Home » Terbaru » Agama » Niat Puasa Nifsu Syaban: Bacaan Arab, Latin dan Artinya 2023

Niat Puasa Nifsu Syaban: Bacaan Arab, Latin dan Artinya 2023

wisnu February 22, 2024

Malam Nifsu Syabah sebentar lagi tiba dan menjadi kesempatan bagi umat muslim untuk meningkatkan ketaatan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Salah satu amalan yang dapat dijalankan adalah berpuasa dan tentu banyak yang sedang mencari niat puasa Nifsu Syaban.

Sebelum datangnya Ramadhan, Nifsu Syaban atau hari ke 15 bulan Syaban menjadi malam yang sangat istimewa untuk memperoleh pahala yang lebih banyak. Hukum mengamalkan Nifsu Syaban adalah sunnah.

Namun bagi yang ingin mendapatkan pahala di siang hari bisa dengan menjalankan puasa Sya’ban. Semua informasi tentang kapan puasa Nifsu Sya’ban beserta niatnya akan dijelaskan pada ulasan berikut.

Deretan Keistimewaan Puasa Nisfu Syaban Sebagai Amalan Ibadah yang Sangat Baik Untuk Dikerjakan

Deretan-Keistimewaan-Puasa-Nisfu-Syaban-Sebagai-Amalan-Ibadah-yang-Sangat-Baik-Untuk-Dikerjakan

Dengan segala kebaikan di bulan Nisfu syabanmenjadi salah satu cara untuk memperbaiki amalan maupun ibadah. Pasalnya ada beberapa hal yang menjadi dasar bahkan telah dijelaskan melalui riwayat bahwa Rasulullah sering menjalankan ibadah puasa di bulan Syaban.

Maka pada hadits riwayat an Nasa’i yaitu;

Bulan Sya’ban adalah bulan di mana manusia mulai lalai yaitu di antara bulan Rajab dan Ramadhan. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Maka dari itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan.”

Berikut ini merupakan deretan keistimewaan puasa Nisfu syaban yang dapat diketahui di artikel diskop.id kali ini sebagai berikut.

1. Mendapatkan Pengampunan Dosa

Salah satu keisitmewaan dari puasa Nisfu Syaban yaitu mendapatkan pengampunan dosa. Hal tersebut terdapat pada hadits riwayat Ad-Dailami, Al-Baihaqy dan Imam Asakir dimana rasulullah SAW mengatakan:

خَمْسُ لَيَالٍ لَا تُرَدُّ فِيْهِنَّ الدَّعْوَةُ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبَ وَلَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ وَلَيْلَةُ الجُمْعَةِ وَلَيْلَتَيِ العِيْدَيْنِ

Artinya: “Ada lima malam ketika doa tidak tertolak pada malam-malam tersebut, yaitu malam pertama bulan Rajab, malam Nisfu Syaban, malam Jumat, malam Idul Fitri, dan malam Idul Adha.”

2. Memperoleh Syafaat Rasulullah SAW

Syafaat Rasulullah SAW merupakan suatu anugrah dan pertolongan yang diberikan oleh Allah SWT kepada hamba-Nya agar dijauhi oleh siksaan api neraka.

Syekh Nawawi Al-Bantai mengatakan:

وَالثَّانِي عَشَرَ صَوْمُ شَعْبَانَ، لِحُبِّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صِيَامَهُ. فَمَنْ صَامَهُ نَالَ شَفَاعَتَهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya: “Puasa sunah yang kedua belas adalah puasa Syaban karena kecintaan Rasulullah SAW terhadapnya. Karenanya siapa saja yang memuasainya, maka ia akan mendapat syafaat beliau di hari kiamat.”

3. Tercatat ke Laporan Amal

Selanjutnya keistimewaan dari berpuasa di bulan Nisfu Syaban adalah mendapatkan amal baik yang dicatat oleh oleh malaikat yang sedang sibuk menyampaikan catatan amalan umat manusia kepada Allah SWT.

Dalam Hadits Riwayat An-Nasai, Ibnu Khuzaimah dan Abu dawud berkata:

عن أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ، قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، لَمْ أَرَكَ تَصُومُ شَهْرًا مِنَ الشُّهُورِ مَا تَصُومُ مِنْ شَعْبَانَ. قَالَ: ذَاكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ، وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ، فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ. (رواه النسائي وأبو داود وابن خزيمة. صحيح)

Artinya: “Diriwayatkan dari Usamah bin Zaid RA: Aku berkata: ‘Wahai Rasulullah, saya tidak pernah melihat Anda berpuasa satu bulan dari berbagai bulan sebagaimana puasa Anda dari bulan Syaban.’ Beliau menjawab: ‘Syaban itu bulan yang dilupakan manusia di antara Rajab dan Ramadhan.”

Maka dari itu, saat hendak menjalankan puasa Nisfu Syaban perlu memperbanyak doa dan mengamalkannya dengan meminta ampunan dari dosa kepada Allah SWT.

Baca Juga: Doa dan Amalan Nisfu Syaban Sesuai Sunnah, Baca Lengkap!

Belum Tahu Doanya? Begini Niat Puasa Nisfu Syaban Dengan Arab dan Huruf Latin 2023

Belum-Tahu-Doanya-Begini-Niat-Puasa-Nisfu-Syaban-Dengan-Arab-dan-Huruf-Latin-2023

Dengan berbagai keutamaan yang sangat baik pada bulan Nisfu Syaban, dengan berpuasa akan dapat mengamalkan sunnah-sunnahnya. Berikut ini adalah bacaan niat puasa Nisfu Syaban di bawah ini.

Niat Puasa Nisfu Syaban

نَوَيْتُ الصَّوْمَ فِى النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ سُنَّةَ اللَّهِ تَعَالَى

Nawaitush sahuma fin nishfi min sya’bana sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: “Saya berniat puasa sunnah pada pertengahan bulan Syaban karena Allah SWT.”

Untuk melaksanakan niat puasa Nisfu Syaban tentu tidak seperti pada puasa wajib yang bisa dilakukan seperti puasa senin-kamis dan jenis puasa lainnya. Selama belum melakukan hal yang membatalkan puasa, seorang muslim bisa berniat untuk puasa Syaban di siang hari.

Doa Pada Malam Nisfu Sya’ban

Selain itu ada juga doa malam Nisfu Syaban yang dapat diamalkan secara langsung dengan membacanya. Berikut ini adalah doanya di bawah ini.

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى اللهُمَّ إِنِّيْ اللَّهُمَّ اِنِّى أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ وَ اْلمُعَافَاةَ الدَّائِمَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَة

Allaahumma innaka ‘afuwwung- kariimung-tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii. Allaahumma innii asalukal ‘afwa wal ‘aafiyata wal mu’aafaataddi imati fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Pemurah, Engkau suka memaafkan maka maafkanlah aku. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon maaf, afiyah, dan keselamatan yang terus-menerus dalam agama, dunia serta akhirat.”

Baca Juga: Shalat Nisfu Syaban Berapa Rakaat dan Tata Caranya Lengkap!

Artikel Terkait