Home » Terbaru » Pendidikan » Contoh Surat Undangan Buka Puasa Bersama Baik dan Benar

Contoh Surat Undangan Buka Puasa Bersama Baik dan Benar

putri_laras April 12, 2024

Contoh surat undangan buka puasa bulan rhamadhan ini sangat dibutuhkan baik untuk acara formal atau non formal. Datangnya bulan suci Rhamadhan tentu menjadi kegembiraan tersendiri bagi umat Muslim di Dunia. Dimana bulan yang penuh berkah dan bulan yang paling indah dari bulan lainnya. Pada bulan Rhamdhan ini umat Islam dianjurkna untuk fokus beribadah dan berlomba-lomba dalam kebaikan. Karena Rhamadhan akan melipat gandakan semua pahala yang dikerjakan dibukan ini. Maka tidak heran jika bulan ini umat islam banyak mengisi waktu untuk beribadah dan melakukan kebaikan.

Salah satu cara untuk berbuat kebaikan dibulan Rhamdhan ialah menjalin silaturahmi pada acara buka puasa dengan anak yatim atau dengan teman dan keluarga. Buka puasa bersama dengan rekan kerja, alumni sekolah, kuliah atau bahkan keluarga sering kali kita adakan setiap bulan Rhamadhan. Berkumpul dalam rangka berbuka puasa dengan orang-orang yang mungkin jarang kita jumpai bertujuan untuk menjalin kembali silaturahmi yang mungkin sudah jarang terjalin. Maka bisa diadakan dengan membuat acara buka bersama.

Untuk mengadakan acara buka puasa bersama tersebut tentu membutuhkan sebuah undangan surat. Agar acara tersebut dianggap serius dan yang menerima undangan merasa wajib untuk serta dalam acara buka puasa tersebut. Namun sayangnya banyak yang tidak paham akan hal ini. Maka Diskop.id akan membahas mengenai contoh surat undangan buka puasa sehingga menarik untuk dihadiri.

Urutan Isi Surat Undangan Buka Puasa

Urutan-Isi-Surat-Undangan-Buka-Puasa

Sebenarnya tujuan dari membuat udangan buka puasa supaya anggota yang kita undangan dapat hadir sehingga akan ramai teman atau keluarga yang diundang dapat hadir. Jadi silaturahmi benar-benar dapat terjalin kembali mengobati rasa rindu untuk kumpul bersama. Pada kesempatan kali ini diskop.id menyediakan contoh surat undangan buka puasa yang benar. Mudah untuk dibuat dan bisa jadi refrensi untuk membuat undangan buka puasa formal dan tidak formal.

Namun sering kali banyak yang mengabaikan undangan yang harusnya menjadi hal yang utama dalam menarik anggota untuk hadir. Bisa jadi malas untuk menghadiri undangan buka puasa bersama karena acaranya trkesan tidak jelas terlihat dari undangan yang disampaikan. Maka oleh sebab itu undangan buka puasa harus dibuat dengan benar agar banyak yang dpat hadir.

Conton surat undangan buka puasa bisa dibagi menjadi beberapa kerangka yang mana kerangka surat ini memiliki peran masing-masing. Terdiri dari Penerima, isi dan alamat tujuan ini merupakan yang paling penting dalam pembuatan surat. Nah diskop.id memberikan contoh kerangka contoh surat undangan buka puasa yang bisa diikuti jadi contoh dalam undangan acara buka bersama yang akan diadakan.

Penerima Surat Undangan

contoh surat undangan buka puasa yang harus tertulis dalam undangan adalah Nama Penerima Undagan. Hal ini sama dengan jenis undagan lainnya yang mana harus mencantumkan siapa yang akan menerima undangan ini. Nama penerima jangan sampai salah dan setelah nama penerima bisa diikuti dengan alamat penerima. Sehingga undngan terkesan memang dikhususkan untuk si penerima tersebut berikut contohnya.

Muthia Adhiba’
Di- Jln Ganjaran No 20 Taman Sari.

Pembukaan Surat

Point kedua dalam contoh surat undangan buka puasa harus disertai dengan kalimat pembuka. Jadi membuat surat undagna yang formal tidak langsung menuliskan inti isi surat tapi harus diawali dengan kata pembuka sehingga terlihat lebih sopan dan tersusun. Kalimat pembuka ini bisa dibuat dengan mudah tidak perlu dengan kalimat yang sulit untuk dipahami. Berikut ini contoh kalimat pembuka dlam suart undangan buka puasa :

Assalamualaiakum Warohmatullahi Wabarokatuh

Isi Surat Undangan

Isi surat atau tujuan dari surat undangan buka puasa bisa diisi setelah salam pembuka. Harus menggunakan kata dan kalimat yang jelas sehingga tujuan dari surat undangan buka puasa tersampaikan sesuai dengan harapan. Contoh surat undangan buka puasa yang tepat dituliskan isi dari tujuan undangan yang benar dan mudah dipahami. Berikut ini contoh isi surat atau tujuan surat undangan buka puasa bersama :

Dengan Rahmad Allah SWT, Alhamdulillah kita masih diberi kesehatan dan keimanan. Untuk menjalin kembali silaturahmi yang mungkin sempat terputus karena kesibukan. Maka dalam hal ini kami bermaksud mengadakan acara buka puasa bersama yang semoga bisa diberikan kemudahan untuk dapat hadir pada acara buka puasa tersebut.

Keterangan Tempat dan Waktu

contoh surat undangan buka puasa yang tepat harus jelas terdapat keterangan waktu dan tempat terlaksananya acara buka puasa bersama tersebut. Sehingga tidak akan bertanya-tanya kapan acara tersebut dilaksanakan dan dimana lokasinya. Sehingga diharuskan menentukan waktu dan tempat acara lebih dulu sebelum membuat dan membagikan surat undangan buka puasa. Berikut ini contoh keterangan tempat dan waktu untuk surat buka puasa :

Hari/Tanggal : Kamis, 30 Maret 2023
Waktu : 16.30 s/d Selesai
Tempat : Caffe Citra Jln. Ahmad Yani No 20
Rangkaian Acara :

  • Pembukaan
  • Tausiah
  • Doa
  • Penutup
  • Buka Puasa Bersama
  • Diskusi Santai

Penutup

Salah satu contoh surat undangan buka puasa yang beanr harus ada kalimat atau kata penutup sebagai pelengkap agar terlihat lebih formal dan elegan. Maka bisa diletakan dala akhir kalimat dalam surat tersebut. COntoh kalimat penutup : Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Surat Undangan Buka Puasa Terbaru 2023

Contoh-Surat-Undangan-Buka-Puasa-Terbaru-2023

Surat undangan buka puasa terbagi menjadi dua yaitu formal dan non formal. Kedua surat ini bisa disesuaikan dengan acara buka puasa yang diadakan. Jika buka puasa yang diadakan tidak terlalu formal seperti instansi atau acara kantor maka bisa gunakan undangan buka puasa yang tidak formal. Jadi undangan buka puasa bukan suatu surat yang baku sehinga bisa kamu sesuaikan ya.

Surat Undngan Buka Puasa Formal

UNDANGAN BUKA PUASA BERSAMA 1444 H

Kepada Saudara/i
Fitriani
Di Tempat.

Assalamualaikum Wr. Wb
Puji syukur kita ucapkan kepada Allah SWT yang mana telah memberikan kita nikmat iman dan islam. Sehingga kita dapat menjalankan puasa dibulan Rhamadhan ini dengan penuh semangat. Untuk mempererat kembali silaturahmi dengan mengadakan acara Buka Puasa Bersama, dengan ini mengharapkan kehadiran saudara/i untuk ikut serta dalam acara ini yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tgl : Rabu, 29 Maret 2023
Waktu : 16.00 s/d Selesai
Tempat : Aula Masjid Islamic Center Pesawaran
Rangkaian Acara :

  • Pembukaan Acara
  • Tausiah
  • Santunan Anak Yatim
  • Doa Bersama
  • Buka Puasa Bersama
  • Sholat Magrib Berjamaah
  • Ngobrol Santai

Semoga Allah memberikan kelapangan waktu dan kesehatan sehingga kita semua dapat hadir dalam acara ini. Demikian surat undangan ini kamu sangat mengharapkan kehadiran Saudara/i. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Ketua Panitia

Bambang Purnama

Surat Undangan Buka Puasa Non Forma di WA

UNDANGAN BUKA PUASA BERSAMA 1444 H

Assalamualaikum Wr. Wb

Apa kabar semuanya? Semoga Kita semua diberi kesehatan dan rejeki yang berlimpah. Pada bulan puasa ini kami bermaksud mengadakan acara buka puasa bersama, dan mengharapkan kita semua dapat hadir dan berkumpul kembali menjalin silaturahmi. Acara buka puasa bersama ini Insya Allah akan dilaksanakan pada :

Hari/Tgl : Rabu, 29 Maret 2023
Waktu : 16.00 s/d Selesai
Tempat : Aula Masjid Islamic Center Pesawaran
Rangkaian Acara :

  • Pembukaan Acara
  • Sambutan
  • Doa Bersama
  • Buka Puasa Bersama
  • Sholat Magrib
  • Ngobrol Santai

Demikian surat undangan ini semoga kita semua diberi kesehatan dan bisa hadir kumpul kembali menjalin silaturahmi. Tiada kesan tanpa kehadiranmu.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Baca Juga :

Artikel Terkait