Home » Terbaru » Agama » Keutamaan Bulan Ramadhan dan Dalilnya Waktu Mustajab Berdoa

Keutamaan Bulan Ramadhan dan Dalilnya Waktu Mustajab Berdoa

dewi_putri April 19, 2024

Diskop.idUmat muslim seluruh dunia tengah menjalani ibadah puasa Ramadhan 2023 atau 1444 Hijriah. Umat muslim tidak boleh melewatkan ibadah puasa Ramadhan, sebab terdapat beberapa keutamaan bulan Ramadhan.

Apa saja keutamaan puasa Ramadhan? Simak penjelasannya di artikel ini.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang mulia dan paling utama. Pada bulan ini, umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh, dimulai dari terbitnya fajar hingga maghrib.

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan istimewa. Allah SWT telah memberikan beberapa keistimewan juga keutamaan bulan Ramadhan, dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Terdapat beberapa keutamaan bulan Ramadhan yang harus diketahui oleh semua umat muslim.

Hal ini agar umat muslim lebih bersemngan untuk menjalankan ibadah puasa, karena memiliki ganjaran yang luar biasa dari Allah SWT. Setelah mengetahui keutamaan bulan Ramadhan, pastinya akan membuat banyak orang berloma untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT.

Sebagaimana diketahui bahwa, hukum puasa Ramadhan adalah wajib fardhu’ain untuk semua umat muslim. Dan terdapat beberapa syarat untuk orang-orang yang ingin berpuasa Ramadhan. Di antaranya adalah berakal, beriman, mampu, sehat, dan tidak dalam kondisi nifas dan haid untuk wanita.

5 Keutamaan Bulan Ramadhan yang Harus Diketahui Seluruh Umat Muslim

Allah SWT telah memberikan beberapa keutamaan yang melimpah di bulan Ramadhan. Oleh karena itu, keutamaan bulan Ramadhan hendaknya membuat semua umat muslim memanfaatkan waktu di bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya.

Berikut adalah keutamaan puasa bulan Ramadhan:

bulan ramadhan

1. Amal Ibadah Dilipatgandakan

Di bulan suci yang mulia ini memang disebut juga sebagai bulan yang penuh dengan limpahan pahala. Kemuliaan bulan Ramadhan yang tak didapati di bulan lainnya adalah akan dilipatgandakan amal ibadah dan pahala oleh Allah SWT.

Setiap ibadah yang hukumnya sunnah sekalipun akan diberikan balasan pahala yang berlipat, seperti melakukan ibadah wajib. Dan ibadah wajib yang dilakukan pun akan dibalas berlipat-lipat ganda oleh Allah SWT.

2. Bulan Diturunkannya Al-Quran

Bulan Ramadhan disebut juga sebagai bulan diturunkannya Al-Quran atau syahrul Quran. Di bulan yang mulia ini, Allah SWT pertama kali menurunkan Al-Quran sebagaimana firman Allah SWT di dalam surah Al-Baqarah ayat 185 yang artinya sebagai berikut.

“Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Maka barang siapa di antara kamu hadir (di tempat tinggalnya atau bukan musafir) pada bulan itu, berpuasalah.

Siapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya) sebanyak hari (yang ditinggalkannya) pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu agar kamu bersyukur.”

Membaca Al-Quran adalah ibadah yang sangat mulia. Membaca Al-Quran tak hanya dilakukan oleh orang yang sudah hafal atau lancar membacanya. Untuk yang masih terbata-bata pun akan Allah SWT berikan pahala yang besar sesuai dengan hadist Nabi dari Aisya Radhiallahu anha dalam HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud.

“Orang yang ahli dalam Al-Quran, akan bersama para malaikat pencatat yang mulia lagi benar. Dan orang-orang yang terbata-bata membaca Al-Quran serta bersusah payah (mempelajarinya), maka baginya pahala dua kali.”

3. Waktu Mustajab Dikabulkannya Doa

Di bulan puasa Ramadhan ini mempunyai waktu mustajab dikabulkannya doa-doa yang dipanjatkkan. Waktu mustajab adalah waktu khusus yang apabila seseorang berdoa di waktu tersebut, maka doa tersebut tidak akan tertolak.

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW dari HR. Ibnu Majah:

“Sesungguhnya orang yang berpuasa pada saat berbuka mempunyai waktu dimana doanya tidak tertolak.”

4. Ditutupnya Pintu Neraka – Pintu Surga Dibuka, dan Diborgolnya Jin dan Setan

Keutamaan lainnya adalah kejahatan di bulan Ramadhan akan berkurang di muka bumi. Jin dan setan aka diborgol dan tak diberi kebebasan oleh Allah SWT, untuk mengganggu umat manusia seperti di bulan lainnya.

Di bulan ini, umat muslim tengah sibuk menjalani ibadah puasa. Oleh karena itu, di bulan Ramadhan pintu-pintu neraka pun ditutup dan pintu surga dibuka oleh Allah SWT. Keutamaan ini pun telah ditegaskan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah.

Rasulullah SAW bersabda dalam HR At-Tirmidzi, “Pada malam pertama bulan Ramadhan, setan-setan dan jin-jin pembangkang dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, dan tidak ada satupun pintunya yang dibuka. Pintu-pintu surga akan dibuka dan tidak ada satu pintunya yang ditutup, dan penyeru akan berseru ‘Hai pencari kebaikan, datanglah, dan hai pencari keburukan, berhentilah.’ Allah mempunyai orang-orang yang terbebas dari neraka, dan itu terjadi pada setiap malam.”

5. Terjadinya Malam Mulia yakni Lailatul Qadar

Akan terjadi malam lailatul qadar di bulan Ramadhan tepat di bulan Allah SWT menurunkan Al-Quran. Malam lailatul qadar disebut juga sebagai malam kemuliaan yang lebih baik dari 1000 bulan. Hal ini telah disebutkan dalam Al-Quran di surah Al-Qadr ayat 3 yang artinya:

Artinya: “Lailatulqadar itu lebih baik daripada seribu bulan.”

Menurut para ulama Mazhab Syafii, malam lailatul qadar akan jatuh di tanggal 21 dan 23 Ramadhan. Sebagian ulma lainnya berpendapat jika malam lailatul qadar jatuh di tanggal 27 ramadhan. Oleh karena itu, umat mulsim dianjurkan untuk perbanyak ibadah dan berdoa, untuk menyampaikan hajatnya di menjelang akhir bulan puasa.

Itulah, penjelasan mengenai lima keutamaan bulan Ramadhan yang harus diketahui oleh umat muslim. Semoga membantu, ya.

Baca Juga:

Artikel Terkait