Home » Terbaru » Pendidikan » 6 Teknik Dasar Bola Basket, Penjelasan dan Cara Melakukannya

6 Teknik Dasar Bola Basket, Penjelasan dan Cara Melakukannya

izan_alhasani May 27, 2024

Permainan bola basket adalah satu cabang olahraga yang terkenal dan banyak diminati. Banyak orang yang ingin bisa bermain basket, bahkan ingin menguasainya. Ketika bermain basket, ada beberapa teknik dasar bola basket yang perlu diketahui dan dimengerti.

Bagi seorang pemain basket, teknik dasar harus dipahami dan dikuasai dengan baik. Beberapa pemain bola basket terkenal di dunia bahkan ada yang dikenal karena kemampuannya dalam menguasai suatu teknik tertentu.

Teknik Dasar Bola Basket

Teknik Dasar Bola Basket

Bagi Anda yang sedang belajar bermain bola basket, penting untuk tahu beberapa teknik dasar bola basket. Berikut ini merupakan beberapa dari teknik dasar permainan bola basket, yaitu:

1. Teknik Memegang Bola

Dalam permainan basket, memegang bola adalah hal yang mendasar. Pasalnya, memegang bola ini menjadi induk dari teknik yang ada pada permainan tersebut. Memegang bola tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Jika, pemain memegang bola tersebut dengan baik, maka mengendalikannya juga menjadi lebih mudah. Tentu, ini akan mempengaruhi kualitas dari permainan.

Cara memegang bola basket yaitu dengan meletakkan kedua tangan di kanan dan kiri bola. Regangkan atau buka lebar jemari supaya bola tidak gampang terlepas. Posisi tangan ini penting dilakukan untuk menerima maupun melakukan operan.

2. Passing atau Teknik Mengoper Bola

Jika sudah berhasil teknik memegang bola, selanjutnya pelajari dan kuasai teknik mengoper bola ke sesama pemain. Dalam permainan bola basket, seseorang tidak mungkin membawa bola tanpa mengopernya sama sekali. Ada beberapa cara dalam teknik passing atau mengoper bola, yaitu:

Chest Pass

Chest pass menjadi teknik dasar untuk melakukan oper dan umum digunakan. Untuk melatih operan ini, Anda bisa memantulkan bola ke dinding yang ada dihadapan Anda.

Overhead Pass

Jika ada di dalam kepungan lawan dan teman satu tim jauh, maka bisa memakai operan atas kepala atau overhead pass. Operan ini biasanya dipakai untuk meloloskan diri dari lawan, sementara teman satu tim berjarak jauh namun minim penjagaan.

Caranya adalah kedua tangan memegang bola serta posisikan di atas kepala serta siku menekuk. Dengan bertumpu di lekukan tangan, bola dilempar sampai posisi tangan lurus. Supaya maksimal, bola dilepaskan menggunakan jentikan ujung jari.

Bounce Pass

Cara melakukan bounce pass yaitu dengan memantulkan bola ke lantai. Operan ini dilakukan supaya bisa melewati hadangan lawan yang ketat.

Untuk melakukannya, posisi badan tegak lurus, kemudian siku ditekuk ke arah samping, dan bola ada di depan badan. Selanjutnya, dorong bola menggunakan ujung jari tapi telapak menghadap ke luar.

Behind the Back Pass

Dalam perkembangan bola basket modern, teknik ini menjadi sebuah teknik yang mematikan. Pasalnya, operan ini membuat bola jadi sulit ditebak oleh lawan.

Bagi pemula, mungkin operan ini terbilang sulit dan membutuhkan teknik khusus untuk bisa melakukannya. Umumnya, pemain profesional yang bisa melakukan passing ini dengan baik.

Baseball Pass

Teknik operan ini dilakukan menggunakan satu tangan menyerupai permainan baseball. Ketika melakukan serangan balik, operan ini bagus untuk digunakan. Baseball pass ini sering dipakai dari daerah pertahanan ke pertahanan lawan dengan power dan akurat.

Selain itu, operan ini juga kadang digunakan untuk mengelabui lawan seperti akan menembak, tapi hanya mengoper bola.

3. Dribble atau Teknik Menggiring Bola

Teknik menggiring bola atau lebih dikenal dengan nama dribble pada bola basket ini bertujuan mengendalikan arah bola sembari memantulkannya ke lantai beberapa kali. Apabila kaki berjalan ataupun berlari, maka bola perlu dipantulkan ke lantai.

Dari teknik dasar bola basket dribble ini, kelincahan dari seorang pemain bisa diketahui. Umumnya, pemain dengan posisi point guard mempunyai kemampuan dribble yang bagus dan tidak jarang merupakan pemain yang bisa mendribble bola paling baik.

Teknik dribble dapat dilakukan dengan menggunakan satu atau dua tangan. Dari ketinggian bola, dribble ini bisa dibagi menjadi dua jenis, dribble rendah dan dribble tinggi.

Dribble rendah biasanya digunakan ketika pemain ada dalam pressure. Sementara itu, dribble tinggi dilakukan ketika pemain dalam keadaan bebas.

4. Pivot

Teknik pivot adalah teknik memutar tubuh dengan salah satu kaki yang digunakan sebagai poros dan tumpuan tubuh. Teknik ini dilakukan dengan keadaan kedua tangan yang memegang bola.

Biasanya, pivot dilakukan ketika pemain menerima operan dari rekan satu tim dengan tujuan melindungi bola dari lawan.

Teknik pivot adalah sebuah inovasi teknik yang menyesuaikan dengan aturan dalam permainan bola basket, yaitu pemain yang sedang memegang bola harus melakukan dribble dan akan menjadi pelanggaran apabila bergerak tanpa mendribble bola.

5. Shooting atau Teknik Menembak Bola

Shooting atau Teknik Menembak Bola

Mencetak skor ini bergantung pada skill untuk shooting bola menuju ring lawan. Jika kemampuan shooting semakin baik, kemungkinan dalam memperoleh poin lebih tinggi juga semakin besar. Pasalnya, shooting akan menentukan besarnya nilai yang bisa didapatkan.

Pemain yang memiliki peran untuk menembak bola menuju ring lawan dikenal dengan sebutan shooting guard. Para pemain ini dipilih dari pemain basket dengan akurasi tembak yang bagus. Pemain harus bisa melatih perasaan untuk tahu teknik shooting yang harus digunakan pada kondisi yang dihadapi.

Set Shoot

Tembakan ini umumnya dilakukan ketika pemain basket ada dalam kondisi free throw atau bebas menembak tanpa perlu melompat. Pasalnya, set shoot hanya bisa dipraktekkan dalam kondisi tanpa kawalan atau hadangan.

Cara melakukannya yaitu memegang bola menggunakan kedua tangan sambil menekuk lutut dengan keadaan memasang kuda-kuda. Lalu dalam keadaan badan masih tegak, tajamkan pandangan menuju target. Pemain perlu melenturkan jari dan menambah dorongan dari lengan.

Lay Up

Lay up shoot dilakukan pada akhir dribble dan dekat dengan ring. Pemain melakukan tembakan menggunakan satu tangan menuju target. Lemparan ini dilakukan sambil melompat seakan-akan melayang.

Jump Shoot

Untuk melakukan tembakan ini, pemain tidak bergerak maju atau mundur dan melompat ketika titik tertinggi untuk melempar. Prinsip melakukan jump shoot ini ada empat, yaitu eye, bow, elbow, dan follow through.

Slam Dunk

Jika bertanya teknik shooting yang paling ditunggu-tunggu, maka jawabannya adalah slam dunk. Teknik shooting ini adalah gerakan yang biasanya membuat komentator dan penonton heboh ketika melihatnya.

Biasanya, tim yang bisa memasukkan bola menggunakan cara ini sering terangkat moralnya dan meruntuhkan semangat dari tim lawan. Awalnya, slam dunk merupakan pertunjukan saja. Tapi, pelan-pelan teknik ini diperlukan dalam memenangkan pertandingan.

Slam dunk adalah teknik shooting dengan melayang serta melompat ke udara.

6. Rebound

Teknik rebound dipakai untuk memanfaatkan pantulan bola yang sebelumnya gagal masuk ke ring. Apabila tembakan gagal, maka rebound bisa berguna untuk memanfaatkan kemelut yang terjadi di depan ring.

Tetapi, jika tembakannya gagal dari tim lawan, rebound bisa digunakan untuk menjauhkan bola basket dari daerah pertahanan.

Jika ingin menguasai teknik dasar bola basket, tentu kuncinya adalah harus sering berlatih. Sebagai tambahan teknik dasar ini juga bisa dipelajari dengan cara mengamati para pemain bola basket yang sedang bermain.

Baca Juga:

Artikel Terkait