Home » Terbaru » Agama » Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya Lengkap Tulisan Arab Latin

Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya Lengkap Tulisan Arab Latin

wisnu February 25, 2024

Sebagai umat Muslim yang taat, tentu diwajibkan untuk mengerjakan Sholat fadhlu lima waktu saja. Tetapi banyak juga yang menambahkannya dengan Mengerjakan Sholat sunnah bisa sebagai cara untuk meningkatkan derajah ibadah. Salah satu Sholat sunnah yang dianjurkan adalah Sholat Dhuha yang dilaksanakan pada pagi hari menjelang siang hari. Selain keutamaan Sholat, ada doa setelah Sholat dhuha yang dapat dibacakan.

Sholat dhuha sekurang-kurangnya dikerjakan sebanyak dua rakaat seperti Sholat shunnah lainnya. Namun Sholat dhuha juga dapat dikerjakan sebanyak empat rakaat atau lebih selama mulai dari terbitnya matahari hingga 15 menit sebelum masuknya waktu dzuhur.

Bacaan atau Doa Setelah Sholat Dhuha Dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya Sesuai Shunnah Lengkap

Bacaan-atau-Doa-Setelah-Shalat-Dhuha-Dalam-Bahasa-Arab-Latin-dan-Artinya-Sesuai-Shunnah-Lengkap

Sholat Dhuha juga diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA yang terdapat dalam hadits, Nabi Muhammad SAW bersabda:

Man Haafazha ‘alaa syuf ‘a tidl dluha, ghufira lahu dzunubuhu wa in kaanat mitsla zabadil bahri”

Artinya: “Siapa saja yang dapat mengerjakan sholat dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak busa lutan.” (HR Turmudzi).

Setidaknya ada 3 doa setelah Sholat dhuha beberapa rakaat yang perlu diketahui dan dianjurkan. Berikut ini adalah deretan doa ba’da Sholat dhuha yang dapat diamalkan sebagai berikut.

1. Doa Setelah Sholat Dhuha (Riwayat Imam Nasa’i)

Bukan hanya pelaksanaan Sholat Dhuha saja, tetapi bagaimana dengan doa setelah Sholat dhuha 2 rakaat atau 4 rakaat setelahnya. Seperti yang diriwayatkan oleh An Nasa’i dari Aisyah radhiyallahu ‘anhu berkata:

Dalam riwayatnya, setelah Rasulullah SAW melakukan Sholat dhuha, kemudian ia membacanya sebanyak seratus kali dalam sabdanya (dengan doa):

‏ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Allahummaghfirli wa tub ‘alayya innaka antat tawwabur rohimu.

Artinya: “ Ya Allah, ampunilah aku dan maafkan lah aku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Tobat dan Maha Pengampun).”

2. Doa Setelah Sholat Dhuha untuk Meminta Pengampunan

Memanjatkan doa ba’da Sholat dhuha juga memiliki keistimewaan dimana untuk meminta pengampunan atas segala doa yang telah dimiliki.

اَللَّهُمَّ لَكَ اْلحَمْدُ، أَصْبَحْتُ عَبْدَكَ عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ، خَلَقْتَنِيْ وَلَمْ أَكُ شَيْئاً، اَسْتَغْفِرُكَ لِدِيْنِيْ، فَإِنَّهُ قَدْ اَرْهَقَتْنِيْ ذُنُوْبِيْ، وَ أَحَاطَتْ بِيْ، إِلاَّ أَنْ تَغْفِرَهَا، فَاغْفِرْهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma lakal hamdu, ashbahtu ‘abdaka ‘ala ahdika wa wa’dika kholaqtani wa lam aku syaia, astaghfiruka lidini fa innahu qod arhaqotni dzunubi wa ahathot bi illa taghfirha faghfirha ya arhamar rahimin.

Artinya,

” Ya Allah, bagi-Mu segala puji. Aku memasuki waktu pagi sebagai hamba-Mu untuk memenuhi janji-janji-Mu. Engkau menciptakan aku sementara aku bukan apa-apa. Aku memohon ampunan kepada-Mu untuk agamaku, sesungguhnya dosa-dosaku telah membebaniku dan telah meliputiku kecuali Engkau memaafkannya, maka maafkanlah wahai Dzat paling penyayang di antara para penyayang.”

3. Doa Setelah Sholat Dhuha yang Dibaca Pada Umumnya

Pada umumnya, ada doa yang sering dibacakan berdasarkan buku yang dilasir oleh Drs Moh Rifai yang berjudul “Risalah Tuntunan Sholat Lengkap” dengan doa sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allaahumma innadh dhuhaa-a dhuhaa-uka walbahaa-a bahaa-uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quw watuka wal qudrata qudratuka wal ‘ishmatta ‘ishmatuk. Allaahumma in kaana rizqii fissamaa-i fa anzilhu wa in kaanafil ardhi fa-akhrijhu wa in kaana mu’assaran fayas sirhu wa in kaana haraaman fathahhirhu wa in kaana ba’iidan faqarribhu bihaqqi dhuhaa-ika wa bahaa-ika wa jamaalika wa quuwatika wa qudratika aatinii maa aataita ‘ibaadakash shalihiin.

Artinya:

“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu Dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, dan kekuasaan adalah kekuasaan-Mu serta penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, jika rizqiku masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah. Jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu Dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh.”

4. Doa Setelah Sholat Dhuha untuk Mencari Jodoh

Tidak hanya doa-doa diatas, ada pun doa yang dipanjatkan dalam keadaan tertentu seperti doa ba’da Sholat dhuha untuk mencari jodoh yang lebih diperuntukkan untuk laki-laki. Tetapi bacaan tersebut juga dapat dibaca oleh perempuan.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Rabbana hablana min azwajina wa dzurriyatina qurrota a’yun waj’alna lil muttaqina imama.

Artinya: “Ya Allah Tuhan kami, anugerahkanlah (kepada) kami istri-istri dan keturunan kami sebagai penyenang hati, dan jadikanlah kami imam (pemimpin) bagi orang-orang yang bertakwa.”

5. Doa Sesudah Sholat Dhuha Meminta Kesabaran Dalam Berbagai Masalah

Seringkali kita sudah tidak sanggup dalam hal kesabaran untuk menghadapi semua masalah tersebut. Setidaknya membaca doa ba’da sholat dhuha sebagai berikut.

رَبَّنَا لاَ تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da iz hadaitana wa hablana min ladunka rahmah innaka antal wahhab.

Artinya: “Ya Allah Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia).”

Baca Juga: Doa Ziarah Kubur Orang Tua, Singkat, Lengkap Arab dan Latin

Keistimewaan Doa Setelah Sholat Dhuha yang Tidak Boleh Dilewatkan Untuk Dunia dan Akhirat

Keistimewaan-Doa-Setelah-Shalat-Dhuha-yang-Tidak-Boleh-Dilewatkan-Untuk-Dunia-dan-Akhirat

Memang tidak lengkap rasanya jika tidak berdoa setelah Sholat dhuha. Apalagi banyak sekali keutamaan yang begitu sayang untuk dilewati. Inilah beberapa keistimewaan doa sesudah Sholat Dhuha di bawah ini.

Diampuni Dosa-dosanya

Mengingat banyak dosa-dosa yang telah diperbuat semasa hidup, sebagai hamba-Nya yang tidak luput dari dosa dapat memohon pengampunan kepada Allah SWT melalui Sholat dhuha. Hal ini juga dijelaskan melalui hadits:

“ Barangsiapa yang menjaga sholat dhuha, maka dosa-dosanya akan diampuni walau sebanyak buih di lautan.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).

Sebagai Tabungan Amal Cadangan

Sholat sunnah, khususnya Sholat dhuha tidak hanya sebagai amalan untuk memohon pengampunan, tapi dapat juga sebagai tabungan amal cadangan.

Kebutuhan Hidup yang Berkecukupan

Sebagai manusia yang selalu mencari kebutuhan hidup seperti kesehatan, makanan dan lainnya, dianjurkan untuk membaca doa setelah Sholat dhuha. Hal ini juga telah dijelaskan melalui riwayaat berikut ini.

Wahai anak Adam, rukuklah (sholatlah) karena Aku pada awal siang (sholat dhuha) empat rakaat, maka aku akan mencukupi (kebutuhan)mu sampai sore hari.” (HR. Tirmidzi).

Memperoleh Keuntungan Dunia dan Akhiran

Keistimewaan selanjutnya yang diperoleh dari doa setelah Sholat Dhuha adalah mendapatkan keuntungan di dunia dan di akhirat yang diberikan oleh Allah SWT.

Pahala Umrah dan Haji

Ternyata dengan berdoa setelah selesai Sholat dhuha bisa mendapatkan pahala setara dengan haji dan umrah. Pernyataan tersebut diriwayatkan pada hadits dengan arti sebagai berikut.

Barangsiapa yang sholat subuh berjamaah kemudian duduk berzikir untuk Allah sampai matahari terbit kemudian (dilanjutkan dengan) mengerjakan sholat shuha dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, sepenuhnya, sepenuhnya, sepenuhnya.” (HR. Tirmidzi).

Itulah pembahasan mengenai doa setelah Sholat dhuha yang nyatanya memiliki banyak manfaat dengan keutamaannya untuk menambah ketaatan dan ketakwaan sebagai umat islam.

Baca Juga: Doa Menyambut Ramadhan Arab Latin Sesuai Sunnah & Shahih

Artikel Terkait