Home » Terbaru » Tutorial » Tips Membeli Mobil Bekas untuk Pemula, Wajib Diperhatikan!

Tips Membeli Mobil Bekas untuk Pemula, Wajib Diperhatikan!

wisnu April 20, 2024

Diskop.id – Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan tepat untuk mendapatkan mobil dengan harga yang lebih terjangkau. Namun, perlu diperhatikan bahwa membeli mobil bekas juga membutuhkan kehati-hatian agar tidak salah pilih dan menyesal di kemudian hari. Oleh karena itu, tips membeli mobil bekas berkualitas yang perlu Anda perhatikan.

Membeli mobil bekas adalah pilihan yang baik untuk orang-orang yang ingin memiliki mobil tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Namun, membeli mobil bekas juga membutuhkan kehati-hatian dan pengetahuan yang cukup agar tidak menyesal di kemudian hari.

Tips Membeli Mobil Bekas untuk Pemula Agar Tidak Tertipu di Showroom Maupun Penjual Pribadi

Tips Membeli Mobil Bekas untuk Pemula Agar Tidak Tertipu di Showroom Maupun Penjual Pribadi

Sebelum membeli mobil bekas, pastikan untuk melakukan pemeriksaan kondisi mobil secara menyeluruh. Periksa mesin, kaki-kaki, sistem suspensi, sistem kelistrikan, dan interior mobil. Jangan ragu untuk membawa mekanik atau orang yang ahli dalam memeriksa mobil untuk membantu Anda memeriksa kondisi mobil.

Cek Eksterior Mobil Bekas yang Akan Dibeli

Cek Eksterior Mobil Bekas yang Akan Dibeli

ika Anda berencana untuk membeli mobil bekas, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi eksteriornya. Eksterior yang terawat dengan baik menunjukkan bahwa mobil tersebut telah dirawat dengan baik dan mungkin masih dalam kondisi bagus. Namun, bagaimana cara memeriksa kondisi eksterior mobil bekas sebelum membelinya? Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda.

1. Periksa cat mobil

Periksa kondisi cat

Periksa cat mobil dengan cermat untuk melihat apakah ada goresan atau kerusakan. Jika cat terlihat kusam atau terkelupas, itu mungkin menunjukkan bahwa mobil tersebut pernah terlibat dalam kecelakaan atau tidak dirawat dengan baik.

Periksa ketebalan cat

Anda juga perlu memeriksa ketebalan cat mobil. Jika cat terlihat terlalu tebal, itu bisa menunjukkan bahwa mobil tersebut telah dicat ulang. Namun, jika cat terlalu tipis, mobil mungkin pernah mengalami korosi atau karat.

2. Periksa bodi mobil

Periksa kerataan bodi

Periksa kerataan bodi mobil dengan teliti. Jika ada tonjolan atau bagian yang tidak rata, itu bisa menunjukkan bahwa mobil pernah terlibat dalam kecelakaan atau benturan.

Periksa kualitas las

Anda juga perlu memeriksa kualitas las pada bodi mobil. Jika las terlihat buruk, mobil tersebut mungkin pernah mengalami kerusakan serius.

3. Periksa kaca mobil

Periksa kaca depan

Periksa kaca depan mobil untuk melihat apakah ada goresan atau retak. Kaca depan yang rusak dapat mengganggu visibilitas Anda saat berkendara.

Periksa kaca samping

Periksa juga kaca samping mobil untuk melihat apakah ada goresan atau retak. Jika ada kerusakan pada kaca samping, Anda mungkin perlu mengganti seluruh kaca.

4. Periksa lampu mobil

Periksa lampu depan

Periksa lampu depan mobil untuk melihat apakah lampu masih berfungsi dengan baik. Pastikan bahwa lampu depan tidak ada yang mati atau pecah.

Periksa lampu belakang

Periksa juga lampu belakang mobil untuk melihat apakah lampu masih berfungsi dengan baik. Lampu belakang yang rusak dapat mengganggu visibilitas pengemudi di belakang mobil Anda.

5. Periksa velg dan ban mobil

Periksa velg

Periksa velg mobil untuk melihat apakah ada goresan atau kerusakan. Velg yang rusak dapat mengganggu kinerja mobil dan bahkan mengakibatkan kecelakaan.

Periksa ban

Periksa kondisi ban mobil dengan cermat. Pastikan bahwa ban tidak aus atau

terkikis, dan bahwa profil ban masih dalam kondisi yang baik. Jika ban terlihat kusam atau terkelupas, itu bisa menunjukkan bahwa mobil tersebut tidak dirawat dengan baik.

6. Periksa aksesori mobil

Periksa kualitas aksesori

Periksa kualitas aksesori mobil seperti spion, emblem, dan grill. Pastikan bahwa semua aksesori masih berfungsi dengan baik dan tidak ada yang hilang atau rusak.

Periksa kunci mobil

Pastikan bahwa Anda memiliki kunci mobil yang tepat dan bahwa kunci tersebut masih berfungsi dengan baik. Jika Anda harus mengganti kunci mobil, itu bisa menjadi biaya tambahan yang signifikan.

7. Periksa riwayat mobil

Periksa buku service

Periksa buku service mobil untuk melihat sejarah perawatan mobil tersebut. Pastikan bahwa mobil telah dirawat secara teratur dan tidak ada masalah yang perlu diperhatikan.

Periksa riwayat kecelakaan

Pastikan untuk memeriksa riwayat kecelakaan mobil tersebut. Jika mobil pernah terlibat dalam kecelakaan yang serius, itu bisa menunjukkan bahwa mobil tersebut memiliki masalah struktural yang serius.

8. Lakukan test drive

Setelah Anda memeriksa kondisi eksterior mobil, lakukan test drive untuk memeriksa kinerja mobil secara keseluruhan. Pastikan bahwa mobil berjalan dengan lancar dan tidak ada masalah yang perlu diperhatikan.

Cek Interior Mobil Bekas Menjadi Salah Satu Tips Membeli Mobil Bekas yang Wajib Dilakukan

Cek Interior Mobil Bekas

Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan yang tepat jika kamu ingin membeli mobil dengan harga yang lebih terjangkau. Namun, membeli mobil bekas juga memiliki risiko, terutama jika kamu tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang mobil. Salah satu hal yang perlu diperiksa sebelum membeli mobil bekas adalah interior mobil.

1. Periksa Kondisi Kursi

Kursi mobil adalah salah satu bagian interior mobil yang sering mengalami kerusakan. Pastikan kursi mobil dalam kondisi yang baik dan tidak rusak. Cek apakah ada sobekan atau retakan di kulit jok, bau yang tidak sedap, atau apakah ada bagian kursi yang sudah longgar atau aus.

2. Cek Dashboard

Dashboard mobil adalah tempat semua pengaturan penting yang terletak di depan pengemudi. Pastikan semua tombol di dashboard berfungsi dengan baik, tidak ada yang lepas atau rusak. Periksa juga indikator pada panel instrumen apakah ada yang tidak berfungsi.

3. Periksa Karpet

Karpet dalam mobil sering terkena kotoran dan debu. Pastikan karpet mobil dalam keadaan bersih dan tidak berbau. Periksa apakah ada bekas air atau cairan lain yang terserap ke dalam karpet, hal ini dapat menandakan adanya masalah dengan mobil.

4. Periksa AC dan Pemanas

Pastikan AC dan pemanas mobil berfungsi dengan baik. Nyalakan AC dan periksa apakah udara yang keluar cukup dingin. Periksa juga apakah pemanas dapat mengeluarkan udara yang cukup panas. Ini akan membantu kamu mengetahui apakah sistem AC dan pemanas mobil dalam kondisi baik.

5. Cek Bagasi

Pastikan bagasi dalam kondisi baik dan tidak rusak. Cek apakah ada bekas air atau kerusakan lain di bagasi. Ini akan membantu kamu mengetahui apakah bagasi mobil pernah terkena banjir atau kerusakan lainnya.

6. Periksa Sistem Audio

Pastikan sistem audio mobil berfungsi dengan baik. Nyalakan radio dan putar beberapa lagu untuk memastikan bahwa semua speaker berfungsi dengan baik. Periksa juga apakah tombol pada head unit berfungsi dengan baik.

7. Periksa Konsol Tengah

Konsol tengah adalah tempat untuk meletakkan minuman dan barang-barang kecil lainnya di dalam mobil. Pastikan konsol tengah dalam keadaan baik dan tidak rusak. Cek apakah ada sobekan atau retakan di dalam konsol tengah.

8. Periksa Lampu Dalam Mobil

Lampu dalam mobil penting untuk memberikan pencahayaan saat kamu berada di dalam mobil pada malam hari. Pastikan semua lampu dalam mobil berfungsi dengan baik. Cek apakah lampu dalam mobil cukup terang dan tidak ada lampu yang rusak.

9. Periksa Tali Pengaman

Pastikan semua tali pengaman dalam mobil berfungsi dengan baik. Cek apakah tali pengaman dapat ditarik dengan mudah.

10. Periksa Kondisi Jendela

Pastikan jendela mobil dalam keadaan baik dan tidak ada kerusakan. Cek apakah jendela dapat dibuka dan ditutup dengan mudah. Periksa juga apakah segel pada jendela masih dalam kondisi baik.

11. Periksa Kondisi Plafon

Plafon mobil adalah bagian yang sering terabaikan saat memeriksa interior mobil. Namun, plafon yang rusak dapat menandakan adanya masalah dengan mobil. Pastikan plafon dalam keadaan baik dan tidak ada kerusakan atau bau yang tidak sedap.

12. Cek Kondisi Peredam Suara

Peredam suara dalam mobil berfungsi untuk menyerap suara dari luar sehingga membuat perjalanan lebih nyaman. Pastikan peredam suara dalam keadaan baik dan tidak ada kerusakan atau sobekan.

13. Periksa Kondisi Stering Wheel

Sterring wheel adalah bagian yang sering digunakan saat mengemudikan mobil. Pastikan stereng mobil dalam kondisi baik dan tidak rusak atau tergores. Cek juga apakah tombol pada stereng mobil berfungsi dengan baik.

14. Periksa Kondisi Pintu

Pintu mobil harus mudah dibuka dan ditutup. Pastikan pintu dalam keadaan baik dan tidak ada kerusakan atau suara yang tidak wajar saat membuka atau menutup pintu.

15. Cek Kondisi Pengunci Pintu

Pengunci pintu adalah bagian penting dalam mobil untuk menjaga keamanan. Pastikan pengunci pintu dalam keadaan baik dan berfungsi dengan baik. Cek apakah semua pintu dapat dikunci dan dibuka dengan mudah.

Dengan memeriksa interior mobil dengan seksama, kamu dapat memastikan bahwa mobil bekas yang kamu beli dalam kondisi baik. Jangan ragu untuk bertanya pada penjual mobil tentang masalah interior mobil dan pastikan untuk mencoba mengemudikan mobil sebelum membelinya.

Membeli mobil bekas dapat menjadi pilihan yang baik untuk orang-orang yang ingin memiliki mobil tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Namun, membeli mobil bekas juga membutuhkan kehati-hatian dan pengetahuan yang cukup agar tidak menyesal di kemudian hari. Dengan mempertimbangkan tips-tips di atas, Anda dapat membeli mobil bekas dengan aman dan terhindar dari penipuan.

Artikel Terkait