Home » Terbaru » Berita » 10 Stadion Sepak Bola Terbesar di Dunia, Ada Negara Tetangga?

10 Stadion Sepak Bola Terbesar di Dunia, Ada Negara Tetangga?

izan_alhasani March 27, 2023

Tidak semua stadion sepak bola terbesar di dunia berasal dari Eropa. Stadion-stadion raksasa banyak juga dari Amerika Serikat dan Asia. Stadion sepak bola yang masuk dalam kategori raksasa adalah stadion dengan daya tampung di atas 90 ribu. Stadion tersebut layak disebut stadion terbesar dan termegah.

Umumnya, stadion dengan kapasitas besar tidak hanya didesain untuk pertandingan sepak bola dan olahraga. Stadion tersebut juga didesain untuk bisa menjadi tempat konser musik akbar dan acara berbasis massa. Beberapa stadion masuk dalam stadion nasional yang dibangun oleh pemerintah suatu negara.

Daftar Stadion Sepak Bola Terbesar di Dunia

Daftar Stadion Sepak Bola Terbesar di Dunia

Apakah Stadion Utama Gelora Bung Karno masuk dalam daftar stadion sepak bola terbesar di dunia? Temukan jawabannya di sini. Berikut adalah 10 stadion terbesar di planet bumi dengan kapasitas penonton antara 90-150 ribu orang.

1. Stade des Martyrs

Stade des Martyrs adalah stadion kebanggaan warga Republik Demokratik Kongo dan Afrika. Stadion tersebut memiliki daya tampung sampai 125 ribu penonton. Dengan daya tampungnya yang besar, stadion tersebut sering digunakan untuk berbagai acara, diantaranya sepak bola dan kegiatan kenegaraan.

Stadion tersebut juga digunakan untuk konser musik dan kompetisi atletik tingkat dunia. Stadion des Martys mulai dibangun di tahun 1993. Sampai saat ini, stadion yang berada di ibukota RD Kongo, Kinshasa tersebut merupakan markas dari tim nasional sepak bola Kongon dan AS Vita Club DC Motema Pembe.

2. FNB Stadium

Stadium iniadalah stadion yang berada di Johannesburg, Afrika Selatan. FNB sendiri merupakan singkatan dari First National Bank dan memiliki kapasitas mencapai 94.736 orang. FNB Stadium dibuka pada tahun 1987 dan mendapatkan renovasi besar pada tahun 2009, menjelang Piala Dunia 2010 Afsel.

Biaya renovasi dari stadion tersebut adalah sekitar 200 juta USD. FNB merupakan stadion yang tidak hanya digunakan untuk sepak bola. Stadion megah dan besar tersebut juga digunakan untuk acara olahraga dan konser. Salah satu acara besar yang dilangsungkan di sana adalah Piala Dunia Rugby pada tahun 1995.

3. Stadion Nasional Bukit Jalil

Kemudian, stadion sepak bola terbesar di dunia selanjutnya adalah Stadion Nasional Bukit Jalil. Stadion kebanggan orang Malaysia tersebut berdiri megah di Kuala Lumpur. Daya tampung Bukit Jalil adalah 97.411 dan menjadi langganan banyak acara internasional di Malaysia. Bukit Jalil termasuk yang terbesar di Asteng.

Bukti Jalil menjadi tuan rumah untuk Commonwealth Games yang diselenggarakan pada tahun 1988. Stadion tersebut juga merupakan kandang untuk tim nasional Harimau Malaya, Malaysia. Banyak turnamen sepak bola besar yang dilangsungkan di sana, salah satunya pergelaran Piala Asia AFC 2007.

4. Stadion Rungrado May Day

Selanjutnya, stadion terbesar di dunia adalah Stadion Rungrado May Day di Korea Utara. Stadion tersebut diyakini memiliki kapasitas 150 ribu orang. Kendati demikian, ada perhitungan lain yang menyebut Rungrado memiliki kapasitas 114 ribu orang. Stadion megah tersebut berada di ibukota Korea Utara, Pyongyang.

Selain pertandingan sepak bola dan aktivitas kenegaraan, Rungrado digunakan untuk berbagai acara internasional, salah satunya Arirang Festival. Festival tersebut adalah festival koreografi yang diikuti banyak peserta dari seluruh dunia. Rungrado mampu menampung 100 ribu orang pada festival tersebut.

5. Wembley Stadium

Nama Wembley bukanlah asing untuk penggemar sepak bola dari seluruh dunia. Wembley Stadium berada di London, Inggris. Wembley dikenal karena kerap menjadi stadion dimana banyak parta penting dimainkan. Stadion ini rutin menjadi tempat final Piala FA dilangsungkan dan pertandingan tim nasional Inggris.

Wembley memiliki kapasitas maksimal 90 ribu orang. Stadion tersebut digunakan untuk pembukaan Olimpiade musim panas London 2012. Selain sepak bola, Wembley Stadium sudah sejak lama digunakan untuk mega konser banyak musisi dan artis kenamaan, dari mulai The Rolling Stones sampai Adele.

6. Estadio Azteca

Stadion berkapasitas 87.532 orang, Estadio Azteca akan selalu dikenal sebagai tempat dimana Maradona mencetak gol ‘tangan Tuhan’. Estadio Azteca yang merupakan salah satu stadion sepak bola terbesar di dunia memiliki banyak ruang pribadi yang kerap digunakan untuk pertemuan korporasi besar dunia.

Stadion yang berada di Mexico City, Meksiko tersebut juga digunakan untuk turnamen sepak bola terbesar regional Amerika Utara, yaitu Gold Cup. Estadio Azteca merupakan stadion bersejarah yang banyak mengalami renovasi sejak stadion tersebut dibuka pada 1966. Renovasi terakhir dilakukan di tahun 2016.

7. Camp Nou

Spotify Camp Nou adalah salah stadion klub sepak bola terbesar di dunia saat ini. Kandang dari tim sepak bola asal Catalan, Barcelona tersebut memiliki daya tampung 99.354 orang. Sejak hadir dan dibuka di tahun 1957, Camp Nou sudah menyelenggarakan banyak pertandingan sepak bola yang bergengsi.

Salah satu stadion sepak bola terbesar di dunia tersebut umum digunakan untuk pertandingan Copa Del Rey, Liga Champions, sampai Liga Spanyol. Hingga saat ini, Camp Nou masih menjadi stadion yang dikenal selain karena FC Barcelona tetapi juga karena kapasitas dan tingginya kehadiran penonton.

8. Stadion AT&T

AT&T memiliki kapasitas 105 ribu orang dan berada di Arlington, Texas, Amerika Serikat. Stadion AT&T memiliki kubah besar dan memiliki tinggi yang menjulang. Tidak heran jika stadion tersebut tampak megah, besar, tinggi, dan kokoh. Stadion AT&T biasa digunakan untuk pertandingan American Football.

Stadion AT&T dikenal juga dengan sebutan stadion Cowboys. Sebutan tersebut cukup beralasan karena tim American Footbal kebanggaan orang Texas, Dallas Cowboys bermarkas di sana. Selain untuk American Football, stadion tersebut juga digunakan untuk NBA All-Star, tinju, dan acara olahraga lainnya.

9. Melbourne Cricket Ground

Stadion terbesar di dunia selanjutnya berada di Melbourne Australia. Melbourne Cricket Ground memiliki kapasitas mencapai 100 ribu orang. Stadion raksasa tersebut sering digunakan untuk turnamen dan pertandingan kriket. Kriket sangat populer di Australia dan wilayah atau negara persemakmuran.

Selain kriket, Melbourne Cricket Ground juga bisa digunakan untuk sepak bola, rugbi, dan konser musim. Stadion tersebut sudah ada sejak dekade 50-an dan dikenal dengan sebutan The G. Beberapa renovasi dilakukan untuk membuat stadion di tenggara Australia tersebut sejalan dengan perkembangan zaman.

10. Rose Bowl Stadium

Salah satu stadion paling terkenal di Amerika Serikat adalah Rose Bowl Stadium di Pasadena California. Publik sepak bola paling mengingat stadium ini ketika Piala Dunia 1994 dan Piala Dunia Wanita 1999. Rose Bowl memiliki rupa yang memang mirip mangkok dimana tribun dan penonton berada cekungan yang pas.

Roses Bowl digunakan juga untuk pertandingan American Footbal dan acara di luar olahraga. Banyak konser spektakuler kelas dunia diselenggarakan di sana. Rose Bowl memiliki kapasitas 92.542 penonton. Dengan kapasitas tersebut, stadion tersebut layak masuk dalam daftar stadion terbesar di muka bumi.

Wembley Stadium

Stadion sepak bola terbesar di dunia dijamin membuat siapa saja yang masuk ke sana merasa kecil. Di masa depan, biasa saja daftar akan bertambah atau kapasitas stadion besar merupakan hal biasa. Sayang, Indonesia belum bisa menyumbang stadion raksasa dalam daftar stadion sepak bola terbesar di dunia.

Baca Juga:

Artikel Terkait