja bakwannya dengan menggunakan piring. Bakwan sudah siap untuk disantap.

Itu dia beberapa hal yang kamu mesti lakukan jika ingin membuat resep bakwan yang crispy. Pastikan semua langkahnya kamu jalankan dengan baik dan benar ya. Ini tentunya agar pembuatan bakwannya bisa sesuai dengan yang kamu inginkan. Dan cara di atas tidak membingungkan sama sekali kan?

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Membuat Bakwan Sayur Royco

Selain itu, ada hal-hal lainnya yang juga kamu perlu perhatikan untuk membuat bakwan dengan resep yang satu ini ya. Mungkin tips-tips yang akan ada di dalam bagian ini akan sangat berguna buat kamu yang baru banget belajar memasak. Silahkan langsung baca saja semuanya di bawah ini.

  • Pastikan wajan dan minyaknya sudah panas sebelum kamu memasukkan adonan bakwannya ke dalam wajan ya.
  • Untuk apinya sendiri gunakan saja api sedang atau kecil agar dalamnya matang dan tidak mudah gosong.
  • Jika kamu ingin bakwan yang crispy dan tidak lembek, pastikan adonan yang dimasukkan ke dalam wajan ukurannya tipis ya, tidak tebal. Lain jika kamu ingin membuat bakwan yang agak lembek.
  • Pastikan semua sayur teriris dengan halus, terutama untuk kol dan wortelnya.

Itu dia beberapa tips yang mungkin akan berguna buat kamu yang ingin mengikuti resep bakwan dari kami. Silahkan jalankan saja semua resep dan juga tipsnya agar rasanya sesuai dengan ekspektasi.

Baca Artikel Lainnya :

Artikel Terkait