Home » Terbaru » Berita » Hasil Final Swiss Open 2023: Jepang Rebut 2 Gelar

Hasil Final Swiss Open 2023: Jepang Rebut 2 Gelar

dewi_putri March 27, 2023

Diskop.id – Rangkaian final Swiss Open 2023 telah berlangsung pada Minggu, 26 Maret 2023 di St Jakobshalle Basel. Simak hasil final Swiss Open 2023 dan rekapan hasilnya. Jepang merebut dua gelar juara.

Perwakilan dari Jepang membawa hasil apik di turnamen bergengsi BWF Super 300. Di final Swiss Open 2023 menciptakan beberapa kejutan, terutama pada sektor tunggal putra dan ganda putri.

Pada sektor ganda putri, Ayako Sakuramoto/Rena Miyaura yang merupakan pasangan dengan ranking 55 dunia asal Jepang, berhasil meraih gelar juara Swiss Open 2023. Ayako Sakuramoto/Rena Miyaura berhasil menjadi juara usai mengalahkan sesama wakil Jepang, Sayaka Hirota/Yuki Fukushima.

Kontingen Jepang sektor ganda putri ini tidak perlu susah mengeluarkan keringat untuk merebut kemenangan di final Swiss Open 2023. Pasalnya, sang lawan berstatus unggulan keenam Sayaka Hirota/Yuki Fukushima, memutuskan untuk mundur dan tidak bertanding di partai puncak.

Dengan begitu, Ayako Sakuramoto/Rena Miyaura dinyatakan menjadi pemenang walkover dan juara Swiss Open 2023 ganda putri. Kemenangan ini menjadi gelar juara pertama untuk Ayako Sakuramoto/Rena Miyaura, setelah di ajang Canada Open 2022.

Sedangkan, pada sektor tunggal putra dengan status unggulan ketiga yakni Chou Tien Chen mengejutkan penggemar. Chou Tien Chen ditaklukkan oleh Koki Watabane asal Jepang. Kemenangan Koki Watabane ini melalui rubeer game dengan perolehan skor 20-22, 21-18, 12-21.

tunggal putra Jepang juara Swiss Open 2023

Kekalahan Chou Tien Chen dari Koki Watabane ini membuatnya gagal mengakhiri puasa gelar. Kali terakhir Chou Tien Chen ketika tampil di laga kandang pada ajang Taipei Open 2022. Sementara, Koki Watanabe meraih gelar juara pertama sejak tahun 2019.

Kali terakhir Koki Watanabe membawa gelar juara yakni di Osaka International Challenge 2019. Kemenangan Koki Watanabe dan Ayako Sakuramoto/Rena Miyaura, menjadi penegas Jepang mendominasi di Swiss Open 2023.

Terdapat tiga gelar juara lain yang jatuh kepada ganda putra India yakni Chirag Shetty/Satwiksairaj Rankireddy, tunggal putri Thailand yakni Pornpawee Chocuwong, dan ganda campuran China yakni Wei Ya Xin/Jiang Zhen Bang.

Indonesia Tumbang, Rionny Mainaky Tak Puas

Di sisi lain, perwakilan Indonesia gagal melanjutkan pencapaian di Swiss Open 2023. Pasalnya, perwakilan Indonesia tak ada yang tersisa di partai final. Dua wakil di semifinal tumbang.

Sedangkan pada Swiss Open 2022, Indonesia meraih gelar juara dari sektor tunggal putra Jonathan Christie dan Muhammad Rian Ardianto/Fajar Alfian  dari sektor ganda putra.

Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PP PBSI yakni Rionny Mainaky mengaku tak puas karena Indonesia tak membawa gelar juara di Swiss Open 2023. Padahal di tahun sebelumnya, Indonesia berhasil membawa dua gelar juara.

Rionny Mainaky menyebut Fadia/Apriyani dan Gregoria sudah tampil dengan maksimal hingga bisa ke babak semifinal. Namun disayangkan, Apriyani mundur lantaran cedera bahu. Sedangkan, Gregoria menurutnya tak bisa memanfaatkan peluang untuk lolos ke final.

Dikatakan Rionny Mainaky, Greogoria harusnya mempunyai peluang namun di poin-poin tua gim ketiga, Gregoria dinilai banyak melakukan kesalahan. Sehingga, banyak memberikan poin untuk lawan. Rionny menyebut Gregoria harus lebih pintar dalam menguasai lapangan.

Rionny Mainaky pun menyebut catatan untuk perwakilan bulu tangkis Indonesia di Swiss Open 2023 adalah banyak pemain yang cedera. Pemain yang cedera di antaranya adalah Rinov cedera di tangan, Chico cedera di engkel kaki, dan Apriyani di bahu.

Saat persiapan di Jakarta, seluruh pemain dipastikan dalam kondisi fit. Setelah gagal di Swiss Open 2023, Rionny berharap pemain dapat lebih fokus pada turnamen berikutnya yakni Spain Masters 2023 di Spanyol.

Spain Masters 2023 ini akan digelar pada 28 Maret hingga 2 April 2023.

Berikut di bawah ini adalah rekapan hasil final Swiss Open 2023:

Rekapan Hasil Final Swiss Open 2023

  • Ganda Putri: Ayako Sakuramoto/Rena Miyaura (Jepang) vs Sayaka Hirota/Yuki Fukushima (Jepang) – Walkover
  • Ganda Putra: Tan Qiang/Ren Xiang Yu (China) vs Chirag Shetty/Satwiksairaj Rankireddy (India) – Skor: 19-21, 22-24
  • Tunggal Putri: Mia Blichfeldt (Denmark) vs Pornpawee Chocuwong (Thailand) – Skor: 16-21, 18-21
  • Ganda Campuran: Wei Ya Xin/Jiang Zhen Bang (China) vs Lai Shevon Jemie/Goh Soon Huat (Malaysia) – Skor: 21-17, 19-21, 21-17
  • Tunggal Putra: Koki Watanabe (Jepang) vs Chou Tien Chen (Taiwan) – Skor: 22-20, 18-21, 21-12

Itulah, ulasan mengenai hasil final Swiss Open 2023 yang digelar pada Minggu, 26 Maret 2023. Di mana Jepang membawa dua gelar juara.

Baca Juga:

Artikel Terkait