Home » Terbaru » Tutorial » Cara Beli Pelatihan Prakerja 2023 yang Benar, Simak Disini

Cara Beli Pelatihan Prakerja 2023 yang Benar, Simak Disini

indah April 14, 2024

Program pengembangan kompetensi angkatan kerja ini kembali memberlakukan skema normal sehingga beberapa orang mungkin merasa bingung terkait perubahan yang terjadi. Diskop.id akan menyampaikan Cara Beli Pelatihan Prakerja 2023. Program Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja sasaran penerima yang berusia 18 tahun ke atas dan sedang tidak sekolah/kuliah.

Bantuan ini hanya akan diberikan sekali seumur hidup untuk peserta. Program ini resmi dibuka pada Jumat 17 Februari 2023 dan pengumuman kelulusan peserta kartu prakerja 2023 gelombang 48 disampaikan pada Sabtu, 25 Februari 2023. Dengan target hingga 1 juta peserta. Sebagai peserta dan pemegang Kartu Prakerja terpilih berhak menerima insentif.

Dana akan diterima secara otomatis jika akun telah terbaca oleh sistem setelah menyelesaikan pelatihan pertama, mengisi rating wadah pelatihan, dan memberikan ulasan pelatihan yang sudah disediakan.

Untuk Yang Lulus Simak Cara Membelinya Berikut Ini! Mudah! Cepat!

Untuk-Yang-Lulus-Simak-Cara-Membelinya-Berikut-Ini!-Mudah!-Cepat!

Progam Kartu Prakerja adalah program bantuan biaya pelatihan dan insentif bagi para pekerja/buruh yang dirumahkan, pencari kerja, serta pelaku usaha mikro dan kecil yang kehilangan pekerjaan dan/atau mengalami penurunan daya beli akibat pandemi Covid-19 serta pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Atau yang belum mendapatkan pekerjaan yang artinya masih menganggur.

Program Kartu Prakerja bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja, dan mengembangkan kewirausahaan. Berikut cara membeli pelatihan Prakerja jika sudah lulus seleksi:

  • Peserta harus memilih platform pelatihan yang ingin diikuti, seperti, Tokopedia, Bukalapak, SIAP Kerja, PINTAR, Pijar, karier.mu
  • Setelah itu, buka platform digital Tokopedia. Sementara, bagi yang belum punya platformnya bisa mengunduh terlebih dahulu.
  • Kemudian, pilih metode belajar di platform tersebut yang menawarkan dua cara yakni daring dan offline. Karena ingin mengikuti secara offline, pilihlah Kelas Offline.
  • Jangan Lupa. Perhatikan lokasi pelatihan di platform tersebut dan pilih lokasi sesuai kota peserta.
  • Lalu, pilih pelatihan sesuai minat peserta.
  • Sebelum membeli pelatihan, perhatikan rentang usia yang bisa diikuti, mode pelatihan, dan syarat pendidikan. Ini untuk memastikan peserta bisa mengikuti pelatihan sampai kelas selesai.
  • Perhatikan Detail lokasi pelatihan offline yang dipilih juga bisa dilihat untuk memastikan jarak, waktu, dan aksesibilitas dari lokasi peserta ke tempat pelatihan.
  • Lalu, Pilih jadwal kelasnya dan pastikan peserta bisa hadir.
  • Setelah itu, Jika sudah memilih, masukan nomor Kartu Prakerja di dashboard akun yang telah teregistrasi.

Cara Pilih Pelatihan Prakerja 2023! Simak Caranya Dibawah Ini! Lengkap!

Cara-Pilih-Pelatihan-Prakerja-2023!-Simak-Caranya-Dibawah-Ini!-Lengkap!

Berdasarkan Perpres (Peraturan Presiden) No. 113 Tahun 2022 dan Permenko (Peraturan Menteri Koordinasi) Perekonomian No. 17 Tahun 2022, Prakerja bukan lagi bagian dari bansos (bantuan sosial). Dikarenakan pemberlakuan PSBB yang membatasi pergerakan, dulunya pelatihan diadakan secara daring. Namun, dilansir dari laman resmi prakerja.go.id, di tahun 2023, peserta dapat memilih jenis pelatihan sesuai dengan kebutuhan sesuai skema normal, diantaranya berikut ini:

1. Pelatihan Online

Pelatihan berbasis online ini menggunakan perangkat digital seperti smartphone atau komputer yang dapat terkoneksi dengan jaringan internet. Pelatihan online tidak mengharuskan peserta untuk melakukan tatap muka di lokasi. Melainkan, Peserta dapat menentukan tempat di mana saja sesuai jadwal. Contoh pelatihan jenis ini adalah webinar dan learning management system (LMS).

2. Pelatihan Offline

Peserta Prakerja 2023 yang terdaftar sebagai pelatihan offline, wajib dan harus menghadiri kegiatan yang ditentukan oleh masing-masing lembaga penyedia jasa. Sesuai dengan lokasi dan jadwal yang sudah disampaikan melalui platform maupun media sosial. Tidak boleh dilakukan secara daring.

3. Pelatihan Bauran (Hybrid)

Gabungan metode pelatihan tatap muka dan dan daring tetap membutuhkan perangkat elektronik dengan akses internet. Peserta juga harus datang ke tempat yang sudah diatur oleh lembaga pelatihan.

Kategori pelatihan yang bisa dibeli dengan saldo Prakerja, mulai dari keterampilan teknis hingga membangun kemampuan skills. Melalui situs resminya, program ini di bawah naungan Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian ini juga menyarankan peserta mengunjungi platform untuk menimbang topik sesuai minat. Serta dapat melihat rekomendasi di dashboard Prakerja.

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja! Simak Dengan Seksama Penjelasan Dibawah Ini!

Syarat-Pendaftaran-Kartu-Prakerja!-Simak-Dengan-Seksama-Penjelasan-Dibawah-Ini!

Ternyata, tidak semua orang atau masyarakat yang bisa mendaftar Prakerja. Melainkan, ada syarat-syarat yang diberikan. Lihat syarat-syaratnya dibawah ini untuk yang ingin mendaftar Prakerja.

  • Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18 – 64 tahun dibuktikan dengan KTP asli
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal apapun. 
  • Posisi Anda sekarang adalah sebagai pencari kerja atau buruh yang terkena PHK, atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja 
  • Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD 
  • Pemerintah hanya mengizinkan adanya maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Yuk Intip Berapa Besaran Insentif Pengguna Kartu Prakerja 2023! Lebih Besar Dari Gelombang Sebelumnya! Hanya Dibawah Ini!

Yuk-Intip-Berapa-Besaran-Insentif-Pengguna-Kartu-Prakerja-2023!-Lebih-Besar-Dari-Gelombang-Sebelumnya!-Hanya-Dibawah-Ini!

Saat ini, Pemerintah telah membuka program Kartu Prakerja Gelombang 50. Sebelumnya, pendaftaran pertama telah dibuka pada 17 Februari 2023 dengan jumlah kuota 10 ribu peserta. Kuota ini akan terus bertambah dengan menyesuaikan jumlah lembaga pelatihan pada ekosistem Program Kartu Prakerja. Lalu, berapa besaran insentif program kartu Prakerja?

Yang harus diketahui, bahwa sistem pelatihan Prakerja 2023 tidak lagi berorientasi pada bansos (bantuan sosial). Sehingga masyarakat yang terdaftar sebagai peserta PKH (Program Keluarga Harapan), BSU (Bantuan Subsidi Upah), dan BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro) diperbolehkan menjadi penerima Prakerja Gelombang 50 dan gelombang seterusnya. Kabar baik bukan?

Sebagai peserta dan pemegang Kartu Prakerja yang terpilih berhak menerima insentif. Dana akan dterima secara otomatis jika akun telah terbaca oleh sistem setelah menyelesaikan pelatihan pertama, mengisi rating wadah pelatihan, dan memberikan ulasan pelatihan yang disediakannya. 
Peserta Kartu Prakerja gelombang 50 akan menerima insentif sebesar Rp 4.200.000. Jumlah ini terdiri dari:
  • Biaya wajib untuk mengikuti pelatihan sejumlah Rp 3.500.000. Yaitu Insentif biaya untuk mencari kerja seperti biaya transportasi yang didapatkan 1 (satu) kali sejumlah Rp 600.000.
  • Insentif pengisian survei evaluasi yang biasanya dilakukan per bulan, sejumlah Rp 50.000 yang akan diberikan maksimal 2 (dua) kali.

Pada program Prakerja sebelumnya peserta hanya mendapat bantuan dengan jumlah total Rp 3.500.000. Jumlah total bantuan kerja ini terdiri atas bantuan biaya pelatihan Rp 1.000.000, insentif setelah mengikuti pelatihan selama empat kali dengan total Rp 2.400.000, dan insentif pengisian survei sejumlah Rp 150.000. Yang artinya gelombang yang dibuka saat ini, insentifnya lebih besar dari gelombang sebelumnya.

Baca Juga:

Artikel Terkait