Home » Terbaru » Agama » Doa Selamat Dunia Akhirat Pendek Arab, latin Dan Artinya

Doa Selamat Dunia Akhirat Pendek Arab, latin Dan Artinya

arsyad May 26, 2024

Doa Selamat – Baik dan buruknya kehidupan yang akan datang tentunya sebagai manusia biasa tidak akan dapat mengetahui. Kecuali bagi seseorang yang memang sudah Allah SWT beritahu.

Dengan ketidak tahuan inilah sebagai manusia hususnya ummat muslim menggantungkan keselamatan dirinya hanya kepada Allah. Yakni dengan cara bermunajat kepada Allah memohon keselamatan baik didunia maupun diakhirat.

Maka dari itu dalam artikel ini penulis akan merangkum beragam bacaan doa selamat yang dapat diamalkan sebelum atau pada saat melakukan kegiatan.

Pengertian Doa Selamat

Pengertian Doa Selamat

Doa Selamat merupakan sebuah doa yang biasanya dipanjatkan untuk memohon perlindungan, keselamatan, dan kesejahteraan dari Allah SWT. Doa ini pada umumnya dilakukan dalam situasi atau keadaan yang dianggap memerlukan perlindungan dan keselamatan. Seperti sebelum melakukan perjalanan, ketika sedang mengalami kesulitan, atau ketika merasa sedang dalam bahaya.

Doa selamat mempunyai makna dan nilai yang sangat penting bagi umat muslim, karena melalui doa ini, seseorang memohon bantuan dan perlindungan dari Sang Pencipta. Doa selamat juga menjadi bentuk ungkapan syukur atas segala nikmat dan karunia yang diberikan oleh Allah SWT.

Selain itu, doa selamat bisa dijadikan sarana untuk memperkuat ikatan antara manusia dengan Allah SWT, serta sebagai upaya untuk memperbaiki diri dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Beragam Bacaan Doa Selamat Yang Dapat Diamalkan

Beragam Bacaan Doa Selamat Yang Dapat Diamalkan

Agar pembaca mudah mengamalkan bacaan doa selamat sesuai dengan sunnah yang diajarkan Rosulullah SAW. Maka penulis disini akan merangkum bacaan doa selamat dengan teks arab, latin dan artinya.

Doa Selamat Lengkap Arab, Latin Dan Artinya

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

“Allahumma inna nas-aluka salamatan fiddiin, wa afiyatan fil-jasad, wa ziyadatan fil-ilmi, wa barakatan firrizqi, wa taubatan qablal-maut, wa rahmatan indal-maut, wa maghfiratan ba’dal-maut. Allahumma hawwin ‘alaina fi sakarootil-maut, wannajata minannaari, wal-afwa indal-hisab.”

Artinya :

“Ya Allah, kami memohon kepada Engkau akan keselamatan agama, kesehatan badan, tambahnya ilmu, berkahnya harta, memperoleh taubat sebelum mati, memperoleh rahmat ketika mati, memperoleh ampunan sesudah mati. Dan mudahkanlah kiranya dalam sakaratul-maut, dan selamatkanlah kami dari siksaan neraka, dan berikanlah kami ampunan pada hari perhitungan.”

Doa Selamat Dunia Akhirat

Sebagai seorang hamba sudah sewajarnya jika selalu menggantungkan dirinya kepada sang pencipta. Bukan hanya hidup dinuia melainkan untuk kehidupan akhirat juga sangat dianjurkan untuk bergantung kepadanya.

Salah satu caranya yakni dengan membaca doa selamat dunia akhirat, karena untuk menuju selamat akhirat tidak mudah.

Adapun bacaan doa selamat dunia akhirat adalah seperti dibawah ini :

اللَّهُمَّ اِنَّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ الدُّنْيَا وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ الدُّنْيَا وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا

Allahumma inni as’aluka khaira ma fi hadhihi al-dunya wa khaira ma ba’daha, wa a’udhu bika min sharri ma fi hadhihi al-dunya wa sharri ma ba’daha.

Artinya :

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan di dunia ini dan kebaikan di akhirat. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan di dunia ini dan kejahatan di akhirat.”

Doa selamat dunia akhirat pendek :

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Rabbana aatina fiddun yaa hasanah wa fil aakhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaabannaar.”

Artinya :

“Wahai Tuhan kami, berikanlah kepada kami kebaikan didunia dan kebaikan di akhirat. Serta jauhkanlah kami dari siksa api neraka.”

Doa Selamat Untuk Keluarga

Doa Selamat Untuk Keluarga

Berdoa untuk keselamatan keluarga juga sangat penting, bahkan merupakan perintah Allah SWT untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan keluarga dari api neraka.

Allah SWT berfirman :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارًا وَّقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلٰۤىِٕكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُوْنَ اللّٰهَ مَآ اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ

Yaa ayyuhal-ladziina aamanuu quu anfusakum wa ahliikum naaraw waquuduhan naasu wal ḥijaaratu ‘alaihaa malaa’ikatun gilaadzun syidaadul laa ya‘ṣuunallaaha maa amarahum wa yaf‘aluuna maa yu’maruun.

Artinya :

Wahai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu. Penjaganya adalah malaikat-malaikat yang kasar dan keras. Mereka tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepadanya dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan

Adapun bacaan doa selamat untuk keluarga bisa dilihat dibawah ini :

Allahumma ihfaz li ahli wa ahbabii bi hifzikalladzi laa yadhi’u wa laa yansaa, Allahumma ahrushum bi ‘ainikal latii laa tanam, wa astur ‘aybahum bi kamalijudiika wa karamik.

Artinya :

“Ya Allah, lindungilah keluarga dan orang-orang yang aku cintai dengan lindungan-Mu yang tidak pernah hilang atau terlupakan. Ya Allah, jaga mereka dengan pengawasan-Mu yang tidak pernah tidur dan tutuplah aib mereka dengan kemurahan dan kemulyaan-Mu.

Doa Selamat Ulang Tahun

Ketika ada rekan, sahabat atau teman yag ulang tahun maka hal tersebut merupakan salah suatu momen yang tepat juga untuk berdoa kepada Allah SWT. Berharap umur yang Allah berikan menjadi berkah dan dijauhkan dari umur yang sia-sia dalam kehidupan.

Adapun bacaan doa selamat ulang tahun dapat dilihat dibawah ini :

مَبْرُوْكْ اَلْفَ مَبَرُوْكْ عَلَيْكَ مَبْرُوْك
مَبْرُوْكْ اَلْفَ مَبَرُوْكْ يَوْمِيْلَادِكْ مَبْرُوْك

Mabruk Alfa Mabruk, `alaika Mabruk, Mabruk Alfa Mabruk, yaumiladik Mabruk

Artinya :

Semoga engkau diberkahi dengan ribuan berkah,Semoga engkau diberkahi ribuan berkah dihari kelahiranmu.

Doa Selamat Perjalanan

Ketika dalam melakukan perjalanan baik yang dekat terlebih yang jauh, tentunya sebagai manusia biasa tidak tahu akan kejadian-kejadian yang belum dilewati. Tentunya jika diberikan pilihan akan memilih kejadian yang baik dalam perjalanan tersebut, maka dari itu sangat dianjurkan sebelum atau pada saat awal melakukan perjalanan membaca doa keselamatan terlebih dahulu.

Adapun bacaan doa selamat perjalanan bisa kita baca seperti doa dibawah ini :

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوَعَّنَّا بُعْدَهُ

Allahumma inna nas’aluka fi safarina hadha albirra wa attaqwa, wa minal’amali ma tardha, Allahumma hawwin ‘alayna safarana hadha watwi’anna bu’dahu.

Artinya :

“Ya Allah, kami memohon kepada-Mu kebaikan dan ketakwaan dalam perjalanan ini, dan dari segala amal yang Engkau ridhai. Ya Allah, permudahlah perjalanan kami dan jadikanlah kami patuh kepadamu.

Demikianlah ringkasan terkait Doa Selamat yang ditulis dalam artikel diskop.id semoga bermanfaat, Wallahu A’lam…

Baca Juga :

Artikel Terkait