Home » Terbaru » Pendidikan » Contoh Tes Psikotes dan Jawabannya, Tips Jitu Lulus Kerja

Contoh Tes Psikotes dan Jawabannya, Tips Jitu Lulus Kerja

putri_laras April 20, 2024

Diskop.id – Bagi yang sedang melamar pekerjaan atau pun perkuliahan dan melewati masa Tes Psikotes online pastinya butuh persiapan ya. Hal ini dilakukan supaya pada saat melaksanakan tes bisa berjalan dengan baik dan bisa lolos. Tes Psikotes kerja adalah sebuah tes yang dilakukan oleh suatu instansi baik itu perusahaan atau juga instansi pemerintah serta pendidikan. Tes ini dilakukan untuk mengetahui kondisi psikologis suatu individu.

Biasanya tes ini berbentuk tulis atau evaluasi yang dilakukan untuk menilai kemampuan kognitif dan juga emosional seseorang. Biasanya tes ini juga disajikan dengan gambar dan lain sebagainya. Tes Psikotes berfungsi untuk mengetahui keadaan atau kondisi psikis seseorang dan juga mental serta kemampuan yang ada dalam dirinya. Sehingga dengan adanya tes ini maka tidak hanya kemampuan IQ saja yang diuji melainkan juga kondisi, mental dan juga emosional seseorang ya.

Nah biasanya tes ini diadakan oleh pihak perusahaan yang sedang merekrut karyawan baru atau juga instansi-instansi lain seperti perkuliahan, sekolah kedinasan dan lain sebagainya. Tes ini juga dibagi dalam beberapa jenis ya. Bagi yang sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi tes psikotes kerja dan kuliah, maka bisa simak dengan baik penjelasan yang sudah admin diskop.id siapkan di bawah ini ya.

Jenis Dan Contoh Tes Psikotes Kerja

jenis-dan-contoh-tes-psikotes-kerja

Dari penjelasan yang ada di atas, sudah tahu ya apa itu tes psikotes. Nah selanjutnya bagi calon pelamar pekerjaan yang akan menjalani tes psikotes indomaret misalnya, tentu harus tahu beberapa jenis tes psikotes yang nantinya akan dilalui ya. Karena memang tes ini bermacam-macam. Jadi langsung saja yuk simak beberapa jenis psikotes lengkap dengan contoh soal Pendidikan Tes Psikotes yang bisa dijadikan bahan belajar berikut ini.

Tes Logika Aritmatika

Untuk tes yang pertama yaitu logika aritmatika yang pada umumnya berupa soal deret ya. Dalam soal ini peserta tes harus mengetahui polanya seperti apa. Hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat kemampuan seseorang dalam memahami pola yang ada. Biasanya tes ini diberikan kepada mereka yang melamar pekerjaan di bidang data analis atau juga financial ya. Berikut ini ada contoh soalnya.

  1. 24, 20, 16, 12 =….
  • a. 2
  • b. 10
  • c. 6
  • d. 8

Dari soal di atas, jawabanya adalah 8. Penjelasannya yaitu silahkan kurangi setiap angka dengan 4. Pada soal ini peserta harus memperhatikan polanya ya. Kita mulai dari angka pertama terlebih dahulu yaitu 24 dikurangi 4 adalah 20, kemudian 20 dikurangi 4 adalah 16 dan seterusnya. Sehingga 12 dikurang 4 adalah 8.

Jadi tipsnya adalah peserta harus memahami terlebih dahulu polanya seperti apa. Apakah angkanya berurutan, atau lompat serta yang lainnya ya.

Tes Logika Penalaran

Selanjutnya ada tes logika penalaran yang merupakan soal berupa deret gambar baik 2 atau 3 dimensi. Sama seperti tes aritmatika, logika penalaran juga bertujuan untuk mengetahui penalaran seseorang terhadap suatu pola yang ada dalam bentuk gambar. Dalam tes ini para peserta harus fokus dan berhati-hati ya supaya bisa menjawab soal dengan tepat. Selain itu, para peserta juga harus detail dalam mengamati berbagai gambar yang ada ya.

Kraeplien Atau Pauli

Selanjutnya ada tes Kraeplien Atau Pauli merupakan tes yang berupa susunan angka yang mengharuskan para peserta untuk menghitung jumlah angka yang ada dalam bentuk vertikal. Meskipun hanya diminta untuk menghitung, tes ini dibutuhkan ketelitian juga ya. Karena biasanya angka yang muncul juga tidak sedikit dan harus konsisten dalam menghitung. Tujuan dari tes ini adalah untuk mengukur kemampuan seseorang dalam hal konsistensi dan juga ketelitian saat bekerja.

Tes Menggambar Pohon

Selanjutnya ada tes menggambar pohon yang seringkali digunakan sebagai soal tes psikotes indomaret ya. Dalam tes ini peserta nantinya akan diminta untuk menggambarkan pohon yang berkambium, berbunga dan bercabang ya. Tes ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan dan juga sifat psikologis dari seseorang dengan melihat bentuk pohon, jumlah cabang dan lain sebagainya.

Tes Analogi Verbal

Ada juga tes analogi verbal yang merupakan tes paling banyak diberikan ya. Tes ini biasanya berupa sinonim, antonim atau analogi terhadap sesuatu. Adapun tujuan dari tes ini adalah untuk mengukur kemampuan seseorang dalam menganalogikan sesuatu. Selain itu juga untuk mengetes logika seseorang ya. Karena biasanya pada soal juga ada analogi yang memungkinkan para pesertanya untuk menghubungkan sebab akibat yang membutuhkan logika. Contoh soalnya di bawah ini ya.

  1. Dingin : Selimut = Hujan : ….
  • a. Payung
  • b. Air
  • c. Basah
  • d. Dingin

Jawaban : A. Payung. Mengapa payung, karena pada saat seseorang kedinginan maka yang dibutuhkan adalah payung. Sehingga pada saat seseorang kehujanan, maka yang dibutuhkan adalah payung.

Army Alpha Intelegence Test

Terakhir ada tes Army Alpha Intelegence Test yang berisi beberapa soal terkait dengan kombinasi angka dan juga bentuk secara berderet. Tes ini berguna untuk mengetahui seberapa kuat daya tangkap seseorang dalam mengerjakan sesuatu dan instruksi yang ada. Biasanya tes ini terdiri dari 12 soal ya.

Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Tes Psikotes SMA

hal-yang-harus-dilakukan-sebelum-tes-psikotes-sma

Disini admin diskop.id tidak hanya memberikan penjelasan terkait beberapa jenis tes psikotes wartegg dan jawabannya saja ya. Melainkan juga menyediakan beberapa hal yang harus dilakukan sebelum tes. Beberapa hal ini tentunya perlu dipersiapkan supaya tes bisa berjalan dengan baik ya. Karena memang tes yang satu ini bisa dibilang susah susah mudah karena perlu logika yang berjalan.

Apalagi kebanyakan tes psikotes SMA dan juga perguruan tinggi adalah tes analogi verbal yang sangat membutuhkan pengetahuan dan juga logika. Nah di bawah ini adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan tes.

  1. Paham dan mengerti dengan berbagai macam jenis tes psikotes yang ada.
  2. Banyak berlatih dengan mengerjakan berbagai soal psikotes yang ada baik melalui internet, buku dan lain sebagainya.
  3. Mempersiapkan mental dan juga fisik, karena tes ini juga menggambarkan kondisi atau keadaan mental seseorang ya.
  4. Kerjakan semua soal secara teliti dan penuh kejujuran ya.

Tips & Trik Lulus Tes Psikotes Kerja Dan Kuliah

tips-dan-trik-lulus-tes-psikotes-kerja

Selain persiapan sebelum melakukan tes psikotes, admin diskop.id juga ingin memberitahu beberapa tips dan juga trik supaya bisa lulus tes psikotes kerja dan kedinasan ya. Sebenarnya pada intinya para peserta hanya harus berlatih dan mempersiapkan mental. Namun untuk lebih spesifiknya bisa lihat penjelasan di bawah ini.

  1. Melatih kemampuan dengan sering-sering mengerjakan soal psikotes.
  2. Selalu melakukan gaya hidup sehat sebelum mengerjakan tes psikotes.
  3. Usahakan sarapan terlebih dahulu supaya bisa lebih fokus.
  4. Pastikan tidur yang cukup di malam sebelum tes dimulai.
  5. Perhatikan instruksi atau perintah yang diminta dalam soal dan pastikan jawabanya sesuai.
  6. Kerjakan dengan teliti.
  7. Siapkan mental yang sehat.

Nah silahkan lakukan beberapa tips dan juga trik serta beberapa persiapan lain yang harus dilakukan sebelum mengerjakan soal tes psikotes kepribadian ya. Tentunya perlu juga untuk melatih diri dengan mengerjakan tes psikotes pdf yang kini bisa ditemukan dengan mudah di internet.

Informasi Menarik Lainnya :

Artikel Terkait