Home » Terbaru » Agama » Doa Sholat Hajat yang Mustajab Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Doa Sholat Hajat yang Mustajab Bahasa Arab, Latin dan Artinya

arsyad July 17, 2024

Doa Sholat Hajat – Sholat hajat adalah salah satu sholat sunnah yang dilakukan ketika seseorang menghadapi suatu keadaan yang sulit atau ingin memperoleh suatu pencapaian yang diinginkannya.

Dalam pelaksanaan sholat hajat tidak ditetapkan waktunya, bisa dikerjakan pagi hari, siang ataupun malam. Akan tetapi waktu yang bagus untuk melaksanakan sholat hajat yakni bersanding dengan pelaksanaan sholat tahajjud yakni sepertiga malam.

Setelah seseorang menyelesaikan sholat hajat, maka dilanjutkan membaca doa sebagai permohonan seorang hamba kepada Allah SWT terkait hajat yang diinginkan. Simak doa sholat hajat hanya di diskop.id

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Melaksanakan Sholat Hajat?

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Melaksanakan Sholat Hajat

Pada dasarnya waktu untuk melaksanakan sholat hajat tidaklah ada penentuan, dalam artian bebas kapan saja kecuali waktu-waktu yang dilarang untuk melaksanakan sholat.

Akan tetapi meskipun demikian sebagai ummat muslim yang menginginkan hajatnya mudah dikabulkan. Maka harus melihat waktu-waktu yang tepat dalam berdoa yakni waktu yang mustajab.

Selain itu ketika sholat tentunya harus ikhlas karena Allah SWT bukan karena yang lain atau bahkan karena ingin hajatnya dikabul hal ini bisa merusak niat dalam sholat. Selesainya sholat barulah manfaatkan waktu untuk berdoa kepada ALlah terkait hajat yang diinginkan.

Adapun salah satu waktu tepat untuk melaksanakan sholat hajat :

Adalah seper tiga malam yakni pukul 12:30 WIB sampai 03:30 WIB, Pada waktui tersebutlah seorang muslim melaksanakan sholat hajat yang diiringi dengan tahajjut. Setalahnya

Doa Sholat Hajat Arab, Latin dan Artinya

Doa Sholat Hajat Arab, Latin dan Artinya

Untuk mempermudah pembaca dalam menghafal bacaan doa sholat hajat dalam artikel ini akan dituliskan teks arab, latin dan artinya.

Karena tidak semua ummat muslim diberikan kemudahan dalam membaca doa berbahasa arab, selain itu dengan melengkapi arti dalam bacaan doa tersebut. Maka akan mudah untuk mengerti maksud dari doa yang dipanjatkan.

Berikut dibawah ini bacaan doa sholat hajat Arab, latin dan artinya :

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ الحَلِيْمُ الكَرِيْمُ ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ العَرْشِ العَظِيْم ، الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ ، أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ ، وَالغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ ، وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ ، لَا تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ ، وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ ، وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Laa ilaaha illallaahul haliimul kariim. Subhaanallaahi rabbil ‘arsyil kariimil ‘azhiim. Alhamdulillaahi rabbil ‘aalamiin. As’aluka muujibaati rahmatik, wa ‘azaa’ima maghfiratik, wal ghaniimata min kulli birrin, was salaamata min kulli itsmin. La tada‘ lii dzanban illaa ghafartah, wa laa hamman illaa farrajtah, wa laa haajatan hiya laka ridhan illaa qadhaitahaa ya arhamar raahimiin.

Artinya :

“Tidak Ada Tuhan selain Allah yang maha lembut dan yang maha mulia. Maha suci Allah, penjaga Arasy yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. Aku mohon kepada-Mu bimbingan amal sesuai rahmat-Mu, ketetapan ampunan-Mu, kesempatan meraih sebanyak kebaikan, dan perlindungan dari segala dosa. Janganlah Kau biarkan satu dosa tersisa padaku, tetapi ampunilah. Jangan juga Kau tinggalkanku dalam keadaan bimbang, karenanya bebaskanlah. Jangan pula Kau terlantarkan aku yang sedang berhajat sesuai ridha-Mu karena itu penuhilah hajatku. Hai Tuhan yang maha pengasih.”

Bagaimana Tata Cara Sholat Hajat?

Sama saja dengan melaksanakan sholat wajib lima waktu yakni ada rukun tiga belas yang wajib diikut sertakan dalam sholat. Sedangkan untuk jumlah rokaatnya boleh 2 rokaat boleh juga sampai 12 rokaat tergantung kemampuan dalam melaksanakannya.

Adapun rukun tiga belas bisa dilihat dibawah ini :

  • Niat
  • Takbiratul Ihram
  • Berdiri untuk sholat
  • Membaca Al-Fatihah (setelah itu sunnah membaca sebagian ayat Al-qur’an)
  • Ruku
  • I’tidal
  • Sujud
  • Duduk di antara dua sujud
  • Sujud kedua
  • Duduk Tawarruk
  • Tasyahud Awal
  • Salam
  • Tertib

Beragam Doa Sholat Hajat Lainnya

Keinginan setiap manusia berbeda-beda, tergantung kebutuhan hidup yang dijalani, ada yang menginginkan harta, jabatan, anak sholih, amal yang baik dan lain sebagainya. Hal ini sah-sah saja karena sudah menjadi kudrotnya manusia yang hidup dialam dunia ini.

Salah satu cara untuk menunjang terkabulnya sebuah keinginan adalah sengan cara memohon kepada Allah yakni membaca doa sholat hajat.

Berikut dibawah ini sebagai refrensi bacan doa sholat hajat yang dapat dibaca :

Doa Sholat Hajat Yang Mustajab

“Allahumma inni as’aluka bi-anna lakal hamdu la ilaha illa anta, al-mannanu badi’us-samawati wal-ardh, ya dhal-jalali wal-ikram, ya hayyu ya qayyum, inni astaghfiruka wa atubu ilaik.”

Artinya :

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan segala puji bagi-Mu, tiada Tuhan selain Engkau, Pemberi karunia, Pencipta langit dan bumi, ya Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan, Ya yang Mahahidup dan Mahakekal, aku memohon ampunan dan bertaubat hanya kepada-Mu.”

Doa sholat hajat tersebut merupakan salah satu doa yang mustajab untuk dipanjatkan.

Doa Sholat Hajat Agar Cepat Terkabul

Berikut ini adalah doa Sholat Hajat agar cepat terkabul :

“Allahumma inni astashiruka bika wa astakhiruka bika wa as-aluka min fadlika fa innaka taqdiru wa la aqdiru wa ta’lamu wa la a’lamu wa anta ‘allamu al-ghuyub. Allahumma in kunta ta’lamu anna hadza al-amra khairun li fi dini wa ma’ashi wa ‘aqibati amri faqdirhu li wa yassirhu li thumma barik li fihi, wa in kunta ta’lamu anna hadza al-amra sharrun li fi dini wa ma’ashi wa ‘aqibati amri fasrifhu ‘anni wasrifni ‘anhu waqdir li al-khaira haithu kana thumma ardini bihi.”

Artinya :

“Ya Allah, aku meminta bantuan-Mu dengan ilmu-Mu dan kekuasaan-Mu, dan aku memohon kepada-Mu atas karunia-Mu yang besar, karena Engkau yang memiliki kekuasaan dan pengetahuan tentang segala hal yang gaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa keinginan ini baik untuk agamaku, kehidupanku, dan masa depanku, maka takdirkanlah untukku dan mudahkan jalannya. Dan jika Engkau mengetahui bahwa keinginan ini buruk bagi agamaku, kehidupanku, dan masa depanku, maka jauhkanlah aku darinya, dan takdirkanlah kebaikan bagiku dimanapun ia berada.”

Demikianlah rangkuman terkait doa sholat hajat yang ditulis dalam artikel diskop.id, semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Artikel Terkait