Home » Terbaru » Bisnis » Beragam Jenis Bunga untuk Bouquet, Bisa Jadi Bisnis Menjanjikan!

Beragam Jenis Bunga untuk Bouquet, Bisa Jadi Bisnis Menjanjikan!

dewi_putri February 27, 2024

Diskop.id – Banyak sekali jenis bunga untuk bouquet yang biasa digunakan oleh florist. Kombinasi jenis bunga dan warna-warna yang indah bisa menghasilkan bouquet yang cantik dan menarik.

Bouquet yang cantik tentu saja bisa memiliki daya tarik dan harga jual yang tinggi. Banyak orang rela merogoh kocek yang lumayan tinggi demi memberikan bouquet bunga terbaik untuk orang tersayang. Hal ini menjadikan bisnis bunga bisa dikatakan sebagai salah satu usaha yang menjanjikan.

Sebelum memulai suatu bisnis, tentu saja kita perlu mempelajari dan menguasai perihal bisnis yang akan kita jalankan. Begitu pula dengan kalian yang tertarik dan ingin terjun ke dunia florist.

Maka dari itu, diskop.id akan memberikan informasi kepada kalian mengenai jenis-jenis bunga yang biasa digunakan oleh para florist untuk rangkaian bouquet bunga mereka.

Informasi ini juga berguna untuk kalian yang ingin memberikan bouquet bunga bagi orang tersayang agar tidak salah dalam memilih bouquet bunga.

Jenis-jenis Bunga untuk Bouquet

Langsung saja, yuk simak informasi mengenai jenis-jenis bunga cantik yang biasa digunakan dalam rangkaian atau bouquet di bawah ini.

Bunga Mawar

Kalian pasti sudah tidak asing dengan jenis bunga yang satu in ikan? Bunga mawar merupakan jenis bunga yang paling sering di temui dalam rangkaian bunga.

Tak jarang, bunga mawar menjadi bunga utama di dalam suatu rangkaian bunga. Hal ini karena bunga mawar memiliki banyak sekali warna-warna cerah nan menawan, mulai dari warna merah, putih, kuning, peach, pink, dan masih banyak lagi.

Selain warna-warnanya yang cerah dan cantik, bunga mawar juga memiliki aroma yang wangi. Hal ini menjadi alasan utama mengapa orang-orang banyak sekali yang menyukai bunga mawar.

Hati-hati jika kalian ingin membuat rangkaian bunga dari mawar karena bunga mawar memiliki duri yang cukup tajam di bagian  batangnya. Duri ini biasanya akan dibersihkan terlebih dahulu oleh para florist sehingga tidak akan melukai para pelanggan.

Selain memiliki nilai jual yang tinggi sebagai bunga potong, bunga mawar juga biasa diambil ekstraknya untuk dijadikan parfum.

Harga bunga mawar potong per tangkai biasanya di bandrol mulai dari 15.000,- rupiah. Harga ini biasanya akan berbeda-beda disesuaikan dengan kualitas, jenis, dan warna dari bunga mawar tersebut.

Bunga Lily

Lilium merupaka nama latin dari bunga ini. Bunga lily menjadi salah satu bunga yang paling popular di seluruh penjuru dunia.

Sama seperti bunga mawar, bunga lily memiliki bermacam-macam warna yang cantik mulai dari warna putih, pink, kuning, hingga merah.

Bunga lily memiliki ciri-ciri kelopak bunga yang lebar mekar dengan gradasi warna yang cantik. Selain itu, bunga lily juga memiliki aroma wangi yang kuat.

Bunga lily memiliki banyak arti tergantung dengan warna dari bunga itu sendiri. Namun, secara keseluruhan biasanya bunga lily diartkan sebagai lambang dari kesucian dan kemuliaan. Karena maknanya itulah, biasanya bunga lily sering diberikan kepada pasangan ataupun orang tua.

Harga bunga lily bisa dibilang cukup tinggi. Biasanya dibandrol mulai dari 90.000,- rupiah per tangkai.

Bunga Gerbera Daisy

Bunga gerbera diketahui berasal dari wilayah Afrika Selatan. Bunga ini masih satu keluarga dengan bunga aster, bunga matahari, dan bunga daisy.

Bunga gerbera memiliki ciri khas kelopak yang banyak dengan bentuk mekar bulat seperti matahari dengan warna-warna yang cerah. Karena bentuknya inilah bunga gerbera terlihat begitu elegan.

Memiliki beragam warna, mulai dari warna merah, pink, putih, kuning, orang dan masih banyak lagi. Warna yang beragam dipadukan dengan bentuk yang elegan menjadikan bunga ini begitu indah saat dirangkai.

Umumnya, bunga gerbera biasa dianggap sebagai lambang keindahan serta ketulusan.

Harga bunga gerbera biasanya dibandrol mulai dari 10.000,- rupiah. Rata-rata harga yang ditawarkan oleh florist berbeda-beda tergantung dari kualitas bunga tersebut.

Bunga Matahari

Bunga matahari memiliki nama latin Helianthus annuus. Memiliki bentuk yang bulat besar dengan warna kuning yang cerah, menjadikan bunga ini terlihat seperti matahari. Selain itu, bunga ini juga memiliki ciri khas selalu menghadap ke arah matahari.

Bunga matahari melambangkan kesetiaan atau kekaguman. Biasanya lebar kepala bunga matahari bisa mencapai 30 cm. Sama seperti bunga mawar, selain dijadikan bunga hias, ekstrak bunga matahari juga bisa dijadikan sebagai parfum.

Bunga matahari dikenal berasal dari Meksiko dan bunga ini biasa hidup di wilayah tropis maupun subtropis. Bunga matahri membutuhkan sinar matahri yang cukup serta tanah yang subur dan hangat agar pertumbuhannya maksimal.

Bunga matahari dihargai mulai dari 30.000,- rupiah. Harganya bisa lebih tinggi disesuaikan dengan lebar kepala bunga matahari itu sendiri.

Bunga Baby Breath

Bunga baby breath tidak kalah populer di kalangan pecinta bunga ataupun florist. Bunga ini memiliki bentuk yang unik. Berwarna putih kecil-kecil, bunga ini biasa dijadikan sebagai filler di dalam rangkaian bunga.

Memiliki nama latin Gypsophila paniculate, bunga baby breath dikenal sebagai lambang dari cinta abadi. Karena melambangkan cinta abadi, sering kali bunga ini diberikan kepada para ibu yang baru saja melahirkan buah hatinya.

Baby breath menjadi salah satu bunga yang penting bagi para florist karena bung aini cocok sekali di kombinasikan dengan berbagai macam bunga lainnya.

Biasanya bunga baby breath lebih sering ditemui dalam rangkaian bunga mawar karena perpaduan keduanya menghasilkan rangkaian yang begitu manis dan terlihat mewah.

Bunga baby breath biasanya dibandrol dengan harga mulai dari 35.000,- rupiah.

Itu dia beberapa jenis bunga yang biasa ada di dalam bouquet bunga. Jika kalian ingin memulai bisnis florist, berikut ini kami akan memberikan beberapa tips agar kalian bisa memiliki rangkaian bunga yang menarik banyak pelanggan.

Tips Menjalankan Bisnis Florist

ilustrasi bouquet bunga

Perhatikan Kualitas Bunga

Kualitas dari bunga yang kalian jual akan menjadi pertimbangan utama bagi para pelanggan. Usahakan untuk memilih bunga dengan kualitas yang baik serta mempertahanlan kualitas dengan cara selalu melakukan quality control.

Bunga dengan kualitas yang baik tentu saja akan menghasilkan rangkaian yang lebih indah dan memiliki harga jual yang tinggi.

Belajar Merangkai Bunga

Bagi kalian yang baru ingin memulai bisnis di bidang florist, disarankan untuk selalu melakukan latihan merangkai bunga. Hal ini bertujuan agar bouquet bunga yang kalian buat akan memiliki bentuk yang rapih dan indah.

Jika memiliki dana berlebih, ada baiknya sesekali kalian mengambil kelas khusus merangkai bunga karena ilmu-ilmu yang di dapat pasti akan sangat berguna bagi kelangsungan bisnis kalian.

Perpaduan Bunga

Perpaduan jenis bunga serta warna bunga menjadi salah satu hal utama yang akan menentukan bagus atau tidaknya suatu rangkaian bunga.

Tidak semua jenis bunga cocok untuk di padu padankan. Begitu juga warna yang dimiliki oleh masing-masing bunga. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk mempelajari trik perpaduan jenis dan warna bunga yang tepat.

Perpaduan jenis dan warna bunga yang tepat tentu saja akan menghasilkan bouquet bunga yang indah. Apalagi jika warna-warna bunga yang dipadukan beragam. Bouquet bunga yang dihasilkan bisa saja menjadi begitu cerah dan manis.

Baca Juga:

Artikel Terkait