Home » Terbaru » Berita » Sinkronisasi KIP Kuliah SNPMB 2023 dan Cara Daftar, Update!

Sinkronisasi KIP Kuliah SNPMB 2023 dan Cara Daftar, Update!

putri_laras March 30, 2023

Sinkronisasi KIP kuliah 2023 harus dilakukan agar bisa masuk diperguruan tinggi dengan data yang audah benar sehingga tidak ada lagi kendala lainnya. Kuliah dengan beasiswa sudah pasti merupakan impian banyak orang untuk belajar diperguruan tinggi impian setiap orang. Baik di perguruan tinggi swasta ataupun negeri di Indonesia. Bahkan tidak sedikit siswa yang sudah menerima kartu KIP ini. Pada kesempatan kali ini diskop.id akan membahas lengkap mengenai KIP Kuliah yang bisa digunakan dengan tepat.

Tahun 2023 ini sudah banyak sekali perguruan tinggi yang memiliki program beasiswa bukan hanya dari pemerintah tapi sudah banyak kampus juga yang memiliki program beasiswa. Sehingga semakin tahun tidak sulit untuk menggapai impian dan meraih cita-cita dengan cara belajar di Universitas impian adik-adik. Yang paling penting adalah keinginan dan kemauan yang kuat. Semangat belajar.

Salah beasiswa yang diberikan pemerintah Indonesia demi keseriusan dalam membangun sumberdaya manusia yang cerdas. Sehingga dengan program ini pemerintah memiliki harapan untuk mengurangi siswa putus sekolah karena keadaan ekonomi dan lainnya. Namun banyak sekali yang mengalami kendala pada saat mendaftar atau sinkronisasi KIP kuliah. Maka oleh sebab itu diskop.id akan membahas lengkap bagaimana sinkronisasi kuliah yang tepat.

Apa Itu KIP Kuliah?

Apa-Itu-KIP-Kuliah

Banyak yang belum mengetahui apa yang dimaksud dengan KIP Kuliah? Bagaimana cara untuk mendapatkan KIP Kuliah? Bahkan ada banyak siswa yang terkendala dalam hal Sinkronisasi KIP Kuliah. Untuk dapatkan informasi lengkap mengenaik KIP kuliah maka simak penjelasan diskop.id secara lengkap disini. Pastikan informasi penting tidak dilewatkan agar ketika melakukan pendaftaran atau sinkroninsi berjalan lancar tanpa kendala.

Kartu Indonesia Pintar atau disering disebut dengan KIP Kuliah merupakan program bantuan kuliah untuk siswa yang sudah lulus sekolah SMA/SMK/MA. Program ini berupa beasiswa dari pemerintah untuk siswa yang memiliki kendala atau keterbatasan ekonomi. Untuk mengurangi garis kemisikinan dan membangun sumberdaya manusia yang cerdas. Namun KIP kuliah ini tidak bisa didapat jika siswa tidak memiliki potensi akademik.

Maka bisa dipastikan yang mendapat KIP Kuliah adalah siswa yang memiliki pontensi akademik yang baik namun memiliki keterbatasan ekonomi. KIP kuliah diberikan untuk mencukupi kebutuhan mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi sehingga tetap bisa melanjutkan belajar diperguruan tinggi. Meskipun begitu namun KIP kuliah tetap diberikan kepada siswa yang dinilai memiliki kemauan kuat serta tekat untuk menyelesaikan pendidikan dengan baik diperguruan tinggi.

Kartu KIP Kuliah sejak tahun 2022 lalu kartu identitas mahasiswa penerima KIP kuliah sudah tidak menyatu dengan kartu ATM. Identitas kartu KIP tersebut merupakan kartu kuliah digital yang bisa diakses masing-masing diakun mahasiswa. Hal ini tentu berbeda jika pada tahun sebelumnya kartu ini menjadi satu dengan kartu ATM mahasiswa.

Kapan Mulai Pendaftaran KIP Kuliah 2023

Untuk melakukan sinkronisasi KIP kuliah maka harus mendaftar lebih dahulu dan log in. Namun tidak kalah penting yang harus diketahui yaitu waktu dibukanya pendaftaran KIP Kuliah. Berikut ini Jadwal Beasiswa KIP atau tahapan dan jadwal yang harus kamu ketahui :

KegiatanDibukaDitutup
Pendaftaran Akun Siswa KIP Kuliah 14 Februari 202331 Oktober 2023
Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi16 Februari 202327 Februari 2023
UTBK-SNB22 Maret 202313 April 2023
Note : Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu

Pendaftaran akun sudah dimulai sejak bulan Februari lalu pada tanggal 14 bagi yang belum melakukan pendaftaran akun maka bisa langsung melakukan pendaftaran akun di website resmi. Pilihan jalur UTBK-SNBT pada sistem KIP Kuliah sudah dibuka sejak tanggal 22 Maret hingga 13 April 2023. Maka bagi siswa yang akan masuk ke perguruan tinggi melalui jalur UTBK-SNBT segera memilih seleksi UTBK-SNBT di Menu SIM KIP Kuliah.

Namun jika menu seleksi belum muncul maka harus lakukan pelengkapan berkas kartu Indonesia Pintar atau KIP kuliah merdeka terlebih dahulu. Proses sinkronisasi KIP Kuliah seleksi dengan sistem SNPMB UTBK SNBT akan segera dilakukan pada tanggal 23 Maret 2023 sampai dengan 14 April 2023. Maka harus segera dilakukan bagi siswa yang memilih seleksi dengan jalur ini.

Syarat Daftar Kartu Indonesia Pintar (Kuliah)

Sebelum melakukan sinkronisasi KIP kuliah maka harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Nah untuk melakukan pendaftaran dan melalui beberapa seleksi maka harus melengkapi beberapa persyaratan yang akan digunakan. Syarat daftar KIP Kuliah ini bisa dilakukan dengan mudah dan cepat jika semua persyaratan sudah disiapkan. Berikut ini persyaratan atau data yang akan digunakan :

  • Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  • Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • No. Phonsel dan Alamat Email.

Untuk melakukan pendaftaran hal yang paling utama dilakukan oleh calon peserta KIP adalah memastikan nomor NISN, NPSN, dan NIK sudah valid. Tercatat sesuai dengan Data Pokok Pendidikan atau Dapodik. Lakukan pengecekan terlebih dahulu agar proses daftar tidak terkendala.

Cara Daftar KIP Kuliah Sampai Sinkronisasi KIP Kuliah

Untuk dapat daftar kuliah dengan KIP Kuliah diperguruan tinggi yang diinginkan tentu harus melalui beberpa seleksi dan tahapan yang harus dilalui. Sehingga hasil akhir sinkronisasi Kip Kuliah bisa berhasil. Selain itu seperti yang sudah diterangkan sebelumnya bahwa sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah harus lebih dahulu memastikan dan mengecek semua data persyaratan yang dibutuhkan sudah sesui.

Intinya data sinkronisasi kip kuliah bisa dilakukan dengan lancar jika semua data yang dimasukkan sesuai dan benar. Maka penting sekali mengisi data dan memastikan terlebih dahulu. Sehingga proses sinkronisasi antara data NIK dan data yang dilengkap sesuai dengan yang tercatat. Karena memang nantinya sistem akan membaca dengan data kemudian mencocokkan dengan data yang tercatat dikementrian sosial terkait dengan keadaan ekonomi. Berikut ini langkah pendaftaran KIP kuliah sampai dengan proses sinkronisasi kip kuliah :

  • Lakukan Pendaftaran melalui Website resmi Kemendikbud.go.id.
  • Bagi siswa yang belum memiliki Akun maka lakukan pendaftaran terlebih dahulu. Klik Daftar dan Lengkapi data yang dibutuhkan.
  • Pastikan semua data dan alamat email yang digunakan valid sehingga tidak ada kendala pada saat menerima akun KIP kuliah.
  • Jika salah satu data di input tidak valid maka proses pendaftaran akun akan gagal dan harus diperbaiki. Bisa melalui sekola atau dengan website resmi http://pd.data.kemendikbud.go.id/vervalLulusan.
  • Jika sudah mempunyai akun maka bisa lanjut ketahap selanjutnya yaitu log in menggunakan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses untuk membuka Dasbord.
  • Lengkapi data diri dengan isi semua data dengan benar dan Upload dokumen yang diperlukan sesuai ketentuan.
  • Jika semua data sudah diisi maka calon mahasiswa akan dihadapkan dengan tampilan baru yang berisi informasi seleksi.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya :

Artikel Terkait