Home » Terbaru » Berita » Alasan Sepak Bola Indonesia Terancam Akan Dibanned FIFA

Alasan Sepak Bola Indonesia Terancam Akan Dibanned FIFA

dewi_putri March 28, 2023

Diskop.id – FIFA dikabarkan telah mengundur undian atau drawing Piala Dunia U-20 2023, yang rencananya akan digelar di Bali pada Jumat, 31 Maret 2023 mendatang. Dan tersiar kabar jika sepak bola Indonesia dibanned FIFA.

Namun, usai kabar batalnya drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali itu, FIFA belum memberikan keterangan soal perubahan waktu dan tempat untuk undian berikutnya. Panitia lokal (LOC) telah menerima informasi terkait pembatalan drawing Piala Dunia U-20 2023 oleh FIFA.

Hal tersebut dipastikan langsung oleh Arya Sinulingga, anggota EXCO atau Komite Eksekutif PSSI. Melalui konferensi pers di GBK Arena, Arya mengatakan bahwa pembatalan itu sifatnya masih lisan. Dan kabar tersebut disampaikan langsung oleh Erick Thohir, selaku Ketua Umum PSSI dan Ketua LOC.

Lantas, apa alasan FIFA membatalakan drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali? Dan apa alasan sepak bola Indonesia terancam akan dibanned oleh FIFA?

Pemerintah Bali Menolak Kehadiran Timnas Israel

Dikatakan Arya Sinulingga, pembatalan drawing Piala Dunia tersebut tak terlepas dari penolakan Pemerintah Bali. Kabarnya, Gubernur Bali I Wayan Koster menolak kehadiran Timnas Israel. Tak hanya itu, I Wayan Koster juga menolak pertandingan Timnas Israel U-20 di wilayah Bali di ajang Piala Dunia U-20 2023.

Sebagaimana diketahui, Timnas Israel adalah salah satu peserta dalam Piala Dunia U-20 2023. Israel mewakili zona Eropa bersama Prancis, Inggris, Slovakia, dan Italia. Dan penolakan dari Gubernur Bali itulah yang disebut menjadi salah satu alasan pembatalan drawing Piala Dunia U20 2023 FIFA.

Pasalnya, undian atau drawing Piala Dunia U-20 2023 tak bisa dilakukan jika seluruh peserta tidak diikutsertakan. Penolakan pemerintah Bali, lanjut Arya, cukup bertentangan degan komitmen dan kesepakatan dari semua pihak yang terlibat dengan status Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Sehingga, kehadiran dan keikutsertaan Timnas Israel menjadi bagian dari kesepakatan yang memang harus diterima semua pihak, termasuk Indonesia. Dan menurut Arya, sangat wajar jika FIFA membatalkan drawing karena adanya penolakan Israel dilarang ikut serta.

Sepak Bola Terancam Akan Dibanned FIFA

Sejarah-Lagu-Piala-Dunia-U-20

Meski drawing telah dibatalkan, namun FIFA belum mengeluarkan surat resmi terkait hal tersebut. Pasalnya, federasi sepak bola dunia atau FIFA tersebut baru memberitahu pembatalan drawing secara lisan saja kepada Panitia LOC atau Lokal Piala Dunia U-20 2023.

Arya Sinulingga menyebut jika Indonesia sudah melanggar komitmen dan kesepakatan awal dengan pihak FIFA. Batalnya drawing Piala Dunia U-20 ini bisa berisiko membuat sepak bola dibanned FIFA. Hal tersebut tentunya juga bisa berdampak kepada kompetisi liga lokal.

Dikatakan Arya, di samping sepak bola tak bisa mengikuti laga internasional, liga lokal yang telah diakui dan terdaftar di antaranya Liga 1, 2, dan 3 juga tak akan ada lagi. Dan jika terjadi, ranking Timnas Indonesia di FIFA pun bisa anjlok.

Sampai saat ini, belum ada informasi terkait waktu dan lokasi pasti untuk drawing Piala Dunia U-20 2023. PSSI disebut berkoordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Kementerian Luar Negeri, dan melaporkan masalah ini ke Presiden Jokowi.

Jika Piala Dunia U-20 2023 batal digelar di Indonesia, terdapat beberpa poin kekhawatiran lainnya. Indonesia terancam akan dibekukan oleh FIFA, selain itu juga akan mendapatkan kecaman dari negara lain lantaran dianggap tak melaksanakan amanat FIFA.

Selain itu, Indonesia tak dapat mengikuti kegiatan yang berkaitan dengan agenda FIFA, juga tak lagi memiliki kesempatan menjadi tuan rumah untuk ajang olahrga dari FIFA. Bahkan, Indonesia dapat dicoret untuk kandidat tuan rumah Piala Dunia 2034.

Dan yang terakhir, Indonesia tentunya tak bisa lagi dipercaya untuk menggelar ajang olahrga lainnya karena dianggap diskriminatif.

Peserta Piala Dunia U-20 2023

Terdapat 24 negara yang akan mengikuti Piala Dunia U-20 2023 dengan mewakili masing-masing zona. Berikut di bawah ini daftar pesertanya:

  • Wakil Zona Eropa: Slovakia, Inggris, Prancis, Italia, Israel
  • Wakil Zona Amerika Selatan: Uruguay, Ekuador, Kolombia, Brasil
  • Wail Zona Amerika Utara dan Karibia: Rep. Dominika, Honduras, Guatemala, Amerika Serikat
  • Wakil Zona Asia: Jepang, Uzbekistan, Indonesia (tuan rumah), Irak, Korea Selatan
  • Wakil Zona Afrika: Tunisia, Nigeria, Senegal, Gambia
  • Wakil Zona Oseania: Selandia Baru dan Fiji

Itulah, ulasan mengenai kabar sepak bola Indonesia dibanned FIFA. Hal itu imbas dari batalnya drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali pada 31 Maret 2023 mendatang.

Baca Juga:

Artikel Terkait