Home » Terbaru » Agama » Jadwal Puasa Ramadhan 2023 Menurut NU dan Muhammdiyah

Jadwal Puasa Ramadhan 2023 Menurut NU dan Muhammdiyah

wisnu June 16, 2024

diskop.id – Marhaban Ya Ramadhan, bulan puasa Ramadhan 1444 Hijriyah kini sudah di depan mata. Yang mana hal ini tinggal sebentar lagi kita jumpai, lebih lagi karena umat Islam di seluruh dunia menyambut Bulan suci Ramadhan yang penuh ampunan ini. Bulan puasa Ramadhan 2023 ini pun di sambut dengan suka cita, pasalnya bulan puasa menjadi bulan mulia dan penuh berkah.

Tak sedikit pula umat Islam yang menjadikan bulan puasa ramadhan sebagai arena perlombaan untuk mencari amal kebaikan. Karena kemuliaan bulan puasa ramadhan ini, akan melipat gandakan berbagai amal baik. Nah semakin mendekati jatuhnya 1 Ramadhan 1444, masih banyak yang belum mengetahuinya.

Dimana masyrakat pun menginginkan kepastian kapan jatuhnya 1 Ramadhan 1444 yang di tetapkan oleh pemerintah. Untuk itu, diskop.id akan membagikan ulasan dan informasi singkat seputar bulan puasa Ramadhan 2023.

Marhaban Yaa Ramadhan! Selamat Datang Bulan Puasa Ramadhan 2023

Marhaban-Yaa-Ramadhan!-Selamat-datang-Bulan-Puasa-Ramadhan-2023

Menurut kalender, awal Puasa Ramadhan 2023 ini di perkirakan akan jatuh pada tanggal 22-23 Maret 2023. Hal ini merujuk dari hari libur Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah yang ada di tanggal 22-23 April 2023. Puasa Ramadhan adalah salah satu dari lima rukun Islam dan wajib dilakukan oleh umat muslim yang telah mencapai usia baligh.

Selain itu Puasa Ramadhan dilakukan selama sebulan penuh, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Puasa ini dianggap sebagai ibadah yang sangat penting dan dianjurkan bagi umat muslim untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Puasa Ramadhan adalah waktu untuk beribadah dan merenungkan diri. Di bulan ini, umat muslim di seluruh dunia memperbanyak amalan ibadah, termasuk shalat tarawih, membaca Al-Quran, bersedekah dan melakukan banyak kegiatan yang bernilai kebaikan.

Selain itu, puasa juga merupakan momen untuk memperkuat hubungan dengan keluarga, teman, dan komunitas. Kita bisa menghabiskan waktu bersama-sama di waktu sahur dan berbuka bersama-sama di waktu berbuka puasa. Hal ini lah alasan banyak yang sangat merindukan hadirnya bulan Puasa Ramadhan 2023.

Hukum Berpuasa di Bulan Ramadhan

Hukum-Berpuasa-di-Bulan-Ramadhan

Hukum Puasa Ramadhan 2023 adalah wajib bagi umat muslim yang telah mencapai usia baligh, berakal sehat, dan mampu menjalankannya. Kemudian Hukum puasa Ramadhan didasarkan pada dalil-dalil dari Al-Quran dan hadits Nabi Muhammad SAW.

Dalam Al-Quran, puasa Ramadhan disebutkan dalam Surat Al-Baqarah ayat 183-185, di mana Allah SWT berfirman: “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan kepadamu berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa.” Dalam ayat tersebut, Allah SWT memerintahkan umat muslim untuk berpuasa sebagai bentuk ketaqwaan kepada-Nya.

Selain itu, dalam hadits Nabi Muhammad SAW, beliau bersabda: “Islam itu dibangun di atas lima hal, yaitu bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah Rasul Allah, menunaikan shalat, menunaikan zakat, berpuasa Ramadhan, dan haji ke Baitullah bagi yang mampu melakukannya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam Islam, puasa Ramadhan juga dianggap sebagai salah satu ibadah yang memiliki banyak keutamaan dan pahala besar di sisi Allah SWT. Puasa Ramadhan dapat membantu meningkatkan ketaqwaan dan kesadaran spiritual, serta membantu memperkuat ikatan antara umat muslim dengan Allah SWT.

Jadi bisa di simpulkan bahwa berpuasa di bulan ramahan menjadi sebuah kewajiban bagi seluruh umat Islam. Namun ada beberapa syarat juga yang mengharuskan seseorang wajib berpuasa.

Syarat Berpuasa Ramadhan

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menjalankan puasa Ramadhan dengan benar. Berikut adalah beberapa syarat puasa Ramadhan:

  1. Islam
    Seseorang yang berpuasa Ramadhan harus beragama Islam.
  2. Baligh
    Seseorang yang berpuasa Ramadhan harus telah mencapai usia baligh atau dewasa.
  3. Berakal sehat
    Seseorang yang berpuasa Ramadhan harus memiliki akal sehat dan tidak dalam keadaan gila atau tidak sadar.
  4. Mampu
    Seseorang yang berpuasa Ramadhan harus mampu menjalankan puasa, baik secara fisik maupun finansial
  5. Waktu
    Puasa Ramadhan 2023 harus dilakukan selama sebulan penuh, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.
  6. Niat
    Puasa Ramadhan harus dilakukan dengan niat yang tulus dan ikhlas karena Allah SWT.
  7. Tidak makan dan minum
    Selama berpuasa, seseorang harus menahan diri dari makan, minum, dan segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa seperti melakukan hubungan suami istri.

Dengan memenuhi semua syarat tersebut, seseorang dapat menjalankan puasa Ramadhan dengan benar dan mendapatkan keutamaan serta pahala yang besar dari Allah SWT.

Niat Puasa Ramadhan

Niat-Puasa-Ramadhan

Niat puasa Ramadhan 2023 harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan tulus ikhlas karena Allah SWT. Berikut adalah contoh niat puasa Ramadhan dalam bahasa Arab dan artinya dalam bahasa Indonesia:

Niat termasuk rukun dalam melaksanakan ibadah puasa, karena jika berpuasa namun tidak ada niat maka puasa tersebut tidak sah.

Hal tersebut dijelaskan dalam hadis Rosulullah SAW “Barangsiapa yang tidak berniat puasa pada malam hari sebelum fajar, maka tidak ada puasa baginya,” (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majjah).

Berikut dibawah ini lafadz niat Puasa Ramadhan 2023.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Latin : Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa’i fardhi syahri ramadhaana haadzihis sanati lillahi ta’ala.

Artinya: “Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.

Niat Puasa Ramadhan 2023 harus dilakukan sebelum terbit fajar atau sebelum waktu imsak tiba. Niat juga harus diucapkan dengan lisan atau dalam hati dengan penuh keyakinan dan kesadaran. Dalam menjalankan puasa Ramadhan, niat menjadi hal yang sangat penting karena tanpa niat yang benar, puasa yang dilakukan tidak sah dan tidak akan mendapatkan pahala di sisi Allah SWT.

Selain itu, sepanjang hari selama berpuasa, sebaiknya tetap mengingat niat puasa dan berusaha menjaga kesucian hati dan pikiran.

Orang Yang Dibolehkan Tidak Berpuasa Ramadhan

Dalam Islam, ada beberapa kondisi di mana seseorang diizinkan untuk tidak berpuasa selama bulan Ramadhan. Kondisi-kondisi tersebut antara lain:

  1. Wanita hamil atau menyusui yang khawatir kesehatannya atau bayinya terganggu jika berpuasa.
  2. Orang yang sedang sakit atau memiliki kondisi medis tertentu yang membuatnya sulit untuk berpuasa.
  3. Orang yang sedang dalam perjalanan yang jauh dan khawatir berpuasa akan mengganggu kesehatannya.
  4. Orang yang mengalami menstruasi atau nifas.

Namun, bagi mereka yang tidak berpuasa karena kondisi-kondisi di atas, diharapkan untuk mengganti puasa yang tidak dilakukan tersebut di lain waktu setelah bulan Ramadhan.

Ibadah Pengiring Bulan Puasa Ramadhan 2023

Ibadah-Pengiring-Bulan-Puasa-Ramadhan-2023

Ada beberapa ibadah pengiring puasa Ramadhan yang dapat dilakukan selama bulan Ramadhan. Berikut beberapa contohnya:

  • Sholat Tarawih.
  • Membaca Al-Quran
  • Sedekah dan Zakat
  • Iftar bersama
  • Berdoa
  • Menjaga lidah:
  • Menjaga perilaku

Keutamaan Puasa Ramadhan 2023

Berpuasa di bulan Ramadan memiliki banyak keutamaan dalam Islam, di antaranya:

  • Meningkatkan keimanan dan ketakwaan
    Berpuasa Ramadan merupakan ibadah wajib yang memperkuat hubungan antara manusia dengan Allah SWT.
  • Meningkatkan kesabaran
    Dalam berpuasa, seseorang dituntut untuk bersabar dalam menghadapi rasa lapar, haus, dan nafsu yang menggoda.
  • Membersihkan diri dari dosa:
    Dalam Islam, berpuasa Ramadan merupakan kesempatan untuk membersihkan diri dari dosa-dosa dan kesalahan di masa lalu.
  • Meningkatkan solidaritas sosial
    Berpuasa Ramadan juga dapat meningkatkan solidaritas sosial karena selama Ramadan, umat Muslim di seluruh dunia berpuasa bersama-sama dan saling berbagi makanan dengan yang membutuhkan.
  • Mendapat pahala yang besar
    Berpuasa Ramadan merupakan ibadah wajib yang memiliki pahala yang sangat besar di sisi Allah SWT. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang berpuasa di bulan Ramadan dengan iman dan pengharapan pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.”

Dengan demikian, berpuasa di bulan Ramadan memiliki banyak keutamaan dan manfaat baik untuk kehidupan spiritual maupun sosial seseorang.

Artikel Terkait