Home » Terbaru » Berita » Mudik Gratis Polri Presisi Tahun 2023 Online, Simak Syaratnya

Mudik Gratis Polri Presisi Tahun 2023 Online, Simak Syaratnya

indah April 4, 2023

Telah dibuka pada tanggal 29 Maret sampai 12 April 2023 Program mudik gratis Polri Presisi Tahun 2023. Program mudik gratis Lebaran 2023 oleh Polri ini berlaku untuk keberangkatan pada 18 dan 19 April 2023 dengan menggunakan transportasi bus. Apa syarat dan bagaimana cara daftarnya simak Diskop.id akan membagikannya di artikel kali ini.

Dilansir dari situs Divisi Humas Polri, tahun ini Polri menyiapkan mudik gratis bagi masyarakat Jakarta yang ingin mudik atau pulang kampung untuk merayakan Hari Idul Fitri 2023 di kampung halaman masing-masing. Mudik gratis ini dengan tujuan Pulau Jawa diantaranya Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur.

Kota Mana Sajakah Yang Menjadi Tujuan Program Mudik Gratis Polri Presisi 2023? Temukan Jawabannya Dibawah Ini!

Kota-Mana-Sajakah-Yang-Menjadi-Tujuan-Program-Mudik-Gratis-Polri-Presisi-2023? Temukan Jawabannya Dibawah Ini!

Pada titik keberangkatan mudik gratis Polri Presisi tahun 2023 ini transportasi bus bakal difokuskan di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Dan untuk jadwal keberangkatan mulai tanggal 18 hingga 19 April 2023, pukul 08.00 WIB hingga selesai.

Berikut merupakan kota tujuan yang akan menjadi titik berhenti program mudik gratis Polri Presisi 2023 dan jalur yang akan dilewati:

Jawa Barat

  • Jalur Utara (Indramayu dan Majalengka)
  • Jalur Selatan (Tasikmalaya, Garut, Ciamis, Sumedang)

Jawa Tengah

  • Jalur Utara (Brebes, Selawi, Pemalang, Batang, Kendal, Demak, Purwodadi, Klaten, Karanganyar, Boyolali, Sragen, Sukoharjo, Pacitan)
  • Jalur Selatan (Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Magelang, Cilacap, Kebumen, Kulonprogo, Sleman, Gunung Kidul, Bantul)
  • Jalur Utara – Timur (Jepara, Pati, Blora)

Jawa Timur

  • Jalur Utara (Lamongan, Bojonegoro, Gresik, Sidoarjo, Pasuruan, Situbondo, Lumajang, Jember, Banyuwangi dan wilayah Malang Raya)
  • Jalur Selatan (Ngawi, Magetan, Ponorogo, Mojokerto, Tulungagung, Trenggalek, Blitar, Nganjuk)

Segara Daftar Mudik Gratis! Ini Syarat Daftarnya! Simak Dibawah Ini! Mudah!

Segara-Daftar-Mudik-Gratis!-Ini-Syarat-Daftarnya! Simak-Dibawah-Ini!-Mudah!

Persyaratan untuk mengikuti program mudik gratis Polri Presisi tahun 2023 ini cukup mudah. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Latif Usman mengatakan, bahwa syarat daftar mudik gratis Polri Presisi 2023 hanya perlu KTP dan Kartu Keluarga beserta foto copy nya. Segera siapkan jika berencana mengikuti program gratis mudik ini!

Berikut merupakan informasi syarat pendaftaran mudik gratis Polri Presisi 2023:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Fotokopi KTP 1 lembar
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi KK 1 lembar

Intip Lokasi Dan Cara Daftarnya Berikut Ini! Mudah Dan Cepat!

Intip-Lokasi-Dan-Cara-Daftarnya-Berikut-Ini!-Mudah-Dan-Cepat!

Untuk yang masih bingung bagaimana cara mendaftarnya. Tenang, pendaftaran dilakukan secara offline. Bagi yang ingin mengikuti program mudik gratis Polri Presisi 2023 bisa dilakukan secara langsung. Pendaftaran dilakukan melalui seluruh samsat, gerai samsat, dan gerai SIM yang berada di wilayah Polda Metro Jaya. Langsung datang ke lokasi dan langsung diproses.

Berikut daftar lokasi tempat pendaftaran mudik gratis Polri Presisi 2023:

  • Seluruh SAMSAT wilayah Polda Metro Jaya
  • Gerai SAMSAT wilayah Polda Metro Jaya
  • Gerai SIM wilayah Polda Metro Jaya

Perlu diketahui bahwa waktu pendaftaran program mudik gratis Polri Presisi 2023 dapat dilakukan pada hari Senin sampai Sabtu. Pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Yuk segera daftar sebelum pendaftaran ditutup!

Tips Mudik Yang Aman Dan Sehat! Ikuti Caranya Dibawah Ini!

Tips-Mudik-Yang-Aman-Dan-Sehat!-Ikuti-Caranya-Dibawah-Ini!

Kesehatan merupakan hal yang paling penting untuk diperhatikan ketika akan mudik. Pastikan jika tubuh dalam keadaan sehat saat mudik, karena di setiap musim mudik, di jalan kendaraan akan meningkat drastis ramainya dari hari biasa. Hal ini menyebabkan akan lebih lama diperjalanan karena macet. Berikut merupakan Tips saat mudik yang aman dan sehat:

1. Tentukan waktu perjalanan yang tidak padat dan Perhatikan peta jalur mudik

Bagi para pemudik yang akan melintasi kawasan rawan bencana untuk menghindarinya, maka BNPB sudah merilis peta-peta jalur mudik rawan bencana daerah Jawa hingga Bali. Pada peta jalur mudik rawan bencana ini sudah ditandai mana saja titik rawan banjir di Pantura, dan jalur tengah Selatan yang banyak daerah rawan longsor. Jadi para pemudik bisa bersiap-siap ketika akan melewati jalur tersebut.

Selain BNPB, Kementerian Perhubungan juga telah membuat peta jalur mudik melalui jalur utama atau jalur alternative daerahdari Jawa sampai Bali. Selain itu, para pemudik perlu juga memperhatikan peta jalur mudik yang diterbitkan kementerian yang lainnya. Para pemudik harus banyak-banyak mencari info tentang jalur mudik yang akan dilalui.

2. Menjaga kondisi fisik

Menjaga kondisi fisik merupakan prioritas utama yang harus diperhatikan pemudik sebelum pulang kampung. Maka dari itu, usahakan konsumsi makanan sehat dengan penunjang seperti suplemen atau vitamin. Kemudian lakukan olahraga ringan dengan teratur. Sehingga pada saat mudik kondisi tubuh tetap fit.

3. Istirahat yang cukup 

Perubahan jam waktu tidur selama bulan Ramadhan cukup membuat porsi istirahat beberapa orang tidak teratur. Beberapa diantaranya memilih untuk begadang atau tidur yang berlebih. Kondisi tersebut akan mengganggu kondisi kesehatan. Jika tidak mau mengalami masalah kesehatan saat mudik, sebaiknya atur ulang porsi istirahat untuk mencegah rasa mengantuk saat di perjalanan.

4. Jaga konsumsi makanan yang sehat dan bergizi sebelum dan selama mudik dengan bekal makanan dan minuman

Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti camilan sehat seperti kacang-kacangan dan buah-buahan yang sudah dipotong-potong sudah cukup untuk mengisi perut selama di perjalanan.

Minumlah minuman seperti air mineral kemasan juga akan mencegah kemungkinan dehidrasi yang kerap menyerang pemudik. Konsumsi bekal 3-4 jam sekali untuk menjaga stamina tubuh. Hindari makanan cepat saji saat akan mudik dan saat mudik.

5. Cek Kesehatan sebelum mudik / medical check-up

Cek atau mendiagnosis kesehatan sendiri sangat tidak dianjurkan dan membahayakan kondisi tubuh. Lebih baik jika memeriksakan diri ke dokter langsung untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. Jadi, pada saat mudik akan bisa berjaga-jaga obat yang akan dibawa atau makanan yang harus dihindari.

6. Segera lakukan vaksinasi booster minimal 1-2 minggu sebelum mudik. 

Sebelum akan mudik, sebaiknya pastikan pergi dalam keadaan tubuh yang sehat, sudah divaksin primer Covid-19 dan jauh lebih baik jika semua anggota keluarga yang pergi mudik sudah juga mendapatkan vaksin booster.

Pastikan keluarga yang akan dikunjungi di kampung halaman juga sudah divaksin primer dua dosis. Efektivitas vaksin baru akan terasa sekitar 2 pekan. Maka dari itu, disarankan saat masih H-10 yang hendak mudik sudah melakukan vaksin booster. 

Booster sekarang ini, seminggu dua minggu ke depan sampai di tempat mudik, imunitas kita sudah meningkat cukup tinggi. Jika tertular pun kadar sakitnya ringan.

7. Jangan atau tunda bepergian apabila kondisi tidak sehat

Jika merasa kondisi tubuh kurang sehat maka sebaiknya menunda keberangkatan hingga kondisi tubuh sehat. Karena jika memaksakan pergi takut ada apa-apa saat diperjalanan terlebih lagi ketika saat macet. Dan keluarga dikampung halaman pun takut tertular terlebih para orang tua yang lebih rentan terkena penyakit.

8. Istirahat 5-6 jam sekali setiap perjalanan dengan mobil dan 3-4 jam sekali dengan sepeda motor

Istirahat saat diperjalanan juga sangatperlu diperhatikan agar kondisi tubuh tetap fit saat diperjalanan harus seimbang rasa capek yang dirasakan dengan istirahat yang dilakukan.

9. Membawa kotak P3K

Kebanyakan orang suka melalaikan untuk membawa kota P3K padahal ini salah satu merupakan yang penting. Bawa Selalu kotak P3K meski hasil medical check-up tidak mengindikasikan penyakit serius.

Kotak P3K dapat diisi dengan obat-obatan ringan yang dapat membantu meredakan penyakit mudik salah satunya mabuk darat dan laut. Lengkapi kotak P3K ini dengan obat-obatan, balsem, kayu putih, perban,dan plester. Kika terjadi luka ringan bisa langsung diobati.

Baca Juga:


Artikel Terkait