Home » Terbaru » Bisnis » Aplikasi IDebKu – Aplikasi BI Checking Terbaru & Cara Aksesnya!

Aplikasi IDebKu – Aplikasi BI Checking Terbaru & Cara Aksesnya!

putri_laras April 12, 2024

Untuk nasabah Bank Indonesia, pastinya sudah tahu ada yang namanya BI Checking. Nah, sekarang untuk melakukan BI Checking hadir aplikasi terbaru, yaitu Aplikasi IDebKu. Untuk yang belum mengetahui tentang aplikasi ini bisa simak pembahasan selengkapnya disini.

Memang sekarang ini semuanya sudah serba online. Mau melakukan aktivitas apapun, pastinya akan sangat-sangat mudah. Bahkan sekarang ini, perbankan juga sudah menerapkan alat-alat online di segala aktivitas transaksinya. Jadi, lebih efisien dan cepat untuk melakukan transaksinya.

Nah, seperti alat yang akan kami bahas di dalam artikel diskop.id kali ini. Yang mana alat ini merupakan alat yang dimanfaatkan untuk aktivitas pengecekan riwayat kredit yang dilakukan oleh debitur. Ingin segera mengetahui tentang aplikasi yang satu ini?

Detail Mengenai Aplikasi IDebKu OJK

Detail-Mengenai-Aplikasi-IDebKu-OJK

Seperti yang sudah kami sampaikan di atas, kalau aplikasi satu ini merupakan aplikasi yang terbaru. Maka dari itu, untuk yang masih bingung dan belum mengenal aplikasinya, bisa simak pembahasan disini. Kami akan langsung memberikan pembahasan secara lengkap dan jelasnya.

Aplikasi IDebKu adalah sebuah platform yang baru dirilis sejak tanggal 8 November 2022. Aplikasi ini diluncurkan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) langsung. Alat yang satu ini merupakan alat yang menyimpan berbagai informasi dari debitur mulai dari pencatatan pembayaran hutang dan lain-lain.

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang menggantikan BI Checking. Karena memang aplikasi atau alat ini diciptakan dan disediakan dengan fungsi yang sama dan juga cara penggunaan yang sama dengan BI Checking sendiri.

Nah, alat atau aplikasi yang satu ini juga sudah terintegrasi dengan SLIK atau kepanjangannya Sistem Layanan Informasi Keuangan. Nah, hal ini juga yang menyebabkan nama aplikasi atau alatnya ini IDebKu yang memiliki kepanjangan informasi debitur.

Aplikasi yang satu ini juga memiliki fungsi yang berguna baik untuk debitur sendiri sampai lembaga jasa keuangan. Kalau bagi masyarakat itu sendiri, aplikasinya ini memiliki fungsi untuk melihat skor kredit dari dirinya sendiri.

Sedangkan, untuk lembaga jasa keuangan, aplikasi atau alat ini memiliki fungsi untuk bahan pertimbangan saat mengambil keputusan untuk memberikan pembiayaan atau kredit kepada debitur sendiri. Maka dari itu, aplikasi atau alat ini termasuk salah satu hal yang penting.

Masih penasaran dan ingin mengetahui informasi tentang aplikasi atau alat yang satu ini dengan lebih rinci? Kalau memang begitu, bisa langsung menyimak pembahasan di bawah ini.

Kelebihan Layanan Dari Aplikasi IDebKu Cek BI Checking

Kelebihan-Layanan-Dari-Aplikasi-IDebKu-Cek-BI-Checking

Untuk yang ingin menggunakan Aplikasi IDebKu ini, maka nantinya harus mengetahui tentang keunggulan dan juga kelebihan dari dalam aplikasinya. Karena memang alat yang satu ini telah diciptakan dengan banyak keunggulan yang memudahkan pengguna.

Maka dari itu, supaya lebih mudah lagi dalam menggunakan aplikasinya bisa simak pembahasan yang lengkapnya di bawah ini. Kami akan sediakan rincian tentang kelebihan yang ada di dalam aplikasi satu ini.

  • Aplikasinya ini akan mendorong terjadinya transparansi untuk pengelolaan pinjaman yang ada.
  • Meminimalkan resiko adanya kesalahan atau masalah yang ada di masa mendatang.
  • Memberikan data untuk dijadikan pertimbangan kepada peminjam supaya bisa menilai apakah pantas si calon peminjam untuk mendapatkan pinjaman.
  • Membuat proses analisis untuk mengambil keputusan supaya memberikan kartu kredit atau KTA.
  • Meningkatkan efisiensi dari biaya operasional.
  • Memudahkan pengguna dalam transaksi dan pengecekan data milik sendiri.

Link Resmi Untuk Akses Aplikasi IDebKu

Link-Resmi-Untuk-Akses-Aplikasi-IDebKu

Walaupun memang dibilangnya aplikasi, namun untuk akses alat yang satu ini harus menggunakan link khususnya. Karena untuk aksesnya nanti pengguna akan membuka platform situs IdebKu ini. Bentuk situs ini memang sangatlah memudahkan pengguna yang ingin akses aplikasinya.

Karena kalau nanti platform satu ini diberikan bentuk aplikasi, orang yang memorinya kurang memadai akan tidak bisa menggunakannya. Maka dari itu, dibuat bentuk situs supaya semua kalangan dan menggunakan handphone apapun bisa akses dengan mudah.

Namun, untuk yang belum mengetahui harus menggunakan dan membuka situs yang mana, kami akan sampaikan informasinya. Di dalam artikel diskop.id ini kami akan memberikan informasi tentang link situs mana yang bisa digunakan.

Jadi, untuk membuka Aplikasi IDebKu, pengguna bisa akses situs resmi https://idebku.ojk.go.id. Nah, jika menggunakan situs yang satu ini, bisa langsung mengakses dan cek skor kredit yang dimiliki.

Cara Akses IDebKu Dengan Mudah Dan Cepat

Cara-Akses-IDebKu-Dengan-Mudah-Dan-Cepat

Untuk bagian yang terakhir ini adalah cara akses IDebKu dengan mudah dan cepat. Memang untuk akses pertama kali di aplikasi ini haruslah memiliki akun. Jadi, langkah yang pertama kali harus dilakukan adalah dengan mendaftarkan akun.

Kami akan sampaikan cara akses aplikasi yang satu ini untuk mendaftarkan akun di dalam aplikasi ini. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini.

  1. Buka terlebih dahulu Browser di perangkat.
  2. Lalu, masuk ke dalam link situs resminya https://idebku.ojk.go.id.
  3. Setelah masuk ke dalam situsnya klik Pendaftaran.
  4. Isi semua data-data yang disediakan di halaman tersebut. Isilah semua datanya dengan benar dan lengkap.
  5. Kalau sudah masukkan Captcha, klik Selanjutnya.
  6. Langsung ditampilkan informasi antrean. Jika masih kebagian, maka langsung masuk ke tahap yang berikutnya.
  7. Isi kembali semua data-data yang diperlukan dan unggah foto.
  8. Jika sudah selesai, klik Selanjutnya.
  9. Ketika informasi sudah benar, klik Ajukan Permohonan.
  10. Akan mendapatkan kode pendaftarannya.
  11. Lalu, salin kode pendaftaran tersebut.
  12. Selesai, pendaftaran telah dilakukan dengan benar.

Baca Artikel Perbankan Online Lainnya :

Artikel Terkait