Home » Terbaru » Berita » KUR BRI 2023 Sudah Dibuka Bagimana Cara Pengajuannya?

KUR BRI 2023 Sudah Dibuka Bagimana Cara Pengajuannya?

putri_laras March 24, 2023

Kabarnya KUR BRI 2023 telah dibuka dan sudah mulai disalurkan untuk para peminjam yang memiliki usaha mikro kecil dan juga menengah. Yang mana pinjaman ini sangat bermanfaat untuk para pebisnis atau pengusaha yang membutuhkan modal lebih untuk meningkatkan usahanya.

Seperti yang diketahui bahwa BRI adalah sebuah perusahaan BUMN yang menyediakan berbagai layanan dan juga program untuk masyarakat. Salah satunya yaitu KUR BRI 2023 yang kini menjadi salah satu kabar baik untuk masyarakat yang ingin mengajukan pinjaman tanpa agunan atau jaminan.

Meskipun tanpa adanya jaminan, tentunya para peminjam harus memiliki usaha dengan keuntungan yang selalu stabil ya. Hal ini dilakukan supaya para peminjam bisa membayar cicilan KUR yang diajukan setiap bulannya. Nah bagi yang ingin mengajukan pinjaman, tentu harus mengetahui terlebih dahulu syarat serta ketentuan dan juga berkas-berkas apa saja yang harus dipersiapkan ya. Untuk itu, admin telah menyiapkan informasi lengkapnya pada artikel kali ini ya.

Apa Itu KUR BRI 2023?

kur-bri-2023-sudah-dibuka

KUR BRI 2023 adalah sebuah program yang dibuat oleh bank BRI untuk memberikan pinjaman kepada para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah serta para koperasi yang butuh modal tambahan. Pinjaman yang diberikan dalam program ini tentunya diberikan kepada pelaku usaha yang tidak bisa memberikan agunan atau jaminan namun memiliki jenis usaha yang keuangannya stabil setiap bulannya.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya tentang KUR BRI 2023 kapan dibuka lagi dan lain sebagainnya. Informasinya, KUR BRI 2023 ini sudah dibuka lagi sejak tanggal 06 Maret 2023 lho. Adapun dana yang disalurkan dalam program ini mencapai 270 triliun ya. Namun khusus untuk bulan Maret, dana yang disalurkan kepada para peminjam hanya sebesar 12 triliun saja.

Berdasarkan informasi resmi dari BRI, tentunya ada beberapa perbedaan ketentuan ya dai KUR BRI tahun lalu dan tahun ini. Yang mana salah satu ketentuannya yaitu terkait dengan bunga efektif yang dikenakan setiap tahunya. Untuk pinjaman KUR Mikro dan kecil sebesar 10 juta akan dikenakan bunga efektif 6% pertahunnya jika peminjam baru pertama kali melakukan pengajuan.

Namun untuk pengajuan yang sudah dilakukan sebanyak 2 kali maka bunga akan naik lebih tinggi yaitu sebesar 7% setiap tahun. Kemudian untuk pinjaman ke-3 kalinya akan naik sebesar 8% dan begitupun seterusnya ya. Tak hanya ketentuan tersebut, pastinya ada juga syarat dan dokumen penting lainnya yang harus dipenuhi pada saat ingin mengajukan pinjaman ya. Adapun untuk informasi lebih jelasnya terkait hal tersebut bisa simak penjelasan di bawah ini.

Syarat Dan Ketentuan KUR BRI 2023

syarat-dan-ketentuan-kur-bri-2023

Untuk mendapatkan pinjaman ini tentunya ada syarat dan juga ketentuan serta beberapa dokumen pendukung ya. Hal ini ditentukan supaya pinjaman juga disetujui oleh pihak BRI. Jadi pastikan saat mengajukan pinjaman telah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku ya.

Kemudian informasi resmi dari BRI menyatakan bahwa ada 3 jenis KUR BRI yang sudah ditentukan yaitu KUR BRI super mikro, mikro dan kecil. Nah masing-masingnya tentu memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda ya. Oleh karena itu, untuk mengetahuinya silahkan simak penjelasan berikut ini.

KUR BRI Super Mikro

Untuk yang pertama yaitu KUR BRI super mikro yang merupakan pelaku usaha mikro kecil. Adapun kriteria umum yang harus dipenuhi yaitu :

  • Tidak pernah menerima KUR sebelumnya.
  • Peminjam belum pernah memperoleh kredit dan pembiayaan investasi serta modal kerja yang sifatnya komersial, kecuali berupa kredit konsumsi yang digunakan untuk keperluan rumah tangga. Misalnya kredit skema dan skala mikro dan juga pinjaman dari perusahaan yang memberikan layanan pendanaan berbasis teknologi dan digital.

Selain kriteria umum, ada juga beberapa kriteria khusus yang harus dipenuhi yaitu :

  • Mengikuti pendampingan KUR.
  • Telah menempuh pelatihan kewirausahaan.
  • Sudah tergabung ke dalam sebuah kelompok usaha.
  • Memiliki usaha produktif yang layak dan diperkirakan bisa membayar cicilan KUR.
  • Memiliki dokumen pendukung seperti NIB dan Surat Keterangan Usaha (SKU) dari RT atau Lurah setempat serta memberikan informasi jenis usaha dan kapan berdirinya usaha.

KUR BRI Mikro

Selanjutnya untuk KUR BRI Mikro yang ingin mengajukan pinjaman, harus memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut :

  • Belum pernah memperoleh kredit dan pembiayaan investasi serta modal kerja komersial kecuali yang telah disebutkan pada kriteria untuk KUR BRI super mikro.
  • Memiliki usaha yang telah dijalankan minimal selama 6 tahun.

Adapun dokumen-dokumen yang perlu disiapkan saat mengajukan pinjaman yaitu :

  • Identitas pribadi berupa KTP, KK dan juga Akta Nikah.
  • Memiliki NIB dan juga Surat Keterangan Usaha yang dikeluarkan oleh RT atau Lurah setempat.
  • Memiliki surat keterangan domisili usaha.
  • Wajib memiliki NPWP untuk plafon di atas 50 juta.

KUR BRI Kecil

Untuk syarat dan ketentuan KUR BRI Kecil bisa dilihat pada penjelasan di bawah ini ya.

  • Tidak pernah memperoleh kredit dan pembiayaan investasi serta modal kerja komersial kecuali yang telah disebutkan pada kriteria untuk KUR BRI super mikro dan mikro.
  • Telah menjalankan usaha minimal selama 6 tahun lamanya.
  • Peminjam ikut serta dalam program BPJS.

Untuk berkas yang harus disiapkan diantaranya adalah :

  • Identitas pribadi yang meliputi KK, KTP dan akta nikah.
  • Memiliki SIUP TWD NPWP SITU, atau surat keterangan usaha lainnya seperti IUMK.
  • Peminjam wajib memiliki NPWP.

Cara Mengajukan Pinjaman KUR BRI 2023

cara-pengajuan-kur-bri-2023-langsung-cair

Setelah dirasa telah memenuhi syarat dan ketentuan sesuai dengan jenis usaha yang dijalankan, maka wajib tahu juga ya mengenai bagaimana cara mengajukan pinjaman KUR BRI 2023. Untuk itu, jika memang ingin mengajukan pinjaman bisa lihat langkah-langkah di bawah ini.

  • Pastikan terlebih dahulu usaha yang dijalankan sudah lebih dari 1 tahun untuk KUR super mikro dan minimal 6 tahun untuk KUR Mikro dan Kecil.
  • Usaha yang dijalankan memiliki laporan keuangan yang baik dan keuntungan yang stabil serta memiliki jaminan yang ditentukan.
  • Lakukan pendaftaran ke laman resmi BRI atau langsung datang ke kantor cabang terdekat.
  • Proses pengajuan akan dilaksanakan paling lambat 5-10 hari ya.

Itulah beberapa informasi terkait KUR BRI online. Untuk mengetahui berbagai informasi menarik lainnya yang serupa, disarankan agar ikuti dan update selalu berbagai artikel lainnya di website kami ya.

Artikel Terkait :

Artikel Terkait