Home » Terbaru » Pendidikan » 4 Contoh Surat Somasi Hutang, Penipuan (Berbagai Kasus)

4 Contoh Surat Somasi Hutang, Penipuan (Berbagai Kasus)

izan_alhasani February 26, 2024

Istilah somasi biasanya digunakan di media sosial dan televisi dan seringkali dilakukan dalam praktek hukum. Somasi ini biasanya diterapkan atas suatu perkara wanprestasi atau ingkar janji. Seperti apa contoh surat somasi dan bagaimana penerapan surat ini?

Somasi bisa diterapkan dalam berbagai kasus pidana seperti penipuan, penggelapan, dan lain sebagainya. Kata somasi sendiri bisa diartikan sebagai teguran atau peringatan. Ada peraturan dalam undang-undang yang mengatur mengenai somasi, yaitu KUHPerdata Pasal 1238.

Pengertian Surat Somasi

Pengertian Surat Somasi

Surat somasi merupakan suatu surat yang akan timbul jika debitur tidak melakukan pemenuhan prestasi, sesuai dengan janji yang tertulis dalam surat perjanjian. Surat ini dibuat untuk menyatakan bahwa debitur melalaikan prestasinya sehingga layak mendapatkan akibat hukum.

Orang yang melalaikan kewajiban tersebut akan disebut dengan istilah wanprestasi. Kreditur mempunyai hak menuntut debitur tersebut berdasarkan peraturan dalam KUHPerdata pasal 1243. Perjanjian bisa dibatalkan, sesuai dengan peraturan dalam KUHPerdata pasal 1267.

Somasi bisa terjadi dengan tiga cara.

  • Yang pertama, debitur melakukan kesalahan prestasi. Misalnya adalah memberikan satu karung perak kepada kreditur padahal seharusnya memberikan satu karung emas.
  • Debitur tidak melaksanakan pemenuhan prestasi di hari yang telah dijanjikan. Tidak melakukan pemenuhan prestasi ini bisa jadi karena terlambat melakukannya atau bahkan tidak memberikan prestasi sama sekali.
  • Prestasi yang dilaksanakan oleh debitur sudah tidak mendatangkan manfaat lagi bagi kreditur karena dilakukan melewati waktu perjanjian.

Somasi akan digunakan sebagai suatu alat hukum saat mendorong debitur memenuhi prestasi. Somasi bisa dilakukan sebanyak tiga kali oleh juru sita atau kreditur. Kalau debitur tidak menaatinya, maka kreditur bisa membawa masalah ini ke pengadilan.

Berbagai Contoh Surat Somasi

Berbagai Contoh Surat Somasi

Surat somasi harus memuat beberapa informasi yang sifatnya sangat penting. Misalnya, surat somasi harus menyampaikan masalah serta fakta tertentu. Dalam mengeluarkan surat ini, pernyataan yang dicantumkan harus berdasarkan fakta yang terjadi. Coba perhatikan surat somasi berikut ini.

1. Contoh surat somasi hutang

Contoh yang pertama adalah surat somasi untuk memperingatkan bahwa hutang yang seharusnya sudah dilunasi ternyata belum dibayarkan. Surat ini berisi informasi jelas mengenai nominal yang wajib dibayarkan dan peringatan apa yang akan disampaikan oleh pemberi somasi.

Sleman, 3 April 2023

Hal       : Somasi

Yth. Febriansyah

Jl. Sleman Sembada No. 14

Daerah Istimewa Yogyakarta

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini, kami menyampaikan peringatan agar saudara segera melunasi kewajiban hutang yang masih tersisa sebesar Rp7.000.000,- (tujuh juta rupiah) sesuai yang dinyatakan dalam surat perjanjian yang telah ditandatangani pada 1 Januari 2023 yang lalu.

Berdasarkan perjanjian, pembayaran seharusnya sudah kami terima dalam jangka waktu 90 hari yang seharusnya jatuh pada tanggal 31 Maret 2023 yang lalu. Tapi hingga saat ini, kamu belum juga menerima pembayaran hutang.

Kami harap saudara segera menyelesaikan kewajiban yang tertunda yaitu pembayaran hutang sebesar Rp7.000.000,- (tujuh juta rupiah) paling lama 30 hari setelah kami mengirimkan surat somasi ini. Jika tidak kunjung dibayarkan juga, kami akan menempuh upaya hukum.

Mohon kerjasama untuk menghubungi kami terkait dengan pelunasan hutang. Surat somasi ini kami buat untuk dipahami dan dilaksanakan sebagaimana mestinya. Terimakasih.

Hormat kami,

TTD

Fitriansyah

2. Contoh surat somasi penipuan

Surat somasi juga bisa digunakan untuk memperingatkan seseorang yang melakukan penipuan. Sama seperti surat somasi yang sebelumnya, surat somasi yang satu ini juga wajib mencantumkan berbagai data yang sesuai dengan kenyataan.

Sleman, 3 April 2023

Kepada:

Bapak Wahid Sulaiman

Jl. Dawet Ayu No. 128

Sleman, DIY

Dengan hormat,

Yang memberikan tanda tangan di bawah ini,

Nama               : Wiguna Surya

Alamat              : Jl. Mutiara Merah No. 112, Sleman, DIY

No. KTP           : 5454545454545454

No. HP             : 085454545454

Bertindak atas nama dan untuk diri saya sendiri sehubungan dengan kwajiban Bapak Wahid Sulaiman terhadap saya, maka saya sampaikan berbagai hal berikut ini:

  1. Karyawan kamu telah melakukan transaksi jual beli kain dengan bapak, tapi dalam prosesnya, bapak telah membawa barang jual beli. Dan hingga saat ini, bapak belum membayarkan kepada karyawan kami sesuai dengan kesepakatan awal.
  2. Bapak bersama dengan Ibu Wahyu Ningsih diduga sudah melakukan penipuan atau penggelapan terhadap uang DP dengan nominal Rp3.000.000,- serta uang tagihan dengan nominal Rp 2.000.000,- sehingga totalnya Rp5.000.000,- (lima juta rupiah).
  3. Atas perbuatan tersebut, karyawan kami sudah melaksanakan penagihan. Tetapi tidak ada itikad baik dari bapak, sehingga kami mengalami kerugian non-materiil dan materiil.

Berdasarkan beberapa hal yang disebutkan di atas, kami mengirimkan somasi untuk bapak agar segera membayarkan kewajiban terhadap karyawan kami. Tidak menutup kemungkinan akan kami tempuh upaya hukum agar perkara ini mempunyai kekuatan hukum.

Somasi ini kami sampaikan agar bisa dilaksanakan dan diperhatikan. Kami ucapkan terima kasih atau perhatian dan pelaksanaannya.

Hormat saya,

Wiguna Surya

3. Contoh surat somasi pencemaran nama baik

Karena somasi berupa teguran atau peringatan, surat somasi juga bisa digunakan untuk menegur seseorang yang telah melakukan suatu kesalahan. Contohnya adalah melakukan pencemaran nama baik terhadap seseorang. Seperti apa contoh surat somasi pencemaran nama baik?

SURAT SOMASI PENCEMARAN NAMA BAIK

Sleman, 3 April 2023

Hal       : Somasi

Yth. Sdr. Sulistiyo

Di Sleman, DIY

Dengan hormat,

Berdasarkan unggahan di akun Instagram saudara @sulistiyooo, pada tanggal 1 April 2023, yang berisi konten penghinaan fisik serta penggunaan kata-kata yang tidak pantas, saya memberikan kesempatan bagi saudara paling lambat tanggal 10 April 2023.

Saya berikan kesempatan untuk membuat video permohonan maaf serta surat tertulis untuk diunggah ke akun Instagram pribadi saudara. Jika hingga waktu yang telah ditentukan tidak ada kewajiban yang saudara lakukan, saya tidak segan untuk menempuh jalur hukum.

Surat somasi ini saya sampaikan agar memperoleh perhatian saudara dan untuk segera saudara laksanakan.

Hormat saya,

Sulistyawan

4. Contoh surat somasi dari bank

Selain perorangan, biasanya instansi atau perusahaan juga bisa mengeluarkan surat somasi. Tujuannya bervariasi, tapi seringkali adalah untuk menegur nasabah yang lalai dalam menjalankan kewajibannya.

Sleman, 3 April 2023

Nomor  : 432/BRN/IV/2023

Hal       : Teguran Pertama

Kepada

Yth. Sdr. Hasan Udin

Di Sleman, DIY

Dengan hormat, kami sampaikan melalui surat ini bahwa surat perjanjian kredit antara Bank Rakyat Nasional dan Saudara Hasan Udin tertanggal 1 Januari 2023 menyatakan bahwa, setiap tanggal 1 bulan berikutnya Saudara diharuskan untuk membayar angsuran kredit dan bunganya.

Besaran angsuran kredit dan bunganya adalah Rp500.000,- (lima ratus ribu rupiah) setiap bulan. Tapi berdasarkan data yang ada, Saudara sudah melalaikan pembayaran utang pokok serta bunganya sebesar Rp1.500.000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah).

Berdasarkan berbagai hal tersebut, kami berharap Saudara bisa segera melunasi kewajiban dengan nominal tersebut selambat-lambatnya pada tanggal 15 April 2023. Demikian surat ini kami sampaikan agar Saudara segera melakukan pelunasan sesuai dengan tenggat waktu yang disediakan.

Pimpinan Bank Republik Nasional

TTD

Helena Wati

Dari contoh surat somasi yang ada di halaman ini, bisa dilihat apa saja penerapan surat somasi. Pastikan untuk menambahkan nada memperingati atau menegur saat membuat surat somasi.

Baca Juga:

Artikel Terkait