Home » Terbaru » Aplikasi » Mitra Darat APK Download Daftar Mudik Gratis Resmi Kemenhub

Mitra Darat APK Download Daftar Mudik Gratis Resmi Kemenhub

yolanda_aristanto May 28, 2024

Menyambut gelombang mudik tahun 2023 Pemerintah memalui kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan kebijakan progam Mudik Gratis lewat aplikasi Mitra Darat APK. Jadi Masyarakat yang ingin menikmati program ini sudah bisa mendaftarkan diri dan keluarga sebelum kuota peserta habis.

Tujuan di keluarkan nya program mudik gratis Mitra Darat APK iyalah agar masyarakat khusus nya yang memiliki keterbatasan ekonomi bisa merasakan mudik dan bertemu dengan keluarga di kampung halaman masing – masing, tanpa harus memikirkan tanggungan biaya transportasi atau perjalanan.

Tentang Mitra Darat APK

Tentang Mitra Darat APK

Aplikasi Mitra Darat APK merupakan aplikasi yang di keluarkan secara resmi oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Aplikasi ini berfungsi sebagai alat yang bisa di gunakan oleh masyarakat yang ingin merasakan mudik Lebaran 2023 secara gratis tanpa biaya apapun.

Pendaftaran mudik gratis lewat aplikasi Mitra Darat APK sudah di mulai sejak tanggal 13 Maret 2023 dan akan di tutup sampai batas maksimal kuota peserta habis. Sedangkan untuk kuota peserta sendiri iyalah 24.072 peserta dan akan di angkut oleh 858 unit bus dan juga 300 unit truk untuk mengangkut sepeda motor.

Seperti yang di ketahui jika Mudik atau pulang kampung adalah tradisi yang telah di jalankan masyarakat Indonesia sejak lama, perjalanan mudik biasa nya di lakukan mulai dari H-10 Iddul Fitri dan umumnya akan memuncak pada H-3 sampai H-1 Iddul Fitri. Nah, Mudik juga mengakibatkan aktifitas jalan raya menjadi meningkat.

Memang Pemerintah selalu menyarankan kepada masyarakat untuk menggunakan kendaraan beroda empat saat melakukan perjalanan mudik, hal ini agar para pemudik bisa sampai ke lokasi tujuan dengan aman dan selamat. Namun tetap saja banyak masyarakat yang menggunakan sepeda motor untuk melakukan perjalanan meski mengetahui resiko kecelakaan nya tinggi.

Oleh sebab ini pula Pemerintah mengeluarkan kebijakan Mudik Gratis lewat aplikasi Mitra Darat APK, yang mana dengan di lakukan nya program ini di harapkan angka kemacetan dan kecelakaan saat musim mudik 2023 bisa di minimalisir. Pemerintah juga memastikan jika peserta mudik gratis 2023 ini juga akan selamat sampai tujuan.

Selain gratis, dengan mendaftar Mudik lewat aplikasi resmi ini maka peserta juga akan mendapat fasilitas dan pelayanan yang baik, segala keluhan dan kendala selama perjalanan akan di tangani oleh petugas yang berwenang. Jadi jangan lewatkan proses pendaftaran peserta mudik gratis lewat aplikasi Mitra Darat APK.

Fitur Aplikasi Mitra Darat APK

Tentang Mitra Darat APK

Sebagai aplikasi yang di buat untuk pelayanan, maka Mitra Darat APK di rancang untuk memiliki banyak fitur yang akan memudahkan peserta dalam proses pendaftaran sampai perjalanan mudik nantinya. Berikut adalah informasi mengenai fitur yang terdapat di dalam aplikasi Mitra Darat APK.

1. Informasi Bus, Truk dan Juga Rute Perjalanan

Fitur pertama yang bisa di rasakan oleh masyarakat yang melakukan perjalanan mudik gratis menggunakan aplikasi Mitra Darat APK iyalah informasi akan ketersediaan dan juga jenis dari Bus atau Truk pengangkut yang akan membawa peserta ke kampung halaman masing – masing.

Selain informasi mengenai ketersediaan dan jenis kendaraan, terdapat informasi lain berupa rute perjalanan dan lokasi titik kumpul para peserta mudik gratis 2023. Jadi di harapkan para peserta yang terdaftar program ini akan mengetahui informasi mengenai lokasi, rute dan juga jenis kendaraan yang akan mereka tumpangi nanti nya.

2. Proses Pendaftaran Online

Kelebihan kedua yang bisa di rasakan oleh para peserta iyalah proses saat melakukan regristrasi atau pendaftaran mudik gratis secara online. Hal ini bertujuan agar para calon peserta tidak perlu repot pergi keluar rumah untuk mendaftarkan diri, juga memudahkan peserta yang ingin mendaftar.

Kelebihan lain dari fitur ini iyalah untuk mengurangi resiko kecurangan yang di lakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Oleh sebab itu pemerintah memutuskan untuk melakukan pendaftaran secara online menggunakan ponsel Android atau iOS masing – masing.

3. Konfirmasi Pendaftaran via WA dan Email

Setelah melakukan proses pendaftaran maka nantinya panitia akan mengirimkan konfirmasi lewat alamat email atau nomor WhatsApp masing – masing peserta. Jika persyaratan pendaftar di terima oleh panita maka notifikasi nya akan di kirim via WA atau email peserta pula.

4. Kode QR sebagai E-Tiket

Setelah mendapat notifikasi mengenai keberhasilan calon peserta mendaftar mudik gratis dengan Mitra Darat APK, maka panitia akan mengirimkan Kode QR yang nanti nya akan di gunakan sebagai bukti atau E-Tiket dari perjalanan mudik yang akan di lakukan. Maka nantinya saat hari H perjalanan, peserta hanya perlu menunjukan E-Tiket kepada petugas.

Dengan fitur ini maka peserta Mitra Darat APK tidak perlu mencetak tiket dan menyimpan nya, karena dengan E-Tiket berupa kode QR peserta hanya perlu menyimpan di dalam galery ponsel masing – masing dan memudahkan peserta saat proses konfirmasi ke petugas saat perjalanan nantinya.

5. Informasi Status Pulang Pergi Bus atau Truk

Fitur selanjutnya iyalah para peserta bisa mengetahui status perjalanan dan kedatangan dari bus atau truk yang di gunakan saat mudik gratis nanti. Bahkan tidak hanya peserta mudik yang terdaftar program ini saja, namun keluarga yang berada di rumah atau kampung halaman juga bisa mengetahui status lokasi bus atau truk yang di tumpangi keluarga mereka.

6. Layanan Pengaduan dan Bantuan

Tidak perlu khawatir saat mendapatkan masalah dalam proses pendaftaran atau saat melakukan perjalanan mudik nanti, karena Mitra Darat APK sudah menyediakan layanan pengaduan dan juga bantuan yang bisa di gunakan oleh peserta. Layanan ini aktif selama 24 jam setiap harinya.

Download Aplikasi Mitra Darat APK (Mudik Gratis) Resmi Kemenhub

Download Aplikasi Mitra Darat APK

Nah sebagai layanan yang di buat oleh Pemerintah Indonesia maka aplikasi Mitra Darat APK bisa di unduh di PlayStore dan juga AppStore, namun sebagai penyingkat waktu maka kamu bisa mengunduh aplikasi resmi ini lewat link yang akan diskop.id bagikan di bawah ini.

Nama Aplikasi Mitra Darat APK
PengembangDirektorat Jenderal Perhubungan Darat
Versiv1.0.4
Minimal OSAndroid 6.0+
Link DownloadDisini

Silahkan klik link di atas untuk mengunduh aplikasi Mitra Darat APK dan langsung memulai proses pendaftaran peserta. Proses pendaftaran mudik gratis 2023 sangat mudah untuk di lakukan, namun jika kamu masih ragu maka di bawah ini kami sudah memberikan langkah – langkah untuk mendaftarkan diri pada program mudik gratis via aplikasi ini.

  • Pertama buka aplikasi “Mitra Darat APK” yang sudah di instal sebelum nya.
  • Selanjutnya klik tombol “Login“.
  • Selanjutnya silahkan isi “Email atau akun Google” yang ada.
  • Nantinya peserta akan di minta memasukan “Nomor WA” untuk mengirim “Kode OTP“.
  • Jika sudah ketikan kode OTP yang dikirim via WA.
  • Selanjutnya pilih opsi menu “Mudik Gratis“.
  • Berikutnya isi secara benar “Data Diri” dan juga “Tujuan Mudik“.
  • Sampai sini peserta bisa memilih “Bus” yang ingin di tumpangi.
  • Terakhir klik “Daftar“.

Jika sudah sampai proses ini maka peserta hanya perlu menunggu WA atau Email konfirmasi pendaftaran, apabila proses pendaftaran di terima maka peserta akan mendapatkan Kode QR yang adalah E-Tiket perjalanan mudik gratis. Itulah informasi yang bisa kami bagikan, selamat mudik dan semoga selamat sampai tujuan.

Aplikasi Berguna Lainnya:

Artikel Terkait