Home » Terbaru » Teknologi » Ernie Bot Baidu Buatan China yang Menjadi Saingan ChatGPT

Ernie Bot Baidu Buatan China yang Menjadi Saingan ChatGPT

wisnu February 19, 2024

Dapat dikatakana bahwa tahun ini merupakan tahunnya Chatbot dengan basis Artificial Intelligence (AI) yang sedang digandrungi pengguna Internet. Salah satunya China yang tidak ingin ketinggalan dengan menamakannya Erni Bot.

Baidu sebagai mesin pencarian raksasa asal China juga ikut memamerkan chatbot buatan mereka yang menjadi pesaing chatGPT. Persaingan sehat ini tentu akan berdampak bagi banyak orang yang bisa mendapatkan banyak pilihan untuk menggunakan AI.

Chatbot buatan OpenAI tentu tidak boleh menganggap remeh karena Ernie Bot siap menjadi pesaing hebat kedepannya. Untuk detail lebih lengkapnya tentang AI satu ini dapat ditelusuri lebih lengkap di bawah ini.

Pesaing Baru ChatGPT? Perkenalkan Ernie Bot Buatan Mesin Pencarian Raksasa Baidu Asal China

Pesaing-Baru-ChatGPT-Perkenalkan-Ernie-Bot-Buatan-Mesin-Pencarian-Raksasa-Baidu-Asal-China

Ernie Bot telah resmi dirilis dan dipresentasikan langsung di kantor pusat Baidu, Beijing. Ini juga bertepatan setelah dua hari peluncuran Alphabet Inc dari Google yang merilis serangkaian alat AI yang berguna untuk email, cloud dan kolaborasinya.

Mungkin banyak yang belum mengetahui tentang Ernie Bot yang digadang-gadang menjadi pesaing sengit. Enhanced Representation through Knowledge Integration (Ernie) dimana telah dikembangkan oleh Baidu sendiri sejak satu dekade terakhir.

Namun perilisan awal dimulai pada tahun 2019 dan kini telah dipatenkan dan digunakan secara resmi pada tahun 2023. Bahkan CEO Baidu, Robin Li mengklaim bahwa versi terbaru dari chatbot ini hampir setara dengan GPT-4 milik OpenAI yang baru-baru ini dirilis.

Chatbot satu ini langsung dipamerkan oleh Li pada konferensi pers yang diadakan di Beijing dan disiarkan secacara langsung melalui platform YouTube. Akan tetapi, justru banyak yang kecewa dengan chatbot satu ini, lantaranya hanya menampilkan video presentasi yang telah direkam sebelumnya.

Karena demonstrasi tersebut dianggap tidak memuaskan, saham Baidu mengalami penurunan drastis hingga 10%. Dalam keterangannya, Ernie Bot masih dianggap belum sempurna, tapi akan sangat berguna untuk memenuhi permintaan banyak orang.

Bahkan hebatnya telah ada sekitar 650 perusahaan yang mengantri untuk menjadi bagian dari ekosistem ernie Bot ini. Apalagi chatbot tersebut telah terintegrasi pada produk Baidu lainnya seperti mobil tanpa supir hingga cloud.

Hampir Setara ChatGPT-4? Inilah Fitur Unggulan Chatbot AI Ernie Bot Asal China yang Menggemparkan

Hampir-Setara-ChatGPT-4-Inilah-Fitur-Unggulan-Chatbot-AI-Ernie-Bot-Asal-China-yang-Menggemparkan

Memang dengan apa yang dilakukan oleh pihak Baidu dengan presentase yang minim, apakah sama dengan value yang ditawarkan? Tentu tidak, mereka mengatakan bahwa teknologi AI ini hampir setara dengan ChatGPT-4 yang belum lama ini dirilis.

Bahkan pihak Baidu mengatakan bahwa dengan hadirnya Ernie Bot dapat meningkatkan pengalaman sebagai pencari informasi secara online. Itu yang akan dibahas lebih lengkap pada fitur unggulan yang hadir pada Chatbot AI di bawah ini.

Mampu Memberikan Jawaban Lebih Akurat

Chatbot AI memang baru-baru ini menjadi perbincangan hangat dan digadang-gadang akan menggantikan mesin pencarian Google. Namun banyak sekali kendalanya, terutama dalam memberikan jawaban yang akurat.

Sebagai pengguna tentu tidak perlu risau karena pihak Baidu telah mengonfirmasi bahwa teknologi mereka akan memberikan jawaban yang lebih relevan dan akurat. Dengan begitu, pencarian apapun akan jauh lebih efektif dan efisien.

Memiliki Pemahaman Terhadap Bahasa Manusia

Chatbot AI ini merupakan generasi kedua yang langsung dikembangkan oleh Baidu. Tentunya memiliki pemahaman yang lebih baik pada bahasa manusia. Seperti pembahasan sebelumnya yaitu memberikan jawaban yang begitu akurat dan cepat.

Wajar saja, Emie Bot bisa mempelajari dan terus meningkatkan pemahamannya pada bahasa manusia secara mandiri. Dengan begitu semakin hari akan semakin canggih dan inilah yang hanya dimiliki oleh AI.

Mampu Menyelesaikan Perhitungan Aljabar

Dalam perilisannya, Robin Li selaku CEO Baidu memamerkan kemamapuan yang dimiliki oleh Ernie Bot. Kemampuan yanag hebat dengan menyelesaikan perhitungan aljabar dinilai sebagai salah inovasi agar memudahkan banyak pekerjaan menghitung.

Selain itu, ada juga kehebatan lainnya yaitu dapat menciptakan audio dalam bentuk dialek Sichuan dan Hakka. Fitur ini memang hanya dikhususkan oleh warga negara setempat dan kemungkinan akan ada lagi dialek di seluruh dunia.

Memiliki Model dua bahasa dan parameter tinggi

Hingga saat ini Chatbot Ernie Bot memiliki dua model bahasa yaitu bahasa Inggri dan Mandarin. Tentunya bahasa internasional dibutuhkan untuk meningkatkan jangkauan lebih luas di belahan bumi lainnyaa.

Selain itu, Chatbot ini dibangun atas Ernie 3.0 Titan dengan berbagai model bahasa yang telah terlatih dengan 260 miliar parameter. Tentunya pihak Baidu mengklaim bahwa paramaterr ini 50 persen lebih banyak dibandingkan ChatGPT.

Memiliki Integrasi Pengetahuan yang Luas

Banyak yang bertanya apa yang membedakana Ernie Bot dengan model bahasa lainnya? dalam kutipan BBC, pihak Baidu menerangkan bahwa chatbox ini memiliki integrasi pengetahuan yang luas.

Data yang begitu besar tentu memberikan pemahaman dan kemampuana generasi yang luar biasa. Hasil kerja keras yang dilakukan sejak 2019 tentu terlihat hasilnya dan semua orang bisa mendalami pengalaman melalui Ernie bot.

Harus Menggunakan Ernie Bot? ChatGPT Open AI Dilarang dan Diblokir Aksesnya di China, Begini Penjelasannya!

Harus-Menggunakan-Ernie-Bot-ChatGPT-Open-AI-Dilarang-dan-Diblokir-Aksesnya-di-China-Begini-Penjelasannya

Sebenarnya China sendiri telah melarang penggunaan ChatGPT buatan OpenAI dan tidak hadir secara resmi di Negeri Tirai Bambu tersebut. Kemudian disusul dengan pembatasan akses ke Chatbot tersebut hingga saat ini.

Akan tetapi, masyarakat China terus menggunakan platform tersebut dengan mengandalkan Virtual Private Network (VPN). Dengan hadirnya Ernie Bot, ini sudah tidak ada lagi bagi mereka untuk tetap menggunakan ChatGPT.

Alasan lainnya dengan memblokir ChatGPT adalah untuk menghindari potensi niat Amerika Serita untuk menyebarkan hoax atau informasi palsu. Dikhawatirkan adanya propaganda politik pemerintah AS yang akan menyerang melalui chatbot tersebut.

Selain itu, pihak dari regulator China juga meminta agar perusahaan teknologi untuk tidak menawarkan akses ke ChatGPT tersebut. Tentu saja kekhawatiran tentang balasan tanpa sensor yang menjurus ke arah sensitif dalam ruang lingkup politik.

Secara keseluruhannya, Baidu memang terbilang nekat karena tidak sampai dua bulan, mereka langsung merilis produk tersebut. Akan tetapi hasilnya terbilang mendekati kinerja dari ChatGPT Open AI.

Baca Juga: Daftar Keunggulan Classpoint Gamifikasi Pembelajaran

Penting! Cara Menggunakan ChatBot Ernie Bot Asal China, Apakah Sudah Dapat Digunakan?

Penting-Cara-Menggunakan-ChatBot-Ernie-Bot-Asal-China-Apakah-Sudah-Dapat-Digunakan

Pihak Baidu sendiri berharap bisa mengintegrasikan chatbot ini ke layanan pencarian utama. Ini yang mungkin tidak akan didapatkan oleh ChatGPT yang tidak memiliki kerjasama khusus pada layanan pencarian seperti Google.

Mereka telah berjanji akan menciptakan versi “revolusioner” melalui mesin pencarian (Baidu). Ini merupakan langkah cerdas sebagai investasi melalui kecerdasan buatan dan meningkatkan pengalaman yang terlibat pada penggunaan chatbot tersebut.

Meskipun belum terintegrasi dengan produk lainnya, khususnya mesin pencarian Baidu, apakah AI ini dapat langsung digunakan seperti ChatGPT? Setidaknya bisa mencoba bagaimana pengalaman menggunakan chatbot yang akan sangat berguna bagi yang terlibat.

Namun, Robin Li telah menyebutkan jika masih membutuhkan waktu untuk menyelesaikan versi terbaru sebelum bisa digunakan secara langsung. Inilah yang ditunggu-tunggu dan tentu banyak yang menantikan apakah Ernie Bot bisa lebih baik dari ChatGPT atau tidak.

Baca Juga: ChatGPT 4 Telah Hadir, Ini Kelebihan GPT-4 Dibanding ChatGPT

Artikel Terkait