Home » Terbaru » Agama » Shalat Nisfu Syaban Berapa Rakaat dan Tata Caranya Lengkap!

Shalat Nisfu Syaban Berapa Rakaat dan Tata Caranya Lengkap!

wisnu February 29, 2024

Malam Nisfu Syaban telah tiba jatuh pada tanggal 7-8 Maret 2023 yang merupakan amalan yang selalu dilakukan oleh umat muslim. Tetapi ada yang masih bertanya tentang shalat Nisfu Syaban berapa rakaat? semuanya bisa diketahui secara lengkap disini.

Malam Nisfu Syaban merupakan tanggal 15 bulan Syaban yang terdapat pada kalender Hijriyah. Muslim dianjurkan untuk berdoa dan mengamalkan sunnah-sunnah untuk memperoleh permohonan dan ampuan kepada Allah SWT.

Dapat dikatakan bahwa bulan Syaban merupakan bulan yang begitu istimewa karena terdapat banyak peristiwa besar yang telah terjadi dalam sejarah umat Islam. Maka dari itu, malam Nisfu Syaban sering disebut dengan bulan yang penuh rahmat.

Hukum dan Manfaat Shalat yang Disunnahkan Pada Malam Nisfu Syaban, Lengkap!

Hukum-dan-Manfaat-Shalat-yang-Disunnahkan-Pada-Malam-Nisfu-Syaban-Lengkap

Sebelum mengetahui keutamaan pada Shalat Nisfu Syaban, perlu diketahui bahwa pelaksaan shalat pada malam Nisfu Sya’ban adalah Sunnah. Rasulullah pun menganjurkan kepada umat Islam untuk memperbanyak amalan sunnah pada malam istimewa tersebut.

Hal tersebut dikutip pada cetak buku dengan judul Berkah di Bulan-bulan Hijrah yang diterbitkan oleh Pustaka Al-Kautsar (2015) dimana menyebutkan dari Aisyah RA seungguhnya Rasulullah pernah berkata “Apakah engkau mengetahui malam ini?”, Aisyah pun menjawab, “Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui.”

Kemudian Rasulullah bersabda “Malam ini merupakan malam Nisfu Sya’ban, sesungguhnya Allah melihat dan mencari hamba-Nya yang meminta ampunan di malam ini, maka yang meminta ampun pun akan diampuni dan Dia akan memberi rahmat kepada orang yang meminta rahmat dan meninggalkan orang yang dengki dan iri dalam keadaannya.” (HR. Al-Baihaqi)

Ada pun keutamaan malam Nisfu Syaban begitu penting untuk dilakukan. Jika umat Islam menyadari keutamaannya tentu akan lebih bersemangat menjalankan amalan sunnah dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT tersebut.

Malam Nisfu Syaban termasuk ke dalam bulan yang istimewa yang memiliki banyak kebaikan dan rahmat dari Allah SWT. Puncaknya pada malam ke 15 bulan Syaban.

Begitu istimewanya karena malam Nisfu Syaban menjadi salah satu yang dijanjikan Allah dari segala ampunan sebesar-besarnya dan juga pahala yang berlipat-lipat bagi umat Islam yang telah melaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Pertanyaan yang Sering Muncul! Sholat Nisfu Syaban Berapa Rakaat? Sekaligus Tata Cara Shalatnya!

Pertanyaan-yang-Sering-Muncul-Sholat-Nisfu-Syaban-Berapa-Rakaat-Sekaligus-Tata-Cara-Shalatnya

Seperti shalat sunnah lainnya, khusus shalat Nifsu Sya’ban juga memiliki 2 rakaat dimana pada rakaat pertamanya membaca surat Al-Fatihah dan kemudian dianjurkan membaca surat Al Kafirun dan rakaat keduanya bisa membaca Al-Ikhlas.

Kemudian untuk tata cara Sholat Nisfu Sya’ban bisa ikuti beberapa langkah seperti sholat sunnah pada umumnya yang akan dibagikan oleh diskop.id berikut.

1. Membaca Niat Sholat Nisfu Sya’ban Arab

Untuk niatnya bisa dilafadz kan dengan bacaan berikut ini:

اُصَلِّىْ سُنَّةً نِصْفُ شَعْبَانَ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَ

Usholli sunnatan nisfu sya’baana rak’ataini lillahi ta’ala.

Artinya: “Saya shalat sunnat Nisfu Sya’ban dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

2. Takbiratul Ihram Berserta Doa Iftitah

Setelah melakukan takbir, kemduian membaca doa iftitah yang dapat dilafadz kan dalam hati sebagai berikut:

اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنْ خَطَايَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنْ الدَّنَسِ اللَّهُمَّ اغْسِلْنِي مِنْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ

Allahumma baaid baynii wa bayna khotoyaaya kamaa baa’adta baynal masyriqi wal maghrib. Allahumma naqqinii min khotoyaaya kamaa yunaqqots tsaubul abyadhu minad danas. Allahummagh-silnii min khotoyaaya bil maa-iwats tsalji wal barod.

Artinya: Ya Allah, jauhkan lah antara aku dan kesalahan-kesalahanku, sebagaimana Engkau menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkan lah aku dari kesalahan-kesalahanku sebagaimana baju putih dibersihkan dari kotoran. Ya Allah, cuci lah aku dari kesalahan-kesalahanku dengan air, salju dan embun.

3. Membaca Surat Al-Fatihah dan Surat Pendek

Kemudian, baca surah Al Fatihah dengan dilafadz kan di dalam hati. Baca dengan perlahan dan sungguh-sungguh tanpa ada sedikitpun kesalahan.

Setelah membaca surat Al Fatihah bisa dilanjutkan dengan membaca surat pendek. Diutamakan membaca surat Al Kafirun.

Baca Juga: Kapan Puasa Nisfu Syaban ?

4. Ruku dengan tuma’ninah

Selanjutnya melakukan ruku dengan tuma’ninah dan berikut bacaannya;

سُبْحَانَ رَبِّىَ الْعَظِيمِ

Subhaana robbiyal ‘adziimi wabihamdih (sebanyak 3 kali.)

Artinya: “Maha suci Tuhan yang Maha Agung serta memujilah aku kepada-Nya.”

5. I’tidal dengan tuma’ninah

Setelah ruku, lalu melakukan gerakan I’tidal dengan melafalkan bacaan:

سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ

Sami Allahu liman hamidah.

Artinya: “Allah mendengar orang-orang yang memuji-Nya.”

6. Melakukan Sujud

Berikut bacaan saat melakukan sujud dengan melafalkan di bawah ini;

سُبْحَانَ اللهِ والْحَمْدُ لِلَّهِ ولا إِلَهَ إِلَّا اللهُ واللهُ أَكْبَرُ

Subhaanallaah wal hamdu lillaahi wa laa ilaaha illallaahu wallaahu Akbar.

Artinya: Mahasuci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha besar.

7. Duduk di antara dua sujud

Setelah melakukan gerakan duduk di antara dua sujud, bacalah di dalam hati;

رب اغْفِرلي وَارْحَمْنِى واجبرني وَارْفَعْنِي وَارْزُقْنِى وَاهْدِنِى وَعَافِنِى وَاعْفُ عَنِّى

Robbighfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii warzuqnii wahdinii wa’aafinii wa’fu ‘annii.

Artinya: “Ya Allah ampunilah aku, rahmatilah aku, perbaikilah keadaanku, tinggikanlah derajatku, berilah rezeki dan petunjuk untukku”

8. Duduk tahiyat akhir

Setelah melakukan duduk di antara dua sujud, lalu sujud kembali dan lakukan rakaat kedua dengan membaca surat pendek lain seperti Al-Ikhlas. Jika sudah pada langkah melakukan duduk di antara dua sujud kembali, lakukan duduk tahiyat akhir.

Bacalah doa duduk tahiyat akhir sebagai berikut;

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ , أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ , اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ

وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

At tahiyyaatul mubaarakaatush shalawaatuth thoyyibaatulillaah. as salaamu’alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullaahi wabarakaatuh, assalaamu’alaina wa’alaa ibaadillaahishaalihiin. asyhaduallaa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna muhammad rasuulullaah.

Allaahumma shalli’alaa muhammad, wa’alaa aali muhammad. kamaa shallaita alaa ibraahiim wa alaa aali ibraahiim. wabaarik’alaa muhammad wa alaa aali muhammad. kamaa baarakta alaa ibraahiim wa alaa aali ibraahiim, fil’aalamiina innaka hamiidum majiid.

Artinya: “Ya Allah, limpahi lah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad, seperti rahmat yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpahi lah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya, seperti berkah yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya, Engkau lah Tuhan yang sangat terpuji lagi sangat mulia diseluruh alam.”

Dengan menanyakan berapa rakaat pada Shalat Nisfu Syaban juga bisa mengetahui tata cara sholatnya lengkap. Semoga ibadah yang dilakukan pada malam Nisfu Syaban dapat dijabah oleh Allah SWT.

Baca Juga: Doa dan Amalan Nisfu Syaban Sesuai Sunnah, Baca Lengkap!

Artikel Terkait