Home » Terbaru » Gadget » Vivo Y21T 2023 – Spesifikasi, Kelebihan & Harga Terbaru

Vivo Y21T 2023 – Spesifikasi, Kelebihan & Harga Terbaru

wisnu February 20, 2024

Tidak hanya gencar merilis smartphone V series saja, tetapi untuk Y series seperti Vivo Y21T 2023 menjadi salah satu solusi mendapatkan smartphone berkualitas tapi murah. Sudah setahun smartphone ini rilis pada Januari 2022.

Uniknya, ini adalah smartphone dari Vivo yang menggunakan chipset Snapdragon 680 yang lagi hangat dibicarakan saat itu. Lalu, bagaimana kiprah dari smartphone satu ini? apakah masih layak digunakan tahun 2023, semua pembahasannya ada disini.

Akhirnya Pake Snapdragon! Spesifikasi dan Harga Vivo Y21T 2023 Terbaru, Keuntungan dan Kekurangannya

Akhirnya-Pake-Snapdragon-Spesifikasi-dan-Harga-Vivo-Y21T-2023-Terbaru-Keuntungan-dan-Kekurangannya

Vivo Y21T merupakan upgrade dari seri terdahulunya yaitu Y21 dan Y21s dimana kali ini akan jauh lebih fresh dan membuat banyak orang penasaran. Bahkan ini bisa menjadi trobosan baru smartphone Vivo di kelasnya.

Mengingat permintaan pasar yang tinggi tentu Vivo harus memutar otak untuk menemukan racikan yang unik. Itulah yang ada pada smartphone satu ini dan sebelum membelinya tentu harus melihat spesifikasi lengkap tentang apa saja kelebihan dan kekurangan yang disuguhkan langsung oleh Diskop.id di bawah ini.

Desain Trendy dan Modern

Vivo sukses menghadirkan smartphone dengan desain slim 2.5 dengan ketebalan body yang begitu tipis yaitu 8 mm, tapi tetap terlihat premium. Smartphone ini memberikan desain mewah yang bisa terlihat dengan hadirnya pilihan warna.

Untuk Pearl Blue pada lapisan nanonya sudah sangat lengkap dengan teknologi Dynamic Color yang telah melalui proses Liquid Crystal Coating. Dari sinilah tercipta tekstur yang sangat indah seperti kilauan mutiara yang akan berubah warna menyesuaikan cahaya.

Kemudian ada varian Midnight Blue yang tidak kalah kerennya ini menciptakan permukaan matte yang begitu halus melalui teknik curtain coating dan AG. Desain pada kamera dengan bentuk kotak yang menunjukkan bahwa performa kameranya memang mumpuni.

Vivo Y21T 2023 Dibekali Chipset Snapdragon 680

Vivo-Y21T-2023-Dibekali-Chipset-Snapdragon-680

Untuk smartphone Vivo kategori mid-range tentu cukup jarang ditemukan yang ditenagai oleh Qualcomm Snpadragon 680. Chipset ini memiliki core besar dengan CPU kecepatan 2,4 GHz dan dilengkapi dengan GPU Adreno 610 dengan 1,1 GHz.

Ini merupakan upgrade terbesar dari chipset Snapdragon 600an yang ternyata sudah berfabrikasi 6 nm. Dengan perubahan signifikan tersebut akan membuat smartphone ini stabil dan memakan daya lebih sedikit.

Selama memainkan game berat melalui smarhtphone ini, ternyata tidak mengalami penurunan performa atau frame drop. Selain itu, tidak ada suhu panas yang membuat penggunanya tidak nyaman selama menyentuh layar tersebut.

Baca Juga: VIVO V27 5G Harga, Fitus dan Spesifikasi di Indonesia

Penyimpanan dan RAM Yang Cukup Besar

Jika pada smartphone keluaran sebelumnya yaitu Vivo Y21s memiliki RAM 4 GB, kini pada versi upgrade-nya memiliki RAM yang cukup besar yaitu 6 GB. Ternyata RAM dengan ukuran sebesar ini sangat mampu membantu kinerja dari chipset.

Pasalnya ada salah satu smartphone yang dibekali chipset Snapdragon 680 tapi memiliki RAM 4 GB. Alhasil, performa dari chipset tersebut tidak begitu terlihat karena RAM 4 GB tidak mampu mengimbangi chipset tersebut.

Selain itu ada juga tambahan memori virtual mencapai 2 GB, tentu ini peningkatan dari seri sebelumnya yang hanya mendapatkan RAM virtual 1 GB saja. Dengan Penyimpanan sebesar 128 GB sudah lebih dari cukup untuk menyimpan banyak permainan berat.

Kamera yang Cukup Berkelas

Tidak hanya dari sisi dapur pacu dan RAM nya saja, tapi untuk kualitas kamera dari Vivo memang tidak perlu diragukan. Vivo Y21T 2023 memiliki triple camera dimana kamera utamanya menggunakan lensa 50 MP dengan lensa Wide.

Ada pun dukungan kamera lainnya Makro dan Depth camera yang masing-masing memiliki lensa 2 MP. Sayangnya smartphone ini tidak memiliki lensa ultra wide yang membantu untuk mengambil gambar yang luas.

Selain itu, untuk kamera Selfie nya dengan 8 MP f/1.8 dan kedua kamera tersebut sama-sama bisa merekam video hingga 1080p dengan 30 fps. Memang sedikit aneh dimana untuk resolusi layar hanya mencakup HD+720 tentu perekaman Full HD tampaknya menjadi sia-sia.

Dilengkapi Baterai yang Cukup Besar

Seperti smartphone pada umumnya, Vivo Y21T dilengkap dengan baterai yang cukup besar yaitu 5000mAh. Tentunya semua aktivitas seperti sosial media, game hingga menonton film seharian dapat dilibas dengan mudah.

Selain itu, smartphone ini memiliki tipe pengisian Type-C dengan 18W. Dengan daya 18 watt mungkin sedikit mengkhawatirkan karena tidak begitu cepat dari series lainnya yang memiliki 33W. Tetapi masih cukup direkomendasikan karena juga terdapat fitur fast charge.

Kelengkapan Fitur Lainnya

Selain baterai, smartphone ini memiliki konektivitas 4G dan WiFi 5 yang terbilang cukup standar. Tidak hanya itu, ada juga Bluetooth 5 yang sudah umum di beberapa series smartphone mid-range.

Untuk sistem operasinya sudah dibekali Android 11 dengan bawaan UI Funtouch yang sudah semakin di-update. Selain itu ada kelengkapan lainnya seperti Dual Sim + Memori eksternal hingga 1 TB.

Harga Vivo Y21T 2023 Sudah Mengalami Penurunan

Harga-Vivo-Y21T-2023-Sudah-Mengalami-Penurunan

Pada Awal perilisan, smartphone yang memiliki varian 6/128 dibandrol dengan harga Rp3.1 juta. Untuk harga sebesar itu tentu tidak worth it karena seharusnya sudah memiliki NFC bahkan layar Full HD+.

Akan tetapi untuk update harga Vivo Y21T pada tahun Maret 2023 sudah mengalami penurun harga hampir 1 jutaan. Lebih tepatnya untuk kedua varian warna pada smartphone ini dibandrol Rp2.399.000 secara resmi.

  • Vivo Y21T 6/128 All Varian – Rp2.399.000 (Shopee).

Baca Juga: Redmi Note 12 Pro 5G – Harga, Spesifikasi, Fitur Terbaru 2023

Artikel Terkait