Home » Terbaru » Berita » BLT Dana Desa 2023 Sudah Cair, Cek Jadwal dan Syaratnya!

BLT Dana Desa 2023 Sudah Cair, Cek Jadwal dan Syaratnya!

wisnu March 15, 2023

Diskop.id – Kini memang sudah banyak sekali bantuan sosial yang bisa di dapatkan oleh para masyarakat yang memiliki kecukupan dana ya. Karena program ini di adakan untuk bisa meminimalisir angka kemiskinan yang ada di Indonesia, salah satu bansos yang ada ini yakni BLT Dana Desa 2023.

Tentu saja bantuan sosial seperti ini sudah banyak di salurkan dan telah banyak sekali orang yang akan mendapatkannya. Namun ini salah satu bantuan yang hanya bisa di dapatkan bagi orang yang memiliki kekurangan dana saja ya.

Jadi memang untuk bisa mendapatkan BLT Dana Desa ini ada juga persyaratannya yang harus di penuhi ya. Jadi jangan khawatir lagi sekarang BLT ini telah di salurkan dengan nominal yang setara, sehingga orang yang kurang mampu pun akan bisa merasakan bantuan sosial seperti BLT ini.

Mungkin kini sudah banyak orang yang menerima bantuan seperti BLT Dana Desa ini ya. Namun untuk bisa mendapatkan bantuan seperti ini memang ada beberapa kriteria orang yang akan mendapatkannya.

Apa saja sih? Pasti banyak yang penasaran bukan? Nah, untuk bisa mengetahui lebih lanjut, maka langsung simak saja yuk berbagai ulasan di bawah ini agar semua masyarakat dapat mengetahui tentang program bantuan seperti BLT Dana Desa ini.

Ketahui Tentang BLT Dana Desa 2023 Kapan Cair Untuk Masyarakat

Ketahui-Tentang-BLT-Dana-Desa-2023-Kapan-Cair-Untuk-Masyarakat

Mungkin masih banyak yang bertanya – tanya ya BLT 2023 Apakah Masih Ada? Tentu saja program bantuan yang satu ini masih ada ya. Dan nantinya bantuan ini akan di salurkan kepada masyarakat yang kurang mampu untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.

Mungkin program bantuan seperti BLT ini memang tidak banyak ya jumlah nya, akan tetapi tentu saja ini akan bisa mencukupi kebutuhan bagi orang – orang yang kurang mampu. Jadi keberadaan program bantuan seperti ini begitu membantu masyarakat sekali bukan?

Jadi tak heran kalau sekarang ini orang – orang yang kekurangan dana menerima bantuan sosial seperti ini ya. Namun tentu saja untuk bisa memberikan bantuan ini tidak sembarangan, karena ini khusus bagi orang – orang yang kurang mampu saja.

Jadi kalau semisalnya merasa kekurangan dana untuk kehidupan sehari – harinya, maka bisa langsung Daftar BLT 2023 ini ya. Di samping itu juga masih banyak yang bertanya – tanya tentang BLT Dana Desa ini kapan sih cairnya? Pasti banyak yang bingung kan?

Sebenarnya untuk BLT Dana Desa ini memang telah di cairkan sejak bulan Februari 2023 ini di beberapa daerah lho. Tentu saja program bantuan yang satu ini hanya dapat di berikan bagi masyarakat yang kekurangan dana ya.

Nah, bagi para masyarakat yang memiliki kekurangan dana dalam kehidupan sehari – harinya, maka nantinya akan di salurkan bantuan BLT Dana Desa sebesar Rp 300 ribu untuk per bulannya. Jadi bagi masyarakat yang kurang mampu maka sebaiknya bisa langsung daftarkan saja dalam program BLT Dana Desa ini ya untuk bisa mendapatkan bantuannya.

Namun ada beberapa kriteria orang yang akan bisa mendapatkan BLT Dana Desa ini lho. Lalu apa saja sih? langsung simak saja yuk beragam pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Beberapa Kriteria Penerima BLT Dana Desa 2023

Beberapa-Kriteria-Penerima-BLT-Dana-Desa-2023

Untuk bisa mendapatkan program bantuan seperti BLT Dana Desa ini tentu saja tidak sembarangan. Karena ada beberapa Syarat Penerima BLT Dana Desa 2023 ini lho. Jadi memang ini telah di khusus kan bagi masyarakat yang kekurangan dana saja ya.

Karena dengan adanya kriteria ini, maka jika orang tersebut termasuk dalam Kriteria Penerima BLT Dana Desa ini, maka orang tersebut akan bisa langsung mendapatkan program bantuannya lho. Jadi jangan khawatir tidak kebagian bantuan seperti ini ya.

Namun masih banyak orang yang belum mengetahui kriteria apa saja yang harus di penuhi untuk bisa menerima program bantuan seperti BLT Dana Desa ini. Menurut Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 190/PMK.07/2021 yang bertentangan dengan Pengelolaan Dana Desa ada beberapa kriteria yang bisa menerima BLT Dana Desa, simak langsung berikut ini yuk.

  • Merupakan keluarga yang kurang mampu atau berpenghasilan kecil yang termasuk ke dalam kategori kemiskinan ekstream
  • Memiliki anggota keluarga dimana keluarganya ini rentan sakit menahun/kronis
  • Merupakan keluarga yang kurang mampu akibat terdampak pandemi covid – 19 akan tetapi belum menerima bantuan apa pun
  • Keluarga yang kurang mampu akibat terhenti dari APBD atau APBN
  • Memiliki rumah tangga yang anggota rumah tangga tunggal atau lanjut usia

Nah, mungkin itu dia beberapa kriteria para penerima yang berhak menerima bantuan program seperti BLT Dana Desa ini ya. Tentu saja ini akan mendahulukan orang – orang yang masuk ke dalam kategori kemiskinan ekstream ya. Jadi kalau ingin menerima bantuan seperti ini, maka bisa langsung daftar saja ya.

Baca Juga : Pendaftaran Mudik Gratis Kemenhub 2023 Dibuka, Ini Syaratnya

Cara Daftar BLT Dana Desa 2023 Online Bagi Masyarakat yang Kekurangan Dana

Cara-Daftar-BLT-Dana-Desa-2023-Online-Bagi-Masyarakat-yang-Kekurangan-Dana

Jadi kalau merasa kekurangan dana, maka bisa langsung daftar saja pada BLT Dana Desa ini ya. Dengan begitu, maka bagi orang yang kurang mampu juga akan bisa langsung mendapatkan bantuannya dalam program yang satu ini.

Oleh sebab itu lah jangan ragu lagi untuk daftar pada program yang satu ini ya. Jadi bisa langsung daftar saja agar bagi yang kekurangan dana akan bisa langsung mendapatkan program bantuan ini. Mungkin masih banyak yang yang belum mengetahui bagaimana cara untuk daftarnya bukan?

Tentu saja untuk bisa daftar pada program bantuan seperti BLT Dana Desa ini begitu mudah sekali ya. Jadi tinggal ikuti saja yuk beberapa langkah – langkahnya di bawah ini agar bisa mengetahui bagaimana cara daftar BLT Dana Desa dengan mudah.

  • Pastikan para calon penerima memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan BLT Dana Desa, yaitu sebagai penduduk desa yang terdaftar di Kependudukan dan Catatan Sipil (KSK) serta memiliki KTP.
  • Cari tahu informasi mengenai program BLT Dana Desa dari pihak desa atau kecamatan setempat. Silahkan tanya informasi ini melalui posko atau kantor desa atau melalui media sosial resmi pemerintah setempat.
  • Siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti KTP, Kartu Keluarga, dan dokumen pendukung lainnya.
  • Datang ke kantor desa atau tempat yang ditentukan untuk mendaftar dan mengisi formulir pendaftaran yang disediakan. Pastikan para calon penerimanya mengisi formulir tersebut dengan benar dan lengkap.
  • Setelah mengisi formulir, serahkan dokumen pendukung yang diminta dan tunggu proses verifikasi dari pihak desa.
  • Jika lolos verifikasi, maka nantinya akan bisa langsung mendapatkan bantuan BLT Dana Desa sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca Juga: Cek Bansos Kemensos Go id 2023 Tahap 1 PKH, BLT, BBM

Cara Cek BLT Dana Desa 2023 Bagaimana Sih? Simak Langsung Berikut Ini!

Cara-Cek-BLT-Dana-Desa-2023-Bagaimana-Sih-Simak-Langsung-Berikut-Ini!

Setelah bisa melakukan pendaftaran untuk menerima program bantuan BLT Dana Desa 2023 ini, maka para calon penerimanya bisa langsung ketahui saja Cara Cek BLT Dana Desa 2023 Online agar bisa mengetahui dapat bantuannya atau tidak ya.

Kalau misalnya para calon penerimanya ini tergolong dapat bantuannya, maka bantuan tersebut nantinya akan bisa langsung di cairkan saja lho. Namun cek dulu ya apakah dapat bantuannya atau tidak.

Mungkin memang masih banyak sekali pertanyaan bagaimana cara cek bantuan program BLT Dana Desa ini bukan. Tenang saja, untuk melakukan pengecekkan secara online ini bisa di lakukan dengan mudah lho. Jadi simak saja yuk langkah – langkahnya berikut.

  • Silahkan gunakan Browser untuk mengeceknya
  • Lalu masuk saja pada situs resminya yaitu sid.kemendesa.go.id BLT Dana Desa
  • Kalau sudah masuk pada situs resminya, maka klik langsung Dana Desa
  • Lanjut dengan mencari saja datanya dengan menggunakan Kata Kunci atau Wilayah
  • Silahkan isi saja data – data yang di perlukan dalam situsnya ini, lalu bisa klik langsung Cari Data
  • Setelah itu, maka nantinya akan langsung muncul daftar orang penerima bantuan BLT Dana Desa ini

Jadi itu dia ya beberapa informasi terkait dengan BLT Dana Desa 2023 ini, apabila belum menerima bantuan yang satu ini, maka bisa langsung daftar saja agar nantinya bisa langsung mendapatkan program bantuan yang satu ini ya.

Kalau sudah mendaftarnya, maka bisa langsung cek saja apakah menerima bantuannya atau tidak, karena kalau sudah muncul namanya maka bantuan tersebut nantinya akan bisa langsung di cairkan saja lho.

Artikel Terkait